RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/II
Tema 7 : Sejarah
Peradaban Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Peninggalan-Peninggalan Islam di
Indonesia/
6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1
Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.5
Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.2.
Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah.
4.17
Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan
bahasa daerah.
4.17.4.
Menceritakan unsur-unsur budaya daerah lain ke dalam bahasa daerah sendiri.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan
alam
2.5 Memiliki rasa
percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi
dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam
di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.6. Mengenali
tokoh-tokoh kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang
nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.11. Membuat
keliping teks cerita sejarah tentang tokoh-tokoh kerajaan Islam di Indonesia
c) IPS
1.2
Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika
berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.2
Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta
perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya.
3.2.1.
Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
4.2
Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi
dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya
rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
dalam berbagai jenis media.
4.2.1.
Bercerita secara lisan dengan metode terpandu perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan,
dan budaya pada masa penjajahan.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mencermati lirik lagu peninggalan kerajaan Islam di pulau jawa, siswa mampu menyebutkan unsurunsur budaya
- Menggubah lirik lagu ke dalam bahasa daerahnya, dan menceritakan unsur-unsur budaya daerah lain ke dalam bahasa daerah sendiri
- Mencermati teks bacaan, dan menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
- Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
- Mengerjakan proyek lini masa bersama dengan kelompoknya,dan bercerita secara lisan tentang perubahan kehidupan manusia dan masyarakat
- Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
- Membuat kliping, dan mengenali tokoh-tokoh kerajaan Islam Indonesia dari teks cerita sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mencermati
lirik lagu peninggalan kerajaan
o
Islam di pulau
Jawa (Tombo Ati)
o
Siswa dengan
bantuan guru mencoba untuk memahami makna dari lirik lagu tersebut dan mengaitkannya
dengan pemahaman tentang nilainilai peninggalan kerajaan Islam
o
Siswa berdiskusi
dengan bimbingan guru untuk menyebutkan unsur-unsur budaya yang tercermin dari
lagu tersebut
o
Siswa melihat
kembali lirik lagu yang dibahas pada kegiatan sebelumnya
o
Dengan pemahaman
tentang makna lirik lagu tersebut, siswa menggubah lirik lagu asli ke dalam bahasa
daerahnya Setelah lirik lagu tersebut diubah, siswa kembali menyebutkan
unsur-unsur budaya yang tercermin dari lagu tersebut dengan menggunakan
bahasa daerahnya
o
Siswa mencermati gambar dan penjelasan lini masa tentang perubahan
kehidupan manusia
o
dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial
ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
o
Siswa dengan bantuan guru mendiskusikan setiap perubahan yang terjadi,
yang bisa diindentifikasi dari gambar dan penjelasan yang disajikan Siswa
bersama dengan kelompoknya membuat proyek Lini Masa mengenai kesenian
masyarakat
o
Indonesia sejak masa Kerajaan –Kerajaan Islam hingga masa sekarang Siswa
memilih salah satu aspek yaitu seni rupa, seni pertunjukan, seni usik dan
seni tari Siswa mencermati teks bacaan dan mencari informasi
tentang perubahan nama Jakarta
o
Siswa
menggarisbawahi informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari bacaan
o
Siswa mencari ide
pokok dari bacaan, dan mencermati perubahan yang terjadi dari masa ke masa
(dari sunda kelapa-jayakarta-batavia-jakarta) Siswa menyajikan kembali
informasi yang didapatkan dari bacaan ke dalam bentuk proyek Lini
o Masa, dengan mengisi informasi-informasi penting pada
setiap masa perubahan nama Jakarta
o
Siswa
mengumpulkan informasi berupa artikel, berita, gambar, tulisan tentang
tokoh-tokoh kerajaan Islam Indonesia
o
Siswa menyajikan
kumpulan informasi tersebut dalam bentuk kliping yang dilengkapi dengan penjelasan
tentang informasi-informasi tersebut
o
Siswa memfokuskan
penjelasan kepada nilai-nillai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
- Pengetahuan siswa
tentang faktor-faktor pemicu semangat kebangsaan
- Keterampilan
siswa dalam mencari informasi
- Sikap kecermatan
dan kemandirian siswa dalam mencari dan mengolah informasi
- Sikap
kerja sama antar anggota kelompok
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
sangat baik dan
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
cukup baik dan
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa tentang
faktor-faktor
pemicu
semangat
kebangsaan
masih kurang
|
Pengetahuan
siswa
tentang
faktor-faktor
pemicu
semangat
kebangsaan
masih
kurang
dan masih
membutuhkan
penjelasan
lebih dari guru
|
2
|
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan
kecermatan
yang
sangat
baik dalam
mencari
informasi
yang
dibutuhkan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang baik dalam
mencari informasi
yang dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang teliti
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang cukup baik
dalam mencari
informasi yang
dibutuhkan,
walaupun masih
agak kurang
teliti
|
Siswa menunjukkan
keterampilan dan
kecermatan yang
yang masih harus
ditingkatkan lagi
dalam mencari
informasi yang
dibutuhkan
|
3
|
Kerja
sama
kelompok
|
Seluruh
anggota
kelompok
bekerja
sama
dengan baik
dan
kompak satu
sama
lain
|
Seluruh
anggota
kelompok
bekerja
sama
dengan baik
namun
terkadang
terlihat
kurang
kompak
|
Seluruh
anggota
kelompok
masih
sulit
untuk
bekerja
sama
dengan
baik
satu
sama lain
|
Seluruh
anggota
kelompok
sangat
sulit
bekerja
sama
dengan
baik,
banyak
terlibat
dalam
pertengkaran
dan
menunjukkan
dominasi
yang
tidak
sehat
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan gambar
rancangan komponen di dalam sebuah bel listrik (yang menunjukkan komponen
magnet)
-
Teks bacaan tentang peninggalan masa Islam yang
mengandung nilai-nilai persatuan dan kesatuan (Masjid Menara Kudus)
-
Busur dan penggaris bagi setiap siswa
Mengetahui, Tijue,
15 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Jelaskan Kesenian Pada
Masa Kerajaan-kerajaan Islam!
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Jelaskan Kesenian
Pada Masa Penjajahan!
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment