Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 3

TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 4 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : 3/1
Tema 7                                       : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Energi Arternatif/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1  Menguraikan gagasan pokok teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1  Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang energi alternatif secara lisan atau tulis dengan tepat

b) SBdP
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
3.1.2    Mengidentiifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif
4.1    Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.1.1    Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan sekitar
4.3    Menghias benda gaya dekoratif dengan media yang ada di lingkungan sekitar
4.3.1    Menyusun komposisi warna karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi di sekitar

c) Matematika
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel , grafik batang, dan grafik lingkaran
3.14.1  Mengidentifikasi data pada grafik lingkaran

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Bermain mencari dan menyusun kata menjadi kalimat yang berhubungan dengan energi.
2.      Mempraktikkan gerak lemah dan gerak kuat dalam gerak dan irama.
3.      Mempelajari data grafik lingkaran

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Energi dan Perubahannya”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok.
o   Masing-masing kelompok berbaris menghadap guru. (Jika kondisi memungkinkan sebaiknya siswa duduk bersila di lantai membentuk barisan).
o   Guru menjelaskan bahwa mereka akan bermain dan berlomba membuat kalimat dari kosakata yang berhubungan dengan energi. Guru sudah menyiapkan kartu kata yang berhubungan dengan energi. (Mengkomunikasikan)
o   Guru menjelaskan dan memberi contoh cara bermainnya. Setiap kelompok akan membuat kalimat dengan cara masing-masing anggota kelompok menyumbangkan satu kata dimulai dari siswa yang terdepan dan seterusnya ke belakang. Antara siswa yang satu dengan lainnya tidak boleh saling berkomunikasi. Mereka harus memikirkan sendiri kata yang akan mereka sebutkan. Setelah satu kata selesai dimainkan, siswa di depan pindah ke belakang. Permainan di mulai kembali dengan kata yang berbeda. Kelompok yang berhasil membuat kalimat paling panjang dan benar, maka kelompok itulah yang mendapat 1 poin. (Mengkomunikasikan) dan (Mengasosiasi)
o   Guru mencatat poin yang diperoleh masing-masing kelompok.
o   Setelah semua kata diberikan, poin di hitung. Kelompok pemenang diberikan hadiah bintang.
o   Selanjutnya siswa diminta mengerjakan latihan tertulis di buku teks. (Mengekplorasi)
o   Setelah waktu untuk mengerjakan latihan selesai, siswa diminta mengumpulkan tugasnya.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan latihan gerak lemah dan gerak kuat pada tarian.
o   Guru menjelaskan ada tarian yang gerakannya lemah gemulai dan ada pula tarian yang gerakannya kuat. Guru memberikan contoh tariannya kepada siswa (bisa lewat gambar bisa juga dengan melihat tayangan video tari tersebut). (Mengkomunikasikan)
o   Kemudian guru memberikan sebuah contoh gerak lemah dalam gerak dan lagu. Guru memperdengarkan lagu “Desaku” dan melakukan gerak lemah sesuai irama lagu tersebut. (lagu dan gerakan dapat disesuaikan)
o   Guru juga memberikan contoh gerak kuat dalam gerak lagu diiringi lagu “Cing Gemerincing”. (Lagu dapat disesuaikan berdasarkan kondisi, situasi dan kebutuhan)
o   Setelah itu siswa diminta menciptakan gerak lemah dan gerak kuat menurut versi masing-masing. Tetap menggunakan lagu Desaku dan Cing Gemerincing. Guru memberi waktu kepada siswa untuk berlatih. (Mengekplorasi)
o   Kemudian secara bergilir siswa menunjukkan gerakan hasil kreasinya di depan kelas.
o   Guru selalu memberi apresiasi dan motivasi siswa agar berani dan percaya diri untuk tampil.
o   Setelah semua diberi kesempatan guru melakukan konfirmasi berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan. (Mengasosiasi)
o   Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengamati grafik lingkaran.
o   Guru menunjukkan data berupa grafik lingkaran. Guru menjelaskan persamaan dan perbedaan grafik batang dengan grafik lingkaran dalam hal penyajian data. (Mengkomunikasikan)
o   Siswa diminta mengamati data yang disajikan berupa grafik lingkaran dan menganalisa data tersebut kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
o   Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Afiya Chairunnisa
















2
Agung Arais
















3
Ainaya Yarid Khaira
















4
Aliva Nafisha Adiena
















5
Alif Al Gibral
















6
Akramul Akbar
















7
Arrayyan Akbar
















8
Amira Najla
















9
Cut Dina Amelia
















10
Fawniya
















11
Hafidh Ramadhan
















12
Iffah Mursyidah
















13
Ikhsan Fadhilah
















14
Luna Salsabila Saskia
















15
Luluatul Fuadah
















16
Maqsalmina
















17
M. Farel Alfitra
















18
M.Syuhada
















19
Muhammad Alif Aulia
















20
Muammar Hafizh
















21
Nasywa Zilya Ulhaq
















22
Reva Umira
















23
Rita Safitri Yana
















24
Rishad Albirra Maulana
















25
Raudhatul Muna
















26
Raifa Qatrun Nada
















27
Sausan Rahmatillah
















28
T. Firdaus
















29
Tiara Anggelina
















30
Ulfa Syahratul Izzah
















31
Aldi Jefri Ananda
















32
Dicky Novrian
















33
Alfin
















Ket:
K = Kurang                C = Cukup                  B = Baik                      SB= Sangat Baik


Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis:

3. Penilaian Keterampilan

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Menyusun kalimat dari kosa kata yang ditentukan

Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut, kalimatnya lengkap
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Melakukan gerak lemah dan gerak kuat dalam gerak dan lagu
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
 
Lembar Penilaian Keterampilan :

1.  Melakukan percakapan
No
Nama Siswa
Kalimat yang
diucapkan
lancar
intonasinya
tepat
Alur
percakapan
runut
percaya
diri
Predikat
1
Afiya Chairunnisa





2
Agung Arais





3
Ainaya Yarid Khaira





4
Aliva Nafisha Adiena





5
Alif Al Gibral





6
Akramul Akbar





7
Arrayyan Akbar





8
Amira Najla





9
Cut Dina Amelia





10
Fawniya





11
Hafidh Ramadhan





12
Iffah Mursyidah





13
Ikhsan Fadhilah





14
Luna Salsabila Saskia





15
Luluatul Fuadah





16
Maqsalmina





17
M. Farel Alfitra





18
M.Syuhada





19
Muhammad Alif Aulia





20
Muammar Hafizh





21
Nasywa Zilya Ulhaq





22
Reva Umira





23
Rita Safitri Yana





24
Rishad Albirra Maulana





25
Raudhatul Muna





26
Raifa Qatrun Nada





27
Sausan Rahmatillah





28
T. Firdaus





29
Tiara Anggelina





30
Ulfa Syahratul Izzah





31
Aldi Jefri Ananda





32
Dicky Novrian





33
Alfin







Tijue, ……………………………., 20……
Guru Kelas ……..



NURHASMIATI, S.Pd
NIP.  19760511 200701 2 027

F. Sumber dan Media
1.      Buku Guru, Buku siswa
2.      Kartu-kartu kata yang berhubungan dengan energi (minimal 10).
3.      Daftar kata: energi, matahari, kincir air, kincir angin, pencemaran, air, tanah, udara, lingkungan, waduk, energi alternatif, listrik, dan lain-lain.


Mengetahui,                                                                        Tijue, 19 Maret  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                              NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027



Lembar Kerja Siswa
(LKS)






Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Sekarang buatlah kalimat dari kata-kata yang sudah kamu pelajari.
Setiap kalimat paling sedikit terdiri dari 4 kata.
1.  energi
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

2.  alternatif
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

3.  lingkungan
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

4.  air
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

5.  kelestarian
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

6.  listrik
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

7.  waduk
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

8.  matahari
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

9.  kincir air
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________

10.      kincir angin
____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
  

MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 3 PB 3



Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors