Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 31 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hebatnya Cita-citaku/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.1 Menjelaskan keberagaman citacita serta manfaatnya.
4.5 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.5.1 Melakukan kegiatan kerja sama serta merefleksi sikap dalam kegiatan belajar

b) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.5 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.5.1 Membuat diorama dari bahan alam untuk menjelaskan kehebatan mengenai cita-cita.
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
4.4.1 Menjelaskan alur pembuatan diorama.

c) Evaluasi

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Menuliskan manfaat kerja sama
  2. Berkreasi membuat diorama
  3. Evaluasi

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Dengan melakukan kegiatan bekerja sama dan diskusi, siswa mampu menjelaskan keberagaman cita-cita serta manfaatnya dengan benar.
o   Dengan kegiatan bekerja sama, siswa mampu melakukan kegiatan kerja sama serta merefleksi sikap dalam kegiatan belajar dengan baik.
o   Dengan membaca dan mengamati teks instruksi, siswa mampu menjelaskan alur pembuatan diorama dengan benar.
o   Dengan membaca dan mengamati teks instruksi, siswa mampu membuat diorama dari bahan alam untuk menjelaskan kehebatan mengenai cita-cita dengan benar.
o   Guru bertanya: apa manfaat dari bekerja sama?
o   Guru meminta siswa secara berpasangan untuk mendiskusikan manfaat dari bekerja sama. Jika telah selesai, bertukar anggotalah dengan pasangan yang lain untuk bertukar informasi dengan pasangan lain, sebanyak 3-5 pasangan.
o   Guru memberi aba-aba untuk penukaran posisi pasangan.
o   Guru dan siswa menyimpulkan hasil yang ada.
o   Kerja sama dapat membuat pekerjaan kita cepat selesai sesuai tujuan.
o   Kerja sama dapat mempererat hubungan antara satu orang dan yang lain.
o   Guru meminta siswa secara individu untuk menuliskan manfaat berkerja sama dalam berbagai cita-cita. Contoh:
o   Jika bercita-cita menjadi dokter, ia harus berkerja sama dengan asisten dokter, perawat, dan apoteker untuk melayani pasien sebaik mungkin.
o   Jika bercita-cita menjadi penyiar televisi, ia harus berkerja sama dengan tim produksi, wartawan, kamerawan, dan sebagainya.
o   Jika bercita-cita menjadi guru, ia harus berkerja sama dengan kepala sekolah, guru lain, bagian administrasi, dan sebagainya.
o   Siswa menuliskan contoh-contoh jenis kerja sama yang sesuai cita-cita dan manfaatnya dalam buku siswa. (Penilaian 1)
o   Siswa juga akan melakukan wawancara mengenai kehebatan cita-citanya serta mengisi tabel yang ada dalam buku siswa. Beri waktu 15-20 menit.
o   Sebelum mereka melakukan wawancara guru menjelaskan bagaimana cara bertanya dan mencatat hasil wawancara.
o   Sebelum melakukan wawancara siswa diminta membuat daftar pertanyaan. Contoh:
o   Apa kehebatan dokter menurutmu? Mengapa?
o   Siswa juga akan melakukan wawancara mengenai kehebatan cita-citanya serta mengisi tabel yang ada dalam buku siswa. Beri waktu 15-20 menit.
o   Siswa mengamati 2 gambar diorama.
o   Siswa akan membaca penjelasan dalam buku siswa dan mendengarkan penjelasan guru mengenai diorama.
o   Siswa akan membaca langkah-langkah pembuatan diorama.
o   Guru akan menyimulasikan cara membuat diorama sederhana.
o   Siswa memerhatikan secara saksama.
o   Siswa menceritakan langkah pembuatan diorama kepada teman-teman
o   Siswa akan membuat diorama secara individual.
o   Siswa akan menceritakan diorama yang telah dibuat kepada teman dalam satu kelompok secara bergantian.
o   Siswa dalam kelompok dapat saling mempertanyakan gambar yang telah dibuat untuk menggali informasi lebih lanjut, baik tentang proses pembuatan maupun objek yang terdapat pada gambar. (Penilaian 2)
o   Siswa menceritakan diorama yang telah mereka buat kepada teman dalam satu kelompok secara bergantian. Anggota kelompok dapat saling mempertanyakan gambar yang telah siswa buat untuk menggali informasi lebih lanjut, baik tentang proses pembuatan maupun objek yang terdapat pada gambar.

Pengayaan
o   Siswa yang telah selesai mengerjakan soal evaluasi dapat mengerjakan soal tambahan
o   dengan kesulitan yang lebih tinggi.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Remedial dilakukan dengan memetakan dahulu materi apa saja yang perlu dikuatkan kembali oleh guru. Setelah pemetaan selesai, remedial dapat diatur waktunya sesuai dengan waktu yang tersedia di sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses            : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
1. Daftar periksa PPKn
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Menjelaskan 3 manfaat kerja sama


2
Menunjukkan sikap kerja sama saat kegiatan



2. Rubrik SBdP






Kriteria
Bagus Sekali
4
Bagus
3
Cukup
2
Perlu berlatih
lagi
1. Pemilihan
gambar
Aku dapat
memadukan
gambar dan warna
yang menarik
dan sesuai dengan konsep yang aku
buat (lingkungan
alam/buatan)
secara mandiri
Aku dapat
memadukan
gambar dan
warna yang
menarik dan
sesuai dengan
konsep yang aku
buat (lingkungan
alam/buatan)
dengan sedikit
bantuan guru
Aku dapat
memadukan
gambar dan warna
yang menarik
dan sesuai
dengan konsep
yang aku buat
(lingkungan alam/ buatan) dengan
bantuan guru.
Aku belum dapat
memadukan
gambar dan warna
yang menarik
dan sesuai dengan
konsep yang aku buat (lingkungan
alam/buatan).
2. Pemakaian
Material (gunting, lem)
Menggunting
dan mengelem
dengan rapi tanpa dibantu guru
Aku dapat
menggunting
dan mengelem
dengan mandiri
tetapi belum rapi
Aku dapat
menggunting
dan mengelem
dengan sedikit
bantuan guru.
Aku belum dapat
membuat sesuatu
dengan rapi
sehingga harus dibantu oleh guru
3. Desain dan
kreativitas
Aku dapat
memadukan
gambar secara
proporsional.
Dioramaku
memiliki
keterkaitan
antar gambar.
Dioramaku
memperlihatkan
keserasian warna.
Mempelihatkan
2 kriteria.
Memperlihatkan
1 Kriteria
Masih memerlukan
bimbingan dalam
setiap kriteria.

3. Semua evaluasi dinilai dengan angka

4. Penilaian Sikap (kreatif)
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Model kubus dari kardus bekas pakai



Mengetahui,                                                                        Tijue, 11 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)


1.     Jelaskan langkah-langkah dalam melakukan wawancara!

2.     Buat sebuah percakapan yang memuat 5 pertanyaan wawancara untuk mencari informasi mengenai menjadi seorang guru!

3.     Tuliskan bentuk kerja sama yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki pekerjaan berikut:
a.  petani
b.  dokter
c.   penyiar televise

4.        Gambar jaring-jaring di bawah ini yang merupakan jaring-jaring kubus adalah 

5.     Gambar jaring-jaring di bawah ini yang merupakan jaring-jaring limas segi empat adalah ….



MEDIA

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 4
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 5 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors