Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 2

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 2 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/II
Tema 7                                       : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Peninggalan-Peninggalan Islam di                                                      Indonesia/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
3.4.2. Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang) olahraga beladiri.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri.
4.4.2. Melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang)

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.5.9. Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet
4.5.8. Membuat rancangan electromagnet sederhana

c) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.2 Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.2. Menyebutkan unsur-unsur budaya daerah
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah.
4.17.2. Menyebutkan salah satu unsur budaya daerah, yakni system arsitektur dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat (cth: dalam ukiran jawa tengah/DIY ada istilah pecahan, cawen, dsb)

d) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5.6. Mengidentifikasi beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5.7. Menyajikan bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia berdasarkan teks

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mencermati gambar yang disajikan pada buku, dan menjelaskan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang) olahraga beladiri.
  2. Melakukan kegiatan praktek beladiri sikap tegak berdiri dan sikap pasang, siswa melakukan variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap tegak dan sikap pasang) olahraga beladiri.
  3. Mengamati lingkungan sekitar, dan memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
  4. Bekerja sama dalam kelompok membuat proyek rangkaian listrik sederhana
  5. Menuliskan gagasan pokok dari paragraph bacaan, dan mengidentifikasikan beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia
  6. Menceritakan bukti atau contoh peninggalan kerajaan Islam di Indoensia, untuk menyajikan bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
  7. Mencermati teks bacaan, siswa menyebutkan salah satu unsur budaya daerah , yakni sistem arsitektur dan istilah-istilah di dalamnya dalam bahasa daerah setempat
  8. Mengamati dan menganalisis keunikan bangunan peninggalan kerajaan Islam diderahnya, dan bercerita tentang unsur-unsur budaya daerah
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru menstimulus pengetahuan siswa mengenai kegiatan yang terdapat pada gambar
o   Guru menstimulus siswa tentang apa yang mereka lihat pada gambar
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada
o   Guru menunjuk seorang siswa untuk membaca catatan dibawah kotak pertanyaan
o   Guru menunjuk 3 orang siswa secara acak untuk mempraktekkan sikap berdiri tegak, sikap pasang, dan sikap kuda-kuda → langsung perbaiki sikap mereka yang salah
Catatan
o   Kegiatan ini dilakukan untuk menggali ketrampilan siswa dalam memperhatikan gambar
o   Dengan demikian perhatian siswa akan terfokus pada sikap-sikap dalam ilmu Beladiri

o   Pada kegiatan AYO MELAKUKAN, guru dapat menunjuk tiga orang berikutnya untuk memperagakan sikap-sikap dalam ilmu beladiri di depan kelas
o   Guru kemudian mengajak siswa lainnya untuk memberi petunjuk kepada ketiga temannya berdasarkan gambar pada buku teks ketiga teman yang sudah ada di depan kelas memperagakan seperti apa yang diperintahkan oleh temannya
o   Lakukan hal yang sama dengan sikap kedua
o   Masih dengan ketiga siswa yang memeragakan sikap-sikap dalam bela diri, Guru mengarahkan diskusi kelas tentang sikap-sikap tersebut
o   Guru memberi kesempatan bagi siswa untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan
o   Guru menstimulis siswa dengan cara menunjukkan sebuah stopwatch → Arahkan topic diskusi kelas kepada gaya magnet
o   Guru membagi siswa kedalam kelompok yang terdiri dari 4 orang
o   Guru melakukan motivasi sepanjang kegiatan diskusi kelompok
o   Guru kemudian menunjuk 2 kelompok secara acak untuk mengutarakan penemuan Mereka
o   Dengan kelompok yang sama, guru menunjuk 1 atau 2 orang siswa untuk membacakan instruksi dalam kegiatan AYO BEKERJASAMA
o   Guru melakukan motivasi sepanjang kegiatan percobaan dan mengingatkan kepada siswa untuk melengkapi LAPORAN PENULISAN PERCOBAAN
o   Setelah semua kelompok menyelesaikan percobaan mereka, maka setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil dari percobaan mereka di depan kelas
o   Guru menjembatani pembelajaran dengan mengulas kembali apa yang telah mereka pelajari pada hari itu → sikap berlatih melakukan gerakangerakan dalam bela diri dan membuat rangkaian bel listrik sederhana. Bahas juga tentang pembuatan dan fungsi kliping
o   Guru menunjuk dua orang secara acak untuk membacakan artikel tentang “Asal Mula Keraton
o   Yogyakarta” → pastikan semua siswa menyimak dan ikut membaca dalam hati
o   Kelas dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok bertugas mencari gagasan pokok pada 1 paragraf → Kelompok 1 menentukan gagasan pokok pada paragraph 1, kelompok 2 menentukan gagasan pokok pada paragraph 2, kelompok 3 menentukan gagasan pokok pada paragraph 3, dan kelompok 4 menentukan gagasan pokok pada paragraph 4
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca kembali dan menentukan gagasan pokok pada 1 paragraf
o   Pada waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan tugas ini, guru menunjuk satu orang dari masing-masing kelompok untuk menjelaskan gagasan pokok yang mereka temukan pada paragraf yang bersangkutan
o   Guru membagi siswa ke beberapa kelompok yang terdiri dari 4 orang
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali informasi tentang bukti atau peninggalan kerajaan Islam di Indonesia yang ada di wilayah setempat → fokuskan pada jenis-jenis bangunan kuno atau bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Islam
o   Guru memberikan stimulus dan motivasi kepada kelompok sepanjang proses pengerjaan kegiatan
o   AYO TEMUKAN → pastikan siswa mencatat temuan-temuannya pada tabel kerja yang ada
o   Pada waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan tugas ini, guru meminta salah satu dari anggota kelompok untuk berbagi hasil temuan mereka di depan kelas
o   Guru menstimulus siswa untuk mengulas apa yang telah mereka pelajari pada hari ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada beberapa siswa secara acak
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melengkapi pertanyaan-pertanyaan yang ada.
o   Guru menjelaskan kembali kepada siswa mengenai apa yang siswa perlu lakukan bersama orang tua mereka → pastikan siswa mengerti dan mampu menjelaskan apa yang mereka harus lakukan bersama orang tua mereka

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).


2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang faktor-faktor pemicu semangat kebangsaan
- Keterampilan siswa dalam mencari informasi
- Sikap kecermatan dan kemandirian siswa dalam mencari dan mengolah informasi
- Sikap kerja sama antar anggota kelompok
No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Pengetahuan
Siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
sangat baik dan
menyeluruh
Pengetahuan
Siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
cukup baik dan
menyeluruh
Pengetahuan
Siswa tentang
faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan
masih kurang
Pengetahuan siswa tentang faktor-faktor
pemicu semangat
kebangsaan masih
kurang dan masih
membutuhkan penjelasan lebih dari guru
2
Keterampilan
mencari
informasi
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang sangat
baik dalam
mencari informasi
yang dibutuhkan

Siswa
menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang baik
dalam mencari
informasi
yang dibutuhkan,
walaupun
masih agak
kurang teliti
Siswa menunjukkan
keterampilan
dan kecermatan
yang cukup
baik dalam
mencari informasi
yang dibutuhkan,
walaupun masih agak kurang teliti
Siswa
menunjukkan
keterampilan dan
kecermatan yang
yang masih harus
ditingkatkan lagi
dalam mencari
informasi yang
dibutuhkan
3
Kerja sama
kelompok
Seluruh Anggota kelompok
bekerja sama
dengan baik
dan kompak
satu sama lain
Seluruh anggota
Kelompok bekerja sama
Dengan baik namun terkadang
Terlihat kurang
kompak

Seluruh Anggota kelompok masih sulit untuk bekerja
sama dengan
baik satu sama lain
Seluruh anggota
kelompok sangat
sulit bekerja
sama dengan
baik, banyak
terlibat dalam
pertengkaran dan
menunjukkan
dominasi yang
tidak sehat

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

 

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar arsitektur-arsitektur bangunan Keraton Yogyakarta
-          Gambar diagram dalam sebuah stopwatch
-          Teks bacaan mengenai Asal Mula Keraton Yogyakarta
-          Stopwatch



Mengetahui,                                                                        Tijue, 10 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                              RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

 
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 2
Keraton Yogyakarta

Pahamilah isi bacaan Asal Mula Keraton Yogyakarta. Kemudian, ceritakan kembali secara lisan di hadapan guru dan teman-temanmu.

Untuk memudahkan memahami isi bacaan, terlebih dahulu temukan gagasan-gagasan pokok di setiap paragrafnya.


Gagasan Pokok
Paragraf I

……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………



Gagasan Pokok
Paragraf II

……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………


Gagasan Pokok
Paragraf III

……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………


Gagasan Pokok
Paragraf IV

……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………



MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 2

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors