Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday, 21 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi pola gerak dasar bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/ samping dalam aktivitas senam.
3.5.2 Mengidentifikasi pola gerak dasar bergantung dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Melakukan gerakan bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping.
4.5.2 Melakukan gerakan bergantung.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.

d) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.2 Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai engan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan tata tertib di lingkungan keluarga

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.       Pola gerak dasar bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/ samping dalam aktivitas senam
2.       Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa indonesia
3.       Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti melakukan olahraga (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Siti melakukan gerakan pemanasan (mengamati).
o   Siswa mengamati teks bacaan kegiatan olahraga Siti bersama keluarga (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o   Apa yang dilakukan Siti bersama keluarga?
o   Gerakan apa yang dilakukan Siti?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang kegiatan olahraga Siti di rumah
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan kegiatan olahraga Siti di rumah dengan cermat (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar Siti melakukan olahraga di rumah
o   (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar berbagai gerakan bertumpu pada tangan dan lengan (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar berbagai gerakan menggantung (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·         Gerakan apa yang dilakukan Siti?
·         Gerakan apa yang dilakukan Ali?

Alternatif Pembelajaran:
o   Alternatif 1. Guru memberikan contoh gerakan bertumpu pada tangan dan lengan, kemudian diikuti siswa satu persatu.
o   Gerakan selanjutnya guru memberikan contoh gerakan menggantung kemudian diikuti siswa secara bergantian.
o   Alternatif 2. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 berlatih gerakan bertumpu pada tangan dan lengan. Kelompok 2 siswa berlatih gerakan menggantung. Diakhir pembelajaran guru menguji gerakan masing-masing siswa.
o   Siswa memilih kegiatan yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah, kemudian memberi tanda centang () dan untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah diberi tanda ().
o   Setelah siswa memilih dan memberi tanda pada empat kegiatan tersebut, guru bersama siswa membahas masingmasing kegiatan.
o   Berolahraga dan mencuci tangan adalah contoh perilaku hidup bersih dan sehat.
o   Merokok mengakibatkan beberapa penyakit diantaranya kanker paru-paru.
o   Membuang sampah sembarangan menyebabkan banyak penyakit di antaranya diare.
o   Siswa menulis cerita tentang aktivitas fisik yang sering kamu lakukan di rumah.
o   Ada bebera hal penting dalam menulis cerita sederhana.
·         Membuat kerangka cerita.
·         Mengembangkan kerangka cerita.
o   Guru melakukan bimbingan, jika terdapat siswa kesulitan guru dapat memberikan arahan atau bantuan
o   Guru memberikan penjelasan cara bercerita yang baik. Guru menyampaikan kriteria penilaian sebelum siswa bercerita satu persatu.
o   Ada beberapa hal yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.

Kegiatan Pengayaan:
o   Jika siswa sudah bisa melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan lengan dan gerakan dasar bergantung, maka guru dapat memberikan penugasan dalam melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan lengan dan gerakan dasar bergantung yang lebih intensif.
o   Jika siswa sudah bisa mengelompokkan kegiatan sesuai perilaku hidup bersih dan sehat dan tidak sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan yaitu siswa diminta mencari contoh lain.
o   Jika siswa sudah bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.

Kegiatan Remedial:
o   Jika siswa masih kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan,lengan dan gerakan dasar bergantung, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing. Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan gerakan.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mengelompokkan kegiatan sesuai tata tertib dan tidak sesuai tata tertib, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membedakan kegiatan
o   yang sesuai tata tertib dengan kegiatan yang tidak sesuai tata tertib dengan menjelaskan dampak kegiatan tersebut.
o   Contoh merokok berakibat terkena penyakit, maka kegiatan tersebut tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya

2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
Mengelompokkan kegiatan yang sesuai dan tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.

Jawaban:
Berolahraga dan mencuci tangan adalah contoh perilaku hidup bersih dan sehat.
Merokok dan membuang sampah sembarangan adalah bukan contoh perilaku hidup bersih dan sehat.

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



b. Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.

Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1.
Keterampilan melakukan gerakan bertumpu pada
tangan dan lengan


2.
Ketaatan pada aturan melakukan gerakan dasar
bertumpu pada tangan dan lengan


3.
Keterampilan melakukan gerakan bergantung.


4
Ketaatan pada aturan gerakan bergantung.



Menulis cerita tentang kegiatan olahraga di rumah sesuai dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang
tepat tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat namun
dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
2
Kelengkapan
Penulisan kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata yang lengkap
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian
isi teks yang
ditulis dengan
tema mencuci tangan
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai
judul atau tema
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit
dipahami

d. Menceritakan kegiatan olahraga di rumah.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Kemampuan
Bercerita
Mampu Bercerita dengan lancar
Sebagian
besar cerita
disampaikan
dengan lancar

Sebagian
kecil cerita
disampaikan
dengan lancar

Belum mampu
bercerita
2
Volume Suara
Terdengar
sampai seluruh
 ruang kelas
Terdengar
Sampai setengah ruang kelas
Terdengar
hanya bagian
depan ruang
kelas

Suara sangat
pelan atau tidak terdengar


F. Sumber dan Media

1. Buku Siswa “Hidup Bersih dan Sehat”.


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                           NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Tulislah cerita tentang kegiatan fisik yang sering kamu
lakukan di rumah!

………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
……………………………………………………………………… 
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………

MEDIA
TEMA 5 KELAS2 SUB 1 PB 2


TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors