RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Tumbuhan di
sekitarku/ 2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara
menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan
tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas,
papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.1
Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
4.8.1 Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan kelas.
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan
dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan
grafik konkrit dan piktograf.
3.10.2 Mengurutkan
hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.9.2 Menampilkan
data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkret
c) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
3.1.7 Menjelaskan
makna symbol sila pertama Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.9 Menunjukkan
perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila pertama.
d) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.10 Menjelaskan
isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.7 Menulis
laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan Matematika
sekitar.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan
kelas.
2. Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas.
3. Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari
nilai terkecil ke terbesar.
4. Menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik
konkrit.
5. Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
6. Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai
dengan sila pertama.
7. Menjelaskan isi teks laporan sederhana.
8. Menulis laporan sederhana.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar kegiatan gotong royong di kelasLani (mengamati).
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
o
Siswa menukarkan
pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o
Siswa membaca
percakapan Ibu guru dan Edo tentang kegiatan piket kelas (mengamati).
o
Siswa
mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas (menalar).
o
Siswa menyebutkan
contoh kegiatan menjaga kebersihan kelas (mengomunikasikan).
o
Siswa menyebutkan alat-alat yang dapat
digunakan dalam menjaga kebersihan (mengomunikasikan).
Siswa mengamati
gambar berbagai cara menjaga kebersihan (mengamati).
o
Siswa dibimbing
mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (mencoba).
o
Siswa mengamati
gambar dua benda yang berbeda panjangnya (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang gambar (menanya).
o
Siswa mengamati
tabel hasil pengukuran panjang beberapa benda (mengamati).
o
Siswa mengurutkan
hasil pengukuran pada tabel dari ukuran yang terkecil ke terbesar (menalar).
o
Siswa mengamati
contoh grafik batang (mengamati).
o
Siswa dibimbing
membaca grafik yang diamati (mengamati).
o
Siswa melengkapi
data yang telah diurutkan dalam bentuk grafik batang (mengomunikasikan).
o
Siswa kembali
mengamati gambar kegiatan gotong royong di kelas Lani (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang perilaku yang sesuai dengan sila pertama
Pancasila (menalar).
o
Siswa menyebutkan
simbol sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).
o
Siswa menyebutkan
makna dari simbol sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).
o
Siswa menentukan
perilaku sesuai dengan sila pertama Pancasila (menalar).
o
Siswa memberi
tanda centang (√) pada perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila
(menalar).
o
Siswa mengamati
dan membaca teks laporan ”Tanaman
o
Cabe” yang ada
pada pembelajaran 1 (mengamati).
o
Siswa kembali
melakukan tanya jawab tentang teks yang sudah dibaca (menanya) .
o
Siswa diberikan
arahan tentang cara menulis teks laporan (mengamati).
o
Siswa mengamati
salah satu tumbuhan yang ada di sekolah (mengamati).
o
Siswa diarahkan
untuk mengamati bagian-bagian tumbuhan seperti bentuk batang, bentuk bunga,
bentuk daun, bentuk buah, dan lain-lain (mengamati).
o
Siswa mencatat
hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa (mengamati).
o
Siswa menuliskan
hasil pengamatan dalam bentuk teks laporan hasil pengamatan
(mengomunikasikan).
Kegiatan
Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan kelas dengan benar, siswa
dibiasakan untuk selalu menjaga kebersihan kelas.
o
Jika siswa sudah mampu mengurutkan hasil
pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar, siswa
diberikan latihan lanjutan berkaitan dengan pengukuran panjang benda.
o
Jika siswa sudah
mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila
pertama Pancasila, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan sila
pertama Pancasila.
o
Jika siswa sudah
mampu menjelaskan isi teks laporan sederhana, siswa diberikan latihan lanjutan
berkaitan dengan teks laporan sederhana.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan kelas dengan benar, siswa
diberikan bimbingan tentang cara menjaga kebersihan yang benar.
o
Jika siswa belum
mampu mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke
terbesar, siswa diberikan latihan tambahan.
o
Jika siswa belum mampu menjelaskan makna dan
memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa
diberikan pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan sila pertama
Pancasila.
o
Jika siswa belum
mampu menjelaskan isi teks laporan, siswa diberikan bimbingan berkaitan dengan
teks laporan sederhana.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes
tertulis: Daftar Periksa dan Skor
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan teman
|
|
|
b.
Mengurutkan hasil pengukuran dari yang terkecil ke terbesar
Jumlah
soal: 1 soal
Jawaban:
No
|
Nama
Benda
|
Hasil Pengukuran
|
1
|
Kemoceng
|
40 cm
|
2
|
Meja
|
50 cm
|
3
|
Lemari
|
90 cm
|
4
|
Sapu
|
100 cm
|
5
|
Papan
tulis
|
120 cm
|
c.
Menentukan perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
No
|
Contoh sikap
|
Penilaian
|
1
|
Belajar bersama
|
|
2
|
Berdoa sebelum belajar
|
|
3
|
Tidak membeda-bedakan teman
|
|
4
|
Beribadah menurut agama masingmasing
|
|
5
|
Menghormati antar umat beragama
|
|
Penilaian:
Observasi dan Unjuk Kerja
a. Mempraktikkan
cara menjaga kebersihan
Lembar penilaian
mempraktikkan cara menjaga kebersihan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi
|
|
|
2
|
Siswa
mampu mempraktikkan cara
menjaga
kebersihan dengan benar
|
|
|
3
|
Siswa
terlibat aktif dalam
pembelajaran
|
|
|
b.
Menyajikan data dalam bentuk grafik
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ketepatan
penyajian
|
Seluruh
data
disajikan
dengan
tepat
|
Ada satu data yang tidak tepat dalam
penyajian
|
Lebih
dari satu data tidak tepat dalam penyajian
|
Semua
data yang disajikan tidak tepat
|
2
|
Tampilan
|
Rapi dan bersih
|
Rapi, namun kurang bersih
|
Kurang
rapi dan kurang bersih
|
Tidak rapi
|
c. Menulis
teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
huruf
besar,
dan tanda
baca
|
Menggunakan
huruf
besar di
awal
kalimat dan
nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di akhir kalimat.
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat
lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
|
Tidak
satu pun
kalimat
yang
menggunakan
huruf
besar dan
tanda
titik.
|
2
|
Kesesuaian
isi teks
yang
ditulis
dengan
tema
|
Seluruh
isi teks yang ditulis sesuai tema
|
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
|
Kurang
dari
setengah
isi teks
sesuai tema
|
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
|
3
|
Penulisan
|
Penulisan
kata
sudah
tepat
|
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
|
Terdapat
lebih dari 2 kata yang belum
tepat
penulisannya
|
Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan
|
4
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat yang efektif
|
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat
yang kurang
efektif
|
Terdapat
lebih
dari 2
kalimat
menggunakan
kalimat
yang kurang
efektif
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
kalimat
yang belum
efektif
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku
Siswa
2. Gambar
kegiatan gotong royong di kelas Lani.
3. Gambar
beberapa cara menjaga kebersihan kelas.
4. Gambar
sapu dan kemoceng.
5. Alat-alat
kebersihan.
6. Contoh
grafik hasil pengukuran panjang benda.
Mengetahui, Tijue,
17 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di
atas.
Tukarkan pertanyaanmu, kemudian jawab
dengan teliti!
Pertanyaanmu:
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
Jawaban Temanmu:
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
......................................................................................................
MEDIA:
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment