Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 6 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 7                                   : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Tumbuhan di sekitarku/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.9.3 Menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik piktograf.

b) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam. Indikator
3.4.3 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu, daun kelapa, dan kerang).

c) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.11 Mencatat isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.8 Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan tumbuhan di sekitar dengan lafal dan intonasi yang jelas

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
2.      Menampilkan data yangdikelompokkan menggunakan grafik piktograf.
3.      Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
4.      Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif.
5.      Membacakan laporan sederhana hasil pengamatan dengan lafal dan intonasi yang jelas..
6.      Mencatat isi teks laporan sederhana.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menyanyikan lagu “Paman Datang” secara bersamasama (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang isi lagu (mengamati).
o   Siswa mengamati tabel hasil pengukuran panjang sayur dan buah (mengamati).
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan tabel (menanya) .
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang sudah dibuat dengan teman sebangku.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o   Siswa membandingkan dua hasil pengukuran benda berdasarkan tabel (menalar).
o   Siswa dibimbing menyajikan data dalam bentuk piktograf (menalar).
o   Siswa dan guru melakukatan tanya jawab tentang kulit jagung yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan (menanya).
o   Siswa dibimbing membuat bunga dengan menggunakan bahan dasar kulit jagung (mencoba).
o   Siswa menceritakan hasil kerajinan yang telah dibuat dan cara membuatnya (mengomunikasikan).
o   Siswa dibimbing menggunakan alat dengan benar, diberikan penekanan kepada siswa untuk menggunakan alat dengan hati-hati (mengomunikasikan).
o   Siswa membacakan teks laporan hasil pengamatan yang telah ditulis pada pembelajaran sebelumnya (mengomunikasikan).
o   Siswa lain menanggapi teks laporan yang telah dibacakan (menalar).
o   Siswa mencatat isi dari teks laporan yang telah ditulis dengan tulisan tegak bersambung pada kolom yang tersedia di buku siswa (menalar).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu menampilkan data menggunakan piktograf, siswa diberikan latihan lanjutan berkaitan dengan piktograf.
o   Jika siswa sudah mampu membuat kerajinan bunga dengan menggunakan kulit jagung, siswa diberikan latihan pengembangan berdasarkan keterampilan yang telah diperoleh siswa.
o   Jika siswa sudah mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan latihan lanjutan terkait teks laporan.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu menampilkan data menggunakan piktograf, siswa diberikan bimbingan berkaitan dengan piktograf.
o   Jika siswa belum mampu membuat kerajinan bunga dengan menggunakan kulit jagung, siswa diberikan bimbingan tentang teknik membuat kerajinan bunga dengan kulit jagung dengan benar.
o   Jika siswa belum mampu mencatat isi sebuah teks laporan, siswa diberikan bimbingan terkait teks laporan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis : Daftar periksa dan skor
a. Membuat dan menjawab pertanyaan
Penilaian Mengajukan Pertanyaan dengan Daftar Periksa
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Mampu mengajukan pertanyaan


2
Mampu menjawab pertanyaan teman



b. Membandingkan panjang benda berdasarkan data
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
Tabel Hasil Pengukuran Panjang Sayur dan Buah
No
Nama Bunga
Hasil Pengukuran
1
Wortel
15 cm
2
Pisang
11 cm
3
Buncis
13 cm
4
Pepaya
28 cm
5
Mentimun
9 cm

1. Buncis lebih pendek dari wortel (skor 20)
2. Jagung lebih panjang dari pisang (skor 20)
3. Pepaya lebih panjang dari jagung (skor 20)
4. Buncis lebih panjang dari pisang (skor 20)
5. Wortel lebih pendek dari pepaya (skor 20)

Penilaian: Unjuk Kerja
a. Menyajikan data dalam bentuk piktograf
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan
penyajian
Seluruh data
disajikan dengan
tepat
Ada satu data yang tidak tepat dalam
penyajian
Lebih dari satu data tidak tepat dalam penyajian
Semua data yang disajikan tidak tepat
2
Tampilan
Rapi dan bersih
Rapi, namun kurang bersih
Kurang rapi dan kurang bersih
Tidak rapi

b. Membuat bunga dari kulit jagung
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
Karya kerajinan
Ada keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Terdapat sebagian
Besar keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Terdapat sebagian
Besar keharmonisan
komposisi kerajinan yang dirancang
Tidak ada
keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
2
Keindahan
karya yang
dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan tidak enak dilihat
3
Kerapian
Karya kerajinan
terlihat sangat rapi
Karya kerajinan
terlihat rapi
Karya kerajinan
terlihat kurang rapi
Karya kerajinan
terlihat tidak rapi

c. Membacakan teks laporan yang ditulis

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
Membaca keseluruhan teks
dengan lancar
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar
Siswa kurang
mampu membaca
Siswa belum mampu membaca teks
2
Volume Suara
Volume suara keras
dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang
jelas

Suara sangat pelan dan tidak jelas

d. Mencatat isi teks laporan yang ditulis menggunakan huruf tegak bersambung
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian isi
teks
Catatan sesuai
dengan teks
dan mencakup
keseluruhan isi teks
Catatan sesuai
dengan teks, namun hanya sebagian besar isi teks yang
dicatat
Catatan kurang
sesuai dengan teks dan hanya sebagian
kecil isi teks yang dicatat
Catatan tidak sesuaidengan isi teks
2
Ketepatan dan
kerapian tulisan
Penulisan huruf
tepat dan tulisan
rapi
Tulisan rapi, namun ada beberapa huruf yang ditulis kurang tepat.
Masih banyak
penulisan huruf
yang kurang tepat dan kurang rapi
Sebagian besar
penulisan huruf
tidak tepat dan tidak rapi

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Teks lagu “Paman Datang”.
3.      Tabel hasil pengukuran panjang sayur dan buah.
4.      Gunting.
5.      Pewarna/wantex.
6.      Lem.
7.      Kawat.
8.      Tempayan 5 buah.
9.      Plastik berwarna.

Mengetahui,                                                                        Tijue, 18 Maret 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Isilah dengan kata lebih panjang dari atau lebih
pendek dari!

1.   Buncis      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   wortel
2.   Jagung       . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . pisang
3.   Pepaya     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   jagung
4.   Buncis      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   pisang
5.   Wortel       . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   papaya

Lani membagi jagung yang dibawa paman menjadi 5
onggokan.
• Onggokan pertama ada 15 jagung .
• Onggokan kedua ada 20 jagung.
• Onggokan ketiga ada 10 jagung.
• Onggokan keempat ada 5 jagung.
• Onggokan kelima ada 10 jagung

Sajikan data di atas ke dalam piktograf berikut!




 
MEDIA

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 3
 
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors