RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester :
2/II
Tema 7 :
Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran : Tumbuhan di
sekitarku/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan
menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa symbol sila Pancasila.
3.1.1
Mengidentifikasi simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda
Pancasila”.
4.1.14 Menceritakan
perilaku di sekitar sekolah yang tidak sesuai dengan sila-sila pada Pancasila
b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks
laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan
mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.8 Memprediksi
isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
3.1.9 Membaca
nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
4.1.9 Menyimpulkan
hasil laporan sederhana tentang pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar
c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan
dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan
grafik konkrit dan piktograf.
3.10.1
Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.9.1
Mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan jenisnya
d) SBdP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni.
3.4 Mengetahui cara
mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan
makanan.
4.15 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
3.4.1
Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
3.4.2
Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu,
daun kelapa, dan kerang).
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila.
- Menceritakan perilaku di sekitar sekolah yang tidak sesuai dengan silasila Pancasila.
- Memprediksi isi teks laporan sederhana.
- Membaca nyaring teks laporan sederhana.
- Menyimpulkan hasil teks laporan sederhana.
- Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
- Mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan jenisnya.
- Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
- Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
- Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, siswa mengamati gambar “kegiatan Lani mengamati kebun sekolah”
(mengamati).
o
Siswa membuat
pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
o
Siswa menukarkan
pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o
Siswa dan guru
bertanya jawab tentang sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pada
Pancasila (menanya).
o
Siswa menyebutkan
simbol setiap sila Pancasila (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
beberapa gambar tentang perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan
sila-sila pada Pancasila (mengamati).
o
Siswa memberi tanda centang () pada gambar
yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai
o
Pancasila dan
tanda silang (X) perilaku yang tidak sesuai dengan dengan nilai-nilai
Pancasila (menalar).
o
Siswa
menceritakan perilaku yang tidak sesuai dengan silasila
o
Pancasila
berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
gambar tanaman cabe (mengamati).
o
Siswa memprediksi
bacaan berdasarkan gambar yang diamati (menalar).
o
Siswa membaca
nyaring teks laporan tentang “Tanaman Cabai” (mengamati).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang teks laporan yang sudah dibaca (menalar).
o
Siswa mengamati
gambar cabai yang diukur Lani (mengamati).
o
Siswa
menceritakan hasil pengukuran cabai yang dilakukan
o
Lani berdasarkan
gambar (mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
gambar beberapa alat ukur (mengamati).
o
Siswa menyebutkan
beberapa alat ukur berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
o
Siswa menjawab
beberapa pertanyaan berdasarkan teks laporan yang telah dibaca (menalar).
o
Siswa
menyimpulkan isi teks laporan yang sudah dibaca (mengomunikasikan).
o
Siswa dibimbing
mengukur panjang beberapa benda yang ada di kelas (mencoba).
o
Siswa diberikan
penguatan bahwa dalam mengukur harus selalu dimulai dari angka nol
(mengomunikasikan).
o
Siswa mengamati
gambar sayuran dengan ukuran panjang yang berbeda (mengamati).
o
Siswa memberi
tanda centang (√) pada gambar yang menunjukkan ukuran lebih panjang
(menalar).
o
Siswa
membandingkan panjang gambar sayuran yang diamati dengan menggunakan kata lebih
panjang atau lebih pendek (menalar).
o
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat
kerajinan (menanya).
o
Siswa menentukan
bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan (menalar).
o
Siswa dibimbing
membuat kerajinan kalung dari biji jagung (mencoba).
o
Siswa dibimbing
menggunakan alat dengan benar, diberikan penekanan kepada siswa untuk
menggunakan alat dengan hati-hati (mengomunikasikan).
Kegiatan Pengayaan
o
Jika siswa sudah
mampu mencontohkan sikap berdasarkan sila-sila Pancasila, siswa diberikan
latihan lanjutan berkaitan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pada
sila Pancasila.
o
Jika siswa sudah
mampu membaca nyaring teks laporan sederhana, siswa diberikan teks-teks lain
yang bisa dibaca siswa.
o
Jika siswa sudah
mampu membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, siswa diberikan
latihan lanjutan yang berhubungan dengan pengukuran panjang benda.
o
Jika siswa sudah
mampu membuat gelang dari biji sirsak, guru dapat memberikan latihan pengembangan
seperti membuat kalung dengan biji sirsak atau biji-bijian lain.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa belum
mampu mencontohkan sikap berdasarkan sila-sila Pancasila, siswa diberikan
pembelajaran tambahan berkaitan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai
pada sila Pancasila.
o
Jika siswa belum mampu membaca nyaring teks
laporan sederhana, siswa diberikan bimbingan berupa kegiatan latihan membaca.
o
Jika siswa belum
mampu membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, siswa diberikan
pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan pengukuran panjang benda.
o
Jika siswa belum
mampu membuat gelang dari biji sirsak, siswa diberikan bimbingan tentang teknik
membuat gelang yang benar
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis:
Daftar Periksa dan Skor
a.
Mengajukan Pertanyaan
Penilaian
Mengajukan Pertanyaan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat
(√)
|
1
|
Mampu
mengajukan pertanyaan
|
|
|
2
|
Mampu menjawab
pertanyaan teman
|
|
|
b.
Menentukan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1. X (skor 25)
2. √ (skor 25)
3. √ (skor 25)
4. X (skor 25)
c. Menjawab
pertanyaan dari teks Laporan Lani
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1. 9 cm (skor
20)
2. 2 cm (skor
20)
3. Cabai
keriting (skor 20)
4. Cabai rawit
(skor 20)
5. Cabai
keriting lebih panjang dari cabai rawit (skor 20)
d.
Menentukan gambar yang memiliki ukuran lebih panjang
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1.
Cabai keritng
2.
Wortel
3.
Kacang panjang
4.
Jagung
5.
Buncis
e.
Membandingkan panjang dua benda
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1. Jagung
lebih panjang dari cabe rawit. (skor 20)
2. Kacang
kedelai lebih pendek dari kacang panjang. (skor 20)
3. Belimbing
wuluh lebih pendek dari wortel. (skor 20)
4. Cabai
keriting lebih panjang dari kacang tanah. (skor 20)
5. Tauge lebih
pendek dari buncis. (skor 20)
f.
Menentukan benda yang termasuk bahan alam
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1. √ (skor 20)
2. X (skor 20)
3. √ (skor 20)
4. X (skor 20)
5. √ (skor 20)
3.
Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk
Kerja
a.
Menceritakan perilaku yang tidak sesuai dengan sila-sila Pancasila berdasarkan
gambar.
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Siswa
bercerita
dengan
lancar dan sesuai gambar
|
Siswa
bercerita
dengan
kurang
lancar
dan sesuai gambar
|
Siswa
bercerita
dengan
kurang
lancar
dan kurang sesuai dengan gambar
|
Belum
mampu
bercerita
|
2
|
Volume
Suara
|
Volume suara
keras dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume
suara kurang
jelas
|
Suara sangat pelan dan tidak jelas
|
b. Membaca
nyaring teks laporan “Tanaman Cabe”
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Membaca
Teks
|
Siswa
mampu
membaca
keseluruhan
teks
dengan lancar.
|
Siswa
mampu
membaca
seluruh teks, tetapi kurang lancar.
|
Siswa
kurang
mampu
membaca
|
Siswa
belum mampu
membaca teks
|
2
|
Volume Suara
|
Volume
suara keras
dan jelas
|
Volume suara jelas
|
Volume
suara kurang
jelas
|
Suara
sangat pelan
dan tidak jelas
|
3
|
Pemahaman
Isi teks
|
Mampu menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
Mampu menjawab
setengah atau lebih
pertanyaan yang diajukan
|
Mampu menjawab
kurang
dari
setengah
bagian
teks
|
Belum
mampu
menjawab
semua
pertanyaan
yang
diajukan
|
c. Menyimpullkan
hasil laporan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian
kesimpulan
dengan
teks
|
Simpulan
singkat dan mewakili isi
teks
|
Simpulan agak
panjang dan
mewakili isi teks
|
Simpulan
kurang mewakili isi teks
|
Simpulan tidak
mewakili isi teks
|
2
|
Keefektifan
kalimat
|
Mampu
membuat
kalimat
kesimpulan secara efektif
|
Mampu
membuat
sebagian
besar
kalimat kesimpulan
|
Mampu
membuat
sebagian
kecil
kalimat kesimpulan
|
Belum
mampu
membuat
kesimpulan
|
d. Membuat
Kerajinan Kalung dari Biji Jagung
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Komposisi
karya
kerajinan
|
Ada
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang
|
Terdapat sebagian
besar keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
|
Terdapat
sebagian
besar
keharmonisan
komposisi
kerajinan
yang dirancang
|
Tidak ada
keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
|
2
|
Keindahan
karya
yang
dihasilkan
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan rasa sangat kagum
|
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa kagum
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan kurang enak dilihat
|
Karya
yang
dihasilkan
menimbulkan
kesan tidak enak dilihat
|
|
Kerapian
|
Karya
kerajinan
terlihat
sangat rapi
|
Karya
kerajinan
terlihat rapi
|
Karya kerajinan
terlihat
kurang rapi
|
Karya
kerajinan
terlihat
tidak rapi
|
F. Sumber
dan Media
1. Buku Siswa
2. Gambar kegiatan Lani mengamati kebun sekolah.
3. Gambar Edo meminjam penggaris kepada Lani.
4. Gambar dan teks percakapan Lani dan Edo.
5. Teks “Tanaman Cabai”.
6. Benang.
7. Jarum.
8. Gunting.
9. Biji jagung.
Mengetahui, Tijue,
2 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di
atas!
Tukarkan pertanyaanmu dengan teman!
Jawab pertanyaan temanmu pada kolom yang
tersedia!
Pertanyaanmu:
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
Jawaban Temanmu:
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
.......................................................................................................
Sudahkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan
gambar di atas?
………………………………………………………………
Bagaimanakah menurutmu sikap Lani?
………………………………………………………………
Apakah
sikap Lani perlu kita contoh?
………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment