RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/1
Tema 5 :
Pahlawanku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran :
Perjuangan Para Pahlawan/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.10 Memahami jenis cidera dan
cara penanggulangannya secara sederhana selama melakukan
aktivitas fisik.
3.10.1
Membedakan
jenis cidera
4.10 Mempraktikkan cara
penang-gulangan cidera secara sederhana selama melakukan aktivitas
fisik.
4.10.1
Mendemonstrasikan cara mena-ngani cidera sesuai jenisnya
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang MahaEsa di lingkungan
rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan
perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui ke-salahan,
meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan
dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia
sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1 Menjelaskan arti bersatu
dalam keberagaman
4.3 Bekerjasama dengan teman
dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1
Mempraktikkan kerja sama dengan teman dalam keberagaman di
sekolah
d) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya
melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1
Mengidentifikasi
penerapan sifat-sifat cahaya
4.4 Membuat sebuah karya/model yang
memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Merancang sebuah karya
yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
d) IPS
1.1 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri
sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam
kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan
dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara,
Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.2.1
Menjelaskan
perjuangan yang dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda untu Kerajaan Aceh
4.2 Merangkum hasil pengamatan
dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan
dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek
pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1
Menjelaskan sikap
kepahla-wanan yang dapat diteladani dari Sultan Iskandar Muda
C. Materi Pembelajaran :
1.
Jenis
cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama melakukan aktivitas fisik
2.
Bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3. Sifat-sifat
cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.
Perjuangan
yang dilakukan oleh sultan iskandar muda untu kerajaan aceh
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perjuanganku”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Sebelum memulai pelajaran,
guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dipelajari pada pembelajaran
sebelumnya.
o
Guru memberikan
peguatan kepada siswa bahwa sebaiknya kita meniru dan meneladani sikap
mereka. Setiap orang bisa menjadi pahlawan. Pahlawan dapat dianggap sebagai
seseorang yang berbakti kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
o
Siswa mengamati
gambar dan teks tentang Sultan Iskandar Muda.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa bahwa sekarang saatnya kita belajar perjuangan Sultan Iskandar
Muda.
o
Siswa membuat
pertanyaan untuk hal-hal yang ingin mereka ketahui tentang Sultan Iskandar
Muda.
o
Siswa memberikan
pertanyaan kepada teman untuk dijawab.
o
Siswa mencari
informasi sebanyak-banyaknya tentang Sultan Iskandar Muda. Hasil informasi
tersebut dijadikan bahan untuk diskusi.
o
Siswa mencari
informasi dari buku, teks, bertanya kepada guru dan dari sumber lainnya
o
Siswa duduk dalam
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa mendiskusikan
pertanyaan berikut.
o Siswa
menukarkan jawabannya ke kelompok lain. Siswa kelompok lain memberikan
pendapatnya.
o Guru
menguatkan pengetahuan tentang perjuangan Sultan Iskandar Muda.
o Siswa
memperhatikan guru yang sedang mendemonstrasikan cara menanggulangi cidera
yang benar.
o Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok secara berpasangan. satu kelompok terdiri
dari dua siswa.
o Siswa
mendemonstrasikan cara mengobati cedera yang sudah dipelajari di atas dengan
panduan guru.
o Siswa
mendemonstrasikan secara bergantian dengan pasangannya masing-masing.
o Siswa
memasangkan gambar pada kolom A dan B.
o Siswa
melakukan pertolongan pada cidera lecet dan melepuh pda pelajaran olah raga.
Guru dapat membagi kegiatan olah raga menjadi 2 kali pertemuan.
o Siswa
membuat suatu karya yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya, yaitu membuat lup
(kaca pembesar) sederhana.
o Kegiatan
ini terintegrasi dengan kerjasama. Guru selama kegiatan percobaan mengamati
sikap siswa saat percobaan.
o Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan setelah percobaan.
o Siswa
membuat kesimpulan dari percobaan.
o Guru
member penguatan pentingnya melakukan kerjasama.
o Siswa
mengerjakan evaluasi yang ada di buku siswa.
o Siswa
mengerjakan peta tematik. Siswa mengerjakan di kertas lain. Siswa menjiplak
peta Indonesia yang disediakan di buku siswa.
o Siswa
menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o Guru
dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman
150.
Pengayaan
Remedial
-
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
4.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Rubrik
PJOK
Kriteria
|
Sudah terlihat
|
Belum terlihat
|
Menjelaskan cidera lecet dan cara penanganannya
|
|
|
Mempraktikkan
cara penanganan cidera lecet dengan cara yang benar:
a.
Membersihkan dengan air dan obat antiseptic dengan
menggunakan kasa, usahakan jari tangan tidak menyentuh luka.
c.
Diberikan obat merah/betadine
d.
Dibalut dengan kain kasa
|
|
|
Kriteria
|
Sudah terlihat
|
Belum terlihat
|
Menjelaskan cidera lepuh dan cara penanganannya
|
|
|
Mempraktikkan
cara penanganan cidera lepuh dengan cara yang benar:
a.
Jika lepuh sudah robek, dibersihkan dan dibalut dengan
menggunakan kain kasa yang bersih.
b.
Jika lepuh belum robek, dibiarkan dan dibalut menggunakan
kain kasa yang bersih
|
|
|
2.
Daftar Periksa IPS
Beri tanda centang (ü) pada bagian
yang sesuai.
Kriteria
|
Sudah terlihat
|
Belum terlihat
|
Mengidentifikasi proses penyebaran agama Islam di Jawa
Tengah
|
|
|
Menjelaskan perjuangan yang dilakukan oleh Sunan Kudus
dalam menyebarkan agama Islam dengan pendekatan kebudayaan Hindu-Buddha yang
telah ada
|
|
|
3.
Rubrik Diskusi PPKn
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih
perlu diingatkan
|
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang
berbicara
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,
ekspresi wajah, suara)
|
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
|
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang
ditunjukkan teman
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman
|
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
|
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat diskusi
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai
dengan topik.
|
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung
|
Keterangan :
Skor
Maksimal 9
Nilai =
4.
Rubrik penilaian tentang
sifat-sifat cahaya (IPA)
5.
Penilaian Sikap (cinta tanah air,
kerjasama, teliti).
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Sifat-sifat
cahaya
|
Menuliskan 4 sifat cahaya dengan benar
|
Menuliskan 3 sifat cahaya dengan benar
|
Menuliskan 2 atau kurang sifat cahaya dengan benar
|
Contoh
penerapan sifat cahaya dengan benar
|
Menuliskan 4 penerapan sifat cahaya dengan benar
|
Menuliskan 3 penerapan sifat cahaya dengan benar
|
Menuliskan 2 atau kurang penerapan sifat cahaya dengan
benar
|
Lup
|
Membuat lup sederhana sesuai bahan, alat, dan langkah kerja
dengan benar dan mandiri
|
Membuat lup sederhana sesuai bahan, alat, dan langkah kerja
dengan mandiri, tetapi benar 50%
|
Membuat lup sederhana sesuai bahan, alat, dan langkah kerja
dengan mandiri, tetapi benar kurang dari 50%
|
Kesimpulan
|
Menyajikan kesimpulan percobaan dengan tepat dan mandiri
|
Menyajikan kesimpulan percobaan dengan mandiri, namun
kurang tepat
|
Belum dapat menyajikan kesimpulan percobaan dengan tepat
dan mandiri
|
Keterangan :
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Peralatan untuk percobaan kaca pembesar (Lub), berbagai bahan
bacaan tentang Sultan Iskandar Muda
Mengetahui, Tijue,
……….………….., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Perharhatikan gambar berikut ! Jika terjadi cedera lecet
dan lepuh, apa yang harus dilakukan? Diskusikan
MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 5
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 5
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment