(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/2
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Energi Arternatif/
2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi
gerak guling depan dan guling belakang konsep kombinasi pola gerak dasar
dominan dinamis bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping dalam
aktivitas senam
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan dinamis bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/ belakang/samping dalam aktivitas senam.
b) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di masyarakat
3.2.2 Menjelaskan
manfaat bersatu dalam keberagaman di masyarakat
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Menceritakan
pengalaman tentang kerukunan dalam keberagaman di masyarakat
4.2.2 Menunjukkan
perilaku yang mencerminkan sikap kebersamaan
c) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis
dengan tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau
tulis dengan tepat laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan
atau tulis dengan tepat
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Melakukan
gerak guling depan dan guling belakang sebagai gerak dominan dinamis bertumpu
pada lengan dan kaki
2. Berdiskusi
dan menyampaikan hasil diskusi tentang sikap yang menunjukkan contoh sikap
kebersamaan sebagai bentuk pengamallan sila ketiga Pancasila
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru mengajak siswa untuk ke luar kelas.
o Siswa melakukan pemanasan.
o Guru menjelaskan tentang gerak senam yang akan
mereka lakukan. Guru memberi contoh cara melakukan gerak senam tersebut.
o Kemudian siswa mempraktikkannya secara bergilir di
bawah arahan guru. (Mengekplorasi)
o Setelah semua siswa mencoba guru meminta siswa melakukannya
secara mandiri bergiliran dan guru melakukan penilaian.
o Setelah selesai guru mengajak siswa kembali ke
kelas.
o Kemudian guru bercerita tentang pentingnya perilaku
yang menunjukkan kebersamaan sambil bertanya jawab. Akan sangat baik jika
guru menyiapkan gambar-gambar (cuplikan video) yang berkaitan dengan topik
yang sedang dibahas. Guru memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam
proses tanya jawab. (Mengkomunikasikan)
dan (Mengasosiasi)
o Setelah itu guru membentuk siswa menjadi
kelompok-kelompok.
o Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada
pada buku teks. (Mengekplorasi)
o Kemudian masing-masing kelompok diminta menyampaikan
hasil diskusinya di depan kelas.
o Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara
bergantian. Kelompok lain yang mendengarkan presentasi kelompok lain, diminta
memberikan pendapat atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
o Setelah menyampaikan hasil diskusi, siswa
mendengarkan konfirmasi guru tentang hasil diskusi. (Mengkomunikasikan)
dan (Mengasosiasi)
o Kemudian siswa menyelesaikan LK yang ada di buku
teks.
o Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Melakukan gerak guling depan dan guling belakang
|
Gerakan dilakukan tanpa ada kesalahansedikitpun
|
Gerakan dilakukan dengan lancar namun masih tidaksempurna
|
Gerakannya tepat namun masih memerlukanintervensi guru
|
Belum mau melakukangerakan
|
Menceritakan kembali isi teks informatif yang didengar
|
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut ,
kalimatnyalengkap
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalammenyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan percakapan
No
|
Nama Siswa
|
Kalimat yang
diucapkan
lancar
|
intonasinya
tepat
|
Alur
percakapan
runut
|
percaya
diri
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|||||
2
|
Agung Arais
|
|||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|||||
5
|
Alif Al Gibral
|
|||||
6
|
Akramul Akbar
|
|||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
|||||
8
|
Amira Najla
|
|||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
|||||
10
|
Fawniya
|
|||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
|||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
|||||
16
|
Maqsalmina
|
|||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
|||||
18
|
M.Syuhada
|
|||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|||||
20
|
Muammar Hafizh
|
|||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|||||
22
|
Reva Umira
|
|||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
|||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|||||
25
|
Raudhatul Muna
|
|||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|||||
28
|
T. Firdaus
|
|||||
29
|
Tiara Anggelina
|
|||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|||||
32
|
Dicky Novrian
|
|||||
33
|
Alfin
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
H. Sumber dan Media
1.
Buku Guru, Buku siswa
2.
Gambar-gambar/cuplikan video terkait perilaku kebersamaan.
Mengetahui, Tijue,
18 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment