Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 4

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 31 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hebatnya Cita-citaku/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima,menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang di anutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang berbentuk pengalaman belajar
3.11 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
4.5 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
4.6 Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jarring bangun ruang yang sudah ada
4.6.1. Mengidentifikasi bangun segi banyak pada pola pengubinan jaring-jaring balok, limas dan prisma.
4.6.1 Menggambar berbagai variasi jaring-jaring balok
4.7 Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain.
4.7.1 Membuat jaring jaring balok dari karton
4.7.2Membuat kreasi benda (kotak celengan) dari bahan bekas berdasarkan jaring –jaring balok atau kubus

b) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
3.4.1 Menceritakan alur pembuatan media karya kreatif
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam.
4.4.1 Membuat kotak celengan dari kardus bekas

c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1 Mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.1 Menuliskan manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Berkreasi membuat celengan dari barang bekas
  2. Menggambar dan membuat jaring-jaring bangun ruang
  3. Menggali informasi suatu cita-cita
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks dan mengamati gambar. Siswa akan menganalisis gambar dan mengidentifikasi bahan yang digunakan seorang perajin.
o   Guru memberikan stimulan-stimulan pertanyaan.
Contoh:
·         Apa saja yang kamu dapat lihat dari gambar?
·         Bahan apa yang digunakan oleh perajin?
·         Apa manfaat barang yang dibuat perajin tersebut bagi masyarakat?
·         Apa yang terjadi jika tidak ada perajin?
o   Setelah diskusi, mereka akan menjawab pertanyaan bacaan secara berpasangan.
o   Siswa membaca teks bacaan mengenai kehebatan seorang perajin. Ajarkan siswa untuk memahami bacaan secara rinci dan cermat dengan cara memahami setiap kalimat yang dibacanya.
o   Siswa dapat menanyakan kosakata yang sulit kepada guru atau melihatnya di Kamus Besar Bahasa Indonesia.
o   Siswa menuliskan kembali informasi yang mereka dapat dari teks bacaan tersebut dan menjawab pertanyaan.
o   Pada pertemuan sebelumnya siswa diminta membawa bungkus kotak/kardus bekas makanan dari rumahnya. Bisa berupa kotak susu, kotak pasta gigi, dan sebagainya.
o   Semakin banyak model kardus yang dibawa semakin baik.
o   Guru menyiapkan potongan-potongan bangun datar untuk dibentuk menjadi bangun ruang.
o   Siswa diminta memerhatikan kotak/kardus yang mereka bawa dan membandingkannya dengan sebuah bangun datar yang sudah disiapkan oleh guru.
o   Guru menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah untuk membuat bangun ruang ‘bongkar pasang’.
o   Siswa diminta bersama-sama mengamati kotak yang mereka bawa dan memerhatikan bangun datar yang membentuknya.
o   Siswa akan menggambarkan prediksi jaring-jaring bangun datar yang membentuk kardus yang mereka bawa dalam tabel yang ada di buku siswa.
o   Setelah itu, siswa membuka kotak kemasan yang mereka bawa dan memerhatikan jaring-jaring atau bangun-bangun datar yang membentuknya. (*guru juga mempersiapkan kemasannya sendiri dari rumah.
o   Mereka akan menggambarkan jaring-jaring dari kotak kardus yang benar.
o   Siswa memperhatikan demonstrasi guru yang memotong jaring-jaring kemasan menjadi bangun datar tunggal.
o   Siswa mulai mendemonstrasikan membongkar pasang bangun tersebut menjadi susunan-susunan baru yang bisa membantuk bangun ruang yang sama. Setiap menemukan pola jaring–jaring yang baru, siswa langsung menggambar di buku siswa. (Penilaian 1)
o   Siswa terbagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing terdiri atas 5 orang.
o   Kelima orang tersebut mendapat bangun ruang yang berbeda: kubus, balok, prisma segitiga, limas segitiga, limas segiempat. Bagikan potongan-potongan bangun datar sesuai kelompoknya.
o   Guru meminta siswa membongkar-pasang bangun ruang yang mereka punya sehingga membentuk jaring-jaring baru sesuai dengan jenis bangun ruang yang ditentukan.
o   Untuk menghubungkan antarbangun, gunakan lem.
o   Jika susunan yang siswa buat bisa menutup dan membentuk bangun ruang dengan sempurna, jaring-jaring tersebut berhasil. Jika tidak, guru menggiring siswa mencari tahu mana yang letaknya kurang tepat.
o   Siswa juga akan mengidentifikasi bangun segibanyak pada pola pengubinan jarring-jaring balok, limas, dan prisma.
o   Dalam waktu berkala (misalnya setiap 10 menit), beri tanda (bisa peluit atau sekedar tepukan tangan) dan minta siswa bertukar bangun ruang dengan teman-teman sekelompoknya.
o   Dari gambar-gambar yang telah mereka buat, siswa akan mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar yang membentuk bangun ruang tersebut. Misalnya: limas segiempat, terdiri atas: 4 segitiga dan 1 persegi.
o   Siswa mengidentifikasi bangun segibanyak pada pola pengubinan jaring-jaring balok, limas, dan prisma.
o   Dari kegiatan eksplorasi, siswa akan membuat kesimpulan mengenai bangun pola pengubinan kubus.

Catatan:
o   Jika jumlah siswa banyak dan guru kesulitan membuat potongan-potongan bangun datar untuk semua siswa, guru cukup mempersiapkan cetakan dasar berupa segitiga, persegi, dan persegi panjang dengan ukuran tertentu untuk diperbanyak secara mandiri oleh siswa pada saat kegiatan.
o   Bangun ruang tabung dan kerucut sengaja tidak disertakan dalam permainan “bongkar pasang” ini karena bangun tersebut tidak mempunyai variasi jaringjaring sehingga mudah dikenali. Namun, guru harus mengajarkannya.
o   Potongan bangun datar mudah tercerai-berai dan tertukar. Menyiasati hal tersebut, berilah kode sederhana pada potongan-potongan itu, misalnya P3 untuk pembentuk prisma segitiga, K untuk pembentuk kubus, L4 untuk limas segiempat, dan lain-lain.
o   Strategi ini bisa dikembangkan menjadi berbagai macam permainan. Misalnya pada permainan “manakah yang salah?”, guru menggambar jaring-jaring di papan tulis dan murid diminta menyusun sesuai dengan gambar dan menentukan mana jaring-jaring yang tidak tepat.
o   Siswa akan mengamati dan menceritakan alur pembuatan celengan kardus di buku siswa kepada teman di dekatnya dengan kata-katanya sendiri.
o   Siswa akan membuat karya 3 dimensi dengan memanfaatkan jaring-jaring kubus dengan membaca langkah-langkah di buku siswa. Siswa juga bisa menggunakan jaring-jaring bangun ruang lainnya. Bahan dan peralatan telah dipersiapkan siswa satu hari sebelumnya. Mengenai pelubangan celengan sebaiknya dilakukan oleh guru. (Penilaian 2)
o   Siswa akan menceritakan hebatnya seorang perajin bagi masyarakat. Sebelumnya mereka akan mengulas kembali mengenai kehebatan seorang perajin lewat pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru. Contoh pertanyaan:
§  Apa yang kamu ketahui tentang kehebatan perajin?
§  Apa yang kalian ingin kalian tanyakan mengenai perajin? (Penilaian 3)
§  Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini!
§  Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?
§  Bagian mana yang belum kamu pahami?
§  Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?

Pengayaan
o   Siswa yang telah menguasai materi jaring-jaring dapat diminta untuk membuat soal
o   sendiri dan bertukar soal dengan teman untuk dijawab.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Apabila siswa belum dapat menguasai materi jaring-jaring, guru dapat membantu menguatkan kembali materi tersebut dengan memberikan tambahan waktu belajar sepulang sekolah selama kurang lebih 30 menit.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).


2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Daftar periksa Matematika
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Ketepatan
Siswa mampu
menggambar
seluruh jaringjaring
balok dengan akurat
Sebagin besar
gambar jaring-jaring
balok digambar dengan akurat
Sebagian besar
jaring-jaring balok
digambar dengan
tidak akurat.
Bentuk geometri
Seluruh bentuk
bangun digambar
sesuai
Sebagian besar
bentuk geometri
digambar sesuai.
Sebagian besar
bangun digambar
sesuai
Model
Siswa dapat
membuat 3 model
jaring-jaring
balok.
Siswa dapat
membuat 2 model
jaring-jaring balok.
Siswa dapat membuat
1 model jaring-jaring
balok.
Siswa membuat
kesimpulan yang
terdiri dari:
Bentuk bangun
Jumlah
segibanyak
Pola
Memenuhi 2
kriteria.
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 1 kriteria

2. Daftar periksa IPS
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Mencari informasi minimal 5 tentang kehebatan perajin dari teks bacaan


2
Menjelaskan 3 manfaat perajin dalam masyarakat



3. Penilaian Sikap (kreatif). Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar alat kedokteran



Mengetahui,                                                                        Tijue, 9 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004








LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)




Diskusikan pertanyaan di bawah ini dengan seorang temanmu.
1.     Bagaimana barang bekas memberi manfaat bagi manusia? Berikan contohnya!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………

2.     Apa yang terjadi pada manusia dan lingkungan jika barang bekas tidak dapat diolah kembali?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………



3.     Ambil sebuah barang bekas pakai. Pikirkan bagaimana cara mengolah barang bekas tersebut agar dapat digunakan kembali.
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………


MEDIA


TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 4
 
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors