Home » » TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 27 January 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ II
Tema 7                                        : Kepemimpinan di sekitarku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Masyarakat Sehat Negara Kuat / 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Mengidentifikasi isi teks pidato persuasif seorang pemimpin lembaga politik dan mengomunikasikannya secara lisan dan tulisan
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Merancang teks pidato persuasif seorang calon ketua dan menyampaikannya secara lisan

b) IPS
1.2 Menerima adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
2.2 Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik.
3.4 Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia.
3.4.1 Menjelaskan pengaruh lembaga politik dan social bagi masyarakat melalui program atau kegiatannya.
4.4 Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya).
4.4.1 Mengomunikasikan manfaat lembaga politik dan social bagi masyarakat melalui program budaya dan kesehatan dalam bentuk tulisan.

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan Kreatif.
3.11 Menemukan peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperolehberdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.11.1 Menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan tentang peluang empirik.
4.10 Menggunakan data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
4.10.1 Menggunakan diagram untuk menyimpulkan hasil taksiran terhadap peluang kejadian.

d) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmenmenjalankan hasil musyawarah mufakat.
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.4.1 Menemukan pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dari kegiatan atau program budaya dan kesehatan di suatu wilayah.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.4.1 Mengomunikasikan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan melalui program budaya atau kesehatan di suatu wilayah.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Mengidentifikasi kebermanfaatan lembaga politik, budaya, sosial, dan ekonomi bagi masyarakat
2.      Menyampaikan nilai-nilai persatuan dan kesatuan melalui teks pidato.
3.      Membuat teks pidato persuasif
4.      Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empiric

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Kepemimpinan di sekitarku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebelum memulai pembelajaran, siswa diajak berdiskusi mengenai pemimpin yang telah menginspirasi mereka. Guru mengajukan pertanyaan sebagai berikut.
·         Siapa pemimpin yang telah menginspirasimu?
·         Apa yang telah ia lakukan?
·         Dimana ia bekerja?
·         Manfaat apa yang telah dirasakan masyarakat dari kegiatannya?
o   Nilai-nilai kepemimpinan yang mana yang dapat diteladani olehmu?
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa mereka akan belajar kepemimpinan yang baik dari seorang lurah. Mereka harus membaca teks untuk mengetahui lebih banyak tentang tokoh tersebut
o   Siswa diminta membuka buku dan membaca teks tentang ‘Bapak Budaya’.
o   Guru mempraktikkan membaca bersama (Shared Reading) dengan cara meminta siswa membaca keras secara bergantian.
o   Seorang siswa membaca 1 paragraf dan yang lain mendengarkan dengan seksama.
o   Guru menunjuk siswa lain untuk melanjutkan membaca paragraf berikutnya.
o   Begitu seterusnya sampai cerita selesai dibaca semua.
o   Siswa menjawab pertanyaan dan membuat tulisan berdasarkan jawaban yang mereka miliki. Kegiatan dilakukan individu.
o   Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Lurah?
o   (Dapat menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, dapat bersilaturahmi, mengenal budaya)
o   Apakah Pak Lurah sudah mengajak penduduknya mengamalkan sikap persatuan? Jelaskan! (ya, Pak Lurah mengajak penduduk untuk bersatu, menjaga kekeluargaan, mencintai budaya)
o   Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Pak Lurah? Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya!
o   Sebelum menggambar tokoh imajinasi, guru menawarkan siswa untuk menggambar dengan pensil warna (tidak dengan crayon atau spidol, karena akan membuat buku kotor). Kegiatan ini bisa juga dilakukan di kertas HVS (boleh menggunakan crayon atau spidol). Siswa memajang hasilnya di dinding kelas (kecuali apabila hasilnya ditulis di buku).
o   Siswa diminta menyampaikan tulisannya kepada teman di sebelahnya.
o   Mereka bisa saling mengomentari dan memberi masukan. Masukan dari teman dicatat untuk perbaikan karya.
o   Tulisan siswa akan dinilai dengan menggunakan rubrik.
o   Siswa kemudian menulis pertanyaan tentang nilai-nilai kepemimpinan yang mereka ingin ketahui dari salah satu tokoh masyarakat, misalkan;
o   tokoh agama, budaya, lurah, kepala desa, ketua RW atau lainnya.
o   Pertanyaan kemudian didiskusikan untuk memperoleh jawaban. Diskusi dapat dilakukan dengan teman satu kelompok dan hasilnya dituliskan di kertas besar (bisa menggunakan halaman belakang kalender yang polos).
o   Hasil ditempelkan di tempat pajangan untuk melengkapi pajangan hasil tulisan dari kegiatan tokoh ‘Pak Lurah’.
o   Ayo Lakukan
o   Kegiatan berikutnya adalah guru menugaskan siswa membuat teks pidato persuasif. Untuk mempermudah siswa, guru dapat melakukan kegiatan berikut.
o   Guru meminta siswa untuk memikirkan satu pemimpin di sekitar mereka yang telah memberi inspirasi. Guru dapat membimbing mereka dengan memberikan pertanyaan pancingan, misalnya: “Bagaimana dengan lurahmu, atau kepala desamu, atau ……?”
o   Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nama pemimpin yang telah dipilihnya dan kegiatan atau program yang telah dilakukan oleh pemimpin tersebut. Siswa dapat memilih lebih dari satu kegiatan atau program yang telah menginspirasinya. Siswa dapat belajar dari program-program tersebut mengenai bagaimana pemimpin mensosialisasikan program, manfaat program, kegiatan dan lainnya.
o   Siswa kemudian diminta untuk memikirkan suatu program yang akan disampaikan melalui teks pidato. Dengan berbekal pengetahuan program yang telah menginspirasinya, siswa kemudian mencoba membuat rencana teks pidato persuasif. Guru mengingatkan mereka tentang struktur pidato yang terdiri dari pembuka, inti dan penutup. Dalam materi inti, pidato harus memuat pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

Teks pidato harus memuat:
Salam pembuka
o   Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
o   Pendahuluan
o   Memaparkan topik permasalahan, topik yang akan dibahas.
Inti
o   Berisikan pembahasan topik secara lengkap. kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
Penutup
o   Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
Salam penutup
o   Berisikan kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.
o   Teks pidato dinilai dengan menggunakan rubric

o   Siswa diajak untuk memperhatikan beberapa gambar kantor seperti puskesmas, rumah sakit, sekolah, kantor kelurahan, atau kantor gubernur.
o   Guru mengajak siswa untuk menyampaikan pendapat mereka tentang seorang pemimpin yang berada di tempat-tempat tersebut.
·         Apa yang harus dilakukan oleh pemimpin tersebut agar tempat tersebut bermanfaat bagi masyarakat?’ (alternatif jawaban : memiliki program untuk kepentingan rakyat, menjanga keamanan, menegakkan peraturan, kerja keras, jujur, disiplin, …).
o   Guru menginformasikan kepada siswa bahwa banyak sekali pemimpin di sekitar kita yang memiliki sikap atau kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, contohnya seperti tokoh yang ada di dalam cerita. Tokoh dalam cerita menggambarkan seorang pemimpin informal dalam bidang sosial.
o   Siswa kemudian diminta untuk membaca dalam hati teks tentang ‘ Dokter Rana’.
o   Guru berkeliling untuk memastikan semua siswa membaca.
o   Setelah selesai membaca, guru menugaskan siswa mencatat nilai-nilai yang dimiliki tokoh pada diagram Venn. Sebelumnya, guru menerangkan bagaimana menggunakan diagram tersebut dengan memandu mereka mengisi diagram setahap demi setahap. Siswa ditugaskan menuliskan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh Dokter Rana terlebih dahulu.
o   Kemudian siswa diminta untuk memilih tokoh yang ada di sekitar mereka dan menuliskan nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya pada bagian diagram Venn selanjutnya sesuai dengan tulisan yang tertera.
o   Siswa lalu membandingkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh keduanya dan mengisinya di bagian tengah diagram. Guru memastikan seluruh siswa melakukan instruksi. Guru dapat menanyakan kepada siswa apakah mereka memiliki kesulitan dalam mengisi diagram tersebut, apabila ada, guru harus segera menjelaskannya sampai seluruh kelas memahami apa yang harus dilakukan.
o   Guru dan siswa membahas hasilnya dengan meminta satu anak maju ke kelas dan membacakan hasilnya. Guru memberikan masukan. Siswa lain
o   dapat memberikan komentar, bertanya atau mempertanyakan hasil karya teman. Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi.
o   Siswa dapat menempelkan hasilnya di dinding kelas. Guru memandu mereka saat menempelkan hasil tersebut. Apabila waktu tidak mencukupi, guru bisa meminta siswa mengumpulkan hasilnya dan guru kemudian bias menempelkannya sendiri.
o   Siswa diajak membaca soal mengenai ‘Dokter Rana’. Secara individu, mereka diminta untuk menyelesaikan soal sampai selesai.
o   Guru mengingatkan mereka untuk menemukan solusi dalam menemukan jawaban, seperti strategi yang akan digunakan atau rencana penyelesaian masalah.
o   Hasil temuan disampaikan terlebih dahulu kepada teman satu kelompok untuk kemudian diberikan kesempatan satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasilnya di depan kelas. Teman-temannya dapat memberikan masukan.
o   Pekerjaan siswa (membuat percobaan sendiri berdasarkan data yang ada) dinilai dengan menggunakan rubric
o   Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan rerfleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

Pengayaan
o   Pada kegiatan diskusi tentang Lurah Budaya (judul teks "Bapak Budaya"), siswa bisa diminta untuk mencari tokoh-tokoh yang memperjuangkan budaya sebagai program kerjanya. Guru kemudian mengajak mereka untuk mendiskusikan karya-karya tokoh tersebut.

Remedial
o   Bagi siswa yang masih belum menguasai membaca diagram dan membuat diagram, diberikan kegiatan berikut.
o   Guru mengambil salah satu contoh diagram dan memberikan beberapa pertanyaan bantuan pemahaman.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa diagram membutuhkan data.
o   Guru dan siswa membaca diagram melalui fakta yang ada.
o   Guru memberikan data, siswa membuat diagram.
o   Kegiatan dapat dilakukan beberapa kali (30 menit setiap pertemuan).

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian
1. IPS dan PPKn
Tulisan siswa tentang Pak Lurah dinilai dengan rubric

2. Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai hasil percobaan siswa.

3. Bahasa Indonesia
Teks pidato persuasif dinilai dengan menggunakan rubric


5. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (Menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini


B.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Kertas HVS
2.      Pensil warna
3.      Gambar kantor seperti puskesmas, rumah sakit, sekolah, kantor kelurahan, kantor gubernur.



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                              NIP. 19800611 200504 1 001





Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Berikut adalah gambaran hasil percobaan seseorang mengenai peluang
untuk setiap paket.


Dari diagram di atas.
·         Berapa kali percobaan dilakukan? Jelaskan jawabanmu!
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..

·         Berapa peluang empirik untuk setiap paket?
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..

·         Berdasarkan hasil percobaan tersebut, berapa masing-masing jenis sabun yang harus dibeli?
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..


MEDIA
TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 3


TEMA 7 KELAS 6 SUB 1 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors