Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 1

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 20 March 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : 3/2
Tema 7                                        : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Energi Arternatif/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2    Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
b) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
3.1.2    Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.3    Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
4.3.1    Merancang karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di sekitar

c) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1    Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
3.1.1    Mengidentifikasi operasi hitung yang tepat untuk memecahkan masalah
4.2.   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.2.1    Menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Isi teks informatif tentang energi alternatif
2.      Membuat kincir angin dari kertas
3.      Menyelesaikan soal cerita matematika

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menunjukkan gambar/tayangan video tentang berita kehabisan bahan bakar di sebuah pom bensin. Siswa mengamati tayangan gambar/video tersebut (mengamati).
o   Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar/video yang diamati.
o   Kemudian siswa diminta membaca teks tentang energi alternatif di buku teks.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal yang tidak dipahami. (Menanya)
o   Guru melakukan tanya jawab seputar isi teks yang dibaca.
o   Kemudian siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok.
o   Siswa diminta mendiskusikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku teks. (Mengekplorasi)
o   Kemudian masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
o   Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian
o   Setelah menyampaikan hasil diskusi siswa mendengarkan konfirmasi guru tentang hasil diskusi.
o   Selanjutnya siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa benda-benda di sekitar dapat digunakan untuk membuat karya dekoratif, misalnya kertas. (Mengamati)
o   Guru menjelaskan kembali tentang apa itu karya dekoratif dan menunjukkan contoh karya dekoratif dari kertas yang ada di buku teks.
o   Siswa menyimak penjelasan guru bahwa mereka akan membuat hiasan berbentuk kincir angin dari kertas.
o   Kemudian siswa membuat kincir angin dari kertas. (Mengekplorasi)
o   Setelah selesai siswa diminta merapikan bekas-bekas pekerjaannya
o   Hasil karya yang sudah dibuat di pajang di kelas.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan latihan soal cerita matematika. Guru memberikan beberapa contoh soal untuk diselesaikan. Guru dapat meminta siswa secara sukarela menyelesaikan contoh-contoh soal tersebut. Setelah itu siswa mengerjakan soal-soal latihan di buku teks secara mandiri. (Mengkomunikasikan) dan (Mengekplorasi)
o   Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara lisan atau tulis dengan tepat

Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut, menggunakan intonasi yang benar, lancar dalam penyampaian
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Menyampaikan gagasan dalam diskusi

Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Membuat kincir angin dari kertas

Sesuai dengan jenis karya yang ditetapkan, komposisi bentuk dan warnanya tepat, selesai tepat waktu, hasil kerjanya rapi.
Hanya memenuhi 3 kriteria
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria





Lembar Penilaian Keterampilan :

1.  Melakukan percakapan
No
Nama Siswa
Kalimat yang
diucapkan
lancar
intonasinya
tepat
Alur
percakapan
runut
percaya
diri
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

H. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar/tayangan video berita orang antri di pom bensin karena persediaan BBM menipis.
3.      Gambar contoh penggunaan energi alternatif
4.      Gambar contoh hasil karya dekoratif dari kertas
5.      Gunting, lem, dan kertas origami kertas lainnya.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 17 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.  Apa yang dimaksud dengan energi alternatif?


Rounded Rectangle: ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
 






2.  Mengapa perlu ada energi alternatif?
Rounded Rectangle: ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….

 





3.  Apa saja yang termasuk sumber energi alternatif?


Rounded Rectangle: ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
 






4.  Berikan salah satu contoh penggunaan energi alternatif!


Rounded Rectangle: ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
 




5.  Apa akibatnya jika tidak ada energi alternatif?


Rounded Rectangle: ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………………….
 









MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 1

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 1

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors