RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 5/II
Tema 7 : Sejarah
Peradaban Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Peninggalan-Peninggalan Islam di
Indonesia/
1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan
alam
2.5 Memiliki rasa
percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.5.
Mengidentifikasi bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
berdasarkan teks. Kompetensi Dasar
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.7. Menuliskan
bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
berdasarkan teks
b) Matematika
1.2. Menghargai
nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.3. Memahami
cara menggambar sudut di bawah 180° dengan menggunakan busur derajat.
4.9 Mengukur besar
sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
4.93. Menggambar
sudut di bawah 180°.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5
Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
3.5.9.
Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5
Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda
yang ditarik oleh magnet.
4.5.7.
Mengumpulkan alat dan bahan untuk membuat elektromagnet sederhana
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Menggali informasi dari bacaan,menjawab pertanyaan dan
menceritakan peninggalan sejarah didaerahnya, untuk mengidentifikasikan bukti
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
2.
Berdiskusi untuk menuliskan bukti sejarah tentang
nilai–nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia berdasarkan teks
3.
Mencermati gambar, dan mengidentifikasikan sudut
dibawah 180°
4.
Mengerjakan latihan,dan menggambar sudut dibawah 180°
5.
Melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, untuk
memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
6. Bekerjasama dalam
kelompok, dan mampu membuat rancangan electromagnet sederhana
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru menstimulus pengetahuan siswa dengan mengingat kembali kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia
o
Siswa membaca bacaan
tentang salah satu peninggalan kerajaan-kerajaan Islam, yakni Masjid Kudus
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada
o
Guru memberikan
motivasi dan stimulus kepada siswa untuk dapat menunjukkan nilai-nilai persatuan
dan kesatuan yang dapat mereka temukan pada rancangan Masjid Kudus
o
Siswa diminta
untuk membentuk kelompok yang berisikan 4 orang untuk mendiskusikan apa yang mereka
temukan dalam rancangan Masjid Kudus.
o
Tunjuk satu atau
2 kelompok untuk mengutarakan jawabannya
o
Masih dengan
kelompok yang sama, tugaskan siswa untuk mencari informasi dan gambar tentang
peninggalan-peninggalan masa Islam di wilayah tempat tinggal mereka
o
Pastikan setiap
anggota dalam kelompok berpartisipasi aktif dalam kegiatan AYO TEMUKAN
Kegiatan ini
menggunakan Rubrik Presentasi Lisan mengenai peninggalan-peninggalan masa
Islam yang ada di kabupaten/kotamu
o
Guru memberikan arahan agar siswa bekerja dengan
teman sebangkunya dalam melengkapi tabel untuk pertanyaan nomor 2
o
Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing
pasangan untuk dapat menggali informasi mengenai 1 peninggalan sejarah masa
Islam saja → sehingga dapat menghemat waktu diskusi kelas
o
Tunjuk secara acak beberapa pasangan untuk
memberikan penjelasan mengenai hasil diskusi mereka → beri kesempatan kepada
siswa lain untuk melengkapi table mereka berdasarkan temuan teman-teman
mereka
o
Guru harus mampu untuk memberikan umpan balik di
sepanjang proses diskusi kelas
o
Secara acak, guru menunjuk 10 siswa untuk melengkapi
tabel no. 3 dengan memberikan alasan dari jawaban mereka
Kegiatan ini
menggunakan Format Penilaian mengidentifikasi nilai-nilai persatuan dari peninggalan
masa Islam
o
Guru memberikan arahan agar siswa mampu mengidentifikasikan
kubah menara masjid Nampak seperti bentuk busur
o
Guru menunjuk 5 orang siswa secara acak untuk mengidentifikasi
bentuk-bentuk yang ada di sekitar mereka yang menyerupai bentuk busur
o
Guru menunjuk 2 hingga 3 orang siswa secara acak
untuk menjelaskan fungsi busur itu sendiri tuntun mereka dengan pertanyaan-pertanyaan
yang dapat mengarahkan kepada penghitungan besar sudut
o
Guru menunjukan cara menggambar sudut dengan
menggunakan busur besar (khusus untuk penggunaan di papan tulis)
o
Bagikan busur kepada masing-masing siswa dan ajak
siswa untuk menggambar 2 buah sudut (besar sudut diberikan oleh guru) di buku
tulis mereka
Kegiatan ini
menggunakan Format Penilaian cara menggunakan busur untuk menghitung besar
sudut.
o
Guru mengarahkan siswa untuk membuat sudut pada buku
teks mereka dengan menggunakan busur dan penggaris → beri pengertian mengapa siswa
perlu menggunakan penggaris dalam menarik garis
o
Guru membimbing dan memotivasi siswa untuk melakukan
kegiatan AYO BERLATIH → guru dapat menunjuk beberapa siswa untuk membantu temannya
yang kesulitan dalam membuat sudut
Kegiatan ini
menggunakan Format Penilaian cara menggunakan busur untuk menghitung besar
sudut
o
Pada kegiatan AYO
TEMUKAN, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati lingkungan
sekitar mereka dan memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan
sehari-hari
o
Tunjuk 2 hingga 3
orang siswa secara acak untuk menyebutkan 1 buah contoh yang ditulisnya
o
Pada kegiatan AYO
BEKERJA SAMA, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mempersiapkan bahan-bahan
yang mereka butuhkan untuk percobaan kali ini
o
Beri kesempatan
kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam kegiatan AYO RENUNGKAN
o
Guru memberikan
penjelasan mengenai kegiatan
o
KERJA SAMA DENGAN
ORANG TUA → mintalah siswa untuk mencatat penemuan mereka dengan orang tuanya
pada buku catatan
REMEDIAL
o
Hitunglah besar
sudut-sudut berikut ini.
PENGAYAAN
o
Hitunglah besar
sudut-sudut berikut ini dengan menggunakan busur.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan /rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik
Mengamati Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang cara mengukur sudut dengan busur derajat
-
Keterampilan siswa dalam mengukur sudut dengan busur derajat
- Sikap
kecermatan, ketelitian, dan kemandirian siswa dalam mengukur sudut
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan siswa tentang ukuran sudut sangat tepat
|
Pengetahuan
siswa
tentang
ukuran
sudut
cukup tepat
|
Pengetahuan
siswa
tentang
ukuran
sudut
kurang
tepat
|
Pengetahuan
siswa
tentang
ukuran sudut
masih
membutuhkan
bantuan dari guru
|
2
|
Keterampilan
menggunakan
busur
derajat
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam menggunakan
busur derajat
dengan baik dan
cermat untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudu
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
masih kurang
cermat
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur
derajat
dengan
cukup
baik
untuk
membandingkan
besar
kecilnya
sudut,
namun
tidak
cermat
|
Siswa
kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
untuk
membandingkan
besar
kecilnya
sudut dan
masih
kurang
mandiri
|
3
|
Sikap
Ketelitian
|
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian
yang
tinggi dalam
mengukur
sudut
menggunakan
busur
derajat
|
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian
yang
cukup
baik
dalam
mengukur
sudut
menggunakan
busur
derajat
|
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang kurang baik
dalam dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
|
Siswa masih
belum teliti
dalam dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
serta masih
membutuhkan
bantuan guru
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan gambar rancangan komponen di dalam
sebuah bel listrik (yang menunjukkan komponen magnet)
-
Teks bacaan tentang
peninggalan masa Islam yang mengandung nilai-nilai persatuan dan kesatuan
(Masjid Menara Kudus)
-
Busur dan penggaris bagi setiap siswa
Mengetahui, Tijue,
9 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas V,
PARIANTI, S.Pd
RITA
SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19850206 201406
2 006
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Diskusikan bersama dengan teman satu mejamu
No
|
Peninggalan
Masa Islam
|
Nilai-Nilai
Persatuan
|
Pondok pesantren
|
·
Mengajarkan
persamaan status/tidak membeda-bedakan di antara sesama.
·
Memupuk
kebersamaan
|
|
Tradisi sekaten
|
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..
|
|
……………………………
|
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..
|
|
……………………………
|
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..
|
|
……………………………
|
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..
|
|
……………………………
|
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..
|
|
……………………………
|
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..
|
|
……………………………
|
………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..
|
MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment