Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 6

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 28 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ II
Tema 7                                       : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Masyarakat Sehat Negara Kuat / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Menyimpulkan isi teks pidato persuasif tentang pengamalan nilai–nilai persatuan dan kesatuan.
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Membawakan teks pidato persuasif tentang pentingnya pengamalan nilai budaya tegur sapa sebagai wujud pengamalan nilai persatuan dan kesatuan.

b) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.5 Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsurunsur budaya daerah dalam bahasa daerah
3.5.1 Menemukan makna lagu Rambadia.
4.6 Menyanyikan lagu daerahdua suara dengan iringan.
4.6.1 Mempraktikan perbedaan suara saat menyanyikan lagu daerah.

c) Evaluasi

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Menyanyikan lagu Rambadia dan memahami maknanya
  2. Berpidato di depan teman Sekelas

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Guru menempelkan media berisi syair dan notasi lagu ‘Rambadia’ atau menulisnya di papan tulis.
o   Setelah kemarin mencoba menyanyikan lagu tersebut, guru mengajak siswa berlatih menyanyikannya lagi. Sebelumnya siswa berdiskusi tentang makna lagu Rambadia.
o   Sebagai kegiatan alternatif, guru dapat menyampaikan sejarah atau filosofi lagu Rambadia. Keterangan mengenai lagu ‘Rambadia’ bisa didapatkan dari buku bacaan atau internet.
o   Siswa menyanyikan lagu ‘Rambadia’ dengan suara satu. Guru memperhatikan mereka dan memberikan bimbingan. Kegiatan dilakukan beberapa kali.
o   Guru meminta seluruh siswa menyanyi dengan menggunakan suara dua.
o   Guru memperhatikan siswa dan memberikan bimbingan.
o   Guru menerangkan kepada siswa bahwa untuk menghasilkan harmonisasi yang baik, dalam menyanyi bersama dapat dilakukan pembagian dua suara. Siswa kemudian dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah anggota sama banyak. Kelompok pertama menyanyi dengan suara satu dan kelompok ke dua menyanyi dengan suara dua.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila mengalami kesulitan.
o   Guru kemudian meminta seluruh siswa menyanyi dengan pembagian suara dan guru mendengarkan. Saat ini guru bisa mengamati bagaimana sikap siswa bernyanyi, bagaimana mereka melakukan pernafasan, apakah artikulasi jelas dan apakah nadanya membutuhkan perbaikan. Guru memberikan bimbingan kepada mereka yang membutuhkan. Kegiatan dilakukan dua kali agar siswa dapat menyanyikan lagu dengan kompak dan harmonis.
o   Guru melanjutkan penilaian siswa yang telah dimulai kemarin dengan menggunakan rubrik.
o   Guru meminta setiap siswa menyiapkan diri untuk berpidato di depan kelas. Setiap siswa diberi kesempatan untuk berpidato selama 2 menit.
o   Siswa diingatkan untuk percaya diri saat berpidato dan menjadi pendengar yang baik sebagai wujud penerapan nilai menghormati orang lain.
o   Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan rubrik. Siswa diberitahu hal-hal apa saja yang akan dinilai. Guru dapat membacakan rubriknya dan membahasnya dengan cepat.

EVALUASI
o   Guru meminta siswa mengerjakan evaluasi di buku masing-masing atau di kertas HVS.
o   Siswa diingatkan tentang nilai kejujuran dan percaya diri saat mengerjakan tugas.
o   Setelah seluruh siswa selesai mengerjakan soal, dan mengisi refleksi, guru meminta mereka untuk mengumpulkan bukunya. Guru kemudian memeriksa hasil evaluasi siswa.
o   Guru mengembalikan buku di hari berikutnya dan memberi masukan terhadap jawaban siswa. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan atau permasalahan saat mengerjakan soal.
o   Siswa diminta untuk memperlihatkan hasilnya kepada orangtua untuk didiskusikan di rumah.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.

Pengayaan
o   Kegiatan musik dapat dilakukan oleh guru musik apabila tersedia. Siswa bisa diperdengarkan lagu Rambadia lewat video atau CD agar siswa mampu menyanyikannya.

Remedial
o   Bagi siswa yang kesulitan menyanyi dengan dua suara dapat dilatih beberapa kali dengan guru. Bimbinglah siswa untuk bisa berkonsentrasi saat bernyanyi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



Penilaian
1. Bahasa Indonesia
Pidato persuasif dinilai dengan menggunakan rubrik.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Struktur
Pidato
Teks pidato
memuat
pembukaan, inti
dan penutup serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
memuat
pembukaan
atau penutup
dan inti serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
hanya memuat
inti dan
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
hanya memiliki
pembuka atau
penutup saja.
Kalimat
Ajakan
Topik yang
disampaikan
menginspirasi
pendengar.
Topik yang
disampaikan
menarik
namun tidak
menginspirasi
Topik yang
disampaikan
tidak menarik
Topik kurang
jelas dan tidak
dimengerti.
Fakta
pendukung
Pidato memuat
fakta pendukung
(manfaat
kegiatan,
tujuan, nilai
kepemimpinan,
semangat
bekerjasama).
Pidato memuat
sebagian
besar fakta
pendukung.
Pidato memuat
sebagian
kecil fakta
pendukung.
Pidato tidak
memuat fakta
pendukung.
Sikap
Saat berpidato
menatap ke
arah pendengar,
tenang, suara
terdengar sampai
belakang, ekspresi wajah sesuai dengan topik.
Saat berpidato
menunjukkan
sebagian besar
sikap yang
diharapkan.
Saat berpidato
menunjukkan
sebagian kecil
sikap yang
diharapkan
Saat berpidato
tidak
menunjukkan
salah satu
sikap yang
diharapkan.

2. SBdP
Kegiatan menyanyi dinilai dengan menggunakan rubrik.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Sikap badan
Saat bernyanyi
memperlihat
kan sikap badan
berikut: bahu
tegak namun
rileks, kaki tidak
ditekuk dan wajah
tegak. Percaya diri sudah terlihat
Saat bernyanyi
memperlihat
kan sikap badan
berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan wajah tegak.
Satu sikap
badan saat
bernyanyi tidak
diperlihatkan
Dua sikap
badan saat
bernyanyi belum
diperlihatkan
Pernafasan
Saat mengambil
nafas tidak
berbunyi, posisi
dada tetap
terjaga saat
mengeluarkan
udara, saat
mengambil nafas,
tulang rusuk
bagian bawah
mengembang.
Menunjukkan
3 kegiatan dari
keseluruhan
kegiatan.
Menunjukkan
2 kegiatan dari
keseluruhan
kegiatan
Menunjukkan
1 kegiatan dari
keseluruhan
kegiatan
Atikulasi
Pengucapan
jelas, tidak
ada kerancuan
dari kata yang
diucapkan.
Pengucapan
jelas namun ada
sedikit kata yang
diucapkan tidak
jelas.
Pengucapan
jelas namun
banyak kata yang diucapkan salah
Pengucapan tidak
jelas, banyak kata
yang diucapkan
salah.
Nada
Ketepatan nada,
lamanya nada
dibunyikan,
serta keras
lembutnya nada
sesuai dengan
kebutuhan.
2 dari unsur nada
sudah terlihat saat
bernyanyi
1 dari unsur nada sudah terlihat saat bernyanyi.
Belum
menunjukkan
unsur nada saat
bernyanyi.
Penjiwaan
Ekspresi sesuai
dengan makna
lagu.
Sebagian besar
ekspresi sesuai
dengan makna
lagu.
Sebagian kecil
ekspresi sesuai
dengan makna
lagu.
Ekspresi tidak
sesuai dengan
makna lagu.

3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Alat musik yang dikuasai oleh guru (recorder, gitar )



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,



CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001





EVALUASI

1.    Tulislah 1 pemimpin yang kamu kenal. Sebutkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya (paling sedikit 3), contoh kegiatannya, serta manfaatnya bagi orang-orang di sekitarnya.

2.    Isilah diagram Frayer di bawah ini untuk menunjukkan pemahamanmu tentang kepemimpinan.

 

3.    Sebutkan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Sebutkan paling sedikit 5 kegiatan.

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________

4.    Apa ciri-ciri teks pidato persuasif?

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
5.    Sebutkan paling sedikit 5 manfaat larutan dalam kehidupan sehari-hari!

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________

6.    Bagaimana caranya agar gelembung sabun bisa bertahan lebih lama? Mengapa?

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________

7.    Udin dan Dayu meletakkan 30 kartu merah dan 20 kartu kuning. Mereka mengambilnya secara acak. Setelah itu mereka mencatatnya dan meletakkan kembali kartunya. Mereka melakukannnya sebanyak 100 kali. Apabila Udin dan Dayu mengambil kartu merah sebanyak 58 kali, berapa peluang empirik untuk kartu merah? Udin berkata,’ sepertinya kita melakukan kesalahan.’ Apakah kamu setuju? Mengapa? Buktikan jawabanmu!

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________

8.    Jelaskan makna lagu Rambadia.

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________

9.    Bagaimana sikap bernyanyi yang baik? (sikap badan, pernafasan, artikulasi, penjiwaan)

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________

10. Sebutkan satu lagu daerah yang kamu ketahui dan jelaskan maknanya.

___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________
___________________________________________________________

 

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 4
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors