Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 3 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/II
Tema 7                                        : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Peninggalan-Peninggalan Islam di                                                      Indonesia/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
4.17.4. Menceritakan unsur-unsur budaya daerah lain ke dalam bahasa daerah sendiri.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.6. Mengenali tokoh-tokoh kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.11. Membuat keliping teks cerita sejarah tentang tokoh-tokoh kerajaan Islam di Indonesia

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya.
3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
4.2 Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media.
4.2.1. Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mencermati lirik lagu peninggalan kerajaan Islam di pulau jawa, siswa mampu menyebutkan unsurunsur budaya
  2. Menggubah lirik lagu ke dalam bahasa daerahnya, dan menceritakan unsur-unsur budaya daerah lain ke dalam bahasa daerah sendiri
  3. Mencermati teks bacaan, dan menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
  4. Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
  5. Mengerjakan proyek lini masa bersama dengan kelompoknya,dan bercerita secara lisan tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
  6. Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
  7. Membuat kliping, dan mengenali tokoh-tokoh kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mencermati lirik lagu peninggalan kerajaan
o   Islam di pulau Jawa (Tombo Ati)
o   Siswa dengan bantuan guru mencoba untuk memahami makna dari lirik lagu tersebut dan mengaitkannya dengan pemahaman tentang nilainilai peninggalan kerajaan Islam
o   Siswa berdiskusi dengan bimbingan guru untuk menyebutkan unsur-unsur budaya yang tercermin dari lagu tersebut
o   Siswa melihat kembali lirik lagu yang dibahas pada kegiatan sebelumnya
o   Dengan pemahaman tentang makna lirik lagu tersebut, siswa menggubah lirik lagu asli ke dalam bahasa daerahnya Setelah lirik lagu tersebut diubah, siswa kembali menyebutkan unsur-unsur budaya yang tercermin dari lagu tersebut dengan menggunakan bahasa daerahnya
o   Siswa mencermati gambar dan penjelasan lini masa tentang perubahan kehidupan manusia
o   dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
o   Siswa dengan bantuan guru mendiskusikan setiap perubahan yang terjadi, yang bisa diindentifikasi dari gambar dan penjelasan yang disajikan Siswa bersama dengan kelompoknya membuat proyek Lini Masa mengenai kesenian masyarakat
o   Indonesia sejak masa Kerajaan –Kerajaan Islam hingga masa sekarang Siswa memilih salah satu aspek yaitu seni rupa, seni pertunjukan, seni usik dan seni tari Siswa mencermati teks bacaan dan mencari informasi tentang perubahan nama Jakarta
o   Siswa menggarisbawahi informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari bacaan
o   Siswa mencari ide pokok dari bacaan, dan mencermati perubahan yang terjadi dari masa ke masa (dari sunda kelapa-jayakarta-batavia-jakarta) Siswa menyajikan kembali informasi yang didapatkan dari bacaan ke dalam bentuk proyek Lini
o   Masa, dengan mengisi informasi-informasi penting pada setiap masa perubahan nama Jakarta
o   Siswa mengumpulkan informasi berupa artikel, berita, gambar, tulisan tentang tokoh-tokoh kerajaan Islam Indonesia
o   Siswa menyajikan kumpulan informasi tersebut dalam bentuk kliping yang dilengkapi dengan penjelasan tentang informasi-informasi tersebut
o   Siswa memfokuskan penjelasan kepada nilai-nillai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang faktor-faktor pemicu semangat kebangsaan
- Keterampilan siswa dalam mencari informasi
- Sikap kecermatan dan kemandirian siswa dalam mencari dan mengolah informasi
- Sikap kerja sama antar anggota kelompok
No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
sangat baik dan
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
cukup baik dan
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
faktor-faktor
pemicu
semangat
kebangsaan
masih kurang
Pengetahuan
siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan masih
kurang dan masih
membutuhkan
penjelasan lebih dari guru
2

Siswa
menunjukkan
keterampilan dan
kecermatan yang
sangat baik dalam
mencari informasi
yang dibutuhkan
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang baik dalam
mencari informasi
yang dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang teliti
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang cukup baik
dalam mencari
informasi yang
dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang
teliti
Siswa menunjukkan
keterampilan dan
kecermatan yang
yang masih harus
ditingkatkan lagi
dalam mencari
informasi yang
dibutuhkan
3
Kerja sama
kelompok
Seluruh anggota
kelompok bekerja
sama dengan baik
dan kompak satu
sama lain
Seluruh anggota
kelompok bekerja
sama dengan baik
namun terkadang
terlihat kurang
kompak
Seluruh anggota
kelompok masih
sulit untuk
bekerja sama
dengan baik
satu sama lain
Seluruh anggota
kelompok sangat
sulit bekerja
sama dengan
baik, banyak
terlibat dalam
pertengkaran dan
menunjukkan
dominasi yang
tidak sehat

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

 
F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan gambar rancangan komponen di dalam sebuah bel listrik (yang menunjukkan komponen magnet)
-          Teks bacaan tentang peninggalan masa Islam yang mengandung nilai-nilai persatuan dan kesatuan (Masjid Menara Kudus)
-          Busur dan penggaris bagi setiap siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 15 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006




Lembar Kerja Siswa
(LKS)

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 6

Jelaskan Kesenian Pada Masa Kerajaan-kerajaan Islam!

..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................  
..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
    
 
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 6

Jelaskan Kesenian Pada Masa Penjajahan!

..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................  
..................................................................................................................................................... 
..................................................................................................................................................... 
.....................................................................................................................................................

MEDIA

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 6





Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors