RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/2
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Energi Arternatif/
6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis
dengan tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun
gagasan berupa teks laporan informatif tentang energi alternatif secara
tertulis dengan tepat
b) Matematika
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka,
objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok
maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggu-nakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membandingkan
data berupa table grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1 Memberikan
contoh pengamalan sila kelima Pancasila
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan
pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1 Menunjukkan
perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan
sila kelima Pancasila
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Membaca
dan memahami teks informatif
2. Membaca
data berdasarkan grafik batang
3. Menyusun
teks informatif tentang sikap hemat energi sehari-hari di rumah dan di sekolah
4. Alat
musik sebagai penghasil energi bunyi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa diminta membaca laporan yang disajikan tentang
“Briket Pengganti BBM”. Guru memotivasi siswa untuk bertanya dan berdiskusi
apabila ada hal yang tidak dimengerti. (Mengamati)
o Setelah membaca siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan
terkait isi teks.
(Menanya)
o Kemudian siswa diminta menyampaikan jawaban-jawaban
dari pertanyaan tersebut. (Mengekplorasi)
o Selanjutnya siswa diminta mengamati grafik batang
yang menampilkan data penjualan briket.
o Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
terkait dengan data pada grafik batang yang diamati.
o Guru mengingatkan kembali tentang bagaimana energi
digunakan dalam kehidupan sehari, di mana pun termasuk di rumah. (Mengasosiasi)
o Siswa diminta menuliskan bagaimana dia dan keluarganya
biasa menggunakan energi sehari-hari. (Mengekplorasi)
o Kemudian siswa berbagi cerita kepada teman dan
gurunya.
o Kemudian siswa diminta memperhatikan gambar/tayangan
video tentang perilaku yang menujukkan sikap pemborosan. (Mengamati)
o Kemudian siswa diajak berkeliling sekolah, dan
mengamati adakah pemborosan energi yang terjadi di sekolah. Siswa diminta
mencatatnya.
o Guru dan siswa kemudian membahas hasil pengamatan
mereka. (Mengekplorasi)
o Guru menjelaskan pentingnya menghemat energi bagi kepentingan
bersama.
(Mengkomunikasikan)
o Setelah siswa memahami penjelasan guru, siswa
diminta mengerjakan lembar kerja di buku siswa.
o Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Menyusun teks informatif tentang penggunaan energi di rumah
|
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut, kalimatnya
lengkap
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Menyampaikan pendapat dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan percakapan
No
|
Nama Siswa
|
Kalimat yang
diucapkan
lancar
|
intonasinya
tepat
|
Alur
percakapan
runut
|
percaya
diri
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
1.
Buku Guru, Buku siswa
2.
Gambar/tayangan video yang menujukkan sikap pemborosan
Mengetahui, Tijue,
23 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
LEMBAR PENILAIAN
A. Temukan
5 kata yang berhubungan dengan energi alternatif di dalam tabel huruf berikut
ini.
B. Buatlah
kalimat dari kata-kata yang sudah kamu temukan tersebut!
1.
............................................................................
2.
...........................................................................
3.
...........................................................................
4.
...........................................................................
5.
...........................................................................
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Berdasarkan
grafik batang di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Pada
bulan apakah penjualan briket paling banyak, pada grafik tersebut?
_____________________________________________________
_____________________________________________________
2. Pada
bulan apakah penjualan briket yang paling sedikit?
_____________________________________________________
_____________________________________________________
3. Bulan
apa saja yang jumlah penjualannya 3.000 briket?
_____________________________________________________
_____________________________________________________
4. Bulan
apa saja yang penjualannya lebih dari 3.000 briket?
_____________________________________________________
_____________________________________________________
5. Bulan
apa yang penjualan briketnya sejumlah 5.000?
_____________________________________________________
_____________________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment