(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/2
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Energi Arternatif/
1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis
dengan tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau
tulis dengan tepat laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan
atau tulis dengan tepat
b) SBdP
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
karya seni
3.1 Mengenal
karya seni gaya dekoratif
3.1.1 Mengidentifikasi
karya seni gaya dekoratif
3.1.2 Mengidentiifikasi
alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.3 Menghias
benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
4.3.1 Merancang
karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di sekitar
c) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.1 Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian
3.1.1 Mengidentifikasi
operasi hitung yang tepat untuk memecahkan masalah
4.2. Merumuskan
dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang
efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang,
berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.2.1 Menggunakan
pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Isi teks informatif
tentang energi alternatif
2. Membuat
kincir angin dari kertas
3. Menyelesaikan
soal cerita matematika
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru menunjukkan gambar/tayangan video tentang
berita kehabisan bahan bakar di sebuah pom bensin. Siswa mengamati tayangan
gambar/video tersebut (mengamati).
o Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar/video
yang diamati.
o Kemudian siswa diminta membaca teks tentang energi
alternatif di buku teks.
o Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
jika ada hal yang tidak dipahami.
(Menanya)
o Guru melakukan tanya jawab seputar isi teks yang
dibaca.
o Kemudian siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok.
o Siswa diminta mendiskusikan jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku teks. (Mengekplorasi)
o Kemudian masing-masing kelompok diminta menyampaikan
hasil diskusinya di depan kelas.
o Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya secara
bergantian
o Setelah menyampaikan hasil diskusi siswa
mendengarkan konfirmasi guru tentang hasil diskusi.
o Selanjutnya siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa
benda-benda di sekitar dapat digunakan untuk membuat karya dekoratif,
misalnya kertas.
(Mengamati)
o Guru menjelaskan kembali tentang apa itu karya
dekoratif dan menunjukkan contoh karya dekoratif dari kertas yang ada di buku
teks.
o Siswa menyimak penjelasan guru bahwa mereka akan
membuat hiasan berbentuk kincir angin dari kertas.
o Kemudian siswa membuat kincir angin dari kertas. (Mengekplorasi)
o Setelah selesai siswa diminta merapikan bekas-bekas
pekerjaannya
o Hasil karya yang sudah dibuat di pajang di kelas.
o Kegiatan dilanjutkan dengan latihan soal cerita
matematika. Guru memberikan beberapa contoh soal untuk diselesaikan. Guru
dapat meminta siswa secara sukarela menyelesaikan contoh-contoh soal
tersebut. Setelah itu siswa mengerjakan soal-soal latihan di buku teks secara
mandiri.
(Mengkomunikasikan) dan (Mengekplorasi)
o Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
||||||||||||||||
2
|
Agung Arais
|
||||||||||||||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
||||||||||||||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
||||||||||||||||
5
|
Alif Al Gibral
|
||||||||||||||||
6
|
Akramul Akbar
|
||||||||||||||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
||||||||||||||||
8
|
Amira Najla
|
||||||||||||||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
||||||||||||||||
10
|
Fawniya
|
||||||||||||||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
||||||||||||||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
||||||||||||||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
||||||||||||||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
||||||||||||||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
||||||||||||||||
16
|
Maqsalmina
|
||||||||||||||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
||||||||||||||||
18
|
M.Syuhada
|
||||||||||||||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
||||||||||||||||
20
|
Muammar Hafizh
|
||||||||||||||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
||||||||||||||||
22
|
Reva Umira
|
||||||||||||||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
||||||||||||||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
||||||||||||||||
25
|
Raudhatul Muna
|
||||||||||||||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
||||||||||||||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
||||||||||||||||
28
|
T. Firdaus
|
||||||||||||||||
29
|
Tiara Anggelina
|
||||||||||||||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
||||||||||||||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
||||||||||||||||
32
|
Dicky Novrian
|
||||||||||||||||
33
|
Alfin
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang sumber energi secara
lisan atau tulis dengan tepat
|
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut, menggunakan
intonasi yang benar, lancar dalam penyampaian
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Membuat kincir angin dari kertas
|
Sesuai dengan jenis karya yang ditetapkan, komposisi bentuk dan warnanya
tepat, selesai tepat waktu, hasil kerjanya rapi.
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan percakapan
No
|
Nama Siswa
|
Kalimat yang
diucapkan
lancar
|
intonasinya
tepat
|
Alur
percakapan
runut
|
percaya
diri
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|||||
2
|
Agung Arais
|
|||||
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|||||
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|||||
5
|
Alif Al Gibral
|
|||||
6
|
Akramul Akbar
|
|||||
7
|
Arrayyan Akbar
|
|||||
8
|
Amira Najla
|
|||||
9
|
Cut Dina Amelia
|
|||||
10
|
Fawniya
|
|||||
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|||||
12
|
Iffah Mursyidah
|
|||||
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|||||
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|||||
15
|
Luluatul Fuadah
|
|||||
16
|
Maqsalmina
|
|||||
17
|
M. Farel Alfitra
|
|||||
18
|
M.Syuhada
|
|||||
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|||||
20
|
Muammar Hafizh
|
|||||
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|||||
22
|
Reva Umira
|
|||||
23
|
Rita Safitri Yana
|
|||||
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|||||
25
|
Raudhatul Muna
|
|||||
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|||||
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|||||
28
|
T. Firdaus
|
|||||
29
|
Tiara Anggelina
|
|||||
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|||||
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|||||
32
|
Dicky Novrian
|
|||||
33
|
Alfin
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
H. Sumber dan Media
1. Buku
Guru, Buku siswa
2. Gambar/tayangan
video berita orang antri di pom bensin karena persediaan BBM menipis.
3. Gambar
contoh penggunaan energi alternatif
4. Gambar
contoh hasil karya dekoratif dari kertas
5. Gunting,
lem, dan kertas origami kertas lainnya.
Mengetahui, Tijue,
17 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang dimaksud dengan energi
alternatif?
2. Mengapa
perlu ada energi alternatif?
3. Apa
saja yang termasuk sumber energi alternatif?
4. Berikan
salah satu contoh penggunaan energi alternatif!
5. Apa
akibatnya jika tidak ada energi alternatif?
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment