Home » » TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday, 23 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 4/1
Tema 5                                        : Pahlawanku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perjuangan Para Pahlawan/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.10 Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama melakukan aktivitas fisik.
3.10.1    Membedakan jenis cidera
4.10 Mempraktikkan cara penang-gulangan cidera secara sederhana selama melakukan aktivitas fisik.
4.10.1    Mendemonstrasikan cara mena-ngani cidera sesuai jenisnya

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang MahaEsa di lingkungan rumah, sekolah  dan masyarakat sekitar
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui ke-salahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.4   Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4.1 Menjelaskan arti bersatu dalam keberagaman
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan  masyarakat
4.3.1        Mempraktikkan kerja sama dengan teman dalam keberagaman di sekolah

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1        Mengidentifikasi penerapan sifat-sifat cahaya
4.4    Membuat sebuah karya/model yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya
4.5.1 Merancang sebuah karya yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya

d) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin bertanggung jawab, peduli, santun dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupannya sekarang
3.2 Memahami manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan  pendidikan
3.2.1        Menjelaskan perjuangan yang dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda untu Kerajaan Aceh
4.2 Merangkum hasil pengamatan dan menceritakan manusia, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu pada masa praaksara, Hindu Buddha, Islam dalam aspek pemerintah, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.2.1        Menjelaskan sikap kepahla-wanan yang dapat diteladani dari Sultan Iskandar Muda

C. Materi Pembelajaran :
1.      Jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana selama  melakukan aktivitas fisik
2.      Bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.      Sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Perjuangan yang dilakukan oleh sultan iskandar muda untu kerajaan aceh
 
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “perjuanganku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebelum memulai pelajaran, guru mengingatkan kem­bali tentang materi yang telah dipelajari pada pembela­jaran sebelumnya.
o   Guru memberikan peguatan kepada siswa bahwa sebaiknya kita meniru dan meneladani sikap mereka. Setiap orang bisa menjadi pahlawan. Pahlawan dapat dianggap sebagai seseorang yang berbakti kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
o   Siswa mengamati gambar dan teks tentang Sultan Iskandar Muda.
o   Guru menyampaikan kepada siswa bahwa sekarang saatnya kita belajar perjuan­gan Sultan Iskandar Muda.
o   Siswa membuat pertanyaan untuk hal-hal yang ingin mereka ketahui tentang Sul­tan Iskandar Muda.
o   Siswa memberikan pertanyaan kepada teman untuk dijawab.
o   Siswa mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang Sultan Iskandar Muda. Hasil informasi tersebut dijadikan bahan untuk diskusi.
o   Siswa mencari informasi dari buku, teks, bertanya kepada guru dan dari sumber lainnya
o   Siswa duduk dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Siswa mendiskusikan pertanyaan berikut.
  1. Apa perjuangan Sultan Iskandar Muda? 
  2. Apa dampak perjuangan Sultan Iskandar Muda bagi rakyat Kerajaan Aceh? 
  3. Hal-hal baik apa yang bisa kita contoh dari perjuangan Sultan Iskandar Muda?
o   Siswa menukarkan jawabannya ke kelompok lain. Siswa kelompok lain memberikan pendapatnya.
o   Guru menguatkan pengetahuan tentang perjuangan Sultan Iskandar Muda.
o   Siswa memperhatikan guru yang sedang mendemonstrasikan cara menanggulangi cidera yang benar.
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara berpasangan. satu kelompok ter­diri dari dua siswa.
o   Siswa mendemonstrasikan cara mengobati cedera yang sudah dipelajari di atas dengan panduan guru.
o   Siswa mendemonstrasikan secara bergantian dengan pasangannya masing-mas­ing.
o   Siswa memasangkan gambar pada kolom A dan B.
o   Siswa melakukan pertolongan pada cidera lecet dan melepuh pda pelajaran olah raga. Guru dapat membagi kegiatan olah raga menjadi 2 kali pertemuan.
o   Siswa membuat suatu karya yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya, yaitu mem­buat lup (kaca pembesar) sederhana.
o   Kegiatan ini terintegrasi dengan kerjasama. Guru selama kegiatan percobaan mengamati sikap siswa saat percobaan.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan setelah percobaan.
o   Siswa membuat kesimpulan dari percobaan.
o   Guru member penguatan pentingnya melakukan kerjasama.
o   Siswa mengerjakan evaluasi yang ada di buku siswa.
o   Siswa mengerjakan peta tematik. Siswa mengerjakan di kertas lain. Siswa menji­plak peta Indonesia yang disediakan di buku siswa.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan di buku siswa.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
  • Siswa menceritakan kembali kepada teman lainnya tentang perjuangan pahlawan yang ditemukan dalam permainan acak kata
Remedial
-           
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian

1.        Rubrik PJOK
Kriteria
Sudah terlihat
Belum terlihat
Menjelaskan cidera lecet dan cara penanganannya


Mempraktikkan cara penanganan cidera lecet dengan cara yang benar:
a.       Membersihkan dengan air dan obat antiseptic dengan menggunakan kasa, usahakan jari tangan tidak menyentuh luka.
c.       Diberikan obat merah/betadine
d.      Dibalut dengan kain kasa



Kriteria
Sudah terlihat
Belum terlihat
Menjelaskan cidera lepuh dan cara penanganannya


Mempraktikkan cara penanganan cidera lepuh dengan cara yang benar:
a.       Jika lepuh sudah robek, dibersihkan dan dibalut dengan menggunakan kain kasa yang bersih.
b.      Jika lepuh belum robek, dibiarkan dan dibalut menggunakan kain kasa yang bersih



2.        Daftar Periksa IPS
Beri tanda centang (ü) pada bagian yang sesuai.
Kriteria
Sudah terlihat
Belum terlihat
Mengidentifikasi proses penyebaran agama Islam di Jawa Tengah


Menjelaskan perjuangan yang dilakukan oleh Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam dengan pendekatan kebudayaan Hindu-Buddha yang telah ada



3.        Rubrik Diskusi PPKn

Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Perlu berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung


Keterangan :   
Skor Maksimal 9

Nilai    =

4.        Rubrik penilaian tentang sifat-sifat cahaya (IPA)

5.        Penilaian Sikap (cinta tanah air, kerjasama, teliti).

Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Perlu berlatih lagi
Sifat-sifat cahaya
Menuliskan 4 sifat cahaya dengan benar
Menuliskan 3 sifat cahaya dengan benar
Menuliskan 2 atau kurang sifat cahaya dengan benar
Contoh penerapan sifat cahaya dengan benar
Menuliskan 4 penerapan sifat cahaya dengan benar
Menuliskan 3 penerapan sifat cahaya dengan benar
Menuliskan 2 atau kurang penerapan sifat cahaya dengan benar
Lup
Membuat lup sederhana sesuai bahan, alat, dan langkah kerja dengan benar dan mandiri
Membuat lup sederhana sesuai bahan, alat, dan langkah kerja dengan mandiri, tetapi benar 50%
Membuat lup sederhana sesuai bahan, alat, dan langkah kerja dengan mandiri, tetapi benar kurang dari 50%
Kesimpulan
Menyajikan kesimpulan percobaan dengan tepat dan mandiri
Menyajikan kesimpulan percobaan dengan mandiri, namun kurang tepat
Belum dapat menyajikan kesimpulan percobaan dengan tepat dan mandiri
Keterangan :   
Skor Maksimal 12

Nilai    =

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Peralatan untuk percobaan kaca pembesar (Lub), berbagai bahan bacaan tentang Sultan Iskandar Muda


Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)



Perharhatikan gambar berikut ! Jika terjadi cedera lecet dan lepuh, apa yang harus dilakukan? Diskusikan 




 
MEDIA
TEMA 5 KELAS 4 SUB 1 PB 6


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors