RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 7 : Kepemimpinan di sekitarku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Masyarakat Sehat Negara Kuat
/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan.
2.5 Toleransi dan
mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1 Memahami konsep
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif
dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola besar.
3.1.1 Membandingkan
strategi memasukkan bola ke dalam target dan teknik yang tepat saat melompat.
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif
dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola besar.
4.1.1 Mendemonstrasikan
strategi memasukkan bola kedalam target setelah melompat
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan Kreatif.
3.11 Menemukan
peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan
beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.11.1 Mendesain
soal cerita peluang empirik dengan menggunakan fakta yang ada.
4.10 Menggunakan
data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
4.10.1 Mengomunikasikan
hasil pengamatan dari data untuk menaksir peluang kejadian
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.4 Membedakan
campuran dan larutan melalui pengamatan
3.1.1 Menemukan
pengaruh zat terlarut terhadap sifat larutan
4.1 Merancang dan
melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan
yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Memberikan
alasan pengaruh zat terlarut terhadap sifat larutan melalui percobaan.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Melakukan permainan
memasukkan bola
2.
Melakukan percobaan
untuk menemukan peluang empiric dan membuat soal sendiri
3.
Membuat larutan gelembung
sabun dan mengukur diameternya serta membandingkan hasil pengukuran
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kepemimpinan di
sekitarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Seperti di hari
kedua, pembelajaran PJOK dapat dilakukan oleh guru kelas atau pun guru PJOK.
o
Kegiatan
dilakukan di lapangan dan guru perlu menyiapkan peralatan, membaca alur
kegiatan dan teknik keterampilannya dengan seksama.
Kegiatannya
adalah sebagai berikut.
Kelas dibagi
menjadi 4 kelompok.
o
Satu kelompok terdiri dari 8 pemain.
o
Pemain berbaris dalam kelompok.
o
Guru menyiapkan keranjang atau ember untuk diisi
empat bola. keranjang atau ember diletakkan di tengah lapangan.
o
Bergiliran, setiap pemain melompat menuju ke arah
keranjang atau ember (seperti posisi di gambar) dan mengambil bola.
o
Saat pemain mendekati ring basket (pemain berdiri
sesuai dengan tanda yang dibuat guru), bola kemudian dilempar ke arah ring
basket.
o
Bola yang jatuh kemudian diambil pemain , dan dari
arah ring basket (pemain kembali berdiri di tanda yang telah dibuat guru),
pemain melempar bola ke dalam keranjang atau ember.
o
Setelah mendapat giliran, setiap pemain harus
kembali ke barisannya dengan menempati barisan belakang.
o
Setiap pemain harus melompat saat menuju ke ring
basket dan saat kembali ke barisan.
o
Saat melompat, pemain harus melompat dengan
mengayunkan tangan dari belakang ke depan.
Teknik Melompat
dengan Mengayun Tangan
o
Posisi siap
dengan posisi kedua kaki sejajar dan ditekukkan membentuk sudut 120 derajat.
o
Posisi kedua
tangan lurus ke depan.
o
Lompat, ayun
kedua tangan ke belakang.
o
Mendarat dengan
posisi kedua kaki sejajar seperti langkah pertama.
o
Lakukan hal sama
seperti langkah nomor 2. Begitu seterusnya sampai menuju garis.
o
Guru membagi
kelas menjadi 2 atau 3 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 8 orang pemain.
Apabila jumlah siswa banyak, guru dapat membagi kelas menjadi 4 atau 5
kelompok.
o
Guru menyiapkan
bola basket sesuai dengan kebutuhan. Guru memastikan setiap kelompok memiliki
1 bola basket.
o
Sebelum kegiatan
dimulai, ember dan penanda posisi berdiri siswa perlu disiapkan. Guru harus
memahami aturan main, daftar kebutuhan serta pengaturan lapangan.
o
Sebelum bermain,
siswa diminta untuk membaca aturan main serta teknik melempar dan melompat. Guru mengajak siswa
untuk berdiskusi, member kesempatan untuk bertanya dan saling memberi
komentar. Guru pun bias menggambar lapangan di papan tulis untuk menjelaskan
posisi pemain dan arah kegiatan.
o
Guru kemudian
mengajak siswa untuk melakukan kegiatan di luar. Kegiatan dilakukan
berpasangan. Siswa diminta untuk bergantian mempraktikkan teknik melompat
terlebih dahulu. Siswa melakukan kegiatan dan saling memberi komentar serta
saran.
o
Setelah kegiatan
melompat selesai, siswa melakukan hal yang sama untuk kegiatan teknik
melempar bola.
o
Siswa kemudian melakukan permainan setelah guru
memberi aba-aba.
o
Guru mengingatkan bahwa setiap pemain harus sportif
dan jujur. Pemain harus melempar bola tepat di posisi yang sudah diberi
tanda. Teman satu kelompok harus memberi semangat kepada teman yang sedang
bermain
o
Setelah bermain,
guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi. Kegiatan boleh dilakukan di
dalam atau pun di luar kelas.
o
Guru melanjutkan kegiatan dengan meminta siswa
membaca soal yang tertera di buku siswa. Siswa bisa menggambar fakta yang ada
untuk mempermudah pemahaman. Gambar yang dihasilkan bisa diperlihatkan kepada
teman sebelah untuk dibandingkan.
o
Secara individu, siswa melakukan percobaan untuk
menemukan peluang empirik masing-masing warna bola tersebut. Siswa harus
menyampaikan hasilnya dengan diagram. Setelah selesai, siswa diminta untuk
membuat soal cerita dari fakta yang ada dan menuliskan jawabannya di kertas
yang berbeda. Siswa harus menyertakan penjelasan/alasan dan jawaban yang dibuatnya.
Apabila siswa kesulitan dalam membuat soal sendiri, guru dapat membantu
dengan cara memberikan pertanyaan, seperti:
o
Saat membuat soal cerita, siswa bisa melakukan
simulasi di hadapan guru
o
Secara bergantian, siswa menukarkan soal cerita
tersebut kepada teman sebelahnya dan berusaha untuk menjawabnya. Jawaban
siswa harus disertai alasan. Siswa bisa saling mengomentari soal dan jawaban
yang dihasilkan.
o
Siswa kemudian melanjutkan kegiatan selanjutnya.
Guru meminta setiap siswa untuk duduk berkelompok dan mengambil 6 tutup botol
yang telah disiapkan sebelumnya oleh guru.
o
Siswa melakukan kegiatan dengan mengikuti instruksi
buku. Guru memastikan setiap siswa bekerja. Siswa harus menuliskan
nilai-nilai kepemimpinan di atas tutup botol dengan menggunakan spidol.
Sebagai alternatif, guru dapat meminta siswa menuliskan nilai-nilai
kepemimpinan di atas potongan kertas lalu ditempel di atas tutup botol
o
Secara serentak, siswa diminta untuk melakukan
kegiatan. Guru member bimbingan pada kelompok yang membutuhkan. Guru harus
memastikan seluruh siswa melakukan kegiatan dengan bersungguh-sungguh.
o
Guru mengingatkan siswa untuk menjadi pembelajar
yang bertanggung jawab dengan cara mengikuti kegiatan dengan tertib dan
selalu berpartisipasi aktif.
o
Setelah selesai, guru kemudian memimpin diskusi
dengan meminta salah seorang siswa untuk menyampaikan hasil kerja
kelompoknya.
o
Guru memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk
memberikan komentar atau pertanyaan terhadap hasil kerja kelompok lain. Guru mengusahakan
agar proses diskusi berjalan dengan aktif namun tertib.
o
Siswa perlu diingatkan untuk menghormati orang lain
yang sedang berbicara.
o
Selanjutnya guru akan membimbing siswa melakukan
percobaan. Sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa seluruh
kebutuhan sudah tersedia.
o
Prosedur serta daftar kebutuhan perlu dibaca
sebelumnya oleh guru agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
o
Alat dan bahan dapat disiapkan oleh sekolah atau
dapat pula dibawa oleh siswa.
o
Sebelum memulai kegiatan, guru menyiapkan
perlengkapan percobaan di masing-masing meja siswa.
o
Siswa kemudian ditugaskan untuk membaca prosedur
serta alat dan bahan untuk percobaan. Untuk memastikan pemahaman siswa, guru dapat
mengajukan beberapa pertanyaan tentang apa yang telah dibaca oleh siswa.
Misalkan, pertanyaan tentang alat dan bahan serta prosedur kegiatan.
o
Sebelum percobaan dimulai, guru memastikan seluruh
meja untuk percobaan dilapisi kertas koran. Kertas koran kemudian dibasahi
air.
o
Gelembung sabun yang diletakkan di atas koran yang
telah dibasahi akan lebih lama meletus, sehingga siswa lebih mudah mengukur
diameternya.
o
Siswa memulai percobaan dengan membuat larutan
sabun. Siswa dapat diingatkan mengenai larutan sabun yang dapat menghasilkan
gelembung sabun supaya bisa bertahan lama.
o
Percobaan membuat larutan sabun dapat dilakukan di
dalam kelompok, namun kegiatan membuat gelembung sabun harus dilakukan
sendiri oleh siswa.
o
Setiap siswa harus menyiapkan alat ukur untuk
mengukur diameter. Guru membiarkan siswa mencoba berbagai cara untuk mengukur
diameter gelembung sabunnya.
o
Guru berkeliling untuk memastikan seluruh kegiatan
berjalan lancar. Siswa yang kurang berpartisipasi aktif diberikan motivasi.
o
Setiap selesai mengukur, siswa diingatkan untuk
mencatat hasilnya.
o
Mereka diingatkan bahwa mereka hanya memiliki
kesempatan untuk menghasilkan 5 kali percobaan saja. Guru dapat meminta
setiap siswa memiliki strategi untuk menghasilkan gelembung sabun dengan
ukuran diameter yang panjang.
o
Setelah siswa selesai percobaan, guru meminta mereka
mengomunikasikan hasil percobaan (ukuran diameter setiap gelembung sabun,
strategi menghasilkan gelembung sabun dengan diameter terpanjang serta kendala
yang ditemui dalam percobaan).
o
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.
Pengayaan
o
Saat percobaan gelembung sabun, siswa dapat diajak
menemukan cara mengukur diameter gelembung sabun. Apakah diameter gelembung
dapat diukur dengan memasukkan penggaris ke dalam gelembung?
Remedial
o
Siswa yang belum memahami konsep peluang empirik
dapat mengulang kegiatan bersama guru.
o
Kegiatan dapat dilakukan ketika kegiatan belajar di
sekolah telah selesai. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit – 60 menit.
o
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa
sekaligus.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1.
Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai soal cerita siswa
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Konten
|
Konten
dimasukkan ke
dalam soal
cerita
dengan tepat.
Soal
menunjukkan
keseluruhan
pemahaman
siswa
terhadap
konten.
|
Konten
dimasukkan
kedalam
soal
cerita
dengan
tepat.
Soal
menunjukkan
sebagian
besar
pemahaman
siswa
terhadap
konten.
|
Konten
dimasukkan
kedalam
soal
cerita.Soal
menunjukkan
sebagian
kecil
pemahaman
siswa
terhadap
konten.
|
Soal
cerita tidak
memuat
konten
yang
sedang
dipelajari.
|
Pengorganisasian
soal
|
Soal cerita
ditulis
dengan memuat
mana yang
diketahui,
mana
yang
ditanyakan.
Soal ditulis dengan
jelas
|
Soal
cerita
memuat
fakta
yang
diketahui
dan yang
ditanyakan
namun
kurang
jelas.
|
Soal
cerita
memuat
fakta
yang
diketahui
dan yang
ditanyakan
namun tidak jelas
|
Soal
cerita
membingungkan,
terdapat
salah
satu
fakta saja.
|
Jawaban soal
|
Terdapat beberapa
alternatif
jawaban yang benar.
|
Terdapat
satu
jawaban
|
Jawaban
tidak
tepat
|
Tidak
memiliki
jawaban.
|
Alasan
|
Alasan
yang
diberikan
seluruhnya
benar
dan
sesuai dengan
permasalahan
yang
diberikan
|
Alasan
yang
diberikan
sebagian
besar
benar,
dan
sesuai dengan
permasalahan
yang
diberikan.
|
Sebagian
kecil
alasan
yang
diberikan
benar,
dan
sesuai
dengan
permasalahan
yang
diberikan.
|
Tidak
memberikan
alasan
sama
sekali.
|
Catatan: Centang (V) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
2. IPA
Percobaan
IPA dinilai dengan menggunakan rubrik.
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Penerapan
Konsep
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan menunjukkan
bukti
pendukung
dan menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti pendukung namun perlubantuan saat
menyampaikan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
sedang
dipelajari.
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
yang terbatas
dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep tidak jelas.
|
Perlu
bimbingan
saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman
inti
dari
konsep yang
dipelajari.
|
Komunikasi
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
jelas,
obyektif, dan didukung data
penunjang.
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
jelas dan
didukung
sebagian data penunjang.
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
jelas
namun
hanya
didukung
sebagian kecil data penunjang.
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
kurang
jelas dan
tanpa
data
penunjang
|
Prosedur
dan strategi
|
Seluruh data
dicatat,
langkah
kegiatan dilakukan
secara
sistematis
dan strategi
yang
digunakan
membuat percobaan berhasil.
|
Seluruh
data
dicatat,
langkah
kegiatan
dilakukan
secara
sistematis
namun
masih
membutuhkan
bimbingan
dalam
menemukan
strategi agar percobaan
berhasil.
|
Sebagian besar
data
dicatat,
langkah kegiatan
dan
strategi
dilakukan
secara sistematis setelah
mendapat
bantuan
guru
|
Sebagian
kecil
data
dicatat,
langkah
kegiatan
tidak
sistematis
dan
strategi
yang
dipilih tidak
tepat.
|
Catatan: Centang (v) pada bagian yang memenuhi
kriteria.
3. PJOK
Keterampilan siswa saat melempar bola dinilai dengan ceklis.
Kriteria
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Posisi
kaki awal
|
|
|
|
|
|
Posisi
tangan saat memegang bola
|
|
|
|
|
|
Posisi
gerak tubuh saat melempar bola
|
|
|
|
|
|
Posisi
tangan saat akan melempar bola
|
|
|
|
|
|
Gerakan
kaki setelah melempar
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1.
Tidak pernah menunjukkan kriteria yang diharapkan
2.
Menunjukkan sikap sesuai kriteria sebesar 50%
3.
Menunjukkan sikap sesuai kriteria lebih dari 50% namun kurang dari 75%
4.
Menunjukkan kriteria lebih dari 75% namun kurang dari 100%
5. Menunjukkan
sikap sesuai kriteria yang diharapkan
|
5. Catatan Anekdot
untuk mencatat sikap (Menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1. Kertas
HVS
2. Potongan
kertas untuk setiap siswa (lipat kertas HVS menjadi 8 bagian).
3. Setiap
siswa mendapatkan 4 potong kertas.
4. Bola
basket
5. Kardus
bekas, ember 8
tutup botol untuk setiap siswa (dapat dibawa oleh siswa)
6. Kebutuhan
percobaan IPA (per orang): Sabun cair, koran, sedotan, mangkok plastik ukuran sedang,
penggaris, air.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Kamu akan melakukan kegiatan di luar kelas bersama
teman dan gurumu.
Setelah bermain, diskusikanlah hal berikut dengan
teman kelompokmu.
- Apa yang membuat kelompokmu bisa bekerja dengan baik? Mengapa?
- Sikap apa yang harus dimiliki oleh setiap anggota kelompok?
- Apakah kamu sudah menunjukkan kejujuran saat bermain? Sebutkan contohnya!
- Apakah kamu sudah menunjukkan rasa percaya kepada anggota yang lain?
- Sebutkan contohnya!
- Sebagai anggota kelompok, apakah kamu bisa dipercaya? Mengapa?
- Apabila kamu mendapat kesempatan untuk mengulang permainan, apa yang harus diperhatikan oleh kelompokmu?
Tulis hasil diskusimu di bawah ini.
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
MEDIA
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment