Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 5

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 4 February 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/2
Tema 7                                        : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 3/ Pembelajaran         : Energi Arternatif/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
3.1.2    Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2    Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang energi alternatif secara tertulis dengan tepat

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1  Membandingkan data berupa tabel grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.11.1  Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh

c) PPKn
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan di sekolah
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1    Menunjukkan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menceritakan kembali isi teks yang dibaca
2.      Membaca data pada grafik batang dan membuat grafik batang berdasarkan data tertentu
3.      Memahami perilaku hemat dalam kegiatan sehari-hari

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa secara bergilir diminta membaca teks di buku siswa tentang “Air Sumber Energi Alternatif” dengan nyaring. Guru mengarahkan siswa agar dapat membaca dengan pengucapan dan intonasi yang benar. (Mengamati)
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru seputar isi teks. (Menanya)
o   Siswa menceritakan kembali teks yang dibaca dengan kalimat sendiri secara tertulis. (Mengekplorasi)
o   Setelah waktu yang disediakan habis, siswa diminta mengumpulkan tugasnya.
o   Kemudian guru meminta siswa mencermati data penggunaan listrik pada sebuah tabel. Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan tabel data yang mereka amati. Guru juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait data pada tabel tersebut.
o   Secara berkelompok, siswa diminta melakukan observasi dan mengumpulkan data penggunaan listrik di sekolah. Untuk keperluan apa saja listrik di sekolah di gunakan. (Mengekplorasi)
o   Setelah memperoleh data tersebut siswa diminta membuat tabel data dan grafik batang berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi.
o   Siswa menyampaikan hasil observasinya di depan kelas. (Mengasosiasi)
o   Setelah semua kelompok menyampaikan hasil observasinya, guru menunjukkan gambar/tayangan sikap pemborosan energi dalam kehidupan sehari-hari.
o   Guru meminta tanggapan siswa tentang gambar/tayangan video tersebut.
o   Guru dan siswa mendiskusikan tentang pentingnya menunjukkan sikap hidup hemat. (Mengekplorasi)
o   Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar/video yang diamati. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)
o   Kemudian siswa menjawab soal yang ada di buku teks. (Mengekplorasi)
o   Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Menyusun teks laporan informatif
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, alur teks runut, penggunaan tanda baca dan ejaan sesuai EYD
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Menyampaikan gagasan dalam diskusi

Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, isi kalimat jelas, dan lancar dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu





Lembar Penilaian Keterampilan :

1.  Melakukan percakapan
No
Nama Siswa
Kalimat yang
diucapkan
lancar
intonasinya
tepat
Alur
percakapan
runut
percaya
diri
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Gambar/tayangan video yang menunjukkan sikap pemborosan





Mengetahui,                                                                        Tijue, 22 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Perhatikan gambar-gambar berikut ini.
Beri tanda (√) untuk perilaku yang menunjukkan sikap hemat.

Beri tanda (x) untuk perilaku yang menunjukkan sikap pemborosan.



MEDIA

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 5


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors