Home » » TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 6

TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 18 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 4                                        : Peduli Lingkungan Sosial
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1  Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.4  Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3  Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi teks tentang kepedulian pada lingkungan sosial
4.3  Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untukmembantu penyajian.
.4.3.1 Membuat Cerita sesuai dengan gambar tentang kepedulian terhadap lingkungan sosial

b) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi contoh kewajiban sebagai masyarakat.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Memberi tanggapan terhadap pelaksanaan kewajiban sebagai masayarakat.
.
c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Membandingkan data pada grafik batang
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Membuat grafik batang dengan data yang ada
4.11.2 Melengkapi grafik lingkaran dengan data yang terdapat pada grafik batang.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
2.      Contoh kewajiban sebagai masyarakat
3.      Grafik batang dengan data yang ada
 
D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membuka pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang telah mereka pelajari sebelumnya.
o   Guru menyampaikan bahwa hari ini mereka akan membahas mengenai kebiasaan baik yang mencerminkan kepedulian kepada hak-hak sosial manusia secara umum.
o   Guru memberi contoh, ketika kita menyiapkan makanan seperlunya, berarti kita sedang menghemat sumberdaya untuk generasi penerus kita. Kita menyiapkan makanan seperlunya karena peduli kepada generasi penerus bangsa.
o   Guru memperlihatkan kliping yang sudah ia buat yang berisikan berita-berita sikap kepedulian seseorang terhadap hak-hak sosial manusia secara umum. Misalnya, berita tentang seseorang yang mendapatkan kalpataru karena ia berjasa bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.
o   Siswa berbagi pengalaman tentang sikap baik yang telah dilakukannya sebagai bentuk kepedulian kepada sesama manusia (Mengomunikasikan).
o   Siswa membaca teks pengantar tentang sikap hidup hemat. (Mengamati)
o   Siswa berdiskusi secara berpasangan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada teks. (Menalar)
o   Siswa menuliskan kesimpulan hasil diskusinya pada tempat yang telah disediakan. (Menyajikan)
o   Siswa mengamati kembali gambar sikap hemat yang dilakukan Siti. (Mengamati)
o   Siswa membuat cerita berdasarkan gambar. (Menalar)
o   Siswa menuliskan manfaat kebiasaan Siti di dalam ceritanya. (Menyajikan)
o   Siswa mengamati diri apakah ia juga melakukan apa yang dilakukan Siti? (Merefleksi)
o   Siswa menyebutkan beberapa kebiasaan baik yang dilakukannya. (Mengomunikasikan)
o   Siswa menuliskan kebiasaan baiknya pada buku siswa. (Menyajikan)
o   Siswa memberi tanggapan terhadap kebiasaan baik, apakah termasuk kegiatan yang selalu dilakukan, sering dilakukan atau tidak pernah dilakukan. (Mengamati)
o   Siswa mengamati teks tentang memanfaatkan barang dengan bijak. (Mengamati)
o   Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah membersihkan gudang. (Mengamati)
o   Siswa mengamati gambar benda yang ditemui Siti saat membersihkan gudang. (Menalar)
o   Siswa melengkapi grafik batang berdasarkan data benda yang ditemukan Siti di gudang. (Mengomunikasikan)
o   Siswa membandingkan data yang terdapat pada grafik batang. (Menalar)
o   Siswa melengkapi grafik lingkarandengan data yang terdapat pada grafik batang. (Menyajikan)
o   Guru menutup kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling menolong, saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli, jujur, santun dan bertanggung jawab

Remedial
o   Bagi siswa yang belum mampu membuat kerajinan dari barang bekas, digantikan dengan kegiatan menggambar.
o   Menggunakan pecahan uang untuk membantu siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan uang.
o   Melatih cara menulis huruf tegak bersambung secara perseorangan.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Bermain drama tentang legenda.
o   Melakukan kegiatan penanaman dan perawatan tanaman di sekolah.
o   Mengunjungi tempat wisata terdekat dan mengamati suvenir serta aturan yang diterapkan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang                C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik
2. Penilaian Pengetahuan
o   Menuliskan kebiasaan baik (latihan pada buku siswa)
o   Membuat grafik batang (latihan pada buku siswa)
o   Mengidentifikasi data pada grafik batang (latihan pada buku siswa).
o   Melengkapi grafik lingkarandengan data yang ada (latihan pada buku siswa)

3. Penilaian Ketrampilan
Rubrik Membuat Cerita Berdasarkan Gambar yang Diamati
No
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Cerita sesuai dengan
gambar, bahasa formal, bahasa runut, tulisan
rapi
Memenuhi
empat
kriteria
Memenuhi
Tiga kriteria
Memenuhi
dua kriteria
Memenuhi
Satu kriteria
2
Jumlah kalimat
Lebih dari 15 kalimat
10-14
kalimat
5-9 kalimat
Di bawah 5 kalimat


F. Sumber dan Media
1.      Buku teks pelajaran/buku siswa
2.      Potongan koran atau kliping mengenai sikap peduli seseorang terhadap orang lain



Mengetahui,                                                                        Tijue, 14  November  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
 
Sebutkan 5 kegiatan yang bisa kita lakukan dalam
menjaga lingkungan di sekitarmu!
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................

 MEDIA


TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors