RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Perjuangan Para Pahlawan/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percayadiri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam
kehidupannya sekarang
3.2
Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara,
Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2.1
Menjelaskan sejarah perjuangan dari tokoh yang
dipilihnya
4.2
Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1
Menyebutkan hal baik yang bisa
dicontoh dari perjuangan tokoh
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.4 Memiliki sikap
terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun
aktivitas sehari-hari
3.7 Menentukan hasil operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1
Menunjukkan
cara mengubah bilangan pecahan menjadi persen dan sebaliknya
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk
desimal dan persen
4.2.1 Mengubah
bilangan pecahan menjadi persen dan sebaliknya
d) SBdP
1.1. Mengagumi ciri
khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah
tuhan
2.1 Menunjukkan sikap
berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.5 Memahami cerita terkait
situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia
dengan menggunakan bahasa daerah
3.5.1
Menemukan
informasi tentang tokoh Hindhu Budha dan Islam
4.17 Menceritakan cerita terkait
situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di Indonesia
dengan menggunakan bahasa daerah
4.17.1
Menceritakan tokoh raja
dari masa Hindhu Budha dan Islam dengan menggunakan bahasa daerah
C. Materi Pembelajaran :
1.
Sejarah perjuangan dari tokoh yang dipilihnya
2.
Operasi
penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.
Informasi
tentang tokoh hindhu budha dan islam
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perjuanganku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar raja-raja dan para tokoh yang
berjasa di masa kerajaan Hindu Budha.
o
Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan un-tuk
mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari di hari sebelumnya.
o
Siswa menuliskan paling sedikit 3 pertanyaan tentang gambar
yang diamati.
o
Siswa mendikusikan pertanyaan yang telah mereka buat
bersama seorang teman.
o
Siswa akan mencari informasi tentang gambar-gambar tersebut
dari berbagai media.
o
Siswa menuliskan informasi yang telah mereka dapat dalam
bentuk tabel.
o
Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku
siswa.
o
Siswa menceritakan tentang raya yang paling ia kagumi.
o
Siswa menceritakan dengan menggunakan bahasa daerah
o
Siswa menghitung usia beberapa raja yang memerintah lebih
dari 25 tahun.
o
Siswa mengubahnya menjadi bentuk persen dan desimal.
o
Siswa menjawab lima pertanyaan sehubungan materi terkait.
o
Siswa menjawab pertanyaan perenungan. Guru dapat
menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
o
Siswa ditugaskan untuk mencari bilangan persen yang ad di
lingkungan sekitar. Mendiskusikannya bersama orang tua di rumah.
Pengayaan
Remedial
•
(Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.)
•
Pengulangan dan penguatan materi kembali bagi siswa yang
belum mengerjakan latihan matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan
selama 30 menit setelah pulang sekolah. Setelah itu berilah 5 soal latihan
untuk dikerjakan di rumah. Latihan tersebut dikumpulkan keesokan harinya.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Rubrik
Diskusi
Kriteria
|
Sudah terlihat
|
Belum terlihat
|
Memilih tokoh pada masa kerajaan Hindu-Budha dan Islam
|
||
Mampu mencari informasi yang berhubungan dengan tokoh yang
dipilihnya
|
||
Mempresentasikan hasil cerita tentang tokoh yang dipilihnya
|
2.
Rubrik diskusi
(PPKn)
Kriteria
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicar
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih
perlu diingatkan
|
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang
berbicara.
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,
ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
|
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang
ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman.
|
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat diskusi
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai
dengan topik.
|
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.
|
Skor
Keterangan :
4 = Bagus
3 = cukup
2= kurang
Skor
Maksimal 12
Nilai =
3.
Matematika dinilai
dengan nilai angka
4.
Penilaian Sikap (cinta tanah air,
kerjasama, teliti).
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Data lama pemerintahan raja-raja
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Amati
tokoh-tokoh tersebut. Apa yang ingin kamu ketahui tentang pemerintahan
raja-raja tersebut? Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!
MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 4
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment