RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/II
Tema 7 : Sejarah
Peradaban Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Peninggalan-Peninggalan Islam di
Indonesia/
5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.4 Memahami
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.2. Memahami
unsur-unsur olah raga beladiri.
4.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4.2. Melakukan
variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk
gerakan dasar (kuda-kuda) olahraga beladiri
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan
alam
2.5 Memiliki rasa
percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.4.
Mengidentifikasi beberapa tokoh kerajaan Islam yang ada di Indonesia
berdasarkan teks
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.5.10. Membuat
teks cerita sejarah tentang tokoh kerajaan Islam yang
ada di Indonesia
c) SBdP
1.1 Menerima
kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam
dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami
unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.3. Menjelaskan
unsur-unsur budaya daerah.
4.17 Menceritakan
secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
4.17.3.
Menceritakan secara lisan unsur budaya, yakni peralatan dan teknologi hidup
daearah setempat
d) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5
Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.5.9.
Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya
untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
4.5.9.
Mempresentasikan karya benda yang mengggunakan magnet
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mencermati gambar dan penjelasannya, untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan olah raga bela diri khususnya sikap kuda-kuda.
- Mempraktekkan gerakan dasar kuda-kuda, dan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor.
- Mencermati gambar dan teks penjelasan untuk menjelaskan unsur-unsur budaya daerah
- Menggali informasi dari bacaan, dan mengidentifikasi beberapa tokoh kerajaan
- Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks.
- Menjelaskan secara lisan tentang unsur budaya, dan menceritakan secara lisan unsur budaya,yakni peralatan dan teknologi hidup daearah setempat.
- Mencermati lingkungan sekitarnya, dan memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
- Menemukan penggunaan magnet pada speaker dan microphone, dan mempresentasikan karya benda yang menggunakan magnet.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mencermati gambar tentang olah raga bela diri
khususnya sikap kuda-kuda
o
Siswa menjelaskan kembali sikap kuda-kuda dengan
menggunakan bahasanya sendiri
o
Siswa menjawab pertanyaan yang terkait dengan olah
raga bela diri khususnya sikap kuda-kuda
o
Siswa mempraktikkan sikap kuda-kuda dalam kegiatan
olah raga
o
Siswa mencermati gambar dan teks penjelasan mengenai
kaligrafi
o
Siswa berdiskusi tentang peninggalan
kerajaankerajaan
o
Islam yang berupa kaligrafi sesuai dengan pertanyaan
pada buku siswa
o
Siswa menggali
informasi dari bacaan dan mencermati informasi tentang kaligrafi
o
Siswa mencari ide
pokok dari setiap paragraph bacaan dan mendiskusikan ide pokok tersebut
o
Siswa menemukan istilah-istilah penting
o
dari bacaan untuk kemudian diartikan atau diterjemahkan
ke dalam bahasa daerahnya
o
Siswa saling bertukar jawaban untuk saling mengkonfirmasi
kebenaran jawaban
o
Siswa mengamati
gambar yang disajikan dan mengaitkannya dengan pemahaman tentang penggunaan
gaya magnet dalam kehidupan seharihari
o
Siswa
mengutarakan pendapat tentang penggunaan gaya magnet pada benda-benda yang
disajikan dalam gambar dan saling bertukar informasi
KEGIATAN PENGAYAAN
Karangan Narasi
o
“Siswa akan membuat sebuah karangan narasi. Karangan
narasi merupakan karangan yang menceritakan tentang pengalaman seorang tokoh.
Dalam karangan narasi, siswa diminta memasukkan unsur masalah dan
penyelesaian.”
Langkah kerja:
o
Siswa menggunakan kertas bergaris untuk menuliskan
karangan mereka.
o
Siswa membuat karangan narasi dengan latar cerita
membahas tentang peninggalan kaligrafi masa kerajaan Islam
o
Siswa menentukan tokoh-tokoh yang akan terlibat
dalam karangan narasi
o
Siswa menentukan tempat terjadinya cerita
o
Siswa menentukan masalah yang muncul dan dialami
oleh tokoh
o
Siswa mengemukakan cara penyelesaian masalah atau
konflik di akhir cerita
o
Setelah kegiatan, siswa melakukan refleksi: apa yang
mereka pelajari dan apa yang mereka rasakan pada saat melakukan kegiatan
tersebut. Siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan saran perbaikan
atas kegiatan tersebut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik Mengamati
Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
-
Pengetahuan siswa
tentang jenis-jenis sikap kuda-kuda, cara melakukan sikap kuda-kuda serta
manfaat sikap kuda-kuda
-
Keterampilan siswa
dalam melakukan sikap kuda-kuda yang baik dan benar
-
Sikap kemandirian
siswa dalam upayanya melakukan sikap kuda-kuda yang baik dan benar
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan siswa
tentang jenis-jenis
sikap kuda-kuda,
cara melakukan
sikap kuda-kuda
serta manfaat
sikap kuda-kuda
sangat lengkap dan
jelas
|
Pengetahuan
siswa tentang
jenis-jenis sikap
kuda-kuda,
cara melakukan
sikap kuda-kuda
serta manfaat
sikap kuda-kuda
cukup lengkap
dan jelas
|
Pengetahuan
siswa tentang
jenis-jenis
sikap kudakuda,
cara melakukan
sikap kudakuda
serta manfaat sikap
kuda-kuda masih kurang lengka
|
Pengetahuan siswa
tentang jenis-jenis
sikap kuda-kuda,
cara melakukan
sikap kuda-kuda
serta manfaat sikap
kuda-kuda sangat
kurang sehingga
membutuhkan
bimbingan
|
2
|
Keterampilan
melakukan
sikap
kudakuda
|
Siswa menunjukkan keterampilan yang tinggi dalam melakukan sikap
kuda-kuda yang baik dan benar
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang cukup
tinggi dalam
melakukan sikap
kuda-kuda yang
baik dan benar
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang masih
kurang dalam
melakukan
sikap kudakuda
yang baik dan benar
|
Siswa
kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
melakukan
sikap
kuda-kuda
yang
baik
dan benar
|
3
|
Kemandirian
melakukan
sikap
kudakuda
|
Kemandirian
siswa
dalam
melakukan
sikap
kuda-kuda
yang
baik dan
benar
terlihat
sangat
jelas
|
Kemandirian
siswa
dalam
melakukan
sikap
kuda-kuda
yang
baik
dan benar
terlihat
cukup
jelas
|
Kemandirian
siswa dalam
melakukan
sikap kudakuda
yang baik dan benar masih kurang
terlihat
|
Kemandirian siswa
dalam melakukan
sikap kuda-kuda
yang baik dan benar
sangat tidak terlihat
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
- Gambar kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan gambar
rancangan komponen di
-
dalam sebuah bel listrik (yang menunjukkan komponen
magnet)
-
Teks bacaan tentang peninggalan masa Islam yang
mengandung nilai-nilai persatuan dan kesatuan (Masjid Menara Kudus)
-
Busur dan penggaris bagi setiap siswa
Mengetahui, Tijue,
13 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Apakah yang kamu ketahui tentang kaligrafi?
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Adakah peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di daerahmu
yang berupa kaligrafi?
Sebutkan!
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
Temukan dan ceritakan salah satu peninggalan
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia yang berupa kaligrafi.
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment