RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ II
Tema 7 : Kepemimpinan di sekitarku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Masyarakat Sehat Negara Kuat
/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.3 Memiliki sikap
disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan
masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.3 Menguraikan isi
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3.1 Mengidentifikasi
isi teks pidato persuasif seorang pemimpin lembaga politik dan
mengomunikasikannya secara lisan dan tulisan
4.3 Menyampaikan
teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.1 Merancang
teks pidato persuasif seorang calon ketua dan menyampaikannya secara lisan
b) IPS
1.2 Menerima adanya
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat yang mengatur kehidupan
manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
2.2 Memiliki
kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan
politik.
3.4 Menelaah
manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan
masyarakat dan bangsa Indonesia.
3.4.1 Menjelaskan
pengaruh lembaga politik dan social bagi masyarakat melalui program atau
kegiatannya.
4.4 Menyajikan
pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi
kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan,
tulisan, gambar, foto, dan lainnya).
4.4.1 Mengomunikasikan
manfaat lembaga politik dan social bagi masyarakat melalui program budaya dan
kesehatan dalam bentuk tulisan.
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan Kreatif.
3.11 Menemukan
peluang empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperolehberdasarkan
beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.11.1 Menemukan
solusi dari permasalahan yang diberikan tentang peluang empirik.
4.10 Menggunakan
data statistic hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
4.10.1 Menggunakan
diagram untuk menyimpulkan hasil taksiran terhadap peluang kejadian.
d) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan
ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.3 Menunjukkan
penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmenmenjalankan hasil
musyawarah mufakat.
3.4 Memahami
nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah,
sosial, dan budaya
3.4.1 Menemukan
pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dari kegiatan atau program
budaya dan kesehatan di suatu wilayah.
4.4 Menerapkan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan
budaya
4.4.1 Mengomunikasikan
penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan melalui program budaya atau
kesehatan di suatu wilayah.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Mengidentifikasi kebermanfaatan
lembaga politik, budaya, sosial, dan ekonomi bagi masyarakat
2.
Menyampaikan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan melalui teks pidato.
3.
Membuat teks pidato
persuasif
4.
Melakukan percobaan
untuk menemukan peluang empiric
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Kepemimpinan di
sekitarku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Sebelum memulai
pembelajaran, siswa diajak berdiskusi mengenai pemimpin yang telah
menginspirasi mereka. Guru mengajukan pertanyaan sebagai berikut.
·
Siapa pemimpin
yang telah menginspirasimu?
·
Apa yang telah ia
lakukan?
·
Dimana ia
bekerja?
·
Manfaat apa yang
telah dirasakan masyarakat dari kegiatannya?
o
Nilai-nilai
kepemimpinan yang mana yang dapat diteladani olehmu?
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa mereka akan belajar kepemimpinan yang baik dari seorang
lurah. Mereka harus membaca teks untuk mengetahui lebih banyak tentang tokoh
tersebut
o
Siswa diminta membuka buku dan membaca teks tentang
‘Bapak Budaya’.
o
Guru mempraktikkan membaca bersama (Shared
Reading) dengan cara meminta siswa membaca keras secara bergantian.
o
Seorang siswa
membaca 1 paragraf dan yang lain mendengarkan dengan seksama.
o
Guru menunjuk
siswa lain untuk melanjutkan membaca paragraf berikutnya.
o
Begitu seterusnya
sampai cerita selesai dibaca semua.
o
Siswa menjawab
pertanyaan dan membuat tulisan berdasarkan jawaban yang mereka miliki.
Kegiatan dilakukan individu.
o
Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program
atau kegiatan Pak Lurah?
o
(Dapat
menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, dapat bersilaturahmi, mengenal
budaya)
o
Apakah Pak Lurah sudah mengajak penduduknya
mengamalkan sikap persatuan? Jelaskan! (ya,
Pak Lurah mengajak penduduk untuk bersatu, menjaga kekeluargaan, mencintai
budaya)
o
Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Pak Lurah? Tulislah
pertanyaan sebanyak-banyaknya!
o
Sebelum
menggambar tokoh imajinasi, guru menawarkan siswa untuk menggambar dengan
pensil warna (tidak dengan crayon atau spidol, karena akan membuat
buku kotor). Kegiatan ini bisa juga dilakukan di kertas HVS (boleh
menggunakan crayon atau spidol). Siswa memajang hasilnya di dinding
kelas (kecuali apabila hasilnya ditulis di buku).
o
Siswa diminta menyampaikan tulisannya kepada teman
di sebelahnya.
o
Mereka bisa saling mengomentari dan memberi masukan.
Masukan dari teman dicatat untuk perbaikan karya.
o
Tulisan siswa akan dinilai dengan menggunakan
rubrik.
o
Siswa kemudian menulis pertanyaan tentang
nilai-nilai kepemimpinan yang mereka ingin ketahui dari salah satu tokoh
masyarakat, misalkan;
o
tokoh agama, budaya, lurah, kepala desa, ketua RW
atau lainnya.
o
Pertanyaan kemudian didiskusikan untuk memperoleh
jawaban. Diskusi dapat dilakukan dengan teman satu kelompok dan hasilnya
dituliskan di kertas besar (bisa menggunakan halaman belakang kalender yang
polos).
o
Hasil ditempelkan di tempat pajangan untuk
melengkapi pajangan hasil tulisan dari kegiatan tokoh ‘Pak Lurah’.
o
Ayo Lakukan
o
Kegiatan berikutnya adalah guru menugaskan siswa
membuat teks pidato persuasif. Untuk mempermudah siswa, guru dapat melakukan
kegiatan berikut.
o
Guru meminta siswa untuk memikirkan satu pemimpin di
sekitar mereka yang telah memberi inspirasi. Guru dapat membimbing mereka
dengan memberikan pertanyaan pancingan, misalnya: “Bagaimana dengan lurahmu,
atau kepala desamu, atau ……?”
o
Siswa kemudian diminta untuk menuliskan nama
pemimpin yang telah dipilihnya dan kegiatan atau program yang telah dilakukan
oleh pemimpin tersebut. Siswa dapat memilih lebih dari satu kegiatan atau
program yang telah menginspirasinya. Siswa dapat belajar dari program-program
tersebut mengenai bagaimana pemimpin mensosialisasikan program, manfaat
program, kegiatan dan lainnya.
o
Siswa kemudian diminta untuk memikirkan suatu
program yang akan disampaikan melalui teks pidato. Dengan berbekal
pengetahuan program yang telah menginspirasinya, siswa kemudian mencoba
membuat rencana teks pidato persuasif. Guru mengingatkan mereka tentang
struktur pidato yang terdiri dari pembuka, inti dan penutup. Dalam materi
inti, pidato harus memuat pengamalan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.
Teks pidato harus
memuat:
Salam pembuka
o
Berisikan kalimat
sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
o
Pendahuluan
o
Memaparkan topik
permasalahan, topik yang akan dibahas.
Inti
o
Berisikan
pembahasan topik secara lengkap. kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk
mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
Penutup
o
Penyampaian
rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
Salam penutup
o
Berisikan kalimat
salam penutup seperti ‘terima kasih’.
o
Teks pidato
dinilai dengan menggunakan rubric
o
Siswa diajak
untuk memperhatikan beberapa gambar kantor seperti puskesmas, rumah sakit,
sekolah, kantor kelurahan, atau kantor gubernur.
o
Guru mengajak
siswa untuk menyampaikan pendapat mereka tentang seorang pemimpin yang berada
di tempat-tempat tersebut.
·
‘Apa yang harus dilakukan oleh pemimpin
tersebut agar tempat tersebut bermanfaat bagi masyarakat?’ (alternatif jawaban : memiliki program
untuk kepentingan rakyat, menjanga keamanan, menegakkan peraturan, kerja
keras, jujur, disiplin, …).
o
Guru
menginformasikan kepada siswa bahwa banyak sekali pemimpin di sekitar kita
yang memiliki sikap atau kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, contohnya
seperti tokoh yang ada di dalam cerita. Tokoh dalam cerita menggambarkan
seorang pemimpin informal dalam bidang sosial.
o
Siswa kemudian
diminta untuk membaca dalam hati teks tentang ‘ Dokter Rana’.
o
Guru berkeliling
untuk memastikan semua siswa membaca.
o
Setelah selesai
membaca, guru menugaskan siswa mencatat nilai-nilai yang dimiliki tokoh pada
diagram Venn. Sebelumnya, guru menerangkan bagaimana menggunakan diagram
tersebut dengan memandu mereka mengisi diagram setahap demi setahap. Siswa
ditugaskan menuliskan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh Dokter Rana
terlebih dahulu.
o
Kemudian siswa
diminta untuk memilih tokoh yang ada di sekitar mereka dan menuliskan
nilai-nilai kepemimpinan yang dimilikinya pada bagian diagram Venn
selanjutnya sesuai dengan tulisan yang tertera.
o
Siswa lalu
membandingkan nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh keduanya dan
mengisinya di bagian tengah diagram. Guru memastikan seluruh siswa melakukan
instruksi. Guru dapat menanyakan kepada siswa apakah mereka memiliki
kesulitan dalam mengisi diagram tersebut, apabila ada, guru harus segera
menjelaskannya sampai seluruh kelas memahami apa yang harus dilakukan.
o
Guru dan siswa
membahas hasilnya dengan meminta satu anak maju ke kelas dan membacakan
hasilnya. Guru memberikan masukan. Siswa lain
o
dapat memberikan
komentar, bertanya atau mempertanyakan hasil karya teman. Guru memberikan
penguatan terhadap hasil diskusi.
o
Siswa dapat
menempelkan hasilnya di dinding kelas. Guru memandu mereka saat menempelkan
hasil tersebut. Apabila waktu tidak mencukupi, guru bisa meminta siswa
mengumpulkan hasilnya dan guru kemudian bias menempelkannya sendiri.
o
Siswa diajak
membaca soal mengenai ‘Dokter Rana’. Secara individu, mereka diminta untuk
menyelesaikan soal sampai selesai.
o
Guru mengingatkan
mereka untuk menemukan solusi dalam menemukan jawaban, seperti strategi yang
akan digunakan atau rencana penyelesaian masalah.
o
Hasil temuan
disampaikan terlebih dahulu kepada teman satu kelompok untuk kemudian
diberikan kesempatan satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasilnya di depan
kelas. Teman-temannya dapat memberikan masukan.
o
Pekerjaan siswa
(membuat percobaan sendiri berdasarkan data yang ada) dinilai dengan
menggunakan rubric
o
Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan rerfleksi
berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.
Pengayaan
o
Pada kegiatan diskusi tentang Lurah Budaya (judul
teks "Bapak Budaya"), siswa bisa diminta untuk mencari tokoh-tokoh
yang memperjuangkan budaya sebagai program kerjanya. Guru kemudian mengajak
mereka untuk mendiskusikan karya-karya tokoh tersebut.
Remedial
o
Bagi siswa yang
masih belum menguasai membaca diagram dan membuat diagram, diberikan kegiatan
berikut.
o
Guru mengambil
salah satu contoh diagram dan memberikan beberapa pertanyaan bantuan
pemahaman.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa diagram membutuhkan data.
o
Guru dan siswa
membaca diagram melalui fakta yang ada.
o
Guru memberikan
data, siswa membuat diagram.
o
Kegiatan dapat
dilakukan beberapa kali (30 menit setiap pertemuan).
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. IPS dan PPKn
Tulisan siswa tentang Pak Lurah dinilai dengan rubric
2.
Matematika
Guru menggunakan rubrik untuk menilai hasil percobaan siswa.
3. Bahasa Indonesia
Teks pidato persuasif dinilai dengan
menggunakan rubric
5. Catatan Anekdot
untuk mencatat sikap (Menghargai).
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini
B.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1. Kertas HVS
2. Pensil
warna
3. Gambar kantor
seperti puskesmas, rumah sakit, sekolah, kantor kelurahan, kantor gubernur.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Berikut adalah
gambaran hasil percobaan seseorang mengenai peluang
untuk setiap paket.
Dari diagram di atas.
·
Berapa kali percobaan dilakukan? Jelaskan
jawabanmu!
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
·
Berapa peluang empirik untuk setiap
paket?
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
·
Berdasarkan hasil percobaan tersebut,
berapa masing-masing jenis sabun yang harus dibeli?
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………..
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment