Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 3 PB 5

TEMA 8 KELAS 6 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 23 March 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Bumi, Matahari dan Bulan / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menjelaskan tentang hubungan Bumi, Matahari, dan Bulan dalam bentuk teks eksplanasi.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menceritakan teks eksplanasi yang ditulis..

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara.
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
3.6.1 Menjelaskan makna saling ketergantungan saat berlatih kegiatan menjahit.
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.
4.6.1 Menunjukkan kerja sama dan tolong-menolong saat berlatih menjahit.

b)       SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan.
3.4.1 Mengidentifikasi cara menjahit dengan teknik feston.
4.14 Membuat karya kerajinan teknik jahit dan aplikasi dengan tangan.
4.14.1 Berlatih menjahit dengan teknik feston.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Membuat gantungan kunci dengan teknik feston.
2.      Menjelaskan langkah pembuatan gantungan Mkunci dengan teknik feston.
3.      Evaluasi

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membuat tulisan tentang peristiwa pada Bumi, Matahari, dan Bulan serta akibatnya dengan rinci dalam bentuk teks eksplanasi. Sebelum memulai menulis, siswa dapat membuat pokok-pokok pikiran terlebih dahulu.
o   Guru dapat menguatkan kembali mengenai ciri-ciri teks eksplanasi.
o   Siswa bisa mencari informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi informasi.
o   Siswa melengkapi tulisannya dengan pembukaan, isi dan penutup.
o   Siswa memperhatikan penggunaan kata baku, tanda baca dan kalimat efektif.
o   Tulisan yang dihasilkan akan dipresentasikan esok hari.
o   Produk ini akan dinilai dengan Penilaian 1.
o   Siswa membuat sebuah media untuk membantunya saat melakukan presentasi nanti.
o   Siswa mengamati cara menjahit dengan teknik feston.
o   Siswa berlatih menjahit dengan teknik jahit tusuk feston.
o   Siapkan Benang dan Jarum
o   Siswa menuliskan pengalaman saat membuat karya di atas.
o   Siswa menjelaskan mengenai bantuan teman atau guru dan manfaatnya.
o   Siswa mempresentasikan hasil tulisan kepada temannya.
o   Siswa lain bisa memberikan pendapat atau masukan.
o   Guru menguatkan bahwa kita saling membutuhkan satu sama lain.
o   Saat kamu melakukan kegiatan di atas, tentunya kamu membutuhkan orang lain untuk membantumu, bukan?
o   Menurutmu, mengapa kamu perlu berbuat baik kepada orang lain?
o   Jika tidak ada orang yang memiliki sifat baik pada orang lain, apa yang mungkin terjadi?

Pengayaan
o   Siswa akan menambah informasi dari berbagai sumber mengenai peristiwa Bumi, Bulan, dan Matahari serta dampaknya.

Remedial
o   Siswa yang belum dapat mempraktikkan teknik jahit tusuk feston akan berlatih kembali dengan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1.        Penilaian
1. Rubrik Bahasa Indonesia
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi
Menjelaskan
hal-hal berikut
dengan benar
dan lengkap.
• Informasi
Tentang pembuka
presentasi.
• Informasi
tentang isi presentasi.
• Informasi penutup presentasi.
Menjelaskan
hal-hal di level
1 dengan benar
namun ada 1
poin yang tidak
lengkap.
Menjelaskan
hal-hal di level
1 dengan benar
namun ada 2
poin yang tidak
lengkap
Menjelaskan
hal-hal di level
1 dengan benar
namun tidak
lengkap.
Kata baku
Semua ditulis
dengan kata baku
75% ditulis
dengan kata
baku
50% ditulis
dengan kata
baku
25% ditulis
dengan kata
baku
Tanda baca
Semua tulisan
menggunakan
tanda baca yang benar (titik, koma, huruf besar, seru, tanya).
75% tulisan
menggunakan
tanda baca yang benar.
50% tulisan
menggunakan
tanda baca yang benar.
25% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar.
Kalimat efektif
Semua ditulis
dengan kalimat
efektif.
75% ditulis
dengan kalimat
efektif.
50% ditulis
dengan kalimat
efektif.
25% ditulis
dengan kalimat
efektif

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

2. Rubrik SBdP
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Persiapan
• Mampu
memasukkan
jarum
dengan
mandiri.
• Menggunting
kain dengan
rapi.
• Memasang
simpul
dengan rapi.
Memenuhi
2 dari 3
kriteria yang
diharapkan.
Memenuhi
1 dari 3
kriteria yang
diharapkan.
Tidak
memenuhi
kriteria yang
diharapkan.
Teknik
Semua langkah
menjahit
menggunakan
teknik yang benar
Sebagian
besar langkah
menjahit
menggunakan
teknik yang
benar.
Sebagian
Langkah menjahit
menggunakan
teknik yang
benar.
Sebagian
kecil langkah
menjahit
menggunakan
teknik yang
benar.
Hasil
Hasil jahitan
rapi.
Hasil jahitan
sudah rapi namun ada sedikit hal
yang perlu diperbaiki.
Hasil jahitan
kurang rapi.

Hasil jahitan
tidak rapi.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

3. Rubrik PPKn
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Saling
membutuhkan
Siswa memberikan 3
contoh saling
membutuhkan
saat kegiatan
menjahit.
Siswa
memberikan 2
contoh saling
membutuhkan
saat kegiatan
menjahit.
Siswa memberikan 1
contoh saling
membutuhkan
saat kegiatan
menjahit
Belum mampu
memberikan
contoh.
Manfaat
Siswa
memberikan
3 contoh
Manfaat dari saling
membutuhkan dengan benar.
Siswa
memberikan
2 contoh
Manfaat dari saling
membutuhkan
dengan benar
Siswa
memberikan
1 contoh
Manfaat dari saling
membutuhkan
dengan benar
Belum mampu
menjelasakan
manfaat
Sikap
Siswa
menjelaskan 3
sikap yang perlu
dikembangkan
dalam rangka
memperkokoh
ketergantungan
dalam
keberagaman.
Siswa
menjelaskan 2
sikap yang perlu
dikembangkan
dalam rangka
memperkokoh
ketergantungan
dalam
keberagaman
Siswa
menjelaskan 1
sikap yang perlu
dikembangkan
dalam rangka
memperkokoh
ketergantungan
dalam keberagaman
Belum mampu
menjelaskan
sikap yang
dikembangkan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar

  1. Buku Guru
  2. Buku Siswa
  3. Kertas karton.
  4. Kain flannel.
  5. Peralatan menjahit (jarum, benang, gunting).
  6. Referensi, koran, internet (disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah masing-masing).



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                              NIP. 19800611 200504 1 001


 
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Tuliskan pengalamanmu saat membuat karya di atas! Apakah kamu
membutuhkan bantuan teman atau gurumu saat mengerjakannya? Manfaat
apa yang didapatkan setelah kamu mendapat bantuan ters ebut? Tuliskan
pengalamanmu tersebut pada kolom di bawah ini!



Matahari, Bulan, dan Bumi

TEMA 8 KELAS 6 SUB 3 PB 5


TEMA 8 KELAS 6 SUB 3 PB 5

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors