Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 6

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 5 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/2
Tema 7                                       : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Energi Arternatif/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2    Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2    Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang energi alternatif secara tertulis dengan tepat
 
b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas seharihari.
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggu-nakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membandingkan data berupa table grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya

c) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1    Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.1    Memberikan contoh pengamalan sila kelima Pancasila
4.1    Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
4.1.1    Menunjukkan perilaku yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Membaca dan memahami teks informatif
2.      Membaca data berdasarkan grafik batang
3.      Menyusun teks informatif tentang sikap hemat energi sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.      Alat musik sebagai penghasil energi bunyi

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa diminta membaca laporan yang disajikan tentang “Briket Pengganti BBM”. Guru memotivasi siswa untuk bertanya dan berdiskusi apabila ada hal yang tidak dimengerti. (Mengamati)
o   Setelah membaca siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait isi teks. (Menanya)
o   Kemudian siswa diminta menyampaikan jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut. (Mengekplorasi)
o   Selanjutnya siswa diminta mengamati grafik batang yang menampilkan data penjualan briket.
o   Siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan data pada grafik batang yang diamati.
o   Guru mengingatkan kembali tentang bagaimana energi digunakan dalam kehidupan sehari, di mana pun termasuk di rumah. (Mengasosiasi)
o   Siswa diminta menuliskan bagaimana dia dan keluarganya biasa menggunakan energi sehari-hari. (Mengekplorasi)
o   Kemudian siswa berbagi cerita kepada teman dan gurunya.
o   Kemudian siswa diminta memperhatikan gambar/tayangan video tentang perilaku yang menujukkan sikap pemborosan. (Mengamati)
o   Kemudian siswa diajak berkeliling sekolah, dan mengamati adakah pemborosan energi yang terjadi di sekolah. Siswa diminta mencatatnya.
o   Guru dan siswa kemudian membahas hasil pengamatan mereka. (Mengekplorasi)
o   Guru menjelaskan pentingnya menghemat energi bagi kepentingan bersama. (Mengkomunikasikan)
o   Setelah siswa memahami penjelasan guru, siswa diminta mengerjakan lembar kerja di buku siswa.
o   Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah

15 menit

 
E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin

















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Menyusun teks informatif tentang penggunaan energi di rumah

Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut, kalimatnya lengkap
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Menyampaikan pendapat dalam diskusi

Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu

Lembar Penilaian Keterampilan :

1.  Melakukan percakapan
No
Nama Siswa
Kalimat yang
diucapkan
lancar
intonasinya
tepat
Alur
percakapan
runut
percaya
diri
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027


F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar/tayangan video yang menujukkan sikap pemborosan


Mengetahui,                                                                        Tijue, 23 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


 


 
LEMBAR PENILAIAN

A.  Temukan 5 kata yang berhubungan dengan energi alternatif di dalam tabel huruf berikut ini.


B.  Buatlah kalimat dari kata-kata yang sudah kamu temukan tersebut!
1.  ............................................................................
2.  ...........................................................................
3.  ...........................................................................
4.  ...........................................................................
5.  ...........................................................................

 

Lembar Kerja Siswa
(LKS)



Berdasarkan grafik batang di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1.  Pada bulan apakah penjualan briket paling banyak, pada grafik tersebut?
_____________________________________________________
_____________________________________________________

2.  Pada bulan apakah penjualan briket yang paling sedikit?
_____________________________________________________
_____________________________________________________
3.  Bulan apa saja yang jumlah penjualannya 3.000 briket?
_____________________________________________________
_____________________________________________________

4.  Bulan apa saja yang penjualannya lebih dari 3.000 briket?
_____________________________________________________
_____________________________________________________

5.  Bulan apa yang penjualan briketnya sejumlah 5.000?
_____________________________________________________
_____________________________________________________




MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 6
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors