Home » » TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 31 January 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 5/1
Tema 6                                        : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Tubuh Manusia / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusiadan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1  Membaca teks mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya.
3.2.2  Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1  Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.

b) Matematika
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).
3.6.1  Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
4.13.1 Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep antarsatuan kuantitas.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1.   Teks mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya.
  2.  Kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
o   Siswa membaca cerita pengantar pembelajaran, kemudian mengamati gambar “Bagian Tubuh Kita”.
o   Gambar ini merupakan stimulus supaya siswa mengenal setiap bagian tubuhnya
o   Siswa mencermati setiap bagian yang terdapat pada gambar dan mencatat setiap informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar (kegiatan mengamati)
o   Siswa membaca teks “Bagian Tubuh Manusia”. Di akhir bacaan, siswa diajak untuk bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempurnaan tubuh dan berfungsi dengan baik.
o   Siswa mencermati dan mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti (kegiatan mengamati)
o   Siswa menggali informasi tentang anggota tubuh manusia dan fungsinya
o   Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri
o   Siswa mengisi tabel anggota tubuh manusia dan fungsinya di buku siswa. Kegiatan ini bisa dikerjakan secara individual maupun berpasangan dengan teman sebangku; disesuaikan dengan kondisi kelas. (kegiatan menanya)
o   Siswa membaca cerita kontekstual tentang konsep satuan kuantitas
o   Siswa mengamati gambar konversi antar satuan kuantitas dengan cermat dan teliti
o   Siswa menggali informasi dan membangun pengetahuan tentang cara mengkonversi satuan kuantitas
o   Siswa membaca instruksi pengerjaan soal di buku siswa secara mandiri
o   Siswa menyelesaikan tugas yang melibatkan satuan kuantitas
o   Siswa menuliskan jawaban pada kolom yang telah disediakan di buku siswa

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).


2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
• Keterampilan siswa dalam mengamati
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Aspek
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Isi dan
Pengetahuan
Hasil pengamatan
Gambar ditulis lengkap. Semua bagian tubuh yang
terdapat pada
gambar dapat
diidentifikasikan
Sebagian besar
(80%) dari
bagian tubuh
yang terdapat
pada gambar
dapat diidentifikasikan
75% dari bagian
Tubuh yang terdapat pada gambar dapat diidentifikasikan

Kurang dari 60% dari bagian tubuh
yang terdapat
pada gambar
dapat diidentifikasikan
2
Sikap:
Ketelitian dan
Kecermatan
Teliti dan detail dalam mengamati
Setiap komponen
pada gambar
dan mampu
menandai gambar serta menambahkan
informasi
Teliti dan detail dalam mengamati
Setiap komponen
pada gambar
namun tidak
menambahkan
informasi
Cukup teliti
dalam mengamati
gambar, namun
hanya sebagian
gambar yang
teridentifikasi.
Kurang teliti dan
detail dalam
mengamati
setiap komponen
pada gambar
3
Keterampilan
mengomunikasikan
hasil
Penjelasan mudah
dipahami dan
pemilihan kata sesuai dengan bahasa Indonesia baku
Penjelasan
Mudah dipahami dan pemilihan
beberapa kata
sesuai dengan
bahasa Indonesia baku
Penjelasan kurang
dipahami dan
pemilihan beberapa
kata sesuai dengan
bahasa Indonesia
baku
Penjelasan
Sulit dipahami
Dan pemilihan
kata tidak sesuai
dengan bahasa
Indonesia
baku

Skor
Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =



Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
         Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
         Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Mampu
mengkonversi
satuan kuantitas
dengan benar
untuk semua
pertanyaan
Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan
benar untuk
sebagian
besar
pertanyaan
Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan benar
untuk lebih
dari 50%
pertanyaan.
Mampu
mengkonversi
satuan
kuantitas
dengan benar
untuk kurang
dari 50%
pertanyaan.
Keterampilan
Dan kemampuan
menjawab
pertanyaan
Semua prosedur
Hitungan dilakukan
dengan tepat
dan akurat
Sebagian besar
Prosedur hitungan
Dilakukan dengan tepat dan akurat
Semua prosedur hitungan
Dilakukan dengan tepat
dan akurat
Semua prosedur hitungan
Dilakukan dengan sangat tepat
dan sangat akurat
Kecermatan
dan ketelitian
Siswa secara
cermat dan
teliti menggunakan
dan menuliskan
seluruh informasi
yang disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa secara
cermat dan
teliti menggunakan
dan menuliskan
sebagian besar informasi
yang disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sebagian
informasi yang
disediakan
untuk menyelesaikan
soal cerita
Siswa
menggunakan
dan menuliskan
sedikit
informasi yang disediakan
untuk
menyelesaikan
soal cerita

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =



F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar bagian tubuh manusia, teks bacaan “Nama Bagian Tubuh Manusia”, konsep satuan kuantitas.




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas V,



PARIANTI, S.Pd                                                             RITA SUPAWARNI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19850206 201406 2 006






Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berdasarkan gambar dan teks bacaan di atas, coba sebutkan nama-nama anggota tubuh dan fungsinya. Tuliskan dalam kolom berikut.

No
Nama Anggota Tubuh
Manusia
Fungsi Anggota Tubuh


………………………………………….


………………………………………….



………………………………………….


………………………………………….



………………………………………….


………………………………………….



………………………………………….


………………………………………….



………………………………………….


………………………………………….



………………………………………….


………………………………………….



………………………………………….


………………………………………….





………………………………………….


………………………………………….





………………………………………….


………………………………………….





………………………………………….


………………………………………….




MEDIA

TEMA 7 KELAS 5 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors