Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 28 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                           : VI/ II
Tema 7                                       : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Masyarakat Sehat Negara Kuat / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks pidato persuasif tentang pengamalan nilai–nilai budaya
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Merancang teks pidato persuasif tentang pentingnya pengamalan nilai budaya sebagai wujud cinta tanah air.

b) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat.
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.4.1 Menjelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya yang terdapat dalam kegiatan sehari-hari.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
4.1.1 Menghubungkan konsep nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

c) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.4 Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar
3.5 Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsurunsur budya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.1 Menemukan makna budaya tegur sapa dalam bahasa daerah.
4.6 Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan.
4.6.1 Mempraktikkan perbedaan suara saat menyanyikan lagu daerah.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Menemukan contoh pentingnya pengamalan nilai persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya tegur sapa
  2. Menyanyikan lagu Rambadia
  3. Membuat teks pidato persuasive tentang pentingnya budaya tegur sapa

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Di awal pembelajaran guru dapat memperlihatkan gambar semut seperti di samping. Gambar bisa dicari dari sumber lain, namun gambar harus menunjukkan dua semut yang sedang ‘menyapa’. Gambar ditempel di papan tulis agar terlihat oleh semua siswa.
o   Guru mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh semua siswa.
o   Siswa diberi kesempatan untuk menjawab. Guru menuliskan jawaban siswa di papan tulis. Berikut adalah alternatif jawaban yang dapat disampaikan kepada siswa.
o   Mengapa semut selalu berhenti saat bertemu semut lain?
o   Saat bertemu, semut sedang bertegur sapa sebagai bentuk komunikasi mereka. Saat kepala bertemu, antena setiap semut memberi tanda apakah di sekitar mereka ada makanan atau musuh.
o   Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai pentingnya tegur sapa. Intinya, pada saat kita bertemu dengan siapapun, kita perlu berkomunikasi, yaitu dimulai dengan bertegur sapa. Bertegur sapa sangat bermanfaat agar hubungan dengan sesama tetap baik.
o   Siswa kemudian diinformasikan bahwa hari itu mereka akan belajar tentang pentingnya budaya tegur sapa.
o   Siswa membuka buku dan membaca teks tentang ‘Pentingnya Budaya Tegur Sapa’. Siswa membaca dalam hati. Guru mengingatkan bahwa setiap orang harus membaca dengan seksama karena isi teks akan dibahas.
o   Berdasarkan pemahaman tentang bacaan, siswa kemudian membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang budaya tersebut dan mendiskusikan jawabannya dengan teman satu kelompok.
o   Guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya. Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk memberi masukan, komentar atau pertanyaan. Guru meminta seluruh siswa untuk ikut aktif mengikuti kegiatan. Guru kemudian ikut member komentar serta penguatan. Berikut adalah informas yang bisa menguatkan pengetahuan guru mengenai budaya tegur sapa.
o   Budaya tegur sapa merupakan salah satu pengamalan dari nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Budaya tersebut merekatkan kekeluargaan dan memunculkan persatuan. Berikut adalah beberapa contoh lain dari pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
  • Menjaga kekeluargaan
  • Memunculkan nilai-nilai gotong royong dan musyawarah
  • Melindungi hak asasi manusia
  • Meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika
  • Menghindari perpecahan yang disebabkan oleh isu SARA
o   Siswa membuat kesimpulan tentang budaya tegur sapa yang dimiliki tokoh dengan kata-katanya sendiri. Dalam tulisannya juga, siswa menuliskan penerapan budaya tegur sapa yang telah dilakukan oleh siswa. Tulisan siswa harus memuat setidaknya 5 contoh kegiatan yang menunjukkan budaya tersebut, gambaran situasi serta manfaat yang dirasakan.
o   Tulisan akan dinilai dengan menggunakan rubrik
o   Di akhir kegiatan, guru menguatkan pemahaman siswa tentang budaya tegur sapa. Budaya tersebut merupakan pengamalan dari nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Selalu menegur sapa orang lain, maka komunikasi dan hubungan akan terus terjaga. Kegiatan ini harus dilakukan kepada siapa pun, tanpa melihat perbedaan latar belakang budaya, social atau agama.
o   Pada kegiatan berikutnya, siswa diminta untuk membuat teks pidato persuasif tentang pentingnya budaya tegur sapa. Teks harus memuat:
·           kalimat ajakan, bujukan.
·           pentingnya budaya tegur sapa bagi warga.
·           contoh-contoh yang mendukung manfaat budaya tersebut.
o   Siswa diberi kesempatan untuk menuliskan rencana isi pidato dengan menuliskan hal-hal penting yang akan disampaikan. Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa hari itu mereka harus menyelesaikan teksnya karena mereka akan berpidato besok di depan teman kelasnya.
o   Mereka akan terlebih dahulu mempraktikkan pidatonya di hadapan satu teman yang dipilihnya. Guru meminta setiap orang memberikan masukan dan komentar terhadap teks pidato yang dibuat temannya.

Teks pidato akan dinilai dengan menggunakan rubric
o   Guru melanjutkan kegiatan dengan menuliskan kata RAMBADIA di papan tulis dan menanyakan kepada siswa apakah mereka tahu tentang makna tulisan tersebut. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi atau menebak makna lagu tersebut.
o   Guru menyampaikan fakta tentang lagu ‘Rambadia’.
o   Lagu ‘Rambadia’ berasal dari Sumatera Utara. Lagu ini memiliki arti tegur sapa masyarakat Tapanuli kepada pendatang. Lagu Rambadia biasanya dinyanyikan saat penerimaan tamu.
o   Guru kemudian menyajikan media berisi notasi lagu ‘Rambadia’ di papan tulis beserta syairnya.
o   Guru mencontohkan menyanyikan lagu ‘Rambadia’ dengan suara satu.
o   Siswa mendengarkan dan memperhatikan guru.
o   Siswa kemudian menyanyikan lagu dengan suara satu dengan bimbingan guru. Guru melakukan kegiatan ini beberapa kali sampai siswa mampu menyanyikannya.
o   Guru kemudian memainkan alat musik (yang dibawanya) dan membimbing siswa bernyanyi dengan iringan alat musik tersebut.
o   Guru memperkenalkan suara dua dengan iringan musik. Guru membimbing siswa bernyanyi dengan suara dua. Kegiatan dilakukan beberapa kali.
o   Guru menilai siswa dengan rubrik.
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Kegiatan musik dapat dilakukan oleh guru musik apabila tersedia. Siswa juga dapat diperkenalkan dengan lagu daerahnya yang bermakna sama (menyapa atau menyambut tamu), dan diajak untuk menyanyikan lagu tersebut dalam beberapa variasi teknik pembagian suara.

Remedial
o   Siswa yang mengalami kesulitan menyanyi dengan pembagian dua suara dapat dilatih beberapa kali dengan guru. Guru perlu membimbing siswa untuk berkonsentrasi saat bernyanyi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian
1. PPKn
Tulisan siswa tentang Budaya Tegur Sapa dinilai dengan rubrik.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Kurang
4
3
2
1
Contoh dalam
kehidupan
sehari-hari.
Menyebutkan
paling sedikit 5
contoh budaya
tegur sapa
dengan tepat.
Menyebutkan
paling sedikit 5
contoh budaya
tegur sapa
namun tidak
semuanya tepat.
Menyebutkan
kurang dari 5
contoh budaya
tegur sapa dan
tepat
Menyebutkan
kurang dari 5
contoh budaya
tegur sapa
namun kurang
tepat.
Situasi
terjadinya tegur
sapa.
Situasi terjadinya
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya
dengan tepat.
Situasi terjadinya
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya.
Situasi
terjadinya
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya
namun
sebagian kecil
kurang tepat.
Situasi
terjadinya
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya
namun
sebagian besar
kurang tepat
Contoh
kegiatan tegur
sapa.
Contoh kegiatan
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya
dengan tepat
Contoh kegiatan
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya
Contoh
kegiatan
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya
namun
sebagian kecil
kurang tepat
Contoh
kegiatan
tegur sapa
disampaikan
seluruhnya
namun
sebagian besar
kurang tepat.
Pendapat
terhadap
budaya tegur
sapa.
Pendapat
disampaikan
dengan alasan
yang sangat
tepat.
Pendapat
disampaikan
dengan alasan
cukup tepat.
Pendapat
disampaikan
dengan alasan
yang kurang
tepat
Tidak
menyampai
kan alasan.

Catatan: Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

2. Bahasa Indonesia
Teks pidato persuasif dinilai dengan menggunakan rubrik.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
Struktur Pidato
Teks pidato
memuat
pembukaan, inti
dan penutup serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
memuat
pembukaan
atau penutup
dan inti serta
dikomunikasikan
secara runtut.
Teks pidato
hanya memuat
inti dan
dikomunikasikan secara runtut
Teks pidato hanya memiliki pembuka
atau penutup
saja.
Kalimat Ajakan
Sebagian besar
isi pidato berisi
ajakan atau
bujukan sesuai
topik.
Sebagian kecil
isi pidato berisi
ajakan atau
bujukan dan
sesuai topik
Isi pidato berisi
ajakan atau
bujukan namun
tidak sesuai
topik.
Isi pidato tidak
memperlihatkan
ajakan atau
bujukan.
Topik yang
disampaikan
Topik yang
disampaikan
menginspirasi
pendengar
Topik yang
disampaikan
menarik
namun tidak
menginspirasi
Topik yang
disampaikan
tidak menarik
Topik kurang
jelas dan tidak
dimengerti

Fakta
pendukung
Pidato memuat
fakta pendukung
(manfaat kegiatan, tujuan, nilai kepemimpinan,
semangat
bekerjasama).
Pidato memuat
fakta pendukung
(manfaat kegiatan,
tujuan, nilai
kepemimpinan,
semangat
bekerjasama).
Pidato memuat
sebagian kecil
fakta pendukung.
Pidato tidak
memuat fakta
pendukung.

3. SBdP
Kegiatan menyanyi dinilai dengan menggunakan rubrik.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Kurang
4
3
2
1
Sikap badan
Saat bernyanyi
memperlihat
kan sikap badan
berikut: bahu
tegak namun
rileks, kaki tidak
ditekuk dan wajah
tegak. Percaya diri
sudah terlihat.
Saat bernyanyi
memperlihat
kan sikap badan
berikut: bahu
tegak namun
rileks, kaki tidak
ditekuk dan
wajah tegak
Satu sikap
badan saat
bernyanyi tidak
diperlihatkan.
Dua sikap
badan saat
bernyanyi belum
diperlihatkan.
Pernafasan
Saat mengambil
nafas tidak
berbunyi, posisi
dada tetap
terjaga saat
mengeluarkan
udara, saat
mengambil nafas,
tulang rusuk
bagian bawah
mengembang.
Menunjukkan
3 kegiatan dari
keseluruhan
kegiatan
Menunjukkan
2 kegiatan dari
keseluruhan
kegiatan.
Menunjukkan
1 kegiatan dari
keseluruhan
kegiatan.
Atikulasi
Pengucapan
jelas, tidak
ada kerancuan
dari kata yang
diucapkan.
Pengucapan
jelas namun
ada sedikit kata
yang diucapkan
tidak jelas.
Pengucapan
jelas namun
banyak kata
yang diucapkan
salah.
Pengucapan
tidak jelas,
banyak kata
yang diucapkan
salah.
Nada
Ketepatan nada,
lamanya nada
dibunyikan,
serta keras
lembutnya nada
sesuai dengan
kebutuhan.
2 dari unsur
nada sudah
terlihat saat
bernyanyi.
1 dari unsur
nada sudah
terlihat saat
bernyanyi.
Belum
menunjukkan
unsur nada saat
bernyanyi
Penjiwaan
Ekspresi sesuai
dengan makna
lagu.
Sebagian besar
ekspresi sesuai
dengan makna
lagu.
Sebagian kecil
ekspresi sesuai
dengan makna
lagu.
Ekspresi tidak
sesuai dengan
makna lagu

4. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Gambar semut sedang berkomunikasi
3. Alat musik (recorder, gitar) yang dikuasai oleh guru


Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang budaya tegur sapa? Tulislah
pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang budaya tersebut dan diskusikan
jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________

Tuliskan tentang budaya tegur sapa yang sudah kamu lakukan di lingkunganmu!
Paling sedikit 5 contoh kegiatan yang menunjukkan budaya tersebut. Lengkapi
dengan menuliskan situasi kejadiannya. Di akhir tulisan, sampaikanlah manfaat
dari kegiatan yang kamu lakukan tersebut.

______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________



MEDIA

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 5


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors