Home » » TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 30 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hebatnya Cita-citaku/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3. Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menceritakan kehebatan suatu cita-cita dari informasi yang dibaca
4.3. Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Membuat dan mempraktikkan percakapan tentang suatu cita-cita dengan memperhatikan kosakata baku

b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1 Mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.1 Menuliskan manfaat suatu citacita terhadap masyarakat

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya,serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
3.5.1 Menemukan hubungan sifat bunyi dengan benda
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
4.4.1 Menarik kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1.  Membuat dan mempraktikkan percakapan
  2. Mengulas informasi bacaan mengenai suatu cita-cita
  3. Percobaan bunyi
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati foto pekerjaan polisi.
o   Siswa menganalisis gambar dan mengidentifikasi manfaat polisi bagi masyarakat.
o   Guru memberikan stimulan-stimulan pertanyaan. Contoh:
·         Apa saja yang kamu dapat lihat dari gambar?
·         Apa manfaat berita tersebut bagi masyarakat?
·         Apa yang terjadi jika masyarakat tidak melihat berita tersebut?
·         Apa yang biasa dikerjakan polisi?
·         Mengapa polisi bermanfaat bagi orang banyak?
o   Setelah diskusi, mereka akan menuliskan manfaat seorang polisi bagi masyarakat dan lingkungan.
o   Secara berpasangan siswa menganalisis gambar di halaman sebelumnya mereka akan diberikan pertanyaan-pertanyaan dalam buku siswa. Guru juga perlu memberikan stimulan pertanyaan berdasarkan gambar dibuku siswa. Contoh pertanyaan:
  • Apa yang dilakukan orang tersebut?
  • Bagaimana keadaan yang digambarkan di foto tersebut?
  • Apa yang menarik dari gambar tersebut?
  •  Apa saja yang bisa kamu lihat dari gambar.
  •  Apa yang biasa dikerjakan polisi?
  •  Apa yang terjadi jika tidak ada polisi?
o   Siswa mendiskusikan kehebatan seorang polisi dengan kata-kata mereka sendiri. Siswa menjelaskan manfaat polisi terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk siswa yang mendapatkan kesulitan dalam mengerjakan tugas, dapat diminta untuk membaca kembali teks bacaan mengenai polisi. (Penilaian 1)
o   Siswa membaca teks secara mendalam mengenai pekerjaan polisi. Ajarkan siswa untuk memahami bacaan secara rinci dan cermat. Setelah itu, mereka akan menuliskan kembali informasi yang mereka dapat dari teks bacaan tersebut.
o   Siswa membuat paling sedikit 3 pertanyaan berdasarkan foto-foto tersebut. Saat membuat pertanyaan minta siswa untuk memperhatikan beberapa hal berikut:
·         Tanggung jawab
·         Suka-duka dalam pekerjaan
·         Sikap yang diperlukan
·         Bagaimana seorang polisi dapat memengaruhi lingkungan dan masyarakat
o   Siswa menukarkan hasil pengamatan yang telah dibuat dengan seorang teman. Guru akan berkeliling mengecek pertanyaan yang dibuat siswa serta menuliskan beberapa contoh pertanyaan yang menarik (menggunakan pertanyaan tingkat tinggi seperti kata mengapa dan bagaimana) di papan tulis.
o   Siswa diingatkan untuk memerhatikan penggunaan tanda baca yang tepat.
o   Siswa akan mengamati gambar. Mereka menjawab pertanyaan.
o   Guru memberikan stimulan-stimulan pertanyaan. Contoh:
*Apa saja yang kamu dapat lihat dari gambar?
o   Kemudian siswa menceritakan mengenai gambar dalam buku siswa secara berpasangan. (Penilaian 3)
o   Siswa berperan sebagai polisi dan akan membuat percakapan dengan tokoh idola mereka mengenai cita-cita. Setelah itu, mereka akan mempraktikkannya (Penilaian 2).
o   Siswa memperagakan pembacaan teks percakapan yang mereka buat dengan suara yang nyaring dan jelas, serta pengucapannya.
o   Siswa membuat peluit sederhana sebagai aplikasi konsep sifat-sifat bunyi yang telah dipelajari di semester sebelumya. Guru dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai sifat bunyi untuk mengingatkan mereka kembali mengenai pembelajaran di semester 1!

Pengayaan
o   Siswa yang telah selesai membuat teks percakapan akan diminta melanjutkan membuat pertanyaan lanjutan.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Siswa yang belum bisa membuat teks percakapan secara mandiri akan mendapatkan bimbingan dengan stimulan pertanyaan guru selama 30 menit setelah jam sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
Penilaian
1. Daftar periksa Bahasa Indonesia
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Membuat teks percakapan mengenai cita-cita sebanyak 8 kalimat


2
Membaca naskah dengan suara nyaring, pengucapan yang jelas,
intonasi, dan jeda yang tepat



2. Daftar periksa IPS
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Menjelaskan 3 manfaat polisi terhadap masyarakat, alam, budaya,
dan ekonomi



3. Rubrik IPA
Kriteria Pengukuran
Pertahankan ya!
Cu Tingkatkan lagi
kemampuanmu!kup
Lebih baik ya

Isi laporan percobaan

• Isi laporan
mencakup
nomor 1-5 yang
diminta dengan
lengkap dan
benar.
• Kesimpulan

• Isi laporan
mencakup
nomor 1-5 yang
diminta, namun
kurang lengkap
dan benar.
• Kesimpulan benar.

• Isi laporan
mencakup
nomor 1-5 yang
diminta, benar,
namun kurang
lengkap.
• Kesimpulan
benar.
Penulisan
laporan
percobaan
Laporan ditulis
dengan rapi,
langkah jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
Laporan ditulis
kurang rapi, namun
langkah jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
Laporan ditulis
kurang rapi,
langkah kurang
jelas, dan
menggunakan
kosakata baku

Penilaian Sikap (rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di halaman 151..

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks bacaan dan gambar


Mengetahui,                                                                        Tijue, 6 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

 


1.        Hal menarik apa yang kamu temui dari gambar di atas?
Gambar
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………


2.        Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari gambar di atas?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………


3.        Coba ceritakan kepada seorang temanmu mengenai gambar di atas secara bergantian
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………
 

4.        Kesimpulan
 
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………………………
 


MEDIA

TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 3

TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors