(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 8 : Bumiku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Bumi, Matahari dan Bulan / 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
SBdP
1.1 Mengapresiasi
karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki rasa bangga
terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan
berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan.
4.1 Menggambar
perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil
pengamatan.
4.1.1 Membuat
gantungan kunci dengan menggunakan teknik jahit festoon.
4.14 Membuat karya
kerajinan teknik jahit dan aplikasi dengan tangan.
4.14.1 Mengaplikasikan
cara menjahit dengan teknik festoon.
4.14.2 Memamerkan
hasil karya dengan menggunakan teknik jahit feston.
4.14.3 Menjelaskan
gambar perspeaktif yang dihasilkan..
b)
Bahasa
Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian
dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks
penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.2.1 Menjelaskan
pembuatan gantungan kunci dengan teks eksplanasi.
c) EVALUASI
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1. Memamerkan
hasil karya menggambar teknik
perspektif
dengan mandiri.
2. Mempresentasikan
rencana kerja kegiatan bakti
sosial.
3. Evaluasi
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
Pengayaan
o
Siswa dapat
membuat karya lain dengan menggunakan keterampilan teknik jahit tusuk feston
Remedial
o
Siswa yang belum
mahir teknik jahit tusuk feston akan berlatih kembali dengan guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Rubrik SBdP
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Persiapan
|
• Mampu
memasukkan
jarum dengan
mandiri
•
Menggunting
kain
dengan
rapi
•
Memasang
simpul
dengan rapi
|
Memenuhi
2 dari 3
kriteria
yang
diharapkan
|
Memenuhi
1 dari 3
kriteria
yang
diharapkan
|
Tidak
memenuhi
kriteria
yang
diharapkan
|
Teknik
|
Semua
langkah
Menjahit menggunakan
teknik
yang
benar
|
Sebagian
besar
langkah
menjahit menggunakan
teknik
yang
benar
|
Sebagian
langkah
menjahit
menggunakan
teknik
yang
benar
|
Sebagian
kecil
langkah
menjahit
menggunakan
teknik
yang
benar
|
Hasil
|
Hasil
jahitan
rapi
|
Hasil
jahitan
sudah
rapi namun ada
sedikit
hal yang
perlu
diperbaiki
|
Hasil
jahitan
kurang rapi
|
Hasil
jahitan
tidak rapi
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai = 

2. Rubrik Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
|
Menjelaskan
hal-hal
berikut
dengan benar
dan
lengkap.
•
Informasi
Tentang teknik
Menjahit feston.
•
Langkahlangkah
Menjahit teknik
feston.
•
Langkahlangkah
membuat
gantungan
kunci.
|
Menjelaskan
hal-hal
di level
1 dengan
benar
namun ada
1
poin yang
tidak
lengkap.
|
Menjelaskan
hal-hal
di level
1 dengan
benar
namun ada
2
poin yang
tidak
lengkap.
|
Menjelaskan
hal-hal
di level
1 dengan
benar
namun
tidak
lengkap.
|
Kata baku
|
Semua
ditulis
dengan
kata
baku.
|
75%
ditulis
dengan
kata
baku
|
50%
ditulis
dengan
kata
baku
|
25%
ditulis
dengan
kata
baku.
|
Tanda baca
|
Semua
tulisan
menggunakan
tanda
baca yang benar (titik, koma,
huruf
besar,
seru,
tanya).
|
75%
tulisan
menggunakan
tanda
baca
yang
benar.
|
50%
tulisan
menggunakan
tanda
baca
yang benar.
|
25%
tulisan
menggunakan
tanda
baca
yang benar.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai = 

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1.
Buku Guru
2.
Buku Siswa
3. Koran.
4. Internet (disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah masing-masing).
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
EVALUASI
1.
Berikan contoh keragaman yang ada di
lingkungan sekitar tempa tinggalmu!
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
2.
Tuliskan beberapa daerah asal teman atau
tetangga di sekitar tempat tinggalmu! Tuliskan pula kegiatan yang biasa kamu
lakukan bersama agar lingkungan tempat tinggalmu aman dan maju bersama!
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
3.
Dalam berinteraksi dengan teman dan
orang-orang di sekitar tempat tinggalmu, tentunya kamu dan keluargamu banyak
melakukan kegiatan bersama-sama dan saling tolong-menolong. Mengapa kamu melakukannya?
Berikan alasannya.
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
4.
Bagaimana cara untuk memperkokoh
kehidupan berbangsa dari keragaman yang ada di Indonesia?
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
5.
Jelaskan. Perhatikan gambar berikut!
6.
Tuliskan perbedaan dari kedua gambar di
atas dan akibat yang ditimbulkan dari peristiwa yang terjadi pada tiap gambar
itu!
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
7.
Mengapa perlu adanya kalimat pembuka dan
penutup pada saat melakukan presentasi?
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
8.
Bagaimana memelihara diri agar terhindar
dari berbagai macam penyakit?
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
a.
Pola apa yang kamu temukan pada tabel di
atas?
b.
Tulislah bentuk persamaannya!
c. Jika data masuk adalah 7, tentukan data
keluarnya!
10. Perhatikan tabel berikut.
a.
Pola apa yang kamu temukan pada tabel di
atas?
b.
Tulislah bentuk persamaannya!
c. Jika data masuk adalah 7, tentukan data
keluarnya!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment