RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/
2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui
konsep variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1
Mengidentifikasi pola gerak dasar bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/
samping dalam aktivitas senam.
3.5.2
Mengidentifikasi pola gerak dasar bergantung dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan
variasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki),serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Melakukan
gerakan bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping.
4.5.2 Melakukan
gerakan bergantung.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis
cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang
benar.
d) PPKn
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri
fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan
perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah.
3.2.2
Mengelompokkan berbagai contoh kegiatan yang sesuai engan tata tertib yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Melaksanakan
tata tertib di lingkungan keluarga
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Pola gerak dasar
bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/ samping dalam aktivitas
senam
2.
Teks cerita narasi
sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam
bahasa indonesia
3.
Tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Siti melakukan olahraga (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar Siti melakukan gerakan pemanasan (mengamati).
o
Siswa mengamati
teks bacaan kegiatan olahraga Siti bersama keluarga (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
o
Apa yang
dilakukan Siti bersama keluarga?
o
Gerakan apa yang
dilakukan Siti?
o
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang kegiatan olahraga Siti di rumah
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan kegiatan olahraga
Siti di rumah dengan cermat (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar Siti melakukan olahraga di rumah
o
(mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar berbagai gerakan bertumpu pada tangan dan lengan (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar berbagai gerakan menggantung (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
·
Gerakan apa yang
dilakukan Siti?
·
Gerakan apa yang
dilakukan Ali?
Alternatif Pembelajaran:
o
Alternatif 1.
Guru memberikan contoh gerakan bertumpu pada tangan dan lengan, kemudian
diikuti siswa satu persatu.
o
Gerakan
selanjutnya guru memberikan contoh gerakan menggantung kemudian diikuti siswa
secara bergantian.
o
Alternatif 2.
Siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 berlatih gerakan bertumpu pada
tangan dan lengan. Kelompok 2 siswa berlatih gerakan menggantung. Diakhir
pembelajaran guru menguji gerakan masing-masing siswa.
o
Siswa memilih
kegiatan yang sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah,
kemudian memberi tanda centang (√) dan
untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di
rumah diberi tanda (√).
o
Setelah siswa
memilih dan memberi tanda pada empat kegiatan tersebut, guru bersama siswa
membahas masingmasing kegiatan.
o
Berolahraga dan
mencuci tangan adalah contoh perilaku hidup bersih dan sehat.
o
Merokok
mengakibatkan beberapa penyakit diantaranya kanker paru-paru.
o
Membuang sampah
sembarangan menyebabkan banyak penyakit di antaranya diare.
o
Siswa menulis
cerita tentang aktivitas fisik yang sering kamu lakukan di rumah.
o
Ada bebera hal
penting dalam menulis cerita sederhana.
·
Membuat kerangka
cerita.
·
Mengembangkan
kerangka cerita.
o
Guru melakukan
bimbingan, jika terdapat siswa kesulitan guru dapat memberikan arahan atau
bantuan
o
Guru memberikan
penjelasan cara bercerita yang baik. Guru menyampaikan kriteria penilaian
sebelum siswa bercerita satu persatu.
o
Ada beberapa hal
yang perlu ditekankan seperti keberanian dan suara yang jelas.
Kegiatan
Pengayaan:
o
Jika siswa sudah
bisa melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan lengan dan gerakan dasar
bergantung, maka guru dapat memberikan penugasan dalam melakukan gerakan bertumpu
pada tangan dan lengan dan gerakan dasar bergantung yang lebih intensif.
o
Jika siswa sudah
bisa mengelompokkan kegiatan sesuai perilaku hidup bersih dan sehat dan tidak
sesuai perilaku hidup bersih dan sehat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan
yaitu siswa diminta mencari contoh lain.
o
Jika siswa sudah
bisa menceritakan berbagai kegiatan dengan tepat, maka guru dapat memberikan
kriteria tambahan yaitu ekspresi dalam melakukan cerita.
Kegiatan
Remedial:
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk bisa melakukan gerakan bertumpu pada tangan dan,lengan dan
gerakan dasar bergantung, maka guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing.
Seorang siswa dijadikan contoh model untuk melakukan gerakan.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk mengelompokkan kegiatan sesuai tata tertib dan tidak sesuai
tata tertib, maka guru dapat memberikan bimbingan dalam membedakan kegiatan
o
yang sesuai tata
tertib dengan kegiatan yang tidak sesuai tata tertib dengan menjelaskan dampak
kegiatan tersebut.
o
Contoh merokok
berakibat terkena penyakit, maka kegiatan tersebut tidak sesuai dengan perilaku
hidup bersih dan sehat.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menceritakan berbagai kegiatan, maka guru dapat membimbing
siswa dalam menyampaikan cerita dengan lebih intensif.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
Mengelompokkan kegiatan
yang sesuai dan tidak sesuai dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
Jawaban:
Berolahraga dan
mencuci tangan adalah contoh perilaku hidup bersih dan sehat.
Merokok dan
membuang sampah sembarangan adalah bukan contoh perilaku hidup bersih dan
sehat.
3.
Penilaian Keterampilan
a. Membuat
pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
pertanyaan dengan gambar yang
diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Berperilaku yang
sesuai dengan aturan yang berlaku dalam gerakan.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Berperilaku
yang Sesuai dengan Aturan yang Berlaku dalam
Gerakan.
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum terlihat
|
1.
|
Keterampilan
melakukan gerakan bertumpu pada
tangan dan lengan
|
|
|
2.
|
Ketaatan
pada aturan melakukan gerakan dasar
bertumpu pada tangan dan lengan
|
|
|
3.
|
Keterampilan melakukan gerakan bergantung.
|
|
|
4
|
Ketaatan pada aturan gerakan bergantung.
|
|
|
Menulis cerita
tentang kegiatan olahraga di rumah sesuai dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang tepat
|
Menggunakan
huruf
kapital,
kata
depan, dan
tanda
baca yang
tepat
tanpa
bimbingan guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan tanda
baca
kurang
digunakan
dengan tepat
namun
dilakukan
tanpa
bimbingan guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan tanda
baca
kurang
digunakan
dengan
tepat
dan
dilakukan
dengan bimbingan
guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan tanda
baca
tidak
digunakan
dengan
tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
Penulisan
kata
|
Seluruh
kalimat
menggunakan
penulisan
kata yang lengkap
|
Terdapat
sebagian
kecil
penulisan
kata
yang
kurang
lengkap
|
Terdapat
setengah
dari
teks
penulisan
kata yang
belum lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan
kata
yang
belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian
isi teks
yang
ditulis dengan
tema mencuci
tangan
|
Seluruh
isi teks
yang
ditulis
sesuai
judul
atau tema
|
Setengah
atau
lebih isi
karangan
sesuai
judul
atau tema
|
Kurang
dari
setengah
isi
karangan
sesuai
judul atau tema
|
Seluruh
isi
karangan
belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat
yang
efektif
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
lengkap
dengan
susunan
yang
tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang
kurang
lengkap
dan
susunannya
juga
kurang tepat
|
Mengandung
unsur
kalimat
yang
kurang
lengkap
dan
tidak
jelas
susunannya
juga
kurang sulit
dipahami
|
d. Menceritakan
kegiatan olahraga di rumah.
Penilaian: Unjuk
Kerja
Rubrik Menceritakan Berbagai Kegiatan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
Bercerita
|
Mampu Bercerita
dengan lancar
|
Sebagian
besar
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Sebagian
kecil
cerita
disampaikan
dengan lancar
|
Belum
mampu
bercerita
|
2
|
Volume
Suara
|
Terdengar
sampai
seluruh
ruang kelas
|
Terdengar
Sampai setengah
ruang kelas
|
Terdengar
hanya
bagian
depan
ruang
kelas
|
Suara
sangat
pelan
atau tidak terdengar
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa
“Hidup Bersih dan Sehat”.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Tulislah cerita tentang kegiatan fisik
yang sering kamu
lakukan di rumah!
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
MEDIA
TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment