Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 4

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 4 February 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 7                                        : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 3/ Pembelajaran         : Energi Arternatif/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1    Mengidentifikasi gerak mengayun sebagai kombinasi pola gerak dasar dominan statis bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping dalam aktivitas senam.
4.5    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1    Mempraktikkan gerak mengayun sebagai gerak dasar dominan statis bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping dalam aktivitas senam.

b) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1  Membandingkan data berupa tabel grafik batang dan grafik lingkaran yang diamatinya
4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.11.1  Membuat grafik batang berdasarkan data yang sudah diperoleh

c) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan di sekolah
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1    Menunjukkan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Gerak senam bergantung dan berayun
2.      Menyusun data ke dalam grafik batang
3.      Diskusi perilaku menghargai orang lain

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menuju ke luar kelas bersama guru
o   Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya gerak bagi kesehatan dan penjelasan tentang gerak senam yang akan mereka pelajari. Guru meminta siswa mengamati gambar gerak mengayun seperti yang ada pada buku teks. Guru memotivasi siswa untuk mengajukan pertanyaan, setelah mengamati gambar tersebut. (Mengamati)
o   Kemudian guru memandu siswa melakukan pemanasan. (Mengasosiasi)
o   Setelah pemanasan, guru menanyakan adakah siswa yang bisa melakukan gerakan seperti yang ada pada gambar, sebelum diperagakan oleh guru. Jika ada guru meminta siswa tersebut maju, dan memberikan penjelasan berdasarkan gerak yang dilakukan anak tersebut. (Mengkomunikasikan)
o   Penjelasan meliputi apa dan bagaimana gerak bergantung dan berayun serta manfaat gerakan tersebut.
o   Siswa mempraktikkan gerak bergantung dan berayun dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
o   Setelah semua siswa mencoba, guru meminta siswa satu-persatu menunjukkan kemampuannya secara mandiri
o   Siswa melakukan pendinginan dengan arahan guru. (Mengasosiasi)
o   Setelah semua siswa telah maju, guru melakukan review kegiatan.
o   Setelah berolahrga guru menjelaskan bahwa olahraga mempengaruhi berat dan tinggi badan.
o   Kemudian guru menjelaskan bahwa berat dan tinggi badan harus diukur secara teratur. Guru menjelaskan bahwa mereka akan melakukan pengukuran berat dan tinggi badan secara berkelompok. (Mengkomunikasikan)
o   Kemudian siswa diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 5-6 orang.
o   Siswa melakukan pengukuran berat dan tinggi badan semua anggota kelompoknya.
o   Siswa menyusun data yang diperoleh dalam sebuah tabel. (Mengekplorasi)
o   Dari tabel data tersebut siswa diminta membuat grafik batangnya.
o   Setelah selesai siswa merapikan kembali bekas-bekas pekerjaannya.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan hasil pengukuran berat dan tinggi badan. (Mengekplorasi)
o   Guru bercerita bahwa perbedaan selalu ditemukan pada semua orang. Termasuk perbedaan berat dan tinggi badan. Guru menjelaskan pentingnya memiliki rasa persatuan meskipun ada perbedaan-perbedaan di antara sesama manusia. (Mengkomunikasikan)
o   Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya jika ada hal yang tidak dipahami. (Menanya)
o   Secara berkelompok, siswa saling menyampaikan kelebihan dan kekurangannya.
o   Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik



Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Melakukan gerak bergantung sambil berayun

Gerakan dilakukan tanpa ada kesalahan sedikitpun
Gerakan dilakukan dengan lancar namun masih tidak sempurna
Gerakannya tepat namun masih memerlukan intervensi guru
Belum mau melakukan gerakan

Membuat grafik batang

Grafik sesuai dengan data, gambar batang grafik pada angka yang tepat, gambar grafik rapi dan proporsional, selesai tepat waktu
Hanya memenuhi 3 kriteria
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria





Lembar Penilaian Keterampilan :

1.  Melakukan percakapan
No
Nama Siswa
Kalimat yang
diucapkan
lancar
intonasinya
tepat
Alur
percakapan
runut
percaya
diri
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Alat ukur tinggi badan
3.      Alat ukur berat badan
4.      Penggaris
5.      Spidol.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 21 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                             NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027





Lembar Kerja Siswa
(LKS)




Tuliskan hasil pengukuranmu di sini.


Setelah mendapatkan data berat dan tinggi badan teman, buatlah grafik batang berdasarkan data tersebut.




MEDIA


TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors