Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 5

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 31 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hebatnya Cita-citaku/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktifitas fisik dalam bentuk permainan
3.4 Memahami konsep berbagai aktifitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
3.4.1 Melakukan latihan lari zig-zag
3.4.2 Melakukan lari cepat
4.4 Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
4.4.1 Melakukan lari mengubah gerak tubuh arah arus/lari bolak balik (shuttle run)

b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat
4.5 Menceritakan manusia dalamdinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menuliskan manfaat suatu citacita terhadap masyarakat

c) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks bacaan secara lisan dengan menggunakan kata-katanya sendiri
.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Perkembangan teknologi
  2. Mempraktikkan kegiatan lari zig-zag, lari cepat, dan lari bolak-balik
  3. Menggali informasi satu jenis pekerjaan

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks secara mendalam mengenai guru rimba.
o   Guru mengajarkan siswa untuk memahami bacaan secara terperinci dan cermat.
o   Siswa menjawab pertanyaan dari buku.
o   Siswa yang telah menyelesaikan tugas dapat saling memeriksa hasil pekerjaan.
o   Siswa dan guru membahas dan mendiskusikannya bersama-sama.
o   Siswa akan membaca teks mengenai beberapa contoh rumah antigempa yang ada di Indonesia. Dari kegiatan ini siswa akan menghubungkan manfaat arsitek terhadap masyarakat lewat rancangan bangunan rumah antigempa. Siswa diminta memberikan contoh lainnya, seperti rumah joglo dan rumah panggung
o   Siswa diminta menggarisbawahi kata-kata atau kalimat penting untuk memudahkannya mencari informasi.
o   Siswa diminta bertanya jika ada kosakata yang sulit untuk dipahami maknanya.
o   Siswa akan membuat 5 pertanyaan berdasarkan bacaan yang mereka baca.
Contoh:
  • Siapakah Butet Manurung?
  • Di mana sokolah rimba?
  • Apa yang dilakukan Butet Manurung?
o   Berdasarkan bacaan, siswa menceritakan teks bacaan dengan kata-kata mereka sendiri. (Penilaian 1)
o   Siswa akan menjawab pertanyaan berdasarkan hasil diskusi secara berpasangan.
o   Setiap kelompok akan memberikan kesimpulan dari hasil diskusi mereka.
o   Siswa akan menulis tentang pengalaman mereka yang berkesan terhadap gurunya, mereka juga akan menuliskan pentingnya seorang guru bagi mereka.
o   Siswa akan belajar berbagai aktivitas kebugaran jasmani, antara lain lari zig-zag, lomba lari berkelompok dan lari mengubah gerak tubuh arah lurus/lari bolak-balik (shuttle run).
o   Kegiatan PJOK dapat diberikan sebanyak dua kali dalam seminggu disesuaikan dengan kebutuhan.
o   Berikut ini adalah informasi yang perlu dibaca guru yang nantinya akan dijelaskan kepada siswa

Pengayaan
o   Siswa yang telah selesai menuliskan kesimpulan mengenai teknologi yang digunakan sehari-hari dapat menjelaskan teknologi lain yang ada di sekitar mereka.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Siswa yang belum dapat menulis cerita secara runtut dan rinci akan diberikan kegiatan tambahan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Selain itu, guru juga memberi penguatan kepada siswa tentang bagaimana menulis secara runtut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Daftar periksa IPS.

No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Menuliskan manfaat suatu cita-cita bagi masyarakat



2. Daftar periksa IPA
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menjelaskan perkembangan media tulis.



3. Rubrik PJOK
Kriteria
Skor (3)
Skor (2)
Skor (1)
Melakukan
gerak dasar lari bolak balik
• Kaki melangkah lebar dan
secepat mungkin.
• Lengan diayunkan secara
bergantian dan konsisten.
• Sikap posisi badan agak
condong ke depan.
Jika siswa
Mampu melakukan dua
kriteria dengan benar
Jika siswa mampu
melakukan satu
kriteria dengan benar.

4. Penilaian Sikap (kreatif).
Teks bacaan, gambar.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Model kubus dari kardus bekas pakai



Mengetahui,                                                                        Tijue, 10 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004






LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)


Tuliskan pengalaman yang berkesan mengenai gurumu. Gunakan kosakata baku.

……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………



MEDIA

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 5

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 5

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 4

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors