RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Hebatnya Cita-citaku/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.4 Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan berbagai aktifitas fisik dalam bentuk permainan
3.4 Memahami konsep berbagai aktifitas
kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
3.4.1 Melakukan
latihan lari zig-zag
3.4.2 Melakukan
lari cepat
4.4 Mempraktikkan
berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
4.4.1 Melakukan
lari mengubah gerak tubuh arah arus/lari bolak balik (shuttle run)
b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi
manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat
4.5 Menceritakan
manusia dalamdinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
4.5.1 Menuliskan
manfaat suatu citacita terhadap masyarakat
c) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan
kembali teks bacaan secara lisan dengan menggunakan kata-katanya sendiri
.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Perkembangan teknologi
- Mempraktikkan kegiatan lari zig-zag, lari cepat, dan lari bolak-balik
- Menggali informasi satu jenis pekerjaan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks secara mendalam mengenai guru
rimba.
o
Guru mengajarkan siswa untuk memahami bacaan secara
terperinci dan cermat.
o
Siswa menjawab pertanyaan dari buku.
o
Siswa yang telah menyelesaikan tugas dapat saling memeriksa
hasil pekerjaan.
o
Siswa dan guru membahas dan mendiskusikannya bersama-sama.
o
Siswa akan
membaca teks mengenai beberapa contoh rumah antigempa yang ada di Indonesia.
Dari kegiatan ini siswa akan menghubungkan manfaat arsitek terhadap masyarakat
lewat rancangan bangunan rumah antigempa. Siswa diminta memberikan contoh
lainnya, seperti rumah joglo dan rumah panggung
o
Siswa diminta
menggarisbawahi kata-kata atau kalimat penting untuk memudahkannya mencari
informasi.
o
Siswa diminta
bertanya jika ada kosakata yang sulit untuk dipahami maknanya.
o
Siswa akan
membuat 5 pertanyaan berdasarkan bacaan yang mereka baca.
Contoh:
o
Berdasarkan
bacaan, siswa menceritakan teks bacaan dengan kata-kata mereka sendiri.
(Penilaian 1)
o
Siswa akan menjawab pertanyaan berdasarkan hasil
diskusi secara berpasangan.
o
Setiap kelompok akan memberikan kesimpulan dari
hasil diskusi mereka.
o
Siswa akan
menulis tentang pengalaman mereka yang berkesan terhadap gurunya, mereka juga
akan menuliskan pentingnya seorang guru bagi mereka.
o
Siswa akan
belajar berbagai aktivitas kebugaran jasmani, antara lain lari zig-zag, lomba
lari berkelompok dan lari mengubah gerak tubuh arah lurus/lari bolak-balik (shuttle
run).
o
Kegiatan PJOK
dapat diberikan sebanyak dua kali dalam seminggu disesuaikan dengan kebutuhan.
o
Berikut ini
adalah informasi yang perlu dibaca guru yang nantinya akan dijelaskan kepada
siswa
Pengayaan
o
Siswa yang telah
selesai menuliskan kesimpulan mengenai teknologi yang digunakan sehari-hari
dapat menjelaskan teknologi lain yang ada di sekitar mereka.
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o
Siswa yang belum
dapat menulis cerita secara runtut dan rinci akan diberikan kegiatan tambahan
selama 30 menit setelah pulang sekolah. Selain itu, guru juga memberi penguatan
kepada siswa tentang bagaimana menulis secara runtut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Daftar periksa IPS.
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Menuliskan
manfaat suatu cita-cita bagi masyarakat
|
|
|
2. Daftar periksa IPA
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
mampu menjelaskan perkembangan media tulis.
|
|
|
3. Rubrik
PJOK
Kriteria
|
Skor (3)
|
Skor (2)
|
Skor (1)
|
Melakukan
gerak
dasar lari bolak balik
|
• Kaki
melangkah lebar dan
secepat
mungkin.
• Lengan
diayunkan secara
bergantian
dan konsisten.
• Sikap
posisi badan agak
condong ke depan.
|
Jika
siswa
Mampu melakukan
dua
kriteria
dengan benar
|
Jika
siswa mampu
melakukan
satu
kriteria
dengan benar.
|
4.
Penilaian Sikap (kreatif).
Teks bacaan, gambar.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Model kubus dari
kardus bekas pakai
Mengetahui, Tijue,
10 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Tuliskan
pengalaman yang berkesan mengenai gurumu. Gunakan kosakata baku.
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 3
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment