Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 5

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 3 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/II
Tema 7                                        : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Peninggalan-Peninggalan Islam di                                                      Indonesia/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.2. Memahami unsur-unsur olah raga beladiri.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4.2. Melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (kuda-kuda) olahraga beladiri

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.4. Mengidentifikasi beberapa tokoh kerajaan Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.10. Membuat teks cerita sejarah tentang tokoh kerajaan Islam yang ada di Indonesia

c) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.3. Menjelaskan unsur-unsur budaya daerah.
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
4.17.3. Menceritakan secara lisan unsur budaya, yakni peralatan dan teknologi hidup daearah setempat

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.5.9. Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat electromagnet  sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
4.5.9. Mempresentasikan karya benda yang mengggunakan magnet

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mencermati gambar dan penjelasannya, untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan olah raga bela diri khususnya sikap kuda-kuda.
  2. Mempraktekkan gerakan dasar kuda-kuda, dan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor.
  3. Mencermati gambar dan teks penjelasan untuk menjelaskan unsur-unsur budaya daerah
  4. Menggali informasi dari bacaan, dan mengidentifikasi beberapa tokoh kerajaan
  5. Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks.
  6. Menjelaskan secara lisan tentang unsur budaya, dan menceritakan secara lisan unsur budaya,yakni peralatan dan teknologi hidup daearah setempat.
  7. Mencermati lingkungan sekitarnya, dan memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Menemukan penggunaan magnet pada speaker dan microphone, dan mempresentasikan karya benda yang menggunakan magnet.
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mencermati gambar tentang olah raga bela diri khususnya sikap kuda-kuda
o   Siswa menjelaskan kembali sikap kuda-kuda dengan menggunakan bahasanya sendiri
o   Siswa menjawab pertanyaan yang terkait dengan olah raga bela diri khususnya sikap kuda-kuda
o   Siswa mempraktikkan sikap kuda-kuda dalam kegiatan olah raga
o   Siswa mencermati gambar dan teks penjelasan mengenai kaligrafi
o   Siswa berdiskusi tentang peninggalan kerajaankerajaan
o   Islam yang berupa kaligrafi sesuai dengan pertanyaan pada buku siswa
o   Siswa menggali informasi dari bacaan dan mencermati informasi tentang kaligrafi
o   Siswa mencari ide pokok dari setiap paragraph bacaan dan mendiskusikan ide pokok tersebut
o   Siswa menemukan istilah-istilah penting
o   dari bacaan untuk kemudian diartikan atau diterjemahkan ke dalam bahasa daerahnya
o   Siswa saling bertukar jawaban untuk saling mengkonfirmasi kebenaran jawaban
o   Siswa mengamati gambar yang disajikan dan mengaitkannya dengan pemahaman tentang penggunaan gaya magnet dalam kehidupan seharihari
o   Siswa mengutarakan pendapat tentang penggunaan gaya magnet pada benda-benda yang disajikan dalam gambar dan saling bertukar informasi

KEGIATAN PENGAYAAN
Karangan Narasi
o   “Siswa akan membuat sebuah karangan narasi. Karangan narasi merupakan karangan yang menceritakan tentang pengalaman seorang tokoh. Dalam karangan narasi, siswa diminta memasukkan unsur masalah dan penyelesaian.”

Langkah kerja:
o   Siswa menggunakan kertas bergaris untuk menuliskan karangan mereka.
o   Siswa membuat karangan narasi dengan latar cerita membahas tentang peninggalan kaligrafi masa kerajaan Islam
o   Siswa menentukan tokoh-tokoh yang akan terlibat dalam karangan narasi
o   Siswa menentukan tempat terjadinya cerita
o   Siswa menentukan masalah yang muncul dan dialami oleh tokoh
o   Siswa mengemukakan cara penyelesaian masalah atau konflik di akhir cerita
o   Setelah kegiatan, siswa melakukan refleksi: apa yang mereka pelajari dan apa yang mereka rasakan pada saat melakukan kegiatan tersebut. Siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan tersebut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar       : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
-          Pengetahuan siswa tentang jenis-jenis sikap kuda-kuda, cara melakukan sikap kuda-kuda serta manfaat sikap kuda-kuda
-          Keterampilan siswa dalam melakukan sikap kuda-kuda yang baik dan benar
-          Sikap kemandirian siswa dalam upayanya melakukan sikap kuda-kuda yang baik dan benar
No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Pengetahuan siswa
tentang jenis-jenis
sikap kuda-kuda,
cara melakukan
sikap kuda-kuda
serta manfaat
sikap kuda-kuda
sangat lengkap dan
jelas
Pengetahuan
siswa tentang
jenis-jenis sikap
kuda-kuda,
cara melakukan
sikap kuda-kuda
serta manfaat
sikap kuda-kuda
cukup lengkap
dan jelas

Pengetahuan
siswa tentang
jenis-jenis
sikap kudakuda,
cara melakukan
sikap kudakuda
serta manfaat sikap
kuda-kuda masih kurang lengka
Pengetahuan siswa
tentang jenis-jenis
sikap kuda-kuda,
cara melakukan
sikap kuda-kuda
serta manfaat sikap
kuda-kuda sangat
kurang sehingga
membutuhkan
bimbingan
2
Keterampilan
melakukan
sikap kudakuda
Siswa menunjukkan keterampilan yang tinggi dalam melakukan sikap kuda-kuda yang baik dan benar
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang cukup
tinggi dalam
melakukan sikap
kuda-kuda yang
baik dan benar
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang masih
kurang dalam
melakukan
sikap kudakuda
yang baik dan benar
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan dalam
melakukan sikap
kuda-kuda yang
baik dan benar
3
Kemandirian
melakukan
sikap kudakuda
Kemandirian siswa
dalam melakukan
sikap kuda-kuda
yang baik dan
benar terlihat
sangat jelas
Kemandirian
siswa dalam
melakukan sikap
kuda-kuda yang
baik dan benar
terlihat cukup
jelas
Kemandirian
siswa dalam
melakukan
sikap kudakuda
yang baik dan benar masih kurang
terlihat
Kemandirian siswa
dalam melakukan
sikap kuda-kuda
yang baik dan benar
sangat tidak terlihat

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan gambar rancangan komponen di
-         dalam sebuah bel listrik (yang menunjukkan komponen magnet)
-          Teks bacaan tentang peninggalan masa Islam yang mengandung nilai-nilai persatuan dan kesatuan (Masjid Menara Kudus)
-          Busur dan penggaris bagi setiap siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 13 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Apakah yang kamu ketahui tentang kaligrafi?
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................   

Adakah peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di daerahmu yang berupa kaligrafi?
Sebutkan!

........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................

Temukan dan ceritakan salah satu peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia yang berupa kaligrafi.

........................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................

MEDIA 


TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors