Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 6 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 7                                  : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Tumbuhan di sekitarku/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
3.8.1 Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
4.8.1 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf.
3.10.2 Mengurutkan hasil pengukuran panjang bendabenda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.9.2 Menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkret

c) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambing negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
3.1.7 Menjelaskan makna symbol sila pertama Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.9 Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila pertama.

d) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.10 Menjelaskan isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di sekitar.
4.1.7 Menulis laporan sederhana tentang hasil pengamatan tumbuhan di lingkungan Matematika sekitar.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
2.      Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas.
3.      Mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar.
4.      Menampilkan data yang dikelompokkan menggunakan grafik konkrit.
5.      Menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila.
6.      Menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila pertama.
7.      Menjelaskan isi teks laporan sederhana.
8.      Menulis laporan sederhana.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar kegiatan gotong royong di kelasLani (mengamati).
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o   Siswa membaca percakapan Ibu guru dan Edo tentang kegiatan piket kelas (mengamati).
o   Siswa mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas (menalar).
o   Siswa menyebutkan contoh kegiatan menjaga kebersihan kelas (mengomunikasikan).
o    Siswa menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan dalam menjaga kebersihan (mengomunikasikan).
Siswa mengamati gambar berbagai cara menjaga kebersihan (mengamati).
o   Siswa dibimbing mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (mencoba).
o   Siswa mengamati gambar dua benda yang berbeda panjangnya (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang gambar (menanya).
o   Siswa mengamati tabel hasil pengukuran panjang beberapa benda (mengamati).
o   Siswa mengurutkan hasil pengukuran pada tabel dari ukuran yang terkecil ke terbesar (menalar).
o   Siswa mengamati contoh grafik batang (mengamati).
o   Siswa dibimbing membaca grafik yang diamati (mengamati).
o   Siswa melengkapi data yang telah diurutkan dalam bentuk grafik batang (mengomunikasikan).
o   Siswa kembali mengamati gambar kegiatan gotong royong di kelas Lani (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila (menalar).
o   Siswa menyebutkan simbol sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).
o   Siswa menyebutkan makna dari simbol sila pertama Pancasila (mengomunikasikan).
o   Siswa menentukan perilaku sesuai dengan sila pertama Pancasila (menalar).
o   Siswa memberi tanda centang (√) pada perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila (menalar).
o   Siswa mengamati dan membaca teks laporan ”Tanaman
o   Cabe” yang ada pada pembelajaran 1 (mengamati).
o   Siswa kembali melakukan tanya jawab tentang teks yang sudah dibaca (menanya) .
o   Siswa diberikan arahan tentang cara menulis teks laporan (mengamati).
o   Siswa mengamati salah satu tumbuhan yang ada di sekolah (mengamati).
o   Siswa diarahkan untuk mengamati bagian-bagian tumbuhan seperti bentuk batang, bentuk bunga, bentuk daun, bentuk buah, dan lain-lain (mengamati).
o   Siswa mencatat hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa (mengamati).
o   Siswa menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk teks laporan hasil pengamatan (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan kelas dengan benar, siswa dibiasakan untuk selalu menjaga kebersihan kelas.
o    Jika siswa sudah mampu mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar, siswa diberikan latihan lanjutan berkaitan dengan pengukuran panjang benda.
o   Jika siswa sudah mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan sila pertama Pancasila.
o   Jika siswa sudah mampu menjelaskan isi teks laporan sederhana, siswa diberikan latihan lanjutan berkaitan dengan teks laporan sederhana.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu mempraktikkan cara menjaga membersihkan kelas dengan benar, siswa diberikan bimbingan tentang cara menjaga kebersihan yang benar.
o   Jika siswa belum mampu mengurutkan hasil pengukuran panjang benda-benda dari nilai terkecil ke terbesar, siswa diberikan latihan tambahan.
o    Jika siswa belum mampu menjelaskan makna dan memberikan contoh sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila, siswa diberikan pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan sila pertama Pancasila.
o   Jika siswa belum mampu menjelaskan isi teks laporan, siswa diberikan bimbingan berkaitan dengan teks laporan sederhana.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Mampu mengajukan pertanyaan


2
Mampu menjawab pertanyaan teman



b. Mengurutkan hasil pengukuran dari yang terkecil ke terbesar
Jumlah soal: 1 soal
Jawaban:
No
Nama Benda
Hasil Pengukuran
1
Kemoceng
40 cm
2
Meja
50 cm
3
Lemari
90 cm
4
Sapu
100 cm
5
Papan tulis
120 cm

c. Menentukan perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
No
Contoh sikap
Penilaian
1
Belajar bersama

2
Berdoa sebelum belajar

3
Tidak membeda-bedakan teman

4
Beribadah menurut agama masingmasing

5
Menghormati antar umat beragama


Penilaian: Observasi dan Unjuk Kerja
a. Mempraktikkan cara menjaga kebersihan
Lembar penilaian mempraktikkan cara menjaga kebersihan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Siswa mampu mengikuti instruksi


2
Siswa mampu mempraktikkan cara
menjaga kebersihan dengan benar


3
Siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran



b. Menyajikan data dalam bentuk grafik
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Ketepatan
penyajian
Seluruh data
disajikan dengan
tepat
Ada satu data yang tidak tepat dalam
penyajian
Lebih dari satu data tidak tepat dalam penyajian
Semua data yang disajikan tidak tepat
2
Tampilan
Rapi dan bersih
Rapi, namun kurang bersih
Kurang rapi dan kurang bersih
Tidak rapi

c. Menulis teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
huruf besar,
dan tanda
baca
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan
nama orang, serta
menggunakan tanda titik di akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
penggunaan huruf besar dan tanda titik.
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan huruf
besar dan tanda
titik.
2
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai tema
Setengah atau lebih isi teks sesuai tema
Kurang dari
setengah isi teks
sesuai tema
Seluruh isi teks
belum sesuai
dengan tema
3
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
penulisannya
Terdapat lebih dari 2 kata yang belum
tepat penulisannya
Seluruh kata
belum tepat dalam
penulisan
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang efektif
Terdapat 1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang kurang
efektif
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang kurang
efektif
Seluruh kalimat
menggunakan
kalimat yang belum
efektif

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar kegiatan gotong royong di kelas Lani.
3.      Gambar beberapa cara menjaga kebersihan kelas.
4.      Gambar sapu dan kemoceng.
5.      Alat-alat kebersihan.
6.      Contoh grafik hasil pengukuran panjang benda.





Mengetahui,                                                                        Tijue, 17 Maret 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,


 
PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001





Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di atas.
Tukarkan pertanyaanmu, kemudian jawab
dengan teliti!  

Pertanyaanmu:

...................................................................................................... 
...................................................................................................... 
......................................................................................................  
......................................................................................................  


Jawaban Temanmu:


...................................................................................................... 
...................................................................................................... 
......................................................................................................  
......................................................................................................



MEDIA:

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 2




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors