Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 1

TEMA 7 KELAS 5 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 1 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                          : 5/II
Tema 7                                       : Sejarah Peradaban Indonesia
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Peninggalan-Peninggalan Islam di                                                      Indonesia/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.5. Mengidentifikasi bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia berdasarkan teks. Kompetensi Dasar
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.7. Menuliskan bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia berdasarkan teks

b) Matematika
1.2. Menghargai nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.3. Memahami cara menggambar sudut di bawah 180° dengan menggunakan busur derajat.
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
4.93. Menggambar sudut di bawah 180°.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
3.5.9. Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Membuat electromagnet sederhana dan menggunakannya untuk mendeteksi benda-benda yang ditarik oleh magnet.
4.5.7. Mengumpulkan alat dan bahan untuk membuat elektromagnet sederhana

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Menggali informasi dari bacaan,menjawab pertanyaan dan menceritakan peninggalan sejarah didaerahnya, untuk mengidentifikasikan bukti sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
2.      Berdiskusi untuk menuliskan bukti sejarah tentang nilai–nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia berdasarkan teks
3.      Mencermati gambar, dan mengidentifikasikan sudut dibawah 180°
4.      Mengerjakan latihan,dan menggambar sudut dibawah 180°
5.      Melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, untuk memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
6.      Bekerjasama dalam kelompok, dan mampu membuat rancangan electromagnet sederhana

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru menstimulus pengetahuan siswa dengan mengingat kembali kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
o   Siswa membaca bacaan tentang salah satu peninggalan kerajaan-kerajaan Islam, yakni Masjid Kudus
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada
o   Guru memberikan motivasi dan stimulus kepada siswa untuk dapat menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang dapat mereka temukan pada rancangan Masjid Kudus
o   Siswa diminta untuk membentuk kelompok yang berisikan 4 orang untuk mendiskusikan apa yang mereka temukan dalam rancangan Masjid Kudus.
o   Tunjuk satu atau 2 kelompok untuk mengutarakan jawabannya
o   Masih dengan kelompok yang sama, tugaskan siswa untuk mencari informasi dan gambar tentang peninggalan-peninggalan masa Islam di wilayah tempat tinggal mereka
o   Pastikan setiap anggota dalam kelompok berpartisipasi aktif dalam kegiatan AYO TEMUKAN
Kegiatan ini menggunakan Rubrik Presentasi Lisan mengenai peninggalan-peninggalan masa Islam yang ada di kabupaten/kotamu

o   Guru memberikan arahan agar siswa bekerja dengan teman sebangkunya dalam melengkapi tabel untuk pertanyaan nomor 2
o   Guru memberikan kesempatan kepada masing-masing pasangan untuk dapat menggali informasi mengenai 1 peninggalan sejarah masa Islam saja → sehingga dapat menghemat waktu diskusi kelas
o   Tunjuk secara acak beberapa pasangan untuk memberikan penjelasan mengenai hasil diskusi mereka → beri kesempatan kepada siswa lain untuk melengkapi table mereka berdasarkan temuan teman-teman mereka
o   Guru harus mampu untuk memberikan umpan balik di sepanjang proses diskusi kelas
o   Secara acak, guru menunjuk 10 siswa untuk melengkapi tabel no. 3 dengan memberikan alasan dari jawaban mereka
Kegiatan ini menggunakan Format Penilaian mengidentifikasi nilai-nilai persatuan dari peninggalan masa Islam

o   Guru memberikan arahan agar siswa mampu mengidentifikasikan kubah menara masjid Nampak seperti bentuk busur
o   Guru menunjuk 5 orang siswa secara acak untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk yang ada di sekitar mereka yang menyerupai bentuk busur
o   Guru menunjuk 2 hingga 3 orang siswa secara acak untuk menjelaskan fungsi busur itu sendiri tuntun mereka dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengarahkan kepada penghitungan besar sudut
o   Guru menunjukan cara menggambar sudut dengan menggunakan busur besar (khusus untuk penggunaan di papan tulis)
o   Bagikan busur kepada masing-masing siswa dan ajak siswa untuk menggambar 2 buah sudut (besar sudut diberikan oleh guru) di buku tulis mereka
Kegiatan ini menggunakan Format Penilaian cara menggunakan busur untuk menghitung besar sudut.

o   Guru mengarahkan siswa untuk membuat sudut pada buku teks mereka dengan menggunakan busur dan penggaris → beri pengertian mengapa siswa perlu menggunakan penggaris dalam menarik garis
o   Guru membimbing dan memotivasi siswa untuk melakukan kegiatan AYO BERLATIH → guru dapat menunjuk beberapa siswa untuk membantu temannya yang kesulitan dalam membuat sudut
Kegiatan ini menggunakan Format Penilaian cara menggunakan busur untuk menghitung besar sudut

o   Pada kegiatan AYO TEMUKAN, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati lingkungan sekitar mereka dan memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
o   Tunjuk 2 hingga 3 orang siswa secara acak untuk menyebutkan 1 buah contoh yang ditulisnya
o   Pada kegiatan AYO BEKERJA SAMA, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mempersiapkan bahan-bahan yang mereka butuhkan untuk percobaan kali ini
  • Guru memberikan umpan balik dan motivasi di sepanjang proses kegiatan AYO BEKERJA SAMA
  • Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat ketepatan jawaban siswa
  • Guru memberikan penilaian siswa pada RUBRIK PENULISAN LAPORAN PERCOBAAN
o   Beri kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam kegiatan AYO RENUNGKAN
o   Guru memberikan penjelasan mengenai kegiatan
o   KERJA SAMA DENGAN ORANG TUA → mintalah siswa untuk mencatat penemuan mereka dengan orang tuanya pada buku catatan

REMEDIAL
o   Hitunglah besar sudut-sudut berikut ini.


PENGAYAAN
o   Hitunglah besar sudut-sudut berikut ini dengan menggunakan busur.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan /rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang cara mengukur sudut dengan busur derajat
- Keterampilan siswa dalam mengukur sudut dengan busur derajat
- Sikap kecermatan, ketelitian, dan kemandirian siswa dalam mengukur sudut

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Pengetahuan
Pengetahuan siswa tentang ukuran sudut sangat tepat
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
cukup tepat
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
kurang tepat
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut masih
membutuhkan
bantuan dari guru
2
Keterampilan
menggunakan
busur derajat
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam menggunakan
busur derajat
dengan baik dan
cermat untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudu
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
masih kurang
cermat
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
tidak cermat
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut dan masih
kurang mandiri
3
Sikap Ketelitian
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang tinggi dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang cukup
baik dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang kurang baik
dalam dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
Siswa masih
belum teliti
dalam dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
serta masih
membutuhkan
bantuan guru

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan gambar rancangan komponen di dalam sebuah bel listrik (yang menunjukkan komponen magnet)
-          Teks bacaan tentang peninggalan masa Islam yang mengandung nilai-nilai persatuan dan kesatuan (Masjid Menara Kudus)
-          Busur dan penggaris bagi setiap siswa





Mengetahui,                                                                        Tijue, 9 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                                         RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006



Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Diskusikan bersama dengan teman satu mejamu

No
Peninggalan Masa Islam
Nilai-Nilai Persatuan


Pondok pesantren
·         Mengajarkan persamaan status/tidak membeda-bedakan di antara sesama.
·         Memupuk kebersamaan


Tradisi sekaten

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..



……………………………

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..



……………………………

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..



……………………………

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..



……………………………

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..



……………………………

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..





……………………………

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..






MEDIA
TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 2


TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors