Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 29 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hebatnya Cita-citaku/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.1 Menerima,menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang di anutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang berbentuk pengalaman belajar
3.11 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
3.11.1 Mengidentifikasi bangun segi banyak pada pola pengubinan jaring-jaring kubus
4.11 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
4.11.1 Menggambar model jaringjaring kubus dari bangun ruang  yang sudah ada

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
4.4 Menyajikan teks cerita petualang an tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks bacaan secara lisan dengan menggunakan kata-katanya sendiri

c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.5.1 Mengidentifikasi manfaat suatu cita-cita terhadap lingkungan alam, sosial, dan budaya
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5.1 Menuliskan manfaat suatu cita-cita terhadap masyarakat, lingkungan alam dan budaya
.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Eksplorasi jaring-jaring bangun ruang
  2. Menggali informasi suatu cita-cita
  3. Mengulas informasi bacaan mengenai suatu cita-cita

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks pengantar mengenai kehebatan hasil rancangan arsitek.
o   Siswa akan menghubungkan manfaat arsitek terhadap lingkungan lewat rancangan bangunan waduk. Siswa diminta memberikan contoh lainnya, misalnya taman kota.
o   Siswa akan menghubungkan manfaat arsitek terhadap masyarakat lewat rancangan bangunan jembatan. Siswa diminta memberikan contoh lainnya, misalnya rumah,gedung, dan tempat ibadah.
o   Siswa akan menghubungkan manfaat arsitek terhadap budaya lewat rancangan bangunan candi. Siswa diminta memberikan contoh lainnya, misalnya museum dan monumen.
o   Guru mengajukan pertanyaan berikut kepada siswa:
o   Sebutkan 3 informasi apa yang kamu dapat dari bacaan di atas?
o   Apa saja yang membuat arsitek hebat?
o   Apa saja manfaat arsitek bagi masyarakat?
o   Siswa akan membaca teks mengenai beberapa contoh rumah antigempa yang ada di Indonesia. Dari kegiatan ini siswa akan menghubungkan manfaat arsitek terhadap masyarakat lewat rancangan bangunan rumah antigempa. Siswa diminta memberikan contoh lainnya, seperti rumah joglo dan rumah panggung.
o   Siswa diminta menggarisbawahi kata-kata atau kalimat penting untuk memudahkannya mencari informasi.
o   Siswa diminta bertanya jika ada kosakata yang sulit untuk dipahami maknanya
o   Siswa akan membuat 5 pertanyaan berdasarkan bacaan yang mereka baca.
Contoh:
o   Mengapa rumah dome dikatakan antigempa?
o   Apa bahan yang digunakan untuk membuat rumah di Kampung Naga tahan gempa?
o   Mengapa rumah gadang tahan gempa?
o   Siswa menceritakan kembali teks bacaan dari buku secara lisan kepada temanya yang lain dengan menggunakan kata-kata sendiri. Guru mengingatkan mereka untuk menggunakan kosakata baku.
o   Ketika siswa bercerita, guru berkeliling mengamati proses dan membuat catatan tentang proses dan hasil cerita.
o   Guru memberikan motivasi dan saran apabila diperlukan untuk memotivasi siswa agar lebih banyak bercerita atau menjadi pendengar yang aktif ketika pasangan mereka sedang bercerita.
o   Siswa juga diharapkan saling mempertanyakan deskripsi yang disampaikan oleh pasangan mereka.
o   Siswa akan diingatkan kembali mengenai penggunaan maket oleh seorang arsitek.
o   (Agar rancanganya dapat dilihat jelas. Arsitek juga perlu membuat sebuah maket, yaitu bentuk ruang yang yang lebih kecil menyerupai bangunan aslinya)
o   Siswa akan mengamati bangun ruang yang dilihatnya pada buku siswa. Mintalah mereka menyebutkan bangun ruang yang dapat mereka lihat.
o   Siswa diperlihatkan benda atau kardus bekas berbentuk kubus.
o   Siswa diminta menganalisis model kardus yang dibuka atau direbahkan.
o   Mereka akan memprediksi dengan membuat gambar pada tabel dalam buku siswa dan mendiskusikannya dengan teman sekelompoknya.
o   Mereka akan mengambar kubus dan kemungkinannya pada tabel yang telah disediakan.
o   Setelah itu, mereka akan membuktikan hasil pengamatan mereka dengan membuka kardus berbentuk kubus tersebut. Setiap kelompok akan menerima jaring-jaring kubus yang berbeda. Tanyakan kepada mereka bentuk bangun apa yang mereka temui serta banyaknya bangun.
o   Minta mereka mengamati posisi dan letak susunannya. Siswa juga diminta melihat pola dan bangun segi banyak yang membentuk jaring kubus dari susunan bangun yang berbeda pada setiap kelompok.
o   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai jaring-jaring kubus.
o   Jaring-jaring kubus adalah sebuah bangun datar yang jika dilipat menurut ruasruas garis pada dua persegi yang berdekatan akan membentuk bangun kubus.
o   Jaring-jaring kubus terdiri atas 6 buah persegi.
o   Siswa juga diminta menggambar kubus dan jaring-jaring kubus dari bangun ruang yang diberikan guru.
o   Guru juga meminta siswa untuk mengidentifikasi pola pengubinan dari jaring-jaring kubus yang berbeda.
Contoh:

 o   Siswa akan membuat pola jaring-jaring lainnya dari model bangun ruang yang sudah ada dan menyusunnya menjadi bentuk kubus. Siswa juga akan membuat kesimpulan di buku siswa. (Penilaian 2).

Tugas: Siswa diminta membawa kardus bekas dari rumah sebagai bahan eksplorasi di pembelajaran berikutnya


Alternatif:
o   Pembelajaran bangun ruang dengan memanfaatkan media paper craft lebih menyenangkan bagi anak.
o   Runtutan materi yang banyak dapat dikerjakan dengan satu bentuk media saja. Media paper craft dapat diunduh di internet lewat beberapa link: http:// craftyville.squidoo.com/origamimoose, manfaatin. com.
o   Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 2 dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Apa 3 hal penting yang kamu pelajari hari ini?
o   Apa yang akan kamu lakukan setelah mendapatkan pelajaran hari ini?

Pengayaan
o   Siswa yang telah selesai membuat model dari jaring-jaring kubus akan diminta membuat variasi jaring-jaring kubus lebih banyak lagi.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Siswa yang belum dapat memahami konsep jaring-jaring kubus akan diberikan kegiatan tambahan selama 30 menit setelah pulang sekolah. Guru akan melatih siswa untuk bereksplorasi dengan benda konkret sesuai dengan tema yang sedang dibahas. Selain itu, guru juga memberi penguatan kepada siswa tentang jaring-jaring kubus.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
1. Daftar periksa tentang pada teks bacaan (Bahasa Indonesia)
Beri tanda pada kolom yang sesuai.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Membuat minimal 5 pertanyaan tentang teks
bacaan


2
Menceritakan kembali teks bacaan secara lisan
dengan lengkap, dengan menggunakan katakatanya sendiri


3
Menceritakan kembali teks bacaan dengan percaya diri.



2. Daftar periksa IPS
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Menjelaskan manfaat arsitek dalam masyarakat.



3. Daftar Periksa Matematika
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Ketepatan
Siswa mampu
menggambar
seluruh jaringjaring
kubus dengan akurat.
Sebagin besar
gambar jaringjaring
kubus digambar dengan akurat
Sebagian besar
jaring-jaring kubus
digambar dengan tidak akurat.
Bentuk geometri
Seluruh bentuk bangun digambar sesuai
Sebagian besar
bentuk geometri
digambar sesuai
Sebagian besar
bangun digambar
sesuai.
Model
Siswa dapat
membuat 3 model jaringjaring
kubus.
Siswa dapat
membuat 2 model
jaring-jaring kubus
Siswa dapat
membuat 1 model
jaring-jaring kubus
Siswa membuat
kesimpulan yang
terdiri dari:
Bentuk bangun
Jumlah segi-banyak
Pola
Memenuhi 2
kriteria.
Memenuhi 3
kriteria.
Memenuhi 1
kriteria.

4. Penilaian Sikap (kreatif).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Model kubus dari kardus bekas pakai

Mengetahui,                                                                        Tijue, 5 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,


Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




LEMBAR KEJA SISWA

Dari gambar di bawah ini, lingkari gambar yang merupakan jaring-jaring kubus!


Dapatkah kamu mencari jaring-jaring kubus lainnya? Temukan dan gambarkan 5 jaring-jaring kubus lainnya!
 


Buat kesimpulan mengenai jaring-jaring kubus!
......................................................................................................................................... 
.........................................................................................................................................  
.........................................................................................................................................  
......................................................................................................................................... 
......................................................................................................................................... 
......................................................................................................................................... 
......................................................................................................................................... 
......................................................................................................................................... 
.........................................................................................................................................       

MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2
Candi Borobudur

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 2
Waduk Jatiluhur

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors