Home » » TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 6 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                      : 2/II
Tema 7                                   : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Tumbuhan di sekitarku/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa symbol sila Pancasila.
3.1.1 Mengidentifikasi simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang Negara “Garuda Pancasila”.
4.1.14 Menceritakan perilaku di sekitar sekolah yang tidak sesuai dengan sila-sila pada Pancasila

b) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.8 Memprediksi isi teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
3.1.9 Membaca nyaring teks laporan sederhana tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
4.1.9 Menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf.
3.10.1 Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
4.9.1 Mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan jenisnya

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan.
4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
3.4.1 Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
3.4.2 Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu, daun kelapa, dan kerang).

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila.
  2. Menceritakan perilaku di sekitar sekolah yang tidak sesuai dengan silasila Pancasila.
  3. Memprediksi isi teks laporan sederhana.
  4. Membaca nyaring teks laporan sederhana.
  5. Menyimpulkan hasil teks laporan sederhana.
  6. Membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda.
  7. Mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan jenisnya.
  8. Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
  9. Mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
  10. Membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.

D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Merawat Hewan dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, siswa mengamati gambar “kegiatan Lani mengamati kebun sekolah” (mengamati).
o   Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
o   Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
o   Siswa dan guru bertanya jawab tentang sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila (menanya).
o   Siswa menyebutkan simbol setiap sila Pancasila (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati beberapa gambar tentang perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan sila-sila pada Pancasila (mengamati).
o    Siswa memberi tanda centang () pada gambar yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai
o   Pancasila dan tanda silang (X) perilaku yang tidak sesuai dengan dengan nilai-nilai Pancasila (menalar).
o   Siswa menceritakan perilaku yang tidak sesuai dengan silasila
o   Pancasila berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar tanaman cabe (mengamati).
o   Siswa memprediksi bacaan berdasarkan gambar yang diamati (menalar).
o   Siswa membaca nyaring teks laporan tentang “Tanaman Cabai” (mengamati).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang teks laporan yang sudah dibaca (menalar).
o   Siswa mengamati gambar cabai yang diukur Lani (mengamati).
o   Siswa menceritakan hasil pengukuran cabai yang dilakukan
o   Lani berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar beberapa alat ukur (mengamati).
o   Siswa menyebutkan beberapa alat ukur berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
o   Siswa menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan teks laporan yang telah dibaca (menalar).
o   Siswa menyimpulkan isi teks laporan yang sudah dibaca (mengomunikasikan).
o   Siswa dibimbing mengukur panjang beberapa benda yang ada di kelas (mencoba).
o   Siswa diberikan penguatan bahwa dalam mengukur harus selalu dimulai dari angka nol (mengomunikasikan).
o   Siswa mengamati gambar sayuran dengan ukuran panjang yang berbeda (mengamati).
o   Siswa memberi tanda centang (√) pada gambar yang menunjukkan ukuran lebih panjang (menalar).
o   Siswa membandingkan panjang gambar sayuran yang diamati dengan menggunakan kata lebih panjang atau lebih pendek (menalar).
o   Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang bahan alam yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan (menanya).
o   Siswa menentukan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan (menalar).
o   Siswa dibimbing membuat kerajinan kalung dari biji jagung (mencoba).
o   Siswa dibimbing menggunakan alat dengan benar, diberikan penekanan kepada siswa untuk menggunakan alat dengan hati-hati (mengomunikasikan).

Kegiatan Pengayaan
o   Jika siswa sudah mampu mencontohkan sikap berdasarkan sila-sila Pancasila, siswa diberikan latihan lanjutan berkaitan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pada sila Pancasila.
o   Jika siswa sudah mampu membaca nyaring teks laporan sederhana, siswa diberikan teks-teks lain yang bisa dibaca siswa.
o   Jika siswa sudah mampu membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, siswa diberikan latihan lanjutan yang berhubungan dengan pengukuran panjang benda.
o   Jika siswa sudah mampu membuat gelang dari biji sirsak, guru dapat memberikan latihan pengembangan seperti membuat kalung dengan biji sirsak atau biji-bijian lain.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa belum mampu mencontohkan sikap berdasarkan sila-sila Pancasila, siswa diberikan pembelajaran tambahan berkaitan dengan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pada sila Pancasila.
o    Jika siswa belum mampu membaca nyaring teks laporan sederhana, siswa diberikan bimbingan berupa kegiatan latihan membaca.
o   Jika siswa belum mampu membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda, siswa diberikan pembelajaran tambahan yang berhubungan dengan pengukuran panjang benda.
o   Jika siswa belum mampu membuat gelang dari biji sirsak, siswa diberikan bimbingan tentang teknik membuat gelang yang benar

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (uraian dan isian).
Tes tertulis: Daftar Periksa dan Skor

a. Mengajukan Pertanyaan
Penilaian Mengajukan Pertanyaan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Mampu mengajukan pertanyaan


2
Mampu menjawab pertanyaan teman



b. Menentukan perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
Jumlah soal: 4 soal
Jawaban:
1.    X (skor 25)
2.    (skor 25)
3.    (skor 25)
4.    X (skor 25)

c. Menjawab pertanyaan dari teks Laporan Lani
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1.    9 cm (skor 20)
2.    2 cm (skor 20)
3.    Cabai keriting (skor 20)
4.    Cabai rawit (skor 20)
5.    Cabai keriting lebih panjang dari cabai rawit (skor 20)

d. Menentukan gambar yang memiliki ukuran lebih panjang
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1.    Cabai keritng
2.    Wortel
3.    Kacang panjang
4.    Jagung
5.    Buncis

e. Membandingkan panjang dua benda
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1.    Jagung lebih panjang dari cabe rawit. (skor 20)
2.    Kacang kedelai lebih pendek dari kacang panjang. (skor 20)
3.    Belimbing wuluh lebih pendek dari wortel. (skor 20)
4.    Cabai keriting lebih panjang dari kacang tanah. (skor 20)
5.    Tauge lebih pendek dari buncis. (skor 20)

f. Menentukan benda yang termasuk bahan alam
Jumlah soal: 5 soal
Jawaban:
1.    (skor 20)
2.    X (skor 20)
3.      (skor 20)
4.    X (skor 20)
5.      (skor 20)

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk Kerja
a. Menceritakan perilaku yang tidak sesuai dengan sila-sila Pancasila berdasarkan
gambar.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Siswa bercerita
dengan lancar dan sesuai gambar
Siswa bercerita
dengan kurang
lancar dan sesuai gambar
Siswa bercerita
dengan kurang
lancar dan kurang sesuai dengan gambar
Belum mampu
bercerita
2
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas
Volume suara jelas

Volume suara kurang
jelas

Suara sangat pelan dan tidak jelas

b. Membaca nyaring teks laporan “Tanaman Cabe”
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Membaca Teks
Siswa mampu
membaca
keseluruhan teks
dengan lancar.
Siswa mampu
membaca seluruh teks, tetapi kurang lancar.
Siswa kurang
mampu membaca
Siswa belum mampu
membaca teks
2
Volume Suara
Volume suara keras
dan jelas
Volume suara jelas
Volume suara kurang
jelas
Suara sangat pelan
dan tidak jelas
3
Pemahaman
Isi teks
Mampu menjawab
semua pertanyaan
yang diajukan
Mampu menjawab
setengah atau lebih
pertanyaan yang diajukan
Mampu menjawab
kurang dari
setengah bagian
teks
Belum mampu
menjawab semua
pertanyaan yang
diajukan

c. Menyimpullkan hasil laporan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kesesuaian
kesimpulan
dengan teks
Simpulan singkat dan mewakili isi
teks
Simpulan agak
panjang dan
mewakili isi teks
Simpulan kurang mewakili isi teks
Simpulan tidak
mewakili isi teks
2
Keefektifan
kalimat
Mampu membuat
kalimat kesimpulan secara efektif
Mampu membuat
sebagian besar
kalimat kesimpulan
Mampu membuat
sebagian kecil
kalimat kesimpulan
Belum mampu
membuat
kesimpulan

d. Membuat Kerajinan Kalung dari Biji Jagung
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Komposisi
karya
kerajinan
Ada keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Terdapat sebagian
besar keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Terdapat sebagian
besar keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
Tidak ada
keharmonisan
komposisi kerajinan
yang dirancang
2
Keindahan
karya yang
dihasilkan
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa sangat kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan rasa kagum
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan kurang enak dilihat
Karya yang
dihasilkan
menimbulkan kesan tidak enak dilihat

Kerapian
Karya kerajinan
terlihat sangat rapi
Karya kerajinan
terlihat rapi
Karya kerajinan
terlihat kurang rapi
Karya kerajinan
terlihat tidak rapi

F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa
2.      Gambar kegiatan Lani mengamati kebun sekolah.
3.      Gambar Edo meminjam penggaris kepada Lani.
4.      Gambar dan teks percakapan Lani dan Edo.
5.      Teks “Tanaman Cabai”.
6.      Benang.
7.      Jarum.
8.      Gunting.
9.      Biji jagung.



Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)






Buatlah pertanyaan berdasarkan gambar di atas!
Tukarkan pertanyaanmu dengan teman!
Jawab pertanyaan temanmu pada kolom yang
tersedia!
Pertanyaanmu:
.......................................................................................................
....................................................................................................... 
.......................................................................................................
....................................................................................................... 
   
Jawaban Temanmu:
.......................................................................................................
....................................................................................................... 
.......................................................................................................
.......................................................................................................

Sudahkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan
gambar di atas?
………………………………………………………………
Bagaimanakah menurutmu sikap Lani?
………………………………………………………………
Apakah sikap Lani perlu kita contoh?
………………………………………………………………

MEDIA
TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1

TEMA 7 KELAS 2 SUB 3 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors