Home » » TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 21 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                       : 2/1
Tema 5                                    : Hidup Bersih  dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari


A. Kompetensi Inti :
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.

b) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.8.1 Menentukan unsur-unsur yang menentukan bangun datar yaitu sudut dan ruas garis (sisi).
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1 Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.


d) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1 Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
2.      Unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.      Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
D. Kegiatan Pembelajaran :
 Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih  dan Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dalam subtema 1.
o   Siswa mengamati gambar yang menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o   Siswa diberi kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat .
o   Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o   Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti makan bersama keluarga (mengamati).
o   Siswa mengamati gambar makanan yang tersedia di meja (mengamati).
o   Siswa mengamati isi teks “Hidup Bersih dan Sehat di rumah” (mengamati).
o   Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa.
·         Apa yang dilakukan Siti sebelum makan?
·         Mengapa Siti mencuci tangan?
·         Makanan apa yang tersedia di meja?
·         Apa fungsi kita makan?
o   Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o   Mencuci tangan sebagai wujud perilaku bersih.
o   Makan buah dan sayur agar kita sehat.
o   Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o   Kegiatan ini melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o   Siswa diminta menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan pertanyaan.
o   Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o   Siswa mengamati gambar mencuci tangan dengan benar.
o   Guru memberikan teori mencuci tangan dengan benar.
o   Ada 7 langkah mencuci tangan dengan benar, yaitu:
o   Basahi tangan setinggi pertengahan lengan bawah dengan air mengalir.
o   Gunakan sabun di bagian telapak tangan yang telah basah.
o   Digosok telapak tangan ke telapak tangan, sehingga menghasikan busa secukupnya selama 15-20 detik.
o   Bilas kembali dengan air bersih.
o   Tutup kran dengan siku atau tissu.
o   Keringkan tangan dengan tissu/handuk kertas.
o   Hindarkan menyentuh benda disekitarnya setelah mencuci tangan.
·         Siswa diajak ke kran air (depan kelas atau kamar mandi)
·         Guru memberikan contoh mencuci tangan dengan benar.
·         Siswa satu persatu praktik mencuci tangan dengan benar.
·         Guru mengamati siswa dengan cermat.
o   Siswa menulis kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan cuci tangan.

Jawaban:
o   Makan, Minum, membuat kue dengan tangan, tidur, dan kegiatan lain khususnya berkaitan langsung dengan tangan.
o   Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o   Guru memberikan contoh cara menyanyikan lagu “Makan Jangan Bersuara”.

Makan Jangan Bersuara
Cipt: Pak Kasur

Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
Banyak, banyak makan jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak, banyak makan jangan ada sisa
Ayo makan bersama

o   Siswa mengikuti secara bersama-sama.
o   Guru menanyakan tentang isi lagu yang telah dinyanyikan.
o   Siswa mengaitkan isi lagu dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o   Siswa mengamati gambar kardus pembungkus sabun.
o   Guru menyiapkan kardus sabun, siswa mengamati sisi-sisinya.
o   Guru memotong rusuk kardus.
o   Guru menunjukkan sudut dan sisi dari sisi kardus.

o   Siswa mengisi tabel tentang banyak sudut dan banyak sisi potongan kardus yang berupa segiempat.
o   Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o   Siswa mengamati gambar potongan kardus dan membaca teks buku siswa dengan cermat.
o   Siswa menuliskan kesimpulan berdasarkan tabel dengan cermat.

Kesimpulan:
o   Segiempat adalah bangun yang memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
o   Siswa menuliskan contoh tata tertib yang berlaku di rumah.
o   Guru memberikan bimbingan kepada siswa dalam menuliskan contoh tata tertib di rumah.
o   Siswa mengingat langkah-langkah mencuci tangan dengan benar.
o   Guru membimbing siswa untuk menulis cerita sederhana tentang cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun
o   Jika siswa sudah bisa mencuci tangan dengan benar, siswa diminta menjelaskan bagaimana cara mencuci kaki dengan benar.
o   Jika siswa sudah bisa menulis cerita dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam membuat cerita di lembar kertas dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.
o   Jika siswa sudah bisa mengetahui dan memahami sudut dan sisi bangun segiempat, maka guru dapat memberikan latihan lanjutan berupa bentuk soal lain.

Kegiatan Remedial
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mengamati dan mencoba melakukan cuci tangan, maka
o   guru dapat memberikan latihan gerakan terbimbing dan penugasan latihan berkelompok
o   di rumah.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan
o   dalam penulisan cerita yang lebih intensif.
o   Jika siswa masih kesulitan untuk mengetahui dan memahami sudut dan sisi dan sisi bangun
o   ruang, maka guru dapat menjelaskan ulang dengan media yang berbeda

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.      Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Melakukan penilaian hasil belajar
3.      Melakukan repleksi
4.      Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.      Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1.      Teknik Penilaian.
a.       Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b.      Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c.       Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan gerakan bermain.

2.      Jenis penilaian:  a.  Observasi
                                  b.  Tertulis,lisan
                                  c . Praktek,projek

3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;



INSTRUMEN PENILAIAN
1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4












































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
BT            : Belum terlihat
MT           : Mulai Terlihat
MB           : Mulai Berkembang
SM           : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: Tes Tertulis (isian)
a. Memberikan contoh tata tertib yang berlaku di rumah.

Jawaban:
Mandi, membantu membersihkan tempat tidur, makan teratur, dan lain-lain.
Kriteria Penilaian

Kriteria
Bobot
1.
Menjawab 4 kegiatan atau lebih dengan benar
4
2.
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
3
3.
Menjawab 2 kegiatan dengan benar
2
4
Menjawab dengan jawaban salah.
1

b. Menulis kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan cuci tangan.

Jawaban:
Makan, Minum, membuat kue dengan tangan, sebelum tidur, dan kegiatan lain
khususnya berkaitan langsung dengan tangan.
Kriteria Penilaian

Kriteria
Bobot
1.
Menjawab 5 kegiatan atau lebih dengan benar
4
2.
Menjawab 4 kegiatan dengan benar
3
3.
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
2
4
Menjawab kurang dari 3 kegiatan dengan benar
1

c. Membuat Kesimpulan

Kunci Jawaban:
Kata kunci jawaban : Segiempat adalah bangun yang memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
Kriteria Penilaian

Kriteria
Bobot
1.
Menjawab dengan dengan benar dan sesuai EYD.
4
2.
Menjawab dengan benar tidak sesuai EYD.
3
3.
Menjawab salah satu benar sesuai EYD.
2
4
Menjawab salah satu benar tidak sesuai EYD
1

3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya

No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat  (√)
1.
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2.
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3.
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi









b. Melakukan Cuci Tangan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Melakukan Cuci Tangan

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Melakukan
Cuci Tangan
Melakukan
cuci tangan
sesuai dengan
langkahlangkah
yang tertib
Melakukan cuci
tangan hanya 5
langkah dengan
tertib
Melakukan cuci tangan hanya 4 langkah dengan tertib
Melakukan cuci
tangan hanya 3
langkah dengan
tertib

c. Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Cerita

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan
EYD yang
tepat
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang
tepat tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan
bimbingan guru

Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
2
Kelengkapan
penulisan
kata
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum
lengkap
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian
isi teks
yang ditulis
dengan tema
mencuci tangan
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema

Seluruh isi
karangan belum
sesuai
4
Penggunaan
kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit
dipahami



F. Sumber dan Media
1.      Buku Siswa “Hidup Bersih dan Sehat”.
2.      Kardus sabun besar.
3.      Gunting.
4.      Cutter.


Mengetahui,                                                                        Tijue, …. …………….….,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas II,




PARIANTI, S.Pd                                                             YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001                                                       NIP. 19611124 198309 2 001



Hasil Penilaian pengamatan
No
Nama Siswa
Kriteria
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
Terlihat
Belum Terlihat























































































































































































































































































Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Ayo menulis dengan percaya diri!
Tulislah beberapa contoh tata tertib yang berlaku di rumah!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................


Tulislah cerita tentang cara mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

TEMA 5 KELAS 2 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors