RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
3.2.3
Menyebutkan urutan kegiatan dengan topic tertentu.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD
yang benar.
4.2.2
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD
yang benar
4.2.3
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.8
Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam
beraturan.
3.8.2
Menentukan banyaknya sudut dan ruas garis (sisi) pada bangun datar tertentu.
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1
Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
d) SBdP
1.1
Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan
Tuhan.
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai
sumber ide dalam berkarya seni.
3.2
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.12
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan
badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.
4.12.1
Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat
sesuai dinamika gerak.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Berbagai
kegiatan di lingkungan sekitar.
2.
Unsur-unsur
yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.
Gerak
seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup bersih dan sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal pembelajaran,
guru mengondisikan siswa secara klasikal dan memotivasi siswa tentang
pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat yang berhubungan dengan kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Siti bermain tapak gunung(mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar bentuk tapak gunung (mengamati).
o
Siswa mengamati
teks bacaan permainan Siti teman-temannya (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Apa yang
dilakukan Siti bersama teman-teman?
·
Gambar apakah
yang kamu temukan?
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Aturan Permainan
Tapak Gunung
o
Cara bermain
tapak gunung untuk arena jaring-jaring kubus :
o
Anak menggambar
arena dengan menggunakan kapur atau tongkat.
o
Tiap anak
mengambil batu kecil/pecahan genting dan berusaha melemparkan ke arena, mulai
dari kotak yang pertama.
o
Anak engklek
masuk ke dalam kotak. Setelah berhasil sampai ujung, anak akan berusaha
kembali ke tempat asal, sambil memungut batu miliknya pada kotak sebelum kotak
yang terdapat batu/pecahan genting miliknya.
o
Giliran akan
berganti bila ada anak yang menyentuh garis atau salah melempar batu.
o
Setelah berhasil
menempatkan batu di ujung, dia akan mendapatkan bintang. Dimana bintang
diletakkan, ditentukan dengan melemparkan batu ke arena permainan dengan
badan terbalik. Kotak/daerah yang terdapat bintang miliknya tidak boleh
diinjak oleh lawanlawannya sehingga akan menyulitkan lawan.
o
Di dalam arena
ada daerah yang disebut lurah. Daerah lurah adalah daerah yang diperebutkan
di akhir permainan. Bila ada anak yang mendapatkan lurah sebelum permainan terakhir,
maka anak tersebut boleh meminta daerah mana saja yang akan ditandai sebagai
daerahnya. Jika ada anak yang mendapatkan daerah lurah di putaran terakhir,
dia yang menang, meskipun daerahnya hanya sedikit.
Alternatif Pembelajaran
Alternatif 1.
o
Guru memberikan
contoh gerakan dan cara bermain tapak
o
gunung. Buat
beberapa arena sehingga kesempatan anak
o
untuk main
semakin banyak.
Alternatif 2.
o
Siswa dibagi
menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 dan kelompok 2 mengirimkan anggotanya untuk
bermain.
o
Menggambar Tapak
Gunung
o
Buat titik
terlebih dahulu kemudian hubungkan titik-titik tersebut.
o
Dalam membuat
tapak gunung gunakan pensil dan penggaris.
o
Selama proses menggambar
guru mendampingi dan membimbing siswa.
o
Cara Membuat ruas
garis
o
Buatlah 2 titik
terlebih dahulu
o
Hubungkan
titik-titik tersebut, terbentuk ruas garis lurus
o
Titik tekan
pembelajaran menggambar tapak gunung adalah mengenal bangun segiempat. Siswa
mengenal sudut dan sisi bangun segiempat.
o
Guru mengecek
cara menggambar sudut dan sisinya.
o
Siswa
mengidentifikasi bentuk gambar tapak gunung.
o
Jawaban siswa
dibahas guru bersama siswa.
o
Bentuk tapak
gunung adalah bangun datar segiempat. Apabila siswa menjawab lain, jawaban
dibahas bersama siswa.
o
Setelah siswa
menulis bangun yang terdapat di tapak gunung, siswa menentukan banyak bangun
segiempat, banyak sudut dan banyak sisi.
o
Siswa mengamati
gambar, siswa mengidentifikasi gambar masing-masing.
o
Ada empat gambar:
o
Gambar Siti
menggambar tapak gunung, gambar Siti bermain tapak gunung dengan teman-teman,
dan gambar Siti mencuci tangan dan kaki.
o
Guru melakukan
bimbingan menulis cerita berdasarkan gambar, jika terdapat siswa kesulitan
guru dapat memberikan arahan atau bantuan.
o
Pada kegiatan:
AYO, BERDISKUSI: siswa membentuk kelompok diskusi untuk mencari akibat tidak
mencuci tangan dan kakisetelah bermain.
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk merangsang berpendapat siswa.
Pertanyaan:
·
Jika tidak cuci
tangan, bagaimana kondisi tanganmu? Bersih atau kotor?
·
Jika tangan
kotor, apa akibatnya?
o
Masing-masing
kelompok mencatat alasan mengapa harus cuci tangan setelah bermain.
o
Alternatif
Pelaksanaan Diskusi:
o
Guru menciptakan
suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi
secara klasikal.
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk memilihpara petugas diskusi, seperti pembawa
acara, sekretaris/ notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain
bertindak sebagai peserta diskusi.
o
Pembawa acara
menjadi fasilisator dalam diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk
membacakan pertanyaanpertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
o
Notulis bertugas
untuk mencatat hasil diskusi yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti
pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga
bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
o
Setiap peserta
diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
o
Guru mendampingi
dan membimbing siswa dalam berdiskusi.
o
Guru memberikan
penjelasan cara bercerita yang baik. Gurumenyampaikan kriteria penilaian
sebelum siswa bercerita satu persatu.
o
Guru mencontohkan
pembukaan cerita sebelum siswa menyampaikan cerita.
o
Pembukaan: salam,
perkenalkan diri, menyampaikan topic yang akan diceriterakan.
o
Ada beberapa hal
yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa melakukan gerakan bermain dengan tempo lambat, maka guru dapat memberikan
penugasan dalam melakukan gerakan bermain dengan tempo sedang atau cepat.
o
Jika siswa sudah
bisa menggambar dengan rapi, maka guru dapat menugaskan siswa menggambar
bangun segiempat yang lain.
o
Jika siswa sudah
bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan
kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bermain, maka guru dapat memberikan
latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan
gerakan tersebut.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menggambar segiempat, maka guru dapat memberikan bimbingan
dalam menggambar ruas garis kemudian menggambar bangun datar.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat
o
membimbing siswa
dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Menulis bangun datar dari permainan tapak gunung.
b.
Menulis bangun datar dari permainan tapak gunung.
3. Penilaian Keterampilan
a.
Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat
tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b.
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keterampilan melakukan gerakan gerakan anggota tubuh.
|
|
|
2.
|
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan anggota tubuh
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan tempo
lambat
|
|
|
4
|
Ketaatan pada aturan gerakan dengan tempo
lambat.
|
|
|
c.
Menggambar tapak gunung.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kebenaran
Konsep
|
Gambar sudut
dan sisi benar
dan gambar
6 segiempat
memiliki ukuran
yang sama.
|
Gambar
sudut dan sisi
benar dan
ada beberapa
gambar segiempat
memiliki ukuran
berbeda.
|
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat.
|
Ada beberapa
gambar sudut
dan sisinya tidak tepat dan dilakukan
dengan bimbingan guru
|
2
|
Kerapian
|
Seluruh gambar
segiempat rapi dan bersih
|
Terdapat sebagian
kecil gambar
segiempat tidak
rapi
|
Terdapat
setengah
dari gambar
segiempat tidak rapi
|
Sebagian besar gambar segiempat tidak rapi
|
d.
Menulis Cerita Berdasarkan Gambar
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang
tepat tanpa bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan
kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata yang lengkap
|
Terdapat sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
|
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema mencuci tangan
|
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema
|
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
e. Berdiskusi
Akibat tidak Mencuci Tangan
Penilaian:
Pengamatan
Rubrik Penilaian Berdiskusi Akibat tidak Mencuci
Tangan
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Keaktifan dalam berdiskusi
|
|
|
2.
|
Kemampuan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupa sehari-hari
|
|
|
3.
|
Kemampuan mengeluarkan pendapat
|
|
|
f.
Menceritakan kegiatan olahraga di rumah.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Mampu Bercerita dengan lancar
|
Sebagian besar cerita disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan
lancar
|
Belum mampu
bercerita
|
2
|
Volume Suara
|
Terdengar
sampai seluruh ruang kelas
|
Terdengar
Sampai setengah ruang
kelas
|
Terdengar
hanya bagian
depan ruang
kelas
|
Suara sangat
pelan atau
tidak terdengar
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa
“Hidup Bersih dan Sehat”.
2. Kardus sabun
besar.
3. Gunting.
4. Cutter.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Bangun Datar pada permainan Tapak Gunung memiliki
sudut dan sisi.
Lengkapilah tabel di bawah ini!MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment