Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 4

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 3 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/II
Tema 7                                       : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Peninggalan-Peninggalan Islam di                                                      Indonesia/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.4. Mengidentifikasi beberapa tokoh kerajaan Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.9. Bermain peran berdasarkan teks tentang tokoh kerajaan Islam.

b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.3 Memilih prosedur pemecahan
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
3.5.3. Menunjukkan tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang tindakannya mencerminkan perilaku persatuan.
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi symbol persatuan ke daerah lain°.

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.2 Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya.
3.2.1. Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan.
4.2 Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam berbagai jenis media.
4.2.1. Bercerita secara lisan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan

d) Matematika
1.2. Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, inforasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.4. Mengetahui berbagai jenis sudut melalui pengamatan gambar.
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
4.9.4. Menunjukkan jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menggali informasi dari bacaan, dan menuliskan karya sastra peninggalan masa kerajaan Islam, siswa menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang budaya
2.      Mencermati bacaan, siswa mampu mengidentifikasi beberapa tokoh kerajaan Islam yang ada di Indonesia
3.      Bermain peran tentang kerajaan Islam Indonesia, dan memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan ke daerah lain
4.      Membuat proyek Lini Masa mengenai kondisi masyarakat Indonesia sejak masa Kerajaan-Kerajaan Islam, untuk menceritakan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
5.      Menentukan jenis-jenis sudut berdasarkan gambar, dan mampu menunjukkan jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul.

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru menstimulus pengetahuan siswa mengenai nilai-nilai dan sikap luhur yang ditunjukkan oleh Pangeran Mangkubumi dan tokoh-tokoh Kerajaan Islam lainnya dengan menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan pendapat dan alasan mereka
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melengkapi pertanyaan yang ada
o   Guru mengarahkan diskusi kelas ke arah media cetak dan bagaimana cara orang zaman dulu, khususnya pada masa kerajaan Islam bertukar ilmu atau informasi
o   Pada kegiatan AYO BACALAH, guru member kesempatan kepada siswa untuk membaca artikel mengenai Sunan Bonang dan Suluk-Suluknya
o   Guru memberikan motivasi dan stimulus kepada siswa untuk dapat membuat kesimpulan tentang teks bacaan dengan menggunakan kalimat mereka masing-masing
o   Guru memotivasi siswa untuk menggali lebih banyak informasi mengenai karya-karya sastra peninggalan masa kerajaan Islam
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melengkapi kolom kerja yang ada
o   Guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk menjelaskan mengenai temuan mereka
o   Siswa membaca informasi-informasi tentang kemajuan media cetak dari masa ke masa
o   Siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang Dibaca
o   Guru memberikan arahan agar siswa bekerja dengan teman sebangkunya untuk membuat Lini
o   Masa mengenai kondisi masyarakat Indonesia sejak masa kerajaan-kerajaan Islam, masa penjajahan dan tumbuhnya rasa kebangsaaan, hingga masa sekarang
o   Siswa diberi keleluasaan untuk memilih aspek yang dapat mereka angkat (aspek sosial budaya, ekonomi, pendidikan, politik)
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali lebih banyak informasi mengenai aspek yang mereka pilih
o   Guru harus mampu untuk memberikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan AYO BEKERJASAMA
o   Guru memotivasi siswa untuk menceritakan hasil penemuan mereka secara lisan di depan kelas
o   Kemudian siswa diarahkan untuk mencermati gambar topi pada gambar untuk mengenali sudut-sudut yang terbentuk pada topi tersebut
o   Guru mengulas kembali mengenai jenis-jenis sudut dan cara menghitung besar sudut dengan menggunakan busur derajat
o   Guru menjelaskan mengenai cara menamakan sebuah sudut dengan memberikan beberapa contoh
o   Siswa dimotivasi untuk mencoba mengukur sudut berdasarkan sudut yang diminta
o   Guru memotivasi siswa untuk dapat melengkapi latihan pengukuran sudut yang diberikan
o   Siswa diminta untuk dapat mengidentifikasi dan memberi nama sudut beserta jenis sudutnya
o   Guru mengevaluasi pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang telah mereka lakukan pada hari itu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ada ke beberapa siswa yang ditunjuk secara acak
o   Guru kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk melengkapi kegiatan AYO RENUNGKAN
o   Guru memberikan penjelasan mengenai tugas yang siswa harus lakukan dengan orang tua mereka

REMEDIAL
o   Hitunglah besar sudut-sudut berikut ini.



 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang perubahan akibat semangat kebangsaan
- Keterampilan siswa untuk mengemukakan pendapatnya dalam diskusi
- Sikap siswa yang penuh rasa ingin tahu tentang pentingnya semangat kebangsaan

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
perubahan-perubahan
yang
terjadi akibat
semangat
kebangsaan
sangat baik dan
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
perubahan-perubahan
yang terjadi akibat
semangat
kebangsaan
cukup baik dan
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
perubahan-perubahan yang
terjadi akibat
semangat
kebangsaan
masih kurang
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
perubahan-perubahan
yang terjadi akibat
semangat kebangsaan
masih kurang
menyeluruh
dan masih
membutuhkan
penjelasan lebih dari guru
2
Keterampilan
mengemukakan
pendapat
Siswa
menunjukkan
keterampilan dan
kemampuan yang
sangat baik dalam
mengemukakan
pendapat dengan
penuh percaya
diri
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kemampuan
yang baik dalam
mengemukakan
pendapat dengan
penuh percaya
diri
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kemampuan
yang masih perlu
ditingkatkan
dalam
mengemukakan
pendapat dengan
penuh percaya
diri
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan
kemampuan
yang baik dalam
mengemukakan
pendapat dengan
penuh percaya
diri
3
Sikap
keingintahuan
Siswa menunjukkan rasa
ingin tahu yang
sangat tinggi
Siswa
menunjukkan
rasa ingin tahu
yang tinggi
Siswa
menunjukkan
rasa ingin tahu
yang cukup tinggi
Siswa kurang
menunjukkan
rasa ingin tahu

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  •  Teks bacaan tentang Sunan Bonang dan Suluk-Suluknya
  • Koran
  • Gambar kemajuan media cetak dari masa ke masa
  • Busur dan penggaris bagi setiap siswa



Mengetahui,                                                                        Tijue, 12 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006







Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tentukan jenis sudut dari bangun-bangun datar berikut!

 


Jenis sudut apa sajakah yang terdapat pada gambar di bawah ini? Tuliskan nama
sudutnya!



MEDIA

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 4
SUNAN BONANG
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors