Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 3 PB 6

TEMA 8 KELAS 6 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 23 March 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ II
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Bumi, Matahari dan Bulan / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan.
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan.
4.1.1 Membuat gantungan kunci dengan menggunakan teknik jahit festoon.
4.14 Membuat karya kerajinan teknik jahit dan aplikasi dengan tangan.
4.14.1 Mengaplikasikan cara menjahit dengan teknik festoon.
4.14.2 Memamerkan hasil karya dengan menggunakan teknik jahit feston.
4.14.3 Menjelaskan gambar perspeaktif yang dihasilkan..

b)       Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menjelaskan pembuatan gantungan kunci dengan teks eksplanasi.

c) EVALUASI

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Memamerkan hasil karya menggambar teknik perspektif dengan mandiri.
2.      Mempresentasikan rencana kerja kegiatan bakti sosial.
3.      Evaluasi

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
  1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
  2. Mengajak semua siswa berdoa.
  3. Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
  4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
  5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
  6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
  7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
  8. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
  • Siswa membuat sebuah kerajinan flannel yang menerapkan teknik feston.
  • Siswa memamerkan hasil karyanya.
  • Jika siswa lain berminat akan karya siswa, dapat dijual.
  • Siswa membuat laporan kegiatan hari ini.
  • Siswa menjelaskan awal kegiatan, cara membuat gantungan kunci, serta kesan setelah melakukan kegiatan tersebut.
  • Guru meminta siswa mengerjakan soal-soal evaluasi di buku siswa. Setelah itu, siswa diminta untuk mengisi refleksinya. Buku siswa dikumpulkan oleh guru, dan dikembalikan esok harinya.
  • Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan renungan yang ada di
  • Buku Siswa. Guru dapat menambahkan bahan perenungan yang sesuai dengan apa yang sudah dipelajari siswa. Bahan renungan diharapkan dapat mengajak siswa untuk memanfaatkan secara maksimal apa yang telah dipelajarinya dalam kehidupannya sehari-hari.
 Pengayaan
o   Siswa dapat membuat karya lain dengan menggunakan keterampilan teknik jahit tusuk feston

Remedial
o   Siswa yang belum mahir teknik jahit tusuk feston akan berlatih kembali dengan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
  1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
  2. Melakukan penilaian hasil belajar
  3. Melakukan repleksi
  4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
  5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1.        Penilaian
1. Rubrik SBdP
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Persiapan
• Mampu
memasukkan
jarum dengan
mandiri
• Menggunting
kain dengan
rapi
• Memasang
simpul
dengan rapi
Memenuhi
2 dari 3
kriteria yang
diharapkan
Memenuhi
1 dari 3
kriteria yang
diharapkan
Tidak
memenuhi
kriteria yang
diharapkan
Teknik
Semua langkah
Menjahit menggunakan
teknik yang
benar
Sebagian
besar langkah
menjahit menggunakan
teknik yang
benar
Sebagian
langkah
menjahit
menggunakan
teknik yang
benar
Sebagian
kecil langkah
menjahit
menggunakan
teknik yang
benar
Hasil
Hasil jahitan
rapi
Hasil jahitan
sudah rapi namun ada
sedikit hal yang
perlu diperbaiki
Hasil jahitan
kurang rapi
Hasil jahitan
tidak rapi

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

2. Rubrik Bahasa Indonesia
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi
Menjelaskan
hal-hal berikut
dengan benar
dan lengkap.
• Informasi
Tentang teknik
Menjahit feston.
• Langkahlangkah
Menjahit teknik feston.
• Langkahlangkah
membuat
gantungan
kunci.
Menjelaskan
hal-hal di level
1 dengan benar
namun ada 1
poin yang tidak
lengkap.
Menjelaskan
hal-hal di level
1 dengan benar
namun ada 2
poin yang tidak
lengkap.
Menjelaskan
hal-hal di level
1 dengan benar
namun tidak
lengkap.
Kata baku
Semua ditulis
dengan kata
baku.
75% ditulis
dengan kata
baku
50% ditulis
dengan kata
baku
25% ditulis
dengan kata
baku.
Tanda baca
Semua tulisan
menggunakan
tanda baca yang benar (titik, koma,
huruf besar,
seru, tanya).
75% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar.
50% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar.
25% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Koran.
4.      Internet (disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah masing-masing).


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                              NIP. 19800611 200504 1 001





EVALUASI

1.     Berikan contoh keragaman yang ada di lingkungan sekitar tempa tinggalmu!
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….

2.     Tuliskan beberapa daerah asal teman atau tetangga di sekitar tempat tinggalmu! Tuliskan pula kegiatan yang biasa kamu lakukan bersama agar lingkungan tempat tinggalmu aman dan maju bersama!

………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….

3.     Dalam berinteraksi dengan teman dan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu, tentunya kamu dan keluargamu banyak melakukan kegiatan bersama-sama dan saling tolong-menolong. Mengapa kamu melakukannya? Berikan alasannya.
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….

4.     Bagaimana cara untuk memperkokoh kehidupan berbangsa dari keragaman yang ada di Indonesia?
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….

5.     Jelaskan. Perhatikan gambar berikut!


6.     Tuliskan perbedaan dari kedua gambar di atas dan akibat yang ditimbulkan dari peristiwa yang terjadi pada tiap gambar itu!

………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….

7.     Mengapa perlu adanya kalimat pembuka dan penutup pada saat melakukan presentasi?

………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….

8.     Bagaimana memelihara diri agar terhindar dari berbagai macam penyakit?

………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….


9. Perhatikan tabel berikut!

a.      Pola apa yang kamu temukan pada tabel di atas?
b.      Tulislah bentuk persamaannya!
c.      Jika data masuk adalah 7, tentukan data keluarnya!

10. Perhatikan tabel berikut.

a.    Pola apa yang kamu temukan pada tabel di atas?
b.    Tulislah bentuk persamaannya!
c.       Jika data masuk adalah 7, tentukan data keluarnya!







MEDIA







Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors