RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Tumbuhan di
sekitarku/ 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan
dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan
grafik konkrit dan piktograf.
3.10.1
Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.9.3 Menampilkan
data yang dikelompokkan menggunakan grafik piktograf.
b) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni.
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan
makanan.
4.15 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam. Indikator
3.4.3 Menjelaskan
cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu,
daun kelapa, dan kerang).
c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.11 Mencatat isi
teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.8 Membacakan
laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan
intonasi yang jelas
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
2. Menampilkan data yangdikelompokkan menggunakan grafik piktograf.
3. Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan
alam.
4. Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan
sebagai karya kreatif.
5. Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan dengan
lafal dan intonasi yang jelas..
6. Mencatat isi teks laporan sederhana.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menyanyikan
lagu “Paman Datang” secara bersamasama (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang isi lagu (mengamati).
o
Siswa mengamati
tabel hasil pengukuran panjang sayur dan buah (mengamati).
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan tabel (menanya) .
o
Siswa menukarkan
pertanyaan yang sudah dibuat dengan teman sebangku.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o
Siswa
membandingkan dua hasil pengukuran benda berdasarkan tabel (menalar).
o
Siswa dibimbing
menyajikan data dalam bentuk piktograf (menalar).
o
Siswa dan guru
melakukatan tanya jawab tentang kulit jagung yang bisa dimanfaatkan sebagai
bahan kerajinan (menanya).
o
Siswa dibimbing
membuat bunga dengan menggunakan bahan dasar kulit jagung (mencoba).
o
Siswa
menceritakan hasil kerajinan yang telah dibuat dan cara membuatnya
(mengomunikasikan).
o
Siswa dibimbing
menggunakan alat dengan benar, diberikan penekanan kepada siswa untuk
menggunakan alat dengan hati-hati (mengomunikasikan).
o
Siswa membacakan
teks laporan hasil pengamatan yang telah ditulis pada pembelajaran sebelumnya
(mengomunikasikan).
o
Siswa lain
menanggapi teks laporan yang telah dibacakan (menalar).
o
Siswa mencatat
isi dari teks laporan yang telah ditulis dengan tulisan tegak bersambung pada
kolom yang tersedia di buku siswa (menalar).
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu menampilkan data menggunakan piktograf, siswa diberikan latihan lanjutan
berkaitan dengan piktograf.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat kerajinan bunga dengan menggunakan kulit jagung, siswa
diberikan latihan pengembangan berdasarkan keterampilan yang telah diperoleh siswa.
o
Jika siswa sudah
mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan latihan lanjutan terkait
teks laporan.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu menampilkan data menggunakan piktograf, siswa diberikan bimbingan
berkaitan dengan piktograf.
o
Jika siswa belum
mampu membuat kerajinan bunga dengan menggunakan kulit jagung, siswa
diberikan bimbingan tentang teknik membuat kerajinan bunga dengan kulit
jagung dengan benar.
o
Jika siswa belum
mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan bimbingan terkait
teks laporan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis : Daftar periksa dan skor
a. Membuat
dan menjawab pertanyaan
Penilaian
Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan teman
|
|
|
b.
Membandingkan panjang benda berdasarkan data
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
Tabel Hasil
Pengukuran Panjang Sayur dan Buah
No
|
Nama Bunga
|
Hasil Pengukuran
|
1
|
Wortel
|
15 cm
|
2
|
Pisang
|
11 cm
|
3
|
Buncis
|
13 cm
|
4
|
Pepaya
|
28 cm
|
5
|
Mentimun
|
9 cm
|
1. Buncis lebih
pendek dari wortel (skor 20)
2. Jagung lebih
panjang dari pisang (skor 20)
3. Pepaya lebih
panjang dari jagung (skor 20)
4. Buncis lebih
panjang dari pisang (skor 20)
5. Wortel lebih
pendek dari pepaya (skor 20)
Penilaian: Unjuk
Kerja
a.
Menyajikan data dalam bentuk piktograf
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
penyajian
|
Seluruh
data
disajikan
dengan
tepat
|
Ada satu
data yang tidak tepat dalam
penyajian
|
Lebih dari
satu data tidak tepat dalam penyajian
|
Semua data yang disajikan tidak tepat
|
2
|
Tampilan
|
Rapi dan
bersih
|
Rapi,
namun kurang bersih
|
Kurang rapi dan kurang bersih
|
Tidak rapi
|
b. Membuat
bunga dari kulit jagung
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
Karya kerajinan
|
Ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang
|
Terdapat
sebagian
Besar keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang
|
Terdapat
sebagian
Besar keharmonisan
komposisi
kerajinan yang dirancang
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang
|
2
|
Keindahan
karya
yang
dihasilkan
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa sangat kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang enak dilihat
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak dilihat
|
3
|
Kerapian
|
Karya
kerajinan
terlihat
sangat rapi
|
Karya
kerajinan
terlihat
rapi
|
Karya kerajinan
terlihat
kurang rapi
|
Karya
kerajinan
terlihat
tidak rapi
|
c.
Membacakan teks laporan yang ditulis
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca Teks
|
Siswa
mampu
Membaca keseluruhan
teks
dengan lancar
|
Siswa
mampu
membaca
seluruh teks, tetapi kurang lancar
|
Siswa
kurang
mampu membaca
|
Siswa
belum mampu membaca teks
|
2
|
Volume Suara
|
Volume suara
keras
dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume suara kurang
jelas
|
Suara
sangat pelan dan tidak jelas
|
d. Mencatat isi
teks laporan yang ditulis menggunakan huruf tegak bersambung
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
isi
teks
|
Catatan
sesuai
dengan
teks
dan
mencakup
keseluruhan isi teks
|
Catatan sesuai
dengan teks, namun hanya sebagian besar isi teks yang
dicatat
|
Catatan
kurang
sesuai
dengan teks dan hanya sebagian
kecil
isi teks yang dicatat
|
Catatan
tidak sesuaidengan isi teks
|
2
|
Ketepatan
dan
kerapian
tulisan
|
Penulisan
huruf
tepat dan
tulisan
rapi
|
Tulisan
rapi, namun ada beberapa huruf yang ditulis kurang tepat.
|
Masih
banyak
penulisan
huruf
yang
kurang tepat dan kurang rapi
|
Sebagian besar
penulisan huruf
tidak tepat dan tidak rapi
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku
Siswa
2. Teks
lagu “Paman Datang”.
3. Tabel
hasil pengukuran panjang sayur dan buah.
4. Gunting.
5. Pewarna/wantex.
6. Lem.
7. Kawat.
8. Tempayan
5 buah.
9. Plastik
berwarna.
Mengetahui, Tijue,
18 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Isilah dengan kata lebih panjang
dari atau lebih
pendek dari!
1. Buncis . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . wortel
2. Jagung . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . pisang
3. Pepaya . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . jagung
4. Buncis . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . pisang
5. Wortel . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . papaya
Lani membagi jagung yang dibawa paman menjadi 5
onggokan.
• Onggokan pertama ada 15 jagung .
• Onggokan kedua ada 20 jagung.
• Onggokan ketiga ada 10 jagung.
• Onggokan keempat ada 5 jagung.
•
Onggokan kelima ada 10 jagung
Sajikan data di atas ke
dalam piktograf berikut!
MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment