RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/II
Tema 7 : Sejarah
Peradaban Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Peninggalan-Peninggalan Islam di
Indonesia/
4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan
alam
2.5 Memiliki rasa
percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.4.
Mengidentifikasi beberapa tokoh kerajaan Islam yang ada di Indonesia
berdasarkan teks.
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.9. Bermain
peran berdasarkan teks tentang tokoh kerajaan Islam.
b) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.2 Menunjukkan
perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum
sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.3 Memilih
prosedur pemecahan
3.5 Memahami
Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
3.5.3. Menunjukkan
tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang tindakannya
mencerminkan perilaku persatuan.
4.5 Mensimulasikan
nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
4.5.1. Memerankan
tokoh pada masa Islam yang menjadi symbol persatuan ke daerah lain°.
c) IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan
mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan
lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.2
Mengenal perubahan dan keberlanjutan yang terjadi dalam kehidupan manusia dan
masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya rasa kebangsaan serta
perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya.
3.2.1.
Menunjukkan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak
keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan.
4.2
Menceritakan hasil pengamatan mengenai perubahan dan keberlanjutan yang terjadi
dalam kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, masa tumbuhnya
rasa kebangsaan serta perubahan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya
dalam berbagai jenis media.
4.2.1.
Bercerita secara lisan perubahan kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan
dampak keberlanjutannya di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa
penjajahan
d) Matematika
1.2.
Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.2
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, inforasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.4.
Mengetahui berbagai jenis sudut melalui pengamatan gambar.
4.9
Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis
sudutnya.
4.9.4.
Menunjukkan jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menggali informasi dari bacaan, dan menuliskan karya sastra
peninggalan masa kerajaan Islam, siswa menunjukkan perubahan kehidupan manusia
dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang budaya
2.
Mencermati bacaan, siswa mampu mengidentifikasi beberapa
tokoh kerajaan Islam yang ada di Indonesia
3.
Bermain peran tentang kerajaan Islam Indonesia, dan
memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan ke daerah lain
4.
Membuat proyek Lini Masa mengenai kondisi masyarakat
Indonesia sejak masa Kerajaan-Kerajaan Islam, untuk menceritakan perubahan
kehidupan manusia dan masyarakat Indonesia dan dampak keberlanjutannya di bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya pada masa penjajahan
5.
Menentukan jenis-jenis sudut berdasarkan gambar, dan mampu menunjukkan
jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru menstimulus pengetahuan siswa mengenai nilai-nilai dan
sikap luhur yang ditunjukkan oleh Pangeran Mangkubumi dan tokoh-tokoh
Kerajaan Islam lainnya dengan menunjuk beberapa siswa untuk mengemukakan pendapat
dan alasan mereka
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk melengkapi pertanyaan yang ada
o
Guru mengarahkan
diskusi kelas ke arah media cetak dan bagaimana cara orang zaman dulu, khususnya
pada masa kerajaan Islam bertukar ilmu atau informasi
o
Pada kegiatan AYO BACALAH, guru member kesempatan
kepada siswa untuk membaca artikel mengenai Sunan Bonang dan Suluk-Suluknya
o
Guru memberikan motivasi dan stimulus kepada siswa
untuk dapat membuat kesimpulan tentang teks bacaan dengan menggunakan kalimat
mereka masing-masing
o
Guru memotivasi siswa untuk menggali lebih banyak
informasi mengenai karya-karya sastra peninggalan masa kerajaan Islam
o
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melengkapi
kolom kerja yang ada
o
Guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk menjelaskan
mengenai temuan mereka
o
Siswa membaca informasi-informasi tentang kemajuan
media cetak dari masa ke masa
o
Siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang Dibaca
o
Guru memberikan arahan agar siswa bekerja dengan
teman sebangkunya untuk membuat Lini
o
Masa mengenai kondisi masyarakat Indonesia sejak masa
kerajaan-kerajaan Islam, masa penjajahan dan tumbuhnya rasa kebangsaaan,
hingga masa sekarang
o
Siswa diberi keleluasaan untuk memilih aspek yang
dapat mereka angkat (aspek sosial budaya, ekonomi, pendidikan, politik)
o
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali
lebih banyak informasi mengenai aspek yang mereka pilih
o
Guru harus mampu untuk memberikan umpan balik di
sepanjang proses kegiatan AYO BEKERJASAMA
o
Guru memotivasi siswa untuk menceritakan hasil penemuan
mereka secara lisan di depan kelas
o
Kemudian siswa diarahkan untuk mencermati gambar
topi pada gambar untuk mengenali sudut-sudut yang terbentuk pada topi
tersebut
o
Guru mengulas kembali mengenai jenis-jenis sudut dan
cara menghitung besar sudut dengan menggunakan busur derajat
o
Guru menjelaskan mengenai cara menamakan sebuah
sudut dengan memberikan beberapa contoh
o
Siswa dimotivasi untuk mencoba mengukur sudut
berdasarkan sudut yang diminta
o
Guru memotivasi siswa untuk dapat melengkapi latihan
pengukuran sudut yang diberikan
o
Siswa diminta untuk dapat mengidentifikasi dan memberi
nama sudut beserta jenis sudutnya
o
Guru mengevaluasi pemahaman siswa mengenai pembelajaran
yang telah mereka lakukan pada hari itu dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang ada ke beberapa siswa yang ditunjuk secara acak
o
Guru kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk
melengkapi kegiatan AYO RENUNGKAN
o
Guru memberikan penjelasan mengenai tugas yang siswa
harus lakukan dengan orang tua mereka
REMEDIAL
o
Hitunglah besar
sudut-sudut berikut ini.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
- Pengetahuan siswa
tentang perubahan akibat semangat kebangsaan
- Keterampilan
siswa untuk mengemukakan pendapatnya dalam diskusi
- Sikap
siswa yang penuh rasa ingin tahu tentang pentingnya semangat kebangsaan
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa
tentang
perubahan-perubahan
yang
terjadi
akibat
semangat
kebangsaan
sangat
baik dan
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
perubahan-perubahan
yang terjadi
akibat
semangat
kebangsaan
cukup
baik dan
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
perubahan-perubahan
yang
terjadi
akibat
semangat
kebangsaan
masih
kurang
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
perubahan-perubahan
yang terjadi
akibat
semangat kebangsaan
masih
kurang
menyeluruh
dan masih
membutuhkan
penjelasan
lebih dari guru
|
2
|
Keterampilan
mengemukakan
pendapat
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan
kemampuan
yang
sangat
baik dalam
mengemukakan
pendapat
dengan
penuh
percaya
diri
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan
kemampuan
yang
baik dalam
mengemukakan
pendapat
dengan
penuh
percaya
diri
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan
kemampuan
yang
masih perlu
ditingkatkan
dalam
mengemukakan
pendapat
dengan
penuh
percaya
diri
|
Siswa
kurang
menunjukkan
keterampilan
kemampuan
yang
baik dalam
mengemukakan
pendapat
dengan
penuh
percaya
diri
|
3
|
Sikap
keingintahuan
|
Siswa menunjukkan
rasa
ingin tahu
yang
sangat
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
rasa
ingin tahu
yang
tinggi
|
Siswa
menunjukkan
rasa
ingin tahu
yang
cukup tinggi
|
Siswa
kurang
menunjukkan
rasa
ingin tahu
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Teks bacaan tentang Sunan Bonang dan Suluk-Suluknya
- Koran
- Gambar kemajuan media cetak dari masa ke masa
- Busur dan penggaris bagi setiap siswa
Mengetahui, Tijue,
12 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Tentukan jenis sudut dari bangun-bangun
datar berikut!
Jenis sudut apa sajakah yang terdapat pada gambar di
bawah ini? Tuliskan nama
sudutnya!
MEDIA
SUNAN BONANG |
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment