RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Hebatnya Cita-citaku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima,menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang di anutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang berbentuk pengalaman belajar
3.11 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang
membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
4.5 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
4.6 Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jarring bangun
ruang yang sudah ada
4.6.1.
Mengidentifikasi bangun segi banyak pada pola pengubinan jaring-jaring balok,
limas dan prisma.
4.6.1 Menggambar
berbagai variasi jaring-jaring balok
4.7 Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang
ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah
atau tempat bermain.
4.7.1 Membuat
jaring jaring balok dari karton
4.7.2Membuat kreasi
benda (kotak celengan) dari bahan bekas berdasarkan jaring –jaring balok atau
kubus
b) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan
media karya kreatif
3.4.1 Menceritakan
alur pembuatan media karya kreatif
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari
bahan alam.
4.4.1 Membuat kotak
celengan dari kardus bekas
c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1 Mengidentifikasi
manfaat suatu cita-cita dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.1 Menuliskan
manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Berkreasi membuat celengan dari barang bekas
- Menggambar dan membuat jaring-jaring bangun ruang
- Menggali informasi suatu cita-cita
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks dan mengamati gambar. Siswa akan menganalisis gambar dan
mengidentifikasi bahan yang digunakan seorang perajin.
o
Guru memberikan
stimulan-stimulan pertanyaan.
Contoh:
·
Apa saja yang kamu dapat lihat dari gambar?
·
Bahan apa yang digunakan oleh perajin?
·
Apa manfaat barang yang dibuat perajin tersebut bagi
masyarakat?
·
Apa yang terjadi jika tidak ada perajin?
o
Setelah diskusi,
mereka akan menjawab pertanyaan bacaan secara berpasangan.
o
Siswa membaca teks bacaan mengenai kehebatan seorang
perajin. Ajarkan siswa untuk memahami bacaan secara rinci dan cermat dengan
cara memahami setiap kalimat yang dibacanya.
o
Siswa dapat menanyakan kosakata yang sulit kepada
guru atau melihatnya di Kamus Besar Bahasa Indonesia.
o
Siswa menuliskan kembali informasi yang mereka dapat
dari teks bacaan tersebut dan menjawab pertanyaan.
o
Pada pertemuan sebelumnya siswa diminta membawa bungkus
kotak/kardus bekas makanan dari rumahnya. Bisa berupa kotak susu, kotak pasta
gigi, dan sebagainya.
o
Semakin banyak model kardus yang dibawa semakin
baik.
o
Guru menyiapkan potongan-potongan bangun datar untuk
dibentuk menjadi bangun ruang.
o
Siswa diminta memerhatikan kotak/kardus yang mereka
bawa dan membandingkannya dengan sebuah bangun datar yang sudah disiapkan
oleh guru.
o
Guru menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah
untuk membuat bangun ruang ‘bongkar pasang’.
o
Siswa diminta bersama-sama mengamati kotak yang
mereka bawa dan memerhatikan bangun datar yang membentuknya.
o
Siswa akan menggambarkan prediksi jaring-jaring
bangun datar yang membentuk kardus yang mereka bawa dalam tabel yang ada di
buku siswa.
o
Setelah itu, siswa membuka kotak kemasan yang mereka
bawa dan memerhatikan jaring-jaring atau bangun-bangun datar yang
membentuknya. (*guru juga mempersiapkan kemasannya sendiri dari rumah.
o
Mereka akan menggambarkan jaring-jaring dari kotak
kardus yang benar.
o
Siswa memperhatikan demonstrasi guru yang memotong
jaring-jaring kemasan menjadi bangun datar tunggal.
o
Siswa mulai mendemonstrasikan membongkar pasang
bangun tersebut menjadi susunan-susunan baru yang bisa membantuk bangun ruang
yang sama. Setiap menemukan pola jaring–jaring yang baru, siswa langsung
menggambar di buku siswa. (Penilaian 1)
o
Siswa terbagi menjadi beberapa kelompok yang
masing-masing terdiri atas 5 orang.
o
Kelima orang tersebut mendapat bangun ruang yang
berbeda: kubus, balok, prisma segitiga, limas segitiga, limas segiempat.
Bagikan potongan-potongan bangun datar sesuai kelompoknya.
o
Guru meminta siswa membongkar-pasang bangun ruang
yang mereka punya sehingga membentuk jaring-jaring baru sesuai dengan jenis
bangun ruang yang ditentukan.
o
Untuk menghubungkan antarbangun, gunakan lem.
o
Jika susunan yang siswa buat bisa menutup dan
membentuk bangun ruang dengan sempurna, jaring-jaring tersebut berhasil. Jika
tidak, guru menggiring siswa mencari tahu mana yang letaknya kurang tepat.
o
Siswa juga akan mengidentifikasi bangun segibanyak
pada pola pengubinan jarring-jaring balok, limas, dan prisma.
o
Dalam waktu berkala (misalnya setiap 10 menit), beri
tanda (bisa peluit atau sekedar tepukan tangan) dan minta siswa bertukar
bangun ruang dengan teman-teman sekelompoknya.
o
Dari gambar-gambar yang telah mereka buat, siswa
akan mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar yang membentuk bangun ruang
tersebut. Misalnya: limas segiempat, terdiri atas: 4 segitiga dan 1 persegi.
o
Siswa mengidentifikasi bangun segibanyak pada pola pengubinan
jaring-jaring balok, limas, dan prisma.
o
Dari kegiatan eksplorasi, siswa akan membuat
kesimpulan mengenai bangun pola pengubinan kubus.
Catatan:
o
Jika jumlah siswa banyak dan guru kesulitan membuat
potongan-potongan bangun datar untuk semua siswa, guru cukup mempersiapkan
cetakan dasar berupa segitiga, persegi, dan persegi panjang dengan ukuran
tertentu untuk diperbanyak secara mandiri oleh siswa pada saat kegiatan.
o
Bangun ruang tabung dan kerucut sengaja tidak
disertakan dalam permainan “bongkar pasang” ini karena bangun tersebut tidak
mempunyai variasi jaringjaring sehingga mudah dikenali. Namun, guru harus
mengajarkannya.
o
Potongan bangun datar mudah tercerai-berai dan
tertukar. Menyiasati hal tersebut, berilah kode sederhana pada
potongan-potongan itu, misalnya P3 untuk pembentuk prisma segitiga, K untuk
pembentuk kubus, L4 untuk limas segiempat, dan lain-lain.
o
Strategi ini bisa dikembangkan menjadi berbagai
macam permainan. Misalnya pada permainan “manakah yang salah?”, guru
menggambar jaring-jaring di papan tulis dan murid diminta menyusun sesuai
dengan gambar dan menentukan mana jaring-jaring yang tidak tepat.
o
Siswa akan mengamati dan menceritakan alur pembuatan
celengan kardus di buku siswa kepada teman di dekatnya dengan kata-katanya
sendiri.
o
Siswa akan membuat karya 3 dimensi dengan
memanfaatkan jaring-jaring kubus dengan membaca langkah-langkah di buku
siswa. Siswa juga bisa menggunakan jaring-jaring bangun ruang lainnya. Bahan
dan peralatan telah dipersiapkan siswa satu hari sebelumnya. Mengenai
pelubangan celengan sebaiknya dilakukan oleh guru. (Penilaian 2)
o
Siswa akan
menceritakan hebatnya seorang perajin bagi masyarakat. Sebelumnya mereka akan
mengulas kembali mengenai kehebatan seorang perajin lewat pertanyaan-pertanyaan
yang diberikan guru. Contoh pertanyaan:
§ Apa yang kamu
ketahui tentang kehebatan perajin?
§ Apa yang kalian
ingin kalian tanyakan mengenai perajin?
(Penilaian 3)
§ Sebutkan 3 hal
yang kamu pelajari hari ini!
§ Bagian mana yang
sudah kamu pahami dengan baik?
§ Bagian mana yang
belum kamu pahami?
§ Apa yang ingin
kamu ketahui lebih lanjut?
Pengayaan
o
Siswa yang telah menguasai materi jaring-jaring dapat diminta untuk
membuat soal
o
sendiri dan bertukar soal dengan teman untuk dijawab.
Remedial
o
(Kegiatan remedial
diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o
Apabila siswa
belum dapat menguasai materi jaring-jaring, guru dapat membantu menguatkan kembali
materi tersebut dengan memberikan tambahan waktu belajar sepulang sekolah selama
kurang lebih 30 menit.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Daftar periksa Matematika
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Perlu
berlatih
lagi
|
Ketepatan
|
Siswa
mampu
menggambar
seluruh
jaringjaring
balok dengan
akurat
|
Sebagin
besar
gambar
jaring-jaring
balok
digambar dengan akurat
|
Sebagian
besar
jaring-jaring
balok
digambar
dengan
tidak akurat.
|
Bentuk geometri
|
Seluruh
bentuk
bangun
digambar
sesuai
|
Sebagian
besar
bentuk
geometri
digambar sesuai.
|
Sebagian
besar
bangun
digambar
sesuai
|
Model
|
Siswa
dapat
membuat 3
model
jaring-jaring
balok.
|
Siswa
dapat
membuat 2
model
jaring-jaring balok.
|
Siswa
dapat membuat
1 model
jaring-jaring
balok.
|
Siswa
membuat
kesimpulan
yang
terdiri
dari:
• Bentuk bangun
• Jumlah
segibanyak
• Pola
|
Memenuhi
2
kriteria.
|
Memenuhi
3 kriteria
|
Memenuhi
1 kriteria
|
2. Daftar periksa IPS
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Mencari
informasi minimal 5 tentang kehebatan perajin dari teks bacaan
|
|
|
2
|
Menjelaskan
3 manfaat perajin dalam masyarakat
|
|
|
3. Penilaian Sikap (kreatif). Contoh terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar alat
kedokteran
Mengetahui, Tijue,
9 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Diskusikan pertanyaan di bawah ini dengan seorang
temanmu.
1. Bagaimana barang bekas memberi manfaat
bagi manusia? Berikan contohnya!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2.
Apa yang terjadi pada manusia dan
lingkungan jika barang bekas tidak dapat diolah kembali?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
3.
Ambil sebuah barang bekas pakai. Pikirkan
bagaimana cara mengolah barang bekas tersebut agar dapat digunakan kembali.
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment