RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Energi Arternatif/
4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi
gerak mengayun sebagai kombinasi pola gerak dasar dominan statis bertumpu
dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Mempraktikkan
gerak mengayun sebagai gerak dasar dominan statis bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/ belakang/samping dalam aktivitas senam.
b) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Membandingkan
data berupa tabel grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.11.1 Membuat
grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh
c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat
sekitar
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara
di rumah dan di sekolah
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Menunjukkan
hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Gerak
senam bergantung dan berayun
2. Menyusun
data ke dalam grafik batang
3. Diskusi
perilaku menghargai orang
lain
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa menuju ke luar kelas bersama guru
o Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya
gerak bagi kesehatan dan penjelasan tentang gerak senam yang akan mereka
pelajari. Guru meminta siswa mengamati gambar gerak mengayun seperti yang ada
pada buku teks. Guru memotivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan, setelah
mengamati gambar tersebut.
(Mengamati)
o Kemudian guru memandu siswa melakukan pemanasan. (Mengasosiasi)
o
Setelah
pemanasan, guru menanyakan adakah siswa yang bisa melakukan gerakan seperti
yang ada pada gambar, sebelum diperagakan oleh guru. Jika ada guru meminta
siswa tersebut maju, dan memberikan penjelasan berdasarkan gerak yang
dilakukan anak tersebut. (Mengkomunikasikan)
o Penjelasan meliputi apa dan bagaimana gerak
bergantung dan berayun serta manfaat gerakan tersebut.
o Siswa mempraktikkan gerak bergantung dan berayun
dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
o Setelah semua siswa mencoba, guru meminta siswa
satu-persatu menunjukkan kemampuannya secara mandiri
o Siswa melakukan pendinginan dengan arahan guru. (Mengasosiasi)
o Setelah semua siswa telah maju, guru melakukan
review kegiatan.
o Setelah berolahrga guru menjelaskan bahwa olahraga
mempengaruhi berat dan tinggi badan.
o Kemudian guru menjelaskan bahwa berat dan tinggi
badan harus diukur secara teratur. Guru menjelaskan bahwa mereka akan
melakukan pengukuran berat dan tinggi badan secara berkelompok. (Mengkomunikasikan)
o Kemudian siswa diminta membentuk kelompok yang
terdiri dari 5-6 orang.
o Siswa melakukan pengukuran berat dan tinggi badan
semua anggota kelompoknya.
o Siswa menyusun data yang diperoleh dalam sebuah
tabel. (Mengekplorasi)
o Dari tabel data tersebut siswa diminta membuat
grafik batangnya.
o Setelah selesai siswa merapikan kembali bekas-bekas
pekerjaannya.
o Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan hasil
pengukuran berat dan tinggi badan. (Mengekplorasi)
o Guru bercerita bahwa perbedaan selalu ditemukan pada
semua orang. Termasuk perbedaan berat dan tinggi badan. Guru menjelaskan
pentingnya memiliki rasa persatuan meskipun ada perbedaan-perbedaan di antara
sesama manusia.
(Mengkomunikasikan)
o Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya jika
ada hal yang tidak dipahami.
(Menanya)
o Secara berkelompok, siswa saling menyampaikan
kelebihan dan kekurangannya.
o Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah
dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c .
praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Melakukan gerak bergantung sambil berayun
|
Gerakan dilakukan tanpa ada kesalahan sedikitpun
|
Gerakan dilakukan dengan lancar namun masih tidak sempurna
|
Gerakannya tepat namun masih memerlukan intervensi guru
|
Belum mau melakukan gerakan
|
Membuat grafik batang
|
Grafik sesuai dengan data, gambar batang grafik pada angka yang tepat,
gambar grafik rapi dan proporsional, selesai tepat waktu
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan percakapan
No
|
Nama Siswa
|
Kalimat yang
diucapkan
lancar
|
intonasinya
tepat
|
Alur
percakapan
runut
|
percaya
diri
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
1.
Buku Guru, Buku siswa
2.
Alat ukur tinggi badan
3.
Alat ukur berat badan
4.
Penggaris
5.
Spidol.
Mengetahui, Tijue,
21 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tuliskan hasil pengukuranmu di sini.
Setelah mendapatkan data berat dan tinggi badan teman,
buatlah grafik batang berdasarkan data tersebut.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment