Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 29 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 2/ Pembelajaran     : Hebatnya Cita-citaku/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan social
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3. Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Menemukan dan menuliskan 5 informasi secara tepat dari teks percakapan tentang suatu citacita dalam bentuk peta pikiran
4.3. Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3.1 Membuat dan mempraktikkan teks percakapan tentang cita-cita dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca

b) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalamdinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya,dan ekonomi
3.5.1 Menunjukkan interaksi yang positif melalui diskusi.
4.5 Menceritakan manusia dalamdinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya,dan ekonomi
4.5.1 Menuliskan manfaat suatu citacita bagi masyarakat

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seharihari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
3.5.1 Menemukan hubungan sifat bunyi dengan benda
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
4.4.1 Menarik kesimpulan hasil percobaan sifat bunyi
.
C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Membuat percakapan
  2. Percobaan bunyi
  3. Mengulas informasi bacaan mengenai suatu cita-cita

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa berdiskusi mengenai kehebatan nelayan dan petani.
o   Guru memberikan stimulan-stimulan pertanyaan. Contoh:
o   Apa yang biasa dikerjakan nelayan dan petani?
o   Apa yang terjadi jika tidak ada nelayan dan petani?
o   Tiap kelompok yang terdiri atas empat orang akan saling mengemukakan hasil pendapat. Kelompok lainnya diminta memberikan pendapat dan mengajukan pertanyaan
o   Guru juga perlu memberikan stimulan pertanyaan berdasarkan gambar di buku siswa.
o   Contoh pertanyaan:
         Apa yang dilakukan orang tersebut?
         Bagaimana keadaan yang digambarkan di foto tersebut?
         Apa yang menarik dari gambar tersebut?
         Apa saja yang bisa kamu lihat dari gambar.
         Apa yang biasa dikerjakan dokter?
         Apa yang terjadi jika tidak ada dokter?
o   Tiap kelompok yang terdiri atas empat orang akan saling mengemukakan hasil pendapat.
o   Kelompok lainnya diminta memberikan pendapat dan mengajukan pertanyaan
o   Siswa membaca teks secara mendalam mengenai pengabdian seorang dokter. Setelah membaca teks, mereka akan berdiskusi dengan pasangan mengenai isi teks. Guru akan meminta perwakilan pasangan untuk memberikan kesimpulan mengenai bacaan. Setelah itu, secara individu siswa akan menuliskan kehebatan seorang dokter.
o   Saat membuat pertanyaan, minta siswa untuk memperhatikan beberapa hal berikut:
o   Tanggung jawab
o   Kesulitan yang dihadapi
o   Teknologi dan alat yang digunakan
o   Sumber daya alam yang digunakan
o   Manfaatnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya
o   Sikap yang perlu dicontoh
o   Siswa membaca teks percakapan mengenai satu cita-cita. Siswa secara berpasangan dapat berlatih membaca teks tersebut. Ajarkan siswa untuk memahami bacaan secara detail dan cermat. Setelah itu, mereka akan menuliskan kembali informasi yang mereka dapat dari teks percakapan tersebut. Sebelum membuat percakapan, siswa diingatkan kembali mengenai cara membuat teks percakapan. Contoh:
o   Pertanyaan dan jawaban dalam percakapan harus berkaitan.
o   Perhatikan kalimat baku.
o   Penggunaan kalimat langsung dalam percakapan.
o   Siswa secara berpasangan akan membuat percakapan mengenai kehebatan cita-cita. Mereka akan membuat minimal 5 pertanyaan dari percakapan. Untuk anak yang kemampuannya lebih tinggi, dapat membuat lebih dari 5 kalimat. Begitu pun sebaliknya. Untuk anak yang kemampuannya kurang, dapat membuat 3 pertanyaan. Dalam hal pemilihan pasangan, guru perlu memerhatikan kemampuan siswa yang seimbang. (Penilaian 2)
o   Siswa memperagakan pembacaan teks percakapan yang mereka buat dengan suara yang nyaring dan jelas. Mereka juga perlu memerhatikan intonasi dan jeda yang tepat. Guru akan memberi contoh cara menilai rubrik serta cara membaca teks percakapan sesuai kriteria rubrik. Beberapa anak akan saling menilai kemampuan membaca
o   Guru mengingatkan kembali tentang teknologi yang digunakan dokter siswa akan menyebutkan contohnya.
o   Pada saat siswa menyebutkan stetoskop guru akan menghubungkan kegiatan yang akan dilakukan hari ini yaitu melakukan percobaan pembuatan stetoskop sederhana.
o   Guru dapat memberikan stimulan-stimulan pertanyaan seperti:
         Apa yang kamu ketahui tentang stetoskop?
         Bagaimana langkah pembuatan stetoskop sederhana?
         Apa saja yang perlu diperhatikan?
o   Guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 orang. Mereka dapat membawa alat dan bahan dari rumah atau sudah dipersiapkan guru
o   Setelah itu, mereka akan membuat stetoskop sederhana, mereka akan mengisi laporan percobaan dalam buku siswa serta membuat kesimpulan mengenai hubungan sifat bunyi dengan stetoskop. (Penilaian 3)
o   Siswa akan menceritakan dan menuliskan manfaat seorang dokter bagi masyarakat.
o   Sebelumnya guru akan mengingatkan siswa mengenai informasi yang telah mereka dapati mengenai kehebatan seorang dokter. Siswa perlu diingatkan kembali bahwa cita- cita yang hebat itu memberikan manfaat bagi orang banyak. Guru dapat memberikan pertanyaan seperti:
o   Apa yang kamu ketahui mengenai dokter?
o   Apa yang ingin kamu tanyakan mengenai kehebatan seorang dokter? (Penilaian 4)

Pengayaan
o   Siswa yang telah selesai membuat teks percakapan akan diminta melanjutkan membuat pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Siswa yang belum bisa menyimpulkan dan membuat teks percakapan secara mandiri akan
o   mendapatkan bimbingan dengan membaca kembali teks percakapan dengan stimulan
o   pertanyaan guru selama 30 menit setelah jam sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
Rubrik penilaian pembacaan teks wawancara

Kriteria Pengukuran
Nama teman yang menilai:
Nama teman yang menilai:
Nama teman yang menilai:
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Dapat membaca teks percakapan dengan suara nyaring






Dapat membaca teks percakapan dengan pengucapan yang jelas.






Dapat membaca teks percakapan dengan intonasi dan jeda yang tepat






Teks percakapan yang dibaca dapat dimengerti







1. Rubrik diskusi IPS
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Mendengarkan
Selalu
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara, tetapi sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah, dan
suara)
Merespons dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal dengan
tepat.
Merespons dengan
tepat terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan, dan
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci, dan
merespons sesuai
dengan topik.
Jarang berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.

2. Daftar periksa Bahasa Indonesia
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Topik pembicaraan jelas


2
Kesesuaian antara pertanyaan dan jawaban


3
Menggunakan kosa kata baku



3. Rubrik IPA

Kriteria Pengukuran
Pertahankan ya
Tingkatkan lagi
kemampuanmu!
Lebih baik ya
Isi laporan
percobaan
• Isi laporan
mencakup
nomor 1-5 yang
diminta dengan
lengkap dan
benar.
• Kesimpulan benar.
• Isi laporan mencakup nomor 1-5 yang diminta, namun kurang lengkap dan benar.
• Kesimpulan benar.
Isi laporan
mencakup
nomor 1-5 yang
diminta, benar,
namun kurang
lengkap.
• Kesimpulan benar
Penulisan
laporan
percobaan
Laporan ditulis
dengan rapi,
langkah jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
Laporan ditulis
kurang rapi, namun
langkah jelas, dan
menggunakan
kosakata baku
Laporan ditulis
kurang rapi,
langkah kurang
jelas, dan
menggunakan
kosakata baku

4. Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
  1. Buku Guru
  2. Buku Siswa
  3. Gambar alat kedokteran




Mengetahui,                                                                        Tijue, 4 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)


Dr. Oen dikenal sebagai dokter yang
memiliki jiwa sosial tinggi

  
Berdasarkan teks bacaan pada bukumu, Jawab pertanyaan di bawah ini.

1.     Siapakah dokter Oen?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

2.     Mengapa ia ingin menjadi dokter?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

3.        Apa saja yang dilakukan dokter Oen bagi masyarakat?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………


4.     Bagaimana pemerintah menghargai jasa dokter Oen?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

5.     Menurutmu, apa yang akan terjadi jika tidak ada dokter?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

6.        Hal baik apa yang dapat kamu pelajari dari bacaan tadi?
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………


MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1

TEMA 7 KELAS 4 SUB 2 PB 1
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors