RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Hebatnya Cita-citaku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3. Menggali informasi dari teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menemukan dan
menuliskan 5 informasi secara tepat dari teks percakapan tentang suatu citacita
dalam bentuk peta pikiran
4.3. Mengolah dan menyajikan teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.3.1 Membuat dan
mempraktikkan teks percakapan tentang cita-cita dengan memperhatikan ejaan dan
tanda baca
b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami
manusia dalamdinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya,dan
ekonomi
3.5.1 Menunjukkan interaksi
yang positif melalui diskusi.
4.5 Menceritakan
manusia dalamdinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya,dan
ekonomi
4.5.1 Menuliskan
manfaat suatu citacita bagi masyarakat
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran
3.5.1 Menemukan
hubungan sifat bunyi dengan benda
4.4 Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
4.4.1 Menarik
kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi
.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Membuat percakapan
- Percobaan bunyi
- Mengulas informasi bacaan mengenai suatu cita-cita
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa berdiskusi mengenai kehebatan nelayan dan
petani.
o
Guru memberikan stimulan-stimulan pertanyaan.
Contoh:
o
Apa yang biasa dikerjakan nelayan dan petani?
o
Apa yang terjadi jika tidak ada nelayan dan petani?
o
Tiap kelompok yang terdiri atas empat orang akan
saling mengemukakan hasil pendapat. Kelompok lainnya diminta memberikan
pendapat dan mengajukan pertanyaan
o
Guru juga perlu memberikan stimulan pertanyaan berdasarkan
gambar di buku siswa.
o
Contoh pertanyaan:
•
Apa yang dilakukan orang tersebut?
•
Bagaimana keadaan yang digambarkan di foto tersebut?
•
Apa yang menarik dari gambar tersebut?
•
Apa saja yang bisa kamu lihat dari gambar.
•
Apa yang biasa dikerjakan dokter?
•
Apa yang terjadi jika tidak ada dokter?
o
Tiap kelompok yang terdiri atas empat orang akan
saling mengemukakan hasil pendapat.
o
Kelompok lainnya diminta memberikan pendapat dan
mengajukan pertanyaan
o
Siswa membaca teks secara mendalam mengenai
pengabdian seorang dokter. Setelah membaca teks, mereka akan berdiskusi
dengan pasangan mengenai isi teks. Guru akan meminta perwakilan pasangan
untuk memberikan kesimpulan mengenai bacaan. Setelah itu, secara individu
siswa akan menuliskan kehebatan seorang dokter.
o
Saat membuat pertanyaan, minta siswa untuk
memperhatikan beberapa hal berikut:
o
Tanggung jawab
o
Kesulitan yang dihadapi
o
Teknologi dan alat yang digunakan
o
Sumber daya alam yang digunakan
o
Manfaatnya bagi masyarakat yang tinggal di
sekitarnya
o
Sikap yang perlu dicontoh
o
Siswa membaca teks percakapan mengenai satu
cita-cita. Siswa secara berpasangan dapat berlatih membaca teks tersebut.
Ajarkan siswa untuk memahami bacaan secara detail dan cermat. Setelah itu,
mereka akan menuliskan kembali informasi yang mereka dapat dari teks
percakapan tersebut. Sebelum membuat percakapan, siswa diingatkan kembali
mengenai cara membuat teks percakapan. Contoh:
o
Pertanyaan dan jawaban dalam percakapan harus
berkaitan.
o
Perhatikan kalimat baku.
o
Penggunaan kalimat langsung dalam percakapan.
o
Siswa secara berpasangan akan membuat percakapan
mengenai kehebatan cita-cita. Mereka akan membuat minimal 5 pertanyaan dari
percakapan. Untuk anak yang kemampuannya lebih tinggi, dapat membuat lebih
dari 5 kalimat. Begitu pun sebaliknya. Untuk anak yang kemampuannya kurang,
dapat membuat 3 pertanyaan. Dalam hal pemilihan pasangan, guru perlu
memerhatikan kemampuan siswa yang seimbang. (Penilaian 2)
o
Siswa memperagakan pembacaan teks percakapan yang
mereka buat dengan suara yang nyaring dan jelas. Mereka juga perlu
memerhatikan intonasi dan jeda yang tepat. Guru akan memberi contoh cara
menilai rubrik serta cara membaca teks percakapan sesuai kriteria rubrik.
Beberapa anak akan saling menilai kemampuan membaca
o
Guru mengingatkan kembali tentang teknologi yang digunakan
dokter siswa akan menyebutkan contohnya.
o
Pada saat siswa menyebutkan stetoskop guru akan
menghubungkan kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu melakukan percobaan
pembuatan stetoskop sederhana.
o
Guru dapat memberikan stimulan-stimulan
pertanyaan seperti:
•
Apa yang kamu ketahui tentang stetoskop?
•
Bagaimana langkah pembuatan stetoskop
sederhana?
•
Apa saja yang
perlu diperhatikan?
o
Guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok
terdiri dari 4 orang. Mereka dapat membawa alat dan bahan dari rumah atau
sudah dipersiapkan guru
o
Setelah itu, mereka akan membuat stetoskop sederhana, mereka akan
mengisi laporan percobaan dalam buku siswa serta membuat kesimpulan mengenai
hubungan sifat bunyi dengan stetoskop. (Penilaian 3)
o
Siswa akan menceritakan dan menuliskan
manfaat seorang dokter bagi masyarakat.
o
Sebelumnya guru akan mengingatkan siswa
mengenai informasi yang telah mereka dapati mengenai kehebatan seorang
dokter. Siswa perlu diingatkan kembali bahwa cita- cita yang hebat itu
memberikan manfaat bagi orang banyak. Guru dapat memberikan pertanyaan
seperti:
o
Apa yang kamu ketahui mengenai dokter?
o
Apa yang ingin
kamu tanyakan mengenai kehebatan seorang dokter? (Penilaian 4)
Pengayaan
o
Siswa yang telah selesai membuat teks percakapan
akan diminta melanjutkan membuat pertanyaan-pertanyaan lainnya.
Remedial
o
(Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum
tuntas dalam menguasai konsep)
o
Siswa yang belum bisa menyimpulkan dan membuat teks
percakapan secara mandiri akan
o
mendapatkan bimbingan dengan membaca kembali teks
percakapan dengan stimulan
o
pertanyaan guru selama 30 menit setelah jam sekolah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik penilaian pembacaan teks wawancara
Kriteria
Pengukuran
|
Nama teman
yang menilai:
|
Nama teman
yang menilai:
|
Nama teman
yang menilai:
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
Dapat membaca teks
percakapan dengan suara nyaring
|
|
|
|
|
|
|
Dapat
membaca teks percakapan dengan pengucapan yang jelas.
|
|
|
|
|
|
|
Dapat membaca teks percakapan dengan intonasi dan jeda
yang tepat
|
|
|
|
|
|
|
Teks percakapan yang dibaca dapat dimengerti
|
|
|
|
|
|
|
1. Rubrik
diskusi IPS
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
Mendengarkan teman yang berbicara, tetapi sesekali
masih perlu diingatkan.
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah, dan
suara)
|
Merespons
dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan
tepat.
|
Merespons dengan
tepat terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan, dan
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi.
|
Berbicara
dan
menerangkan
secara
rinci, dan
merespons
sesuai
dengan topik.
|
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.
|
2. Daftar periksa Bahasa Indonesia
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Topik
pembicaraan jelas
|
|
|
2
|
Kesesuaian
antara pertanyaan dan jawaban
|
|
|
3
|
Menggunakan kosa kata baku
|
|
|
3. Rubrik
IPA
Kriteria Pengukuran
|
Pertahankan ya
|
Tingkatkan lagi
kemampuanmu!
|
Lebih baik
ya
|
Isi
laporan
percobaan
|
• Isi
laporan
mencakup
nomor 1-5
yang
diminta
dengan
lengkap
dan
benar.
•
Kesimpulan benar.
|
• Isi laporan mencakup nomor
1-5 yang diminta, namun kurang lengkap dan benar.
• Kesimpulan benar.
|
Isi
laporan
mencakup
nomor 1-5
yang
diminta,
benar,
namun
kurang
lengkap.
•
Kesimpulan benar
|
Penulisan
laporan
percobaan
|
Laporan
ditulis
dengan
rapi,
langkah
jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
|
Laporan ditulis
kurang rapi, namun
langkah jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
|
Laporan ditulis
kurang
rapi,
langkah
kurang
jelas,
dan
menggunakan
kosakata baku
|
4. Penilaian sikap
(rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di
halaman 151.
F. Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Gambar alat kedokteran
Mengetahui, Tijue,
4 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Dr. Oen dikenal sebagai dokter yang
memiliki jiwa sosial tinggi |
Berdasarkan teks bacaan pada bukumu, Jawab pertanyaan
di bawah ini.
1.
Siapakah dokter Oen?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
2.
Mengapa ia ingin menjadi dokter?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
3.
Apa saja yang dilakukan dokter Oen bagi masyarakat?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
4.
Bagaimana pemerintah menghargai jasa
dokter Oen?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
5.
Menurutmu, apa yang akan terjadi jika
tidak ada dokter?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
6.
Hal baik apa yang dapat kamu pelajari dari bacaan
tadi?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment