RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/II
Tema 7 : Sejarah
Peradaban Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Peninggalan-Peninggalan Islam di
Indonesia/
2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.4 Memahami
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.2. Menjelaskan
variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk
gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang) olahraga beladiri.
4.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4.2. Melakukan
variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk
gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang)
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Mengenal
rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.5.9. Memberi
contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat
electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik
oleh magnet
4.5.8. Membuat
rancangan electromagnet sederhana
c) SBdP
1.1 Menerima
kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam
dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami
unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.2. Menyebutkan
unsur-unsur budaya daerah
4.17 Menceritakan
secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
4.17.2. Menyebutkan
salah satu unsur budaya daerah, yakni system arsitektur dan istilah-istilah di dalamnya
dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran jawa tengah/DIY ada istilah pecahan,
cawen, dsb)
d) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan
alam
2.5 Memiliki rasa
percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.6.
Mengidentifikasi beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.5.7. Menyajikan
bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
berdasarkan teks
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mencermati gambar yang disajikan pada buku, dan menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang) olahraga beladiri.
- Melakukan kegiatan praktek beladiri sikap tegak berdiri dan sikap pasang, siswa melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang) olahraga beladiri.
- Mengamati lingkungan sekitar, dan memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
- Bekerja sama dalam kelompok membuat proyek rangkaian listrik sederhana
- Menuliskan gagasan pokok dari paragraph bacaan, dan mengidentifikasikan beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia
- Menceritakan bukti atau contoh peninggalan kerajaan Islam di Indoensia, untuk menyajikan bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
- Mencermati teks bacaan, siswa menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni sistem arsitektur dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat
- Mengamati dan menganalisis keunikan bangunan peninggalan kerajaan Islam diderahnya, dan bercerita tentang unsur-unsur budaya daerah
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru menstimulus pengetahuan siswa mengenai kegiatan yang terdapat
pada gambar
o
Guru menstimulus
siswa tentang apa yang mereka lihat pada gambar
o
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan yang ada
o
Guru menunjuk seorang siswa untuk membaca catatan
dibawah kotak pertanyaan
o
Guru menunjuk 3 orang siswa secara acak untuk
mempraktekkan sikap berdiri tegak, sikap pasang, dan sikap kuda-kuda →
langsung perbaiki sikap mereka yang salah
Catatan
o
Kegiatan ini dilakukan untuk menggali ketrampilan
siswa dalam memperhatikan gambar
o
Dengan demikian perhatian siswa akan terfokus pada
sikap-sikap dalam ilmu Beladiri
o
Pada kegiatan AYO MELAKUKAN, guru dapat menunjuk
tiga orang berikutnya untuk memperagakan sikap-sikap dalam ilmu beladiri di
depan kelas
o
Guru kemudian mengajak siswa lainnya untuk memberi
petunjuk kepada ketiga temannya berdasarkan gambar pada buku teks ketiga
teman yang sudah ada di depan kelas memperagakan seperti apa yang
diperintahkan oleh temannya
o
Lakukan hal yang sama dengan sikap kedua
o
Masih dengan ketiga siswa yang memeragakan sikap-sikap
dalam bela diri, Guru mengarahkan diskusi kelas tentang sikap-sikap tersebut
o
Guru memberi kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi
dan menjawab pertanyaan
o
Guru menstimulis siswa dengan cara menunjukkan
sebuah stopwatch → Arahkan topic diskusi kelas kepada gaya magnet
o
Guru membagi siswa kedalam kelompok yang terdiri
dari 4 orang
o
Guru melakukan motivasi sepanjang kegiatan diskusi
kelompok
o
Guru kemudian menunjuk 2 kelompok secara acak untuk
mengutarakan penemuan Mereka
o
Dengan kelompok yang sama, guru menunjuk 1 atau 2
orang siswa untuk membacakan instruksi dalam kegiatan AYO BEKERJASAMA
o
Guru melakukan motivasi sepanjang kegiatan percobaan
dan mengingatkan kepada siswa untuk melengkapi LAPORAN PENULISAN PERCOBAAN
o
Setelah semua kelompok menyelesaikan percobaan mereka,
maka setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil dari percobaan
mereka di depan kelas
o
Guru menjembatani pembelajaran dengan mengulas
kembali apa yang telah mereka pelajari pada hari itu → sikap berlatih
melakukan gerakangerakan dalam bela diri dan membuat rangkaian bel listrik
sederhana. Bahas juga tentang pembuatan dan fungsi kliping
o
Guru menunjuk dua orang secara acak untuk membacakan
artikel tentang “Asal Mula Keraton
o
Yogyakarta” → pastikan semua siswa menyimak dan ikut
membaca dalam hati
o
Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok
bertugas mencari gagasan pokok pada 1 paragraf → Kelompok 1 menentukan
gagasan pokok pada paragraph 1, kelompok 2 menentukan gagasan pokok pada
paragraph 2, kelompok 3 menentukan gagasan pokok pada paragraph 3, dan
kelompok 4 menentukan gagasan pokok pada paragraph 4
o
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca
kembali dan menentukan gagasan pokok pada 1 paragraf
o
Pada waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan tugas
ini, guru menunjuk satu orang dari masing-masing kelompok untuk menjelaskan
gagasan pokok yang mereka temukan pada paragraf yang bersangkutan
o
Guru membagi siswa ke beberapa kelompok yang terdiri
dari 4 orang
o
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali
informasi tentang bukti atau peninggalan kerajaan Islam di Indonesia yang ada
di wilayah setempat → fokuskan pada jenis-jenis bangunan kuno atau
bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Islam
o
Guru memberikan stimulus dan motivasi kepada kelompok
sepanjang proses pengerjaan kegiatan
o
AYO TEMUKAN → pastikan siswa mencatat temuan-temuannya
pada tabel kerja yang ada
o
Pada waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan tugas
ini, guru meminta salah satu dari anggota kelompok untuk berbagi hasil temuan
mereka di depan kelas
o
Guru menstimulus siswa untuk mengulas apa yang telah
mereka pelajari pada hari ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada
beberapa siswa secara acak
o
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melengkapi
pertanyaan-pertanyaan yang ada.
o
Guru menjelaskan kembali kepada siswa mengenai apa
yang siswa perlu lakukan bersama orang tua mereka → pastikan siswa mengerti
dan mampu menjelaskan apa yang mereka harus lakukan bersama orang tua mereka
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
- Pengetahuan siswa
tentang faktor-faktor pemicu semangat kebangsaan
- Keterampilan
siswa dalam mencari informasi
- Sikap kecermatan
dan kemandirian siswa dalam mencari dan mengolah informasi
- Sikap
kerja sama antar anggota kelompok
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
Siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
sangat baik
dan
menyeluruh
|
Pengetahuan
Siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
cukup baik
dan
menyeluruh
|
Pengetahuan
Siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
masih
kurang
|
Pengetahuan
siswa tentang faktor-faktor
pemicu
semangat
kebangsaan
masih
kurang
dan masih
membutuhkan
penjelasan lebih dari guru
|
2
|
Keterampilan
mencari
informasi
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang
sangat
baik
dalam
mencari informasi
yang dibutuhkan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang baik
dalam mencari
informasi
yang dibutuhkan,
walaupun
masih
agak
kurang
teliti
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan
kecermatan
yang
cukup
baik
dalam
mencari
informasi
yang
dibutuhkan,
walaupun
masih agak kurang teliti
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan
kecermatan
yang
yang
masih harus
ditingkatkan
lagi
dalam
mencari
informasi
yang
dibutuhkan
|
3
|
Kerja
sama
kelompok
|
Seluruh Anggota kelompok
bekerja
sama
dengan
baik
dan
kompak
satu
sama lain
|
Seluruh anggota
Kelompok bekerja sama
Dengan baik namun terkadang
Terlihat kurang
kompak
|
Seluruh Anggota
kelompok masih sulit untuk bekerja
sama
dengan
baik satu
sama
lain
|
Seluruh
anggota
kelompok
sangat
sulit
bekerja
sama
dengan
baik, banyak
terlibat
dalam
pertengkaran
dan
menunjukkan
dominasi
yang
tidak sehat
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar arsitektur-arsitektur bangunan Keraton Yogyakarta
-
Gambar diagram dalam sebuah stopwatch
-
Teks bacaan mengenai Asal Mula Keraton Yogyakarta
-
Stopwatch
Mengetahui, Tijue,
10 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Pahamilah isi bacaan Asal Mula Keraton Yogyakarta. Kemudian, ceritakan kembali secara lisan di hadapan guru
dan teman-temanmu.
Untuk memudahkan memahami isi bacaan, terlebih dahulu
temukan gagasan-gagasan pokok di setiap paragrafnya.
Gagasan Pokok
Paragraf I
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Gagasan Pokok
Paragraf II
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Gagasan Pokok
Paragraf III
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
Gagasan Pokok
Paragraf IV
|
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
|
MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment