Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 28 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                          : VI/ II
Tema 7                                       : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 1/ Pembelajaran         : Masyarakat Sehat Negara Kuat / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      PJOK

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.1.1 Membandingkan strategi memasukkan bola ke dalam target dan teknik yang tepat saat melompat.
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dengan control yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1.1 Mendemonstrasikan strategi memasukkan bola kedalam target setelah melompat

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan Kreatif.
3.11 Menemukan peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.11.1 Mendesain soal cerita peluang empirik dengan menggunakan fakta yang ada.
4.10 Menggunakan data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
4.10.1 Mengomunikasikan hasil pengamatan dari data untuk menaksir peluang kejadian

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
3.1.1 Menemukan pengaruh zat terlarut terhadap sifat larutan
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.1.1 Memberikan alasan pengaruh zat terlarut terhadap sifat larutan melalui percobaan.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Melakukan permainan memasukkan bola
2.      Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empiric dan membuat soal sendiri
3.      Membuat larutan gelembung sabun dan mengukur diameternya serta membandingkan hasil pengukuran

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Seperti di hari kedua, pembelajaran PJOK dapat dilakukan oleh guru kelas atau pun guru PJOK.
o   Kegiatan dilakukan di lapangan dan guru perlu menyiapkan peralatan, membaca alur kegiatan dan teknik keterampilannya dengan seksama.

Kegiatannya adalah sebagai berikut.
Kelas dibagi menjadi 4 kelompok.
o   Satu kelompok terdiri dari 8 pemain.
o   Pemain berbaris dalam kelompok.
o   Guru menyiapkan keranjang atau ember untuk diisi empat bola. keranjang atau ember diletakkan di tengah lapangan.
o   Bergiliran, setiap pemain melompat menuju ke arah keranjang atau ember (seperti posisi di gambar) dan mengambil bola.
o   Saat pemain mendekati ring basket (pemain berdiri sesuai dengan tanda yang dibuat guru), bola kemudian dilempar ke arah ring basket.
o   Bola yang jatuh kemudian diambil pemain , dan dari arah ring basket (pemain kembali berdiri di tanda yang telah dibuat guru), pemain melempar bola ke dalam keranjang atau ember.
o   Setelah mendapat giliran, setiap pemain harus kembali ke barisannya dengan menempati barisan belakang.
o   Setiap pemain harus melompat saat menuju ke ring basket dan saat kembali ke barisan.
o   Saat melompat, pemain harus melompat dengan mengayunkan tangan dari belakang ke depan.

Teknik Melompat dengan Mengayun Tangan
o   Posisi siap dengan posisi kedua kaki sejajar dan ditekukkan membentuk sudut 120 derajat.
o   Posisi kedua tangan lurus ke depan.
o   Lompat, ayun kedua tangan ke belakang.
o   Mendarat dengan posisi kedua kaki sejajar seperti langkah pertama.
o   Lakukan hal sama seperti langkah nomor 2. Begitu seterusnya sampai menuju garis.
o   Guru membagi kelas menjadi 2 atau 3 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 8 orang pemain. Apabila jumlah siswa banyak, guru dapat membagi kelas menjadi 4 atau 5 kelompok.
o   Guru menyiapkan bola basket sesuai dengan kebutuhan. Guru memastikan setiap kelompok memiliki 1 bola basket.
o   Sebelum kegiatan dimulai, ember dan penanda posisi berdiri siswa perlu disiapkan. Guru harus memahami aturan main, daftar kebutuhan serta pengaturan lapangan.
o   Sebelum bermain, siswa diminta untuk membaca aturan main serta teknik  melempar dan melompat. Guru mengajak siswa untuk berdiskusi, member kesempatan untuk bertanya dan saling memberi komentar. Guru pun bias menggambar lapangan di papan tulis untuk menjelaskan posisi pemain dan arah kegiatan.
o   Guru kemudian mengajak siswa untuk melakukan kegiatan di luar. Kegiatan dilakukan berpasangan. Siswa diminta untuk bergantian mempraktikkan teknik melompat terlebih dahulu. Siswa melakukan kegiatan dan saling memberi komentar serta saran.
o   Setelah kegiatan melompat selesai, siswa melakukan hal yang sama untuk kegiatan teknik melempar bola.
o   Siswa kemudian melakukan permainan setelah guru memberi aba-aba.
o   Guru mengingatkan bahwa setiap pemain harus sportif dan jujur. Pemain harus melempar bola tepat di posisi yang sudah diberi tanda. Teman satu kelompok harus memberi semangat kepada teman yang sedang bermain
o   Setelah bermain, guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi. Kegiatan boleh dilakukan di dalam atau pun di luar kelas.
o   Guru melanjutkan kegiatan dengan meminta siswa membaca soal yang tertera di buku siswa. Siswa bisa menggambar fakta yang ada untuk mempermudah pemahaman. Gambar yang dihasilkan bisa diperlihatkan kepada teman sebelah untuk dibandingkan.
o   Secara individu, siswa melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik masing-masing warna bola tersebut. Siswa harus menyampaikan hasilnya dengan diagram. Setelah selesai, siswa diminta untuk membuat soal cerita dari fakta yang ada dan menuliskan jawabannya di kertas yang berbeda. Siswa harus menyertakan penjelasan/alasan dan jawaban yang dibuatnya. Apabila siswa kesulitan dalam membuat soal sendiri, guru dapat membantu dengan cara memberikan pertanyaan, seperti:
  • apa yang diketahui?
  • apa yang akan ditanyakan?
o   Saat membuat soal cerita, siswa bisa melakukan simulasi di hadapan guru
o   Secara bergantian, siswa menukarkan soal cerita tersebut kepada teman sebelahnya dan berusaha untuk menjawabnya. Jawaban siswa harus disertai alasan. Siswa bisa saling mengomentari soal dan jawaban yang dihasilkan.
o   Siswa kemudian melanjutkan kegiatan selanjutnya. Guru meminta setiap siswa untuk duduk berkelompok dan mengambil 6 tutup botol yang telah disiapkan sebelumnya oleh guru.
o   Siswa melakukan kegiatan dengan mengikuti instruksi buku. Guru memastikan setiap siswa bekerja. Siswa harus menuliskan nilai-nilai kepemimpinan di atas tutup botol dengan menggunakan spidol. Sebagai alternatif, guru dapat meminta siswa menuliskan nilai-nilai kepemimpinan di atas potongan kertas lalu ditempel di atas tutup botol
o   Secara serentak, siswa diminta untuk melakukan kegiatan. Guru member bimbingan pada kelompok yang membutuhkan. Guru harus memastikan seluruh siswa melakukan kegiatan dengan bersungguh-sungguh.
o   Guru mengingatkan siswa untuk menjadi pembelajar yang bertanggung jawab dengan cara mengikuti kegiatan dengan tertib dan selalu berpartisipasi aktif.
o   Setelah selesai, guru kemudian memimpin diskusi dengan meminta salah seorang siswa untuk menyampaikan hasil kerja kelompoknya.
o   Guru memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar atau pertanyaan terhadap hasil kerja kelompok lain. Guru mengusahakan agar proses diskusi berjalan dengan aktif namun tertib.
o   Siswa perlu diingatkan untuk menghormati orang lain yang sedang berbicara.
o   Selanjutnya guru akan membimbing siswa melakukan percobaan. Sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa seluruh kebutuhan sudah tersedia.
o   Prosedur serta daftar kebutuhan perlu dibaca sebelumnya oleh guru agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
o   Alat dan bahan dapat disiapkan oleh sekolah atau dapat pula dibawa oleh siswa.
o   Sebelum memulai kegiatan, guru menyiapkan perlengkapan percobaan di masing-masing meja siswa.
o   Siswa kemudian ditugaskan untuk membaca prosedur serta alat dan bahan untuk percobaan. Untuk memastikan pemahaman siswa, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan tentang apa yang telah dibaca oleh siswa. Misalkan, pertanyaan tentang alat dan bahan serta prosedur kegiatan.
o   Sebelum percobaan dimulai, guru memastikan seluruh meja untuk percobaan dilapisi kertas koran. Kertas koran kemudian dibasahi air.
o   Gelembung sabun yang diletakkan di atas koran yang telah dibasahi akan lebih lama meletus, sehingga siswa lebih mudah mengukur diameternya.
o   Siswa memulai percobaan dengan membuat larutan sabun. Siswa dapat diingatkan mengenai larutan sabun yang dapat menghasilkan gelembung sabun supaya bisa bertahan lama.
o   Percobaan membuat larutan sabun dapat dilakukan di dalam kelompok, namun kegiatan membuat gelembung sabun harus dilakukan sendiri oleh siswa.
o   Setiap siswa harus menyiapkan alat ukur untuk mengukur diameter. Guru membiarkan siswa mencoba berbagai cara untuk mengukur diameter gelembung sabunnya.
o   Guru berkeliling untuk memastikan seluruh kegiatan berjalan lancar. Siswa yang kurang berpartisipasi aktif diberikan motivasi.
o   Setiap selesai mengukur, siswa diingatkan untuk mencatat hasilnya.
o   Mereka diingatkan bahwa mereka hanya memiliki kesempatan untuk menghasilkan 5 kali percobaan saja. Guru dapat meminta setiap siswa memiliki strategi untuk menghasilkan gelembung sabun dengan ukuran diameter yang panjang.
o   Setelah siswa selesai percobaan, guru meminta mereka mengomunikasikan hasil percobaan (ukuran diameter setiap gelembung sabun, strategi menghasilkan gelembung sabun dengan diameter terpanjang serta kendala yang ditemui dalam percobaan).
o   Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Saat percobaan gelembung sabun, siswa dapat diajak menemukan cara mengukur diameter gelembung sabun. Apakah diameter gelembung dapat diukur dengan memasukkan penggaris ke dalam gelembung?

Remedial
o   Siswa yang belum memahami konsep peluang empirik dapat mengulang kegiatan bersama guru.
o   Kegiatan dapat dilakukan ketika kegiatan belajar di sekolah telah selesai. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit – 60 menit.
o   Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian
1. Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai soal cerita siswa

Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Konten
Konten
dimasukkan ke
dalam soal cerita
dengan tepat.
Soal menunjukkan
keseluruhan
pemahaman siswa
terhadap konten.
Konten
dimasukkan
kedalam soal
cerita dengan
tepat. Soal
menunjukkan
sebagian besar
pemahaman siswa
terhadap konten.
Konten
dimasukkan
kedalam soal
cerita.Soal
menunjukkan
sebagian kecil
pemahaman
siswa terhadap
konten.
Soal cerita tidak
memuat konten
yang sedang
dipelajari.
Pengorganisasian soal
Soal cerita ditulis
dengan memuat
mana yang
diketahui, mana
yang ditanyakan.
Soal ditulis dengan
jelas
Soal cerita
memuat fakta
yang diketahui
dan yang
ditanyakan namun
kurang jelas.
Soal cerita
memuat fakta
yang diketahui
dan yang
ditanyakan
namun tidak jelas
Soal cerita
membingungkan,
terdapat salah
satu fakta saja.
Jawaban soal
Terdapat beberapa
alternatif jawaban yang benar.
Terdapat satu
jawaban
Jawaban tidak
tepat
Tidak memiliki
jawaban.
Alasan
Alasan yang
diberikan
seluruhnya benar
dan sesuai dengan
permasalahan
yang diberikan
Alasan yang
diberikan
sebagian besar
benar, dan
sesuai dengan
permasalahan
yang diberikan.
Sebagian kecil
alasan yang
diberikan
benar, dan
sesuai dengan
permasalahan
yang diberikan.
Tidak
memberikan
alasan sama
sekali.

Catatan: Centang (V) pada bagian yang memenuhi kriteria.

2. IPA
Percobaan IPA dinilai dengan menggunakan rubrik.

Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan
bukti pendukung
dan menyampaikan
pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan bukti pendukung namun perlubantuan saat
menyampaikan
pemahaman inti
dari konsep yang
sedang dipelajari.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang terbatas
dan penyampaian
pemahaman inti dari konsep tidak jelas.
Perlu
bimbingan saat
menyampaikan
bukti dan
pemahaman inti
dari konsep yang
dipelajari.
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan dengan
jelas, obyektif, dan didukung data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas dan
didukung sebagian data penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan tanpa
data penunjang
Prosedur
dan strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan dilakukan
secara sistematis
dan strategi yang
digunakan membuat percobaan berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan dilakukan
secara sistematis
namun masih
membutuhkan
bimbingan dalam
menemukan strategi agar percobaan
berhasil.
Sebagian besar
data dicatat,
langkah kegiatan
dan strategi
dilakukan secara sistematis setelah
mendapat bantuan
guru
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah kegiatan
tidak sistematis
dan strategi
yang dipilih tidak
tepat.

Catatan: Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

3. PJOK
Keterampilan siswa saat melempar bola dinilai dengan ceklis.

Kriteria
1
2
3
4
5
Posisi kaki awal





Posisi tangan saat memegang bola





Posisi gerak tubuh saat melempar bola





Posisi tangan saat akan melempar bola





Gerakan kaki setelah melempar






Keterangan
1. Tidak pernah menunjukkan kriteria yang diharapkan
2. Menunjukkan sikap sesuai kriteria sebesar 50%
3. Menunjukkan sikap sesuai kriteria lebih dari 50% namun kurang dari 75%
4. Menunjukkan kriteria lebih dari 75% namun kurang dari 100%
5. Menunjukkan sikap sesuai kriteria yang diharapkan


5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Kertas HVS
2.      Potongan kertas untuk setiap siswa (lipat kertas HVS menjadi 8 bagian).
3.      Setiap siswa mendapatkan 4 potong kertas.
4.      Bola basket
5.      Kardus bekas, ember 8 tutup botol untuk setiap siswa (dapat dibawa oleh siswa)
6.   Kebutuhan percobaan IPA (per orang): Sabun cair, koran, sedotan, mangkok plastik ukuran sedang, penggaris, air.



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001





Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Kamu akan melakukan kegiatan di luar kelas bersama teman dan gurumu.
Setelah bermain, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu.

  1. Apa yang membuat kelompokmu bisa bekerja dengan baik? Mengapa?
  2. Sikap apa yang harus dimiliki oleh setiap anggota kelompok?
  3. Apakah kamu sudah menunjukkan kejujuran saat bermain? Sebutkan contohnya!
  4. Apakah kamu sudah menunjukkan rasa percaya kepada anggota yang lain?
  5. Sebutkan contohnya!
  6. Sebagai anggota kelompok, apakah kamu bisa dipercaya? Mengapa?
  7. Apabila kamu mendapat kesempatan untuk mengulang permainan, apa yang harus diperhatikan oleh kelompokmu?


Tulis hasil diskusimu di bawah ini.
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….


MEDIA

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors