RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/2
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Energi Arternatif/
5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis
dengan tepat
3.1.2 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau
tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun
gagasan berupa teks laporan informatif tentang energi alternatif secara
tertulis dengan tepat
b) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Membandingkan
data berupa tabel grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membuat
grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh
c) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara
di rumah dan di sekolah
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Menunjukkan
hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Menceritakan
kembali isi teks yang dibaca
2. Membaca
data pada grafik batang dan membuat grafik batang berdasarkan data tertentu
3. Memahami
perilaku hemat dalam kegiatan sehari-hari
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa secara bergilir diminta membaca teks di buku
siswa tentang “Air Sumber Energi Alternatif” dengan nyaring. Guru mengarahkan
siswa agar dapat membaca dengan pengucapan dan intonasi yang benar. (Mengamati)
o Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru seputar
isi teks.
(Menanya)
o Siswa menceritakan kembali teks yang dibaca dengan
kalimat sendiri secara tertulis. (Mengekplorasi)
o Setelah waktu yang disediakan habis, siswa diminta
mengumpulkan tugasnya.
o Kemudian guru meminta siswa mencermati data
penggunaan listrik pada sebuah tabel. Siswa diminta mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan tabel data yang mereka amati. Guru
juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait data pada tabel tersebut.
o Secara berkelompok, siswa diminta melakukan
observasi dan mengumpulkan data penggunaan listrik di sekolah. Untuk
keperluan apa saja listrik di sekolah di gunakan. (Mengekplorasi)
o Setelah memperoleh data tersebut siswa diminta
membuat tabel data dan grafik batang berdasarkan data yang diperoleh dari
hasil observasi.
o Siswa menyampaikan hasil observasinya di depan
kelas. (Mengasosiasi)
o Setelah semua kelompok menyampaikan hasil
observasinya, guru menunjukkan gambar/tayangan sikap pemborosan energi dalam
kehidupan sehari-hari.
o Guru meminta tanggapan siswa tentang gambar/tayangan
video tersebut.
o Guru dan siswa mendiskusikan tentang pentingnya
menunjukkan sikap hidup hemat. (Mengekplorasi)
o Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi
siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan
gambar/video yang diamati.
(Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)
o Kemudian siswa menjawab soal yang ada di buku teks. (Mengekplorasi)
o Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Menyusun teks laporan informatif
|
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, alur teks runut,
penggunaan tanda baca dan ejaan sesuai EYD
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya benar, isi kalimat jelas, dan
lancar dalam menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan percakapan
No
|
Nama Siswa
|
Kalimat yang
diucapkan
lancar
|
intonasinya
tepat
|
Alur
percakapan
runut
|
percaya
diri
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
1.
Buku Guru, Buku siswa
2.
Gambar/tayangan video yang menunjukkan
sikap pemborosan
Mengetahui, Tijue,
22 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Perhatikan
gambar-gambar berikut ini.
Beri tanda (√) untuk perilaku yang
menunjukkan sikap hemat.
Beri
tanda (x) untuk perilaku yang menunjukkan sikap pemborosan.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment