Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 21 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topic tertentu.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
4.2.2 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar
4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.8.2 Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda  di sekitar.
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.

d) SBdP
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.2 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.12 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
4.12.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat sesuai dinamika gerak.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
2.      Unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.      Gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup bersih dan sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dan memotivasi siswa tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang berhubungan dengan kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti bermain tapak gunung(mengamati).
o   Siswa mengamati gambar bentuk tapak gunung (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan permainan Siti teman-temannya (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Apa yang dilakukan Siti bersama teman-teman?
·         Gambar apakah yang kamu temukan?
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Aturan Permainan Tapak Gunung
o   Cara bermain tapak gunung untuk arena jaring-jaring kubus :
o   Anak menggambar arena dengan menggunakan kapur atau tongkat.
o   Tiap anak mengambil batu kecil/pecahan genting dan berusaha melemparkan ke arena, mulai dari kotak yang pertama.
o   Anak engklek masuk ke dalam kotak. Setelah berhasil sampai ujung, anak akan berusaha kembali ke tempat asal, sambil memungut batu miliknya pada kotak sebelum kotak yang terdapat batu/pecahan genting miliknya.
o   Giliran akan berganti bila ada anak yang menyentuh garis atau salah melempar batu.
o   Setelah berhasil menempatkan batu di ujung, dia akan mendapatkan bintang. Dimana bintang diletakkan, ditentukan dengan melemparkan batu ke arena permainan dengan badan terbalik. Kotak/daerah yang terdapat bintang miliknya tidak boleh diinjak oleh lawanlawannya sehingga akan menyulitkan lawan.
o   Di dalam arena ada daerah yang disebut lurah. Daerah lurah adalah daerah yang diperebutkan di akhir permainan. Bila ada anak yang mendapatkan lurah sebelum permainan terakhir, maka anak tersebut boleh meminta daerah mana saja yang akan ditandai sebagai daerahnya. Jika ada anak yang mendapatkan daerah lurah di putaran terakhir, dia yang menang, meskipun daerahnya hanya sedikit.
Alternatif Pembelajaran
Alternatif 1.
o   Guru memberikan contoh gerakan dan cara bermain tapak
o   gunung. Buat beberapa arena sehingga kesempatan anak
o   untuk main semakin banyak.

Alternatif 2.
o   Siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 dan kelompok 2 mengirimkan anggotanya untuk bermain.
o   Menggambar Tapak Gunung
o   Buat titik terlebih dahulu kemudian hubungkan titik-titik tersebut.
o   Dalam membuat tapak gunung gunakan pensil dan penggaris.
o   Selama proses menggambar guru mendampingi dan membimbing siswa.
o   Cara Membuat ruas garis
o   Buatlah 2 titik terlebih dahulu
o   Hubungkan titik-titik tersebut, terbentuk ruas garis lurus
o   Titik tekan pembelajaran menggambar tapak gunung adalah mengenal bangun segiempat. Siswa mengenal sudut dan sisi bangun segiempat.
o   Guru mengecek cara menggambar sudut dan sisinya.
o   Siswa mengidentifikasi bentuk gambar tapak gunung.
o   Jawaban siswa dibahas guru bersama siswa.
o   Bentuk tapak gunung adalah bangun datar segiempat. Apabila siswa menjawab lain, jawaban dibahas bersama siswa.
o   Setelah siswa menulis bangun yang terdapat di tapak gunung, siswa menentukan banyak bangun segiempat, banyak sudut dan banyak sisi.
o   Siswa mengamati gambar, siswa mengidentifikasi gambar masing-masing.
o   Ada empat gambar:
o   Gambar Siti menggambar tapak gunung, gambar Siti bermain tapak gunung dengan teman-teman, dan gambar Siti mencuci tangan dan kaki.
o   Guru melakukan bimbingan menulis cerita berdasarkan gambar, jika terdapat siswa kesulitan guru dapat memberikan arahan atau bantuan.
o   Pada kegiatan: AYO, BERDISKUSI: siswa membentuk kelompok diskusi untuk mencari akibat tidak mencuci tangan dan kakisetelah bermain.
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk merangsang berpendapat siswa.

Pertanyaan:
·         Jika tidak cuci tangan, bagaimana kondisi tanganmu? Bersih atau kotor?
·         Jika tangan kotor, apa akibatnya?
o   Masing-masing kelompok mencatat alasan mengapa harus cuci tangan setelah bermain.
o   Alternatif Pelaksanaan Diskusi:
o   Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilihpara petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/ notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
o   Pembawa acara menjadi fasilisator dalam diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaanpertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
o   Notulis bertugas untuk mencatat hasil diskusi yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
o   Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
o   Guru mendampingi dan membimbing siswa dalam berdiskusi.
o   Guru memberikan penjelasan cara bercerita yang baik. Gurumenyampaikan kriteria penilaian sebelum siswa bercerita satu persatu.
o   Guru mencontohkan pembukaan cerita sebelum siswa menyampaikan cerita.
o   Pembukaan: salam, perkenalkan diri, menyampaikan topic yang akan diceriterakan.
o   Ada beberapa hal yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan bermain dengan tempo lambat, maka guru dapat memberikan penugasan dalam melakukan gerakan bermain dengan tempo sedang atau cepat.
o   Jika siswa sudah bisa menggambar dengan rapi, maka guru dapat menugaskan siswa menggambar bangun segiempat yang lain.
o   Jika siswa sudah bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa masih kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bermain, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan gerakan tersebut.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menggambar segiempat, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam menggambar ruas garis kemudian menggambar bangun datar.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat
o   membimbing siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Menulis bangun datar dari permainan tapak gunung.
b. Menulis bangun datar dari permainan tapak gunung.

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keterampilan melakukan gerakan gerakan anggota tubuh.


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan anggota tubuh


3.
Keterampilan melakukan gerakan tempo lambat


4
Ketaatan pada aturan gerakan dengan tempo
lambat.



c. Menggambar tapak gunung.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kebenaran
Konsep
Gambar sudut
dan sisi benar
dan gambar
6 segiempat
memiliki ukuran
yang sama.
Gambar
sudut dan sisi
benar dan
ada beberapa
gambar segiempat
memiliki ukuran
berbeda.
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat.
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat dan dilakukan
dengan bimbingan guru
2
Kerapian
Seluruh gambar
segiempat rapi dan bersih
Terdapat sebagian
kecil gambar
segiempat tidak
rapi
Terdapat
setengah
dari gambar
segiempat tidak rapi
                    
Sebagian besar gambar segiempat tidak rapi

d. Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang
tepat tanpa bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan
kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata yang lengkap
Terdapat sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema mencuci tangan
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema


Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang tepat



Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami

e. Berdiskusi Akibat tidak Mencuci Tangan
Penilaian: Pengamatan
Rubrik Penilaian Berdiskusi Akibat tidak Mencuci Tangan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Keaktifan dalam berdiskusi


2.
Kemampuan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupa sehari-hari


3.
Kemampuan mengeluarkan pendapat



f. Menceritakan kegiatan olahraga di rumah.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Mampu Bercerita dengan lancar
Sebagian besar cerita disampaikan
dengan lancar
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar
Belum mampu
bercerita


2
Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh ruang kelas
Terdengar
Sampai setengah ruang
kelas
Terdengar
hanya bagian
depan ruang
kelas
Suara sangat
pelan atau
tidak terdengar


F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa “Hidup Bersih dan Sehat”.
2. Kardus sabun besar.
3. Gunting.
4. Cutter.


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat
























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Ayo berlatih mengenal berbagai model pecahan uang! Lakukan tugas berikut seperti contoh!

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3


Bangun Datar pada permainan Tapak Gunung memiliki sudut dan sisi.
Lengkapilah tabel di bawah ini!

 MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 3

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors