RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : 3/1
Tema 7 :
Energi dan Perubahannya
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Energi Arternatif/
3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Menguraikan
gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menyusun
gagasan berupa teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan
atau tulis dengan tepat
b) SBdP
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
karya seni
3.1 Mengenal
karya seni gaya dekoratif
3.1.1 Mengidentifikasi
karya seni gaya dekoratif
3.1.2 Mengidentiifikasi
alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.1 Menggambar
dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.1.1 Membuat
karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan
sekitar
4.3 Menghias
benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
4.3.1 Menyusun
komposisi warna karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi di
sekitar
c) Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel , grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1 Mengidentifikasi
data pada grafik lingkaran
C.
Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Bermain
mencari dan menyusun kata menjadi kalimat yang berhubungan dengan energi.
2. Mempraktikkan
gerak lemah dan gerak kuat dalam gerak dan irama.
3. Mempelajari
data grafik lingkaran
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok.
o Masing-masing kelompok berbaris menghadap guru.
(Jika kondisi memungkinkan sebaiknya siswa duduk bersila di lantai membentuk
barisan).
o Guru menjelaskan bahwa mereka akan bermain dan
berlomba membuat kalimat dari kosakata yang berhubungan dengan energi. Guru
sudah menyiapkan kartu kata yang berhubungan dengan energi. (Mengkomunikasikan)
o
Guru menjelaskan dan
memberi contoh cara bermainnya. Setiap kelompok akan membuat kalimat dengan
cara masing-masing anggota kelompok menyumbangkan satu kata dimulai dari siswa
yang terdepan dan seterusnya ke belakang. Antara siswa yang satu dengan
lainnya tidak boleh saling berkomunikasi. Mereka harus memikirkan sendiri
kata yang akan mereka sebutkan. Setelah satu kata selesai dimainkan, siswa di
depan pindah ke belakang. Permainan di mulai kembali dengan kata yang
berbeda. Kelompok yang berhasil membuat kalimat paling panjang dan benar,
maka kelompok itulah yang mendapat 1 poin.
(Mengkomunikasikan) dan
(Mengasosiasi)
o Guru mencatat poin yang diperoleh masing-masing
kelompok.
o Setelah semua kata diberikan, poin di hitung.
Kelompok pemenang diberikan hadiah bintang.
o Selanjutnya siswa diminta mengerjakan latihan
tertulis di buku teks. (Mengekplorasi)
o Setelah waktu untuk mengerjakan latihan selesai,
siswa diminta mengumpulkan tugasnya.
o Kegiatan dilanjutkan dengan latihan gerak lemah dan
gerak kuat pada tarian.
o Guru menjelaskan ada tarian yang gerakannya lemah
gemulai dan ada pula tarian yang gerakannya kuat. Guru memberikan contoh
tariannya kepada siswa (bisa lewat gambar bisa juga dengan melihat tayangan
video tari tersebut).
(Mengkomunikasikan)
o Kemudian guru memberikan sebuah contoh gerak lemah
dalam gerak dan lagu. Guru memperdengarkan lagu “Desaku” dan melakukan gerak
lemah sesuai irama lagu tersebut. (lagu dan gerakan dapat disesuaikan)
o Guru juga memberikan contoh gerak kuat dalam gerak
lagu diiringi lagu “Cing Gemerincing”. (Lagu dapat disesuaikan berdasarkan
kondisi, situasi dan kebutuhan)
o Setelah itu siswa diminta menciptakan gerak lemah
dan gerak kuat menurut versi masing-masing. Tetap menggunakan lagu Desaku dan
Cing Gemerincing. Guru memberi waktu kepada siswa untuk berlatih. (Mengekplorasi)
o Kemudian secara bergilir siswa menunjukkan gerakan
hasil kreasinya di depan kelas.
o Guru selalu memberi apresiasi dan motivasi siswa
agar berani dan percaya diri untuk tampil.
o Setelah semua diberi kesempatan guru melakukan
konfirmasi berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan. (Mengasosiasi)
o Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengamati
grafik lingkaran.
o Guru menunjukkan data berupa grafik lingkaran. Guru
menjelaskan persamaan dan perbedaan grafik batang dengan grafik lingkaran
dalam hal penyajian data.
(Mengkomunikasikan)
o Siswa diminta mengamati data yang disajikan berupa
grafik lingkaran dan menganalisa data tersebut kemudian menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
o Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a. observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Santun
|
Jujur
|
Cermat dan Teliti
|
Bertanggung jawab
|
||||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
K = Kurang C = Cukup B = Baik SB= Sangat Baik
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
2.
Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:
3. Penilaian
Keterampilan
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Menyusun kalimat dari kosa kata
yang ditentukan
|
Sesuai dengan ide pokok teks,
alur penyampaiannya runut, kalimatnya lengkap
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Melakukan gerak lemah dan gerak
kuat dalam gerak dan lagu
|
Sesuai dengan topik, kalimatnya
jelas, lancar dalam menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Lembar
Penilaian Keterampilan :
1. Melakukan percakapan
No
|
Nama Siswa
|
Kalimat yang
diucapkan
lancar
|
intonasinya
tepat
|
Alur
percakapan
runut
|
percaya
diri
|
Predikat
|
1
|
Afiya Chairunnisa
|
|
|
|
|
|
2
|
Agung Arais
|
|
|
|
|
|
3
|
Ainaya Yarid Khaira
|
|
|
|
|
|
4
|
Aliva Nafisha Adiena
|
|
|
|
|
|
5
|
Alif Al Gibral
|
|
|
|
|
|
6
|
Akramul Akbar
|
|
|
|
|
|
7
|
Arrayyan Akbar
|
|
|
|
|
|
8
|
Amira Najla
|
|
|
|
|
|
9
|
Cut Dina Amelia
|
|
|
|
|
|
10
|
Fawniya
|
|
|
|
|
|
11
|
Hafidh Ramadhan
|
|
|
|
|
|
12
|
Iffah Mursyidah
|
|
|
|
|
|
13
|
Ikhsan Fadhilah
|
|
|
|
|
|
14
|
Luna Salsabila Saskia
|
|
|
|
|
|
15
|
Luluatul Fuadah
|
|
|
|
|
|
16
|
Maqsalmina
|
|
|
|
|
|
17
|
M. Farel Alfitra
|
|
|
|
|
|
18
|
M.Syuhada
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Alif Aulia
|
|
|
|
|
|
20
|
Muammar Hafizh
|
|
|
|
|
|
21
|
Nasywa Zilya Ulhaq
|
|
|
|
|
|
22
|
Reva Umira
|
|
|
|
|
|
23
|
Rita Safitri Yana
|
|
|
|
|
|
24
|
Rishad Albirra Maulana
|
|
|
|
|
|
25
|
Raudhatul Muna
|
|
|
|
|
|
26
|
Raifa Qatrun Nada
|
|
|
|
|
|
27
|
Sausan Rahmatillah
|
|
|
|
|
|
28
|
T. Firdaus
|
|
|
|
|
|
29
|
Tiara Anggelina
|
|
|
|
|
|
30
|
Ulfa Syahratul Izzah
|
|
|
|
|
|
31
|
Aldi Jefri Ananda
|
|
|
|
|
|
32
|
Dicky Novrian
|
|
|
|
|
|
33
|
Alfin
|
|
|
|
|
|
Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..
NURHASMIATI,
S.Pd
NIP.
19760511 200701 2 027
F. Sumber dan Media
1. Buku Guru, Buku siswa
2. Kartu-kartu kata yang berhubungan dengan energi (minimal
10).
3. Daftar kata: energi, matahari, kincir air, kincir angin,
pencemaran, air, tanah, udara, lingkungan, waduk, energi alternatif, listrik,
dan lain-lain.
Mengetahui, Tijue,
19 Maret 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas III,
PARIANTI, S.Pd
NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760511 200701 2 027
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Sekarang buatlah
kalimat dari kata-kata yang sudah kamu pelajari.
Setiap kalimat paling
sedikit terdiri dari 4 kata.
1. energi
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
2. alternatif
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
3. lingkungan
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
4. air
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
5. kelestarian
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
6. listrik
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
7. waduk
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
8. matahari
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
9. kincir air
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
10.
kincir
angin
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment