RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 3/1
Tema 4 :
Peduli Lingkungan Sosial
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Kepedulian Terhadap
Lingkungan Sosial/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap
kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau
bahasa daerah.
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
3.3.1 Mengidentifikasi
teks tentang kepedulian pada lingkungan sosial
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untukmembantu penyajian.
.4.3.1 Membuat
Cerita sesuai dengan gambar tentang kepedulian terhadap lingkungan
sosial
b) PPKn
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.2 Mengetahui hak
dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan seharihari di rumah dan di sekolah.
3.2.1 Mengidentifikasi
contoh kewajiban sebagai masyarakat.
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2.1 Memberi
tanggapan terhadap pelaksanaan kewajiban sebagai masayarakat.
.
c) Matematika
1.1. Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3. Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.14 Menentukan perbandingan
data menggunakan tabel grafik batang, dan grafik lingkaran.
3.14.1 Membandingkan
data pada grafik batang
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang.
4.11.1 Membuat
grafik batang dengan data yang ada
4.11.2 Melengkapi
grafik lingkaran dengan data yang terdapat pada grafik batang.
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
2. Contoh kewajiban sebagai masyarakat
3. Grafik batang dengan data yang ada
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “peduli lingkungan sosial”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Guru membuka
pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa menyampaikan apa yang
telah mereka pelajari sebelumnya.
o
Guru menyampaikan
bahwa hari ini mereka akan membahas mengenai kebiasaan baik yang mencerminkan
kepedulian kepada hak-hak sosial manusia secara umum.
o
Guru memberi
contoh, ketika kita menyiapkan makanan seperlunya, berarti kita sedang
menghemat sumberdaya untuk generasi penerus kita. Kita menyiapkan makanan
seperlunya karena peduli kepada generasi penerus bangsa.
o
Guru
memperlihatkan kliping yang sudah ia buat yang berisikan berita-berita sikap kepedulian
seseorang terhadap hak-hak sosial manusia secara umum. Misalnya, berita tentang
seseorang yang mendapatkan kalpataru karena ia berjasa bagi masyarakat dan
lingkungan sekitar.
o
Siswa berbagi
pengalaman tentang sikap baik yang telah dilakukannya sebagai bentuk
kepedulian kepada sesama manusia (Mengomunikasikan).
o
Siswa membaca teks
pengantar tentang sikap hidup hemat. (Mengamati)
o
Siswa berdiskusi
secara berpasangan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada teks. (Menalar)
o
Siswa menuliskan
kesimpulan hasil diskusinya pada tempat yang telah disediakan. (Menyajikan)
o
Siswa mengamati
kembali gambar sikap hemat yang dilakukan Siti. (Mengamati)
o
Siswa membuat
cerita berdasarkan gambar. (Menalar)
o
Siswa menuliskan
manfaat kebiasaan Siti di dalam ceritanya. (Menyajikan)
o
Siswa mengamati
diri apakah ia juga melakukan apa yang dilakukan Siti? (Merefleksi)
o
Siswa menyebutkan
beberapa kebiasaan baik yang dilakukannya. (Mengomunikasikan)
o
Siswa menuliskan
kebiasaan baiknya pada buku siswa. (Menyajikan)
o
Siswa memberi
tanggapan terhadap kebiasaan baik, apakah termasuk kegiatan yang selalu
dilakukan, sering dilakukan atau tidak pernah dilakukan. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
teks tentang memanfaatkan barang dengan bijak. (Mengamati)
o
Salah satu
kegiatan yang bisa dilakukan adalah membersihkan gudang. (Mengamati)
o
Siswa mengamati
gambar benda yang ditemui Siti saat membersihkan gudang. (Menalar)
o
Siswa melengkapi
grafik batang berdasarkan data benda yang ditemukan Siti di gudang. (Mengomunikasikan)
o
Siswa
membandingkan data yang terdapat pada grafik batang. (Menalar)
o
Siswa melengkapi
grafik lingkarandengan data yang terdapat pada grafik batang. (Menyajikan)
o
Guru menutup
kegiatan dengan mengulas kembali apa yang sudah mereka lakukan sejak pagi dan
menyimpulkan bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja sama, saling
menolong, saling melengkapi, serta perlu memiliki sikap saling menghargai, peduli,
jujur, santun dan bertanggung jawab
Remedial
o
Bagi siswa yang
belum mampu membuat kerajinan dari barang bekas, digantikan dengan kegiatan
menggambar.
o
Menggunakan
pecahan uang untuk membantu siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
uang.
o
Melatih cara
menulis huruf tegak bersambung secara perseorangan.
Kegiatan
Alternatif (Pengayaan)
o
Bermain drama
tentang legenda.
o
Melakukan
kegiatan penanaman dan perawatan tanaman di sekolah.
o
Mengunjungi
tempat wisata terdekat dan mengamati suvenir serta aturan yang diterapkan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB=
Sangat Baik
2. Penilaian
Pengetahuan
o
Menuliskan kebiasaan baik (latihan pada buku siswa)
o
Membuat grafik batang (latihan pada buku siswa)
o
Mengidentifikasi data pada grafik batang (latihan pada buku siswa).
o Melengkapi grafik lingkarandengan data yang ada (latihan pada buku
siswa)
3. Penilaian
Ketrampilan
Rubrik Membuat
Cerita Berdasarkan Gambar yang Diamati
No
|
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Cerita sesuai dengan
gambar, bahasa formal, bahasa runut, tulisan
rapi
|
Memenuhi
empat
kriteria
|
Memenuhi
Tiga kriteria
|
Memenuhi
dua kriteria
|
Memenuhi
Satu kriteria
|
2
|
Jumlah kalimat
|
Lebih dari 15 kalimat
|
10-14
kalimat
|
5-9 kalimat
|
Di bawah 5 kalimat
|
F. Sumber dan Media
1. Buku teks pelajaran/buku siswa
2. Potongan koran atau kliping mengenai sikap peduli seseorang terhadap
orang lain
Mengetahui, Tijue,
14 November
2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Sebutkan 5 kegiatan yang bisa kita lakukan dalam
menjaga lingkungan di sekitarmu!
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
MEDIA
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 1
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 4
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 5
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 2
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 3
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 4
TEMA 4 KELAS 3 SUB 3 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment