Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 2

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 20 March 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/2
Tema 7                                        : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Energi Arternatif/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1    Mengidentifikasi gerak guling depan dan guling belakang konsep kombinasi pola gerak dasar dominan dinamis bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping dalam aktivitas senam
4.5    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan dinamis bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping dalam aktivitas senam.

b) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di masyarakat
3.2.2    Menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di masyarakat
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1    Menceritakan pengalaman tentang kerukunan dalam keberagaman di masyarakat
4.2.2    Menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap kebersamaan

c) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2    Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Melakukan gerak guling depan dan guling belakang sebagai gerak dominan dinamis bertumpu pada lengan dan kaki
2.      Berdiskusi dan menyampaikan hasil diskusi tentang sikap yang menunjukkan contoh sikap kebersamaan sebagai bentuk pengamallan sila ketiga Pancasila

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru mengajak siswa untuk ke luar kelas.
o   Siswa melakukan pemanasan.
o   Guru menjelaskan tentang gerak senam yang akan mereka lakukan. Guru memberi contoh cara melakukan gerak senam tersebut.
o   Kemudian siswa mempraktikkannya secara bergilir di bawah arahan guru. (Mengekplorasi)
o   Setelah semua siswa mencoba guru meminta siswa melakukannya secara mandiri bergiliran dan guru melakukan penilaian.
o   Setelah selesai guru mengajak siswa kembali ke kelas.
o   Kemudian guru bercerita tentang pentingnya perilaku yang menunjukkan kebersamaan sambil bertanya jawab. Akan sangat baik jika guru menyiapkan gambar-gambar (cuplikan video) yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Guru memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses tanya jawab. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)
o   Setelah itu guru membentuk siswa menjadi kelompok-kelompok.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku teks. (Mengekplorasi)
o   Kemudian masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
o   Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian. Kelompok lain yang mendengarkan presentasi kelompok lain, diminta memberikan pendapat atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
o   Setelah menyampaikan hasil diskusi, siswa mendengarkan konfirmasi guru tentang hasil diskusi. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)
o   Kemudian siswa menyelesaikan LK yang ada di buku teks.
o   Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Melakukan gerak guling depan dan guling belakang
Gerakan dilakukan tanpa ada kesalahansedikitpun
Gerakan dilakukan dengan lancar namun masih tidaksempurna
Gerakannya tepat namun masih memerlukanintervensi guru
Belum mau melakukangerakan
Menceritakan kembali isi teks informatif yang didengar
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut , kalimatnyalengkap
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalammenyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu




Lembar Penilaian Keterampilan :

1.  Melakukan percakapan
No
Nama Siswa
Kalimat yang
diucapkan
lancar
intonasinya
tepat
Alur
percakapan
runut
percaya
diri
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar-gambar/cuplikan video terkait perilaku kebersamaan.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 18 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Nah, sekarang berilah tanda centang (√) pada perilaku yang menunjukkan rasa persatuan dan kebersamaan


TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 2

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors