Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 2 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                           : 5/II
Tema 7                                        : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Peninggalan-Peninggalan Islam di                                                      Indonesia/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.2. Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, inforasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.4. Mengetahui berbagai jenis sudut melalui pengamatan gambar.
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
4.9.1 Menunjukkan jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.6. Mengidentifikasi beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.8. Membuat kesimulan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia berdasarkan teks.
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
3.5.3. Menunjukkan tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang tindakannya mencerminkan perilaku persatuan.
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
4.5.1. Memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mengamati gambar dan mengerjakan latihan, untuk menunjukkan jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul
  2. Mencermati bacaan, untuk menunjukkan tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang tindakannya mencerminkan perilaku persatuan.
  3. Menggali informasi dari bacaan, siswa mengidentifikasi beberapa kerajaan
  4. Islam yang ada di Indonesia
  5. Mengidentifikasi watak, perilaku, dan kebijakan tokok-tokoh kerajaan Islam, dan membuat kesimpulan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
  6. Bermain peran, untuk memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru menstimulus siswa untuk memperhatikan gambar Keraton Yogyakarta.
o   Guru memberikan petunjuk atas gambar-gambar sudut yang bergaris merah
o   Guru mengulas pelajaran terdahulu mengenai cara mengukur sudut dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada beberapa siswa yang ditunjuk secara acak
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengukur ketiga sudut yang ada
o   Guru menjelaskan mengenai jenis-jenis sudut (sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul)
o   Guru menstimulus pengertian siswa mengenai jenis-jenis siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada beberapa siswa yang ditunjuk secara acak
o   Guru memotivasi siswa untuk mencoba membuat sudut berdasarkan jenis yang diminta
o   Guru membiasakan siswa untuk menggunakan busur dan penggaris dalam menggambar sudut agar akurat dan rapi
o   Guru perlu terus memantau kerja siswa dan memastikan mereka menggambar sudut dengan benar → guru dapat juga menunjuk beberapa siswa untuk membantu temannya
o   Untuk menjembatani ke topik pembahasan berikutnya, guru dapat mengulas kembali gambar keraton Yogyakarta yang ada pada awal pembelajaran hari itu
o   Guru menstimulus pengetahuan siswa mengenai Yogyakarta dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang menyangkut Yogyakarta peninggalan bersejarah, system pemerintahannya, serta tokoh-tokoh terkenal → tuntun diskusi kelas ke arah 2 tokoh terkenal (Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengkubuwono I)
o   Guru meminta 3 orang siswa untuk membacakan teks tentang Sultan Hamengkubuwono I → setiap siswa diminta untuk membacakan 1 paragraf
o   Guru mengajak siswa untuk membahas gagasan pokok per paragraph setiap seorang siswa selesai membacakan satu paragraph
o   Guru menstimulasi pengertian siswa mengenai watak dan perilaku serta kebijakan Sultan
o   Hamengkubuwono I yang menunjukkan adanya nilai-nilai persatuan dan kesatuan
o   Guru mempertegas pemahaman siswa mengenai nilai-nilai persatuan yang ditunjukkan oleh Sultan
o   Hamengkubuono I (Pangeran Mangkubumi)
o   Guru mengelompokkan siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari 6 orang
o   Guru membagikan teks bacaan mengenai Pangeran
o   Mangkubumi dan memotivasi siswa untuk mencari informasi tambahan dari sumber-sumber bacaan lainnya
o   Guru memotivasi siswa untuk dapat mengidentifikasikan watak dan perilaku serta kebijakan Pangeran Mangkubumi yang menunjukkan adanya nilai-nilai persatuan dan kesatuan
o   Guru menjelaskan kepada siswa tentang tugas berikutnya yaitu bermain peran atau drama mengenai Pangeran Mangkubumi sesuai dengan informasi yang sudah mereka dapatkan
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempersiapkan permainan peran mereka
o   Pada akhir waktu yang sudah ditentukan, setiap kelompok diminta untuk menunjukkan karya mereka
o   Guru mengarahkan kelompok lain untuk menyimak sehingga kemudian dapat memberikan tanggapan kepada kelompok yang bersangkutan
o   Guru memberikan tanggapan atas permainan peran yang telah dilakukan oleh para siswa
o   Guru mengevaluasi pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang telah mereka lakukan pada hari itu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ada ke beberapa siswa yang ditunjuk secara acak
o   Guru kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk melengkapi kegiatan AYO RENUNGKAN
o   Guru memberikan penjelasan mengenai tugas yang siswa harus lakukan dengan orang tua mereka

REMEDIAL
o   Tentukan jenis dari sudut-sudut berikut

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses            : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang cara mengukur sudut dengan busur derajat
- Keterampilan siswa dalam mengukur sudut dengan busur derajat
- Sikap kecermatan, ketelitian, dan kemandirian siswa dalam mengukur sudut

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
sangat tepat
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
cukup tepat
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
kurang tepat
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut masih
membutuhkan
 bantuan dari guru
2
Keterampilan
menggunakan
busur derajat
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam menggunakan
busur derajat
dengan baik dan
cermat untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
masih kurang
cermat
Siswa menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
tidak cermat
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut dan masih
kurang mandiri
3
Sikap Ketelitian
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang tinggi dalam mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang cukup
baik dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang kurang
baik dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
Siswa masih
belum teliti dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
serta masih
membutuhkan
bantuan guru

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan tentang Sultan Hamengkubuwono I dan Pangeran Mangkubuono
-          Busur dan penggaris bagi setiap siswa


Mengetahui,                                                                        Tijue, 11 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                                         RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006

Lembar Kerja Siswa
(LKS)

1.     Sudut lancip juga dikenal dengan sudut runcing atau tajam. Besarnya adalah kurang dari 900

Gambarlah sudut lancip



2.     Sudut siku-siku juga dikenal dengan sudut tegak lurus. Besarnya adalah 900.

Gambarlah sudut siku-siku
 

3.     Sudut tumpul juga dikenal dengan sudut rebah atau roboh. Besarnya adalah lebih 1800

Gambarlah sudut tumpul


MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 3
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors