RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Hebatnya Cita-citaku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3. Menggali informasi dari teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menceritakan
kehebatan suatu cita-cita dari informasi yang dibaca
4.3. Mengolah dan
menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan
ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Membuat dan
mempraktikkan percakapan tentang suatu cita-cita dengan memperhatikan kosakata baku
b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1
Mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.1 Menuliskan
manfaat suatu citacita terhadap masyarakat
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya,serta
mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran
3.5.1 Menemukan
hubungan sifat bunyi dengan benda
4.4 Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
4.4.1 Menarik
kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Membuat dan mempraktikkan percakapan
- Mengulas informasi bacaan mengenai suatu cita-cita
- Percobaan bunyi
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati foto pekerjaan polisi.
o
Siswa menganalisis gambar dan mengidentifikasi manfaat
polisi bagi masyarakat.
o
Guru memberikan stimulan-stimulan pertanyaan.
Contoh:
·
Apa saja yang kamu dapat lihat dari gambar?
·
Apa manfaat berita tersebut bagi masyarakat?
·
Apa yang terjadi jika masyarakat tidak melihat
berita tersebut?
·
Apa yang biasa dikerjakan polisi?
·
Mengapa polisi bermanfaat bagi orang banyak?
o
Setelah diskusi, mereka akan menuliskan manfaat
seorang polisi bagi masyarakat dan lingkungan.
o
Secara berpasangan siswa menganalisis gambar di halaman sebelumnya
mereka akan diberikan pertanyaan-pertanyaan dalam buku siswa. Guru juga perlu memberikan stimulan pertanyaan
berdasarkan gambar dibuku siswa. Contoh pertanyaan:
o
Siswa
mendiskusikan kehebatan seorang polisi dengan kata-kata mereka sendiri. Siswa
menjelaskan manfaat polisi terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk siswa
yang mendapatkan kesulitan dalam mengerjakan tugas, dapat diminta untuk
membaca kembali teks bacaan mengenai polisi. (Penilaian 1)
o
Siswa membaca teks secara mendalam mengenai
pekerjaan polisi. Ajarkan siswa untuk memahami bacaan secara rinci dan
cermat. Setelah itu, mereka akan menuliskan kembali informasi yang mereka
dapat dari teks bacaan tersebut.
o
Siswa membuat paling sedikit 3 pertanyaan
berdasarkan foto-foto tersebut. Saat membuat pertanyaan minta siswa untuk
memperhatikan beberapa hal berikut:
·
Tanggung jawab
·
Suka-duka dalam
pekerjaan
·
Sikap yang
diperlukan
·
Bagaimana seorang
polisi dapat memengaruhi lingkungan dan masyarakat
o
Siswa menukarkan hasil pengamatan yang telah dibuat
dengan seorang teman. Guru akan berkeliling mengecek pertanyaan yang dibuat
siswa serta menuliskan beberapa contoh pertanyaan yang menarik (menggunakan
pertanyaan tingkat tinggi seperti kata mengapa dan bagaimana) di papan tulis.
o
Siswa diingatkan untuk memerhatikan penggunaan tanda
baca yang tepat.
o
Siswa akan
mengamati gambar. Mereka menjawab pertanyaan.
o
Guru memberikan
stimulan-stimulan pertanyaan. Contoh:
*Apa saja yang
kamu dapat lihat dari gambar?
o
Kemudian siswa
menceritakan mengenai gambar dalam buku siswa secara berpasangan. (Penilaian
3)
o
Siswa berperan sebagai polisi dan akan membuat
percakapan dengan tokoh idola mereka mengenai cita-cita. Setelah itu, mereka
akan mempraktikkannya (Penilaian 2).
o
Siswa memperagakan pembacaan teks percakapan yang
mereka buat dengan suara yang nyaring dan jelas, serta pengucapannya.
o
Siswa membuat
peluit sederhana sebagai aplikasi konsep sifat-sifat bunyi yang telah dipelajari
di semester sebelumya. Guru dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai
sifat bunyi untuk mengingatkan mereka kembali mengenai pembelajaran di
semester 1!
Pengayaan
o
Siswa yang telah
selesai membuat teks percakapan akan diminta melanjutkan membuat pertanyaan
lanjutan.
Remedial
o
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o
Siswa yang belum
bisa membuat teks percakapan secara mandiri akan mendapatkan bimbingan dengan
stimulan pertanyaan guru selama 30 menit setelah jam sekolah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Penilaian
1. Daftar periksa Bahasa Indonesia
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Membuat teks percakapan mengenai cita-cita sebanyak 8
kalimat
|
|
|
2
|
Membaca
naskah dengan suara nyaring, pengucapan yang jelas,
intonasi,
dan jeda yang tepat
|
|
|
2.
Daftar periksa IPS
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Menjelaskan
3 manfaat polisi terhadap masyarakat, alam, budaya,
dan
ekonomi
|
|
|
3. Rubrik
IPA
Kriteria
Pengukuran
|
Pertahankan ya!
|
Cu Tingkatkan lagi
kemampuanmu!kup
|
Lebih baik ya
|
Isi
laporan percobaan
|
• Isi
laporan
mencakup
nomor 1-5
yang
diminta
dengan
lengkap
dan
benar.
• Kesimpulan
|
• Isi
laporan
mencakup
nomor 1-5
yang
diminta,
namun
kurang
lengkap
dan
benar.
•
Kesimpulan benar.
|
• Isi
laporan
mencakup
nomor 1-5
yang
diminta,
benar,
namun
kurang
lengkap.
•
Kesimpulan
benar.
|
Penulisan
laporan
percobaan
|
Laporan
ditulis
dengan
rapi,
langkah
jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
|
Laporan
ditulis
kurang
rapi, namun
langkah
jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
|
Laporan
ditulis
kurang
rapi,
langkah
kurang
jelas,
dan
menggunakan
kosakata baku
|
Penilaian
Sikap (rasa ingin tahu).
Contoh
terlampir di halaman 151..
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks bacaan dan
gambar
Mengetahui, Tijue,
6 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
1.
Hal menarik apa yang kamu temui dari gambar di atas?
Gambar
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
2.
Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari gambar di
atas?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3.
Coba ceritakan kepada seorang temanmu mengenai gambar
di atas secara bergantian
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
4.
Kesimpulan
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 1
TEMA 7 KELA S4 SUB 2 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment