Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 5

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 23 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perjuangan Para Pahlawan/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percayadiri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa         praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan         pendidikan
3.2.1        Menjelaskan sejarah perjuangan dari tokoh yang dipilihnya
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan         keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam         aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1        Menyebutkan hal baik yang bisa dicontoh dari perjuangan tokoh

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.4 Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.1        Menunjukkan cara mengubah bilangan pecahan menjadi persen dan sebaliknya
4.2  Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
4.2.1 Mengubah bilangan pecahan menjadi persen dan sebaliknya

d) SBdP
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.5 Memahami cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di        Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah
3.5.1        Menemukan informasi tentang tokoh Hindhu Budha dan Islam
4.17 Menceritakan cerita terkait situs-situs budaya baik benda maupun tak benda di          Indonesia dengan menggunakan bahasa daerah
4.17.1    Menceritakan tokoh raja dari masa Hindhu Budha dan Islam dengan menggunakan bahasa daerah

C. Materi Pembelajaran :
1.      Sejarah perjuangan dari tokoh yang dipilihnya
2.      Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.      Informasi tentang tokoh hindhu budha dan islam

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perjuanganku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar raja-raja dan para tokoh yang berjasa di masa kerajaan Hindu Budha.
o   Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan un-tuk mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari di hari sebelumnya.
o   Siswa menuliskan paling sedikit 3 pertanyaan tentang gambar yang diamati.
o   Siswa mendikusikan pertanyaan yang telah mereka buat bersama seorang teman.
o   Siswa akan mencari informasi tentang gambar-gambar tersebut dari berbagai media.
o   Siswa menuliskan informasi yang telah mereka dapat dalam bentuk tabel.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa.
o   Siswa menceritakan tentang raya yang paling ia kagumi.
o   Siswa menceritakan dengan menggunakan bahasa daerah
o   Siswa menghitung usia beberapa raja yang memerintah lebih dari 25 tahun.
o   Siswa mengubahnya menjadi bentuk persen dan desimal.
o   Siswa menjawab lima pertanyaan sehubungan materi terkait.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
o   Siswa ditugaskan untuk mencari bilangan persen yang ad di lingkungan sekitar. Mendiskusikannya bersama orang tua di rumah.

Pengayaan
  • Bagi siswa yang telah memahami persen diberikan soal-soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
Remedial
         (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.)
         Pengulangan dan penguatan materi kembali bagi siswa yang belum mengerjakan latihan matematika dengan benar. Kegiatan ini dilakukan selama 30 menit sete­lah pulang sekolah. Setelah itu berilah 5 soal latihan untuk dikerjakan di rumah. Latihan tersebut dikumpulkan keesokan harinya.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).




Penilaian

1.        Rubrik Diskusi
Kriteria
Sudah terlihat
Belum terlihat
Memilih tokoh pada masa kerajaan Hindu-Budha dan Islam



Mampu mencari informasi yang berhubungan dengan tokoh yang dipilihnya



Mempresentasikan hasil cerita tentang tokoh yang dipilihnya



2.        Rubrik diskusi (PPKn)

Kriteria
Bagus
Cukup
Kurang
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicar
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Skor
Keterangan :   
4 = Bagus                               
3 = cukup                   
2= kurang
                       
Skor Maksimal 12

Nilai    =


3.        Matematika dinilai dengan nilai angka

4.        Penilaian Sikap (cinta tanah air, kerjasama, teliti).



F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Data lama pemerintahan raja-raja




Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




LEMBAR KERJA SISWA 
(LKS)

Amati tokoh-tokoh tersebut. Apa yang ingin kamu ketahui tentang pemerintahan raja-raja tersebut? Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!




 MEDIA

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 5




Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors