RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester :
2/1
Tema 5 :
Hidup Bersih dan Sehat
Sub Tema 1/ Pembelajaran :
Hidup Bersih dan Sehat di Rumah/ 1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa
Indonesia
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal
sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2.1
Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD
yang benar.
b) Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan,
peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
3.8
Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam
beraturan.
3.8.1
Menentukan unsur-unsur yang menentukan bangun datar yaitu sudut dan ruas garis
(sisi).
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari bendabenda di sekitar.
4.6.1
Mengurai unsur-unsur bangun ruang yaitu sisi, sudut, dan rusuk.
d) PPKn
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku
bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1
Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah.
3.2.1
Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1.
Teks
cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia
2.
Unsur-unsur
yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
3.
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4.
Tanya
jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.
Kemudian,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.
Melakukan
apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang
sekarang diajarkan.
7.
Menginformasikan
tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Hidup Bersih dan Sehat”.
8.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang
akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan
ilustrasi gambar dan menerangkan maksud isi teks bacaan yang merangkum kompetensi-kompetensi
yang akan dipelajari dalam subtema 1.
o
Siswa mengamati
gambar yang menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o
Siswa diberi
kesempatan mengamati dan menganalisis gambar secara cermat .
o
Gunakan rubrik
pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengamati gambar Siti makan bersama keluarga (mengamati).
o
Siswa mengamati
gambar makanan yang tersedia di meja (mengamati).
o
Siswa mengamati
isi teks “Hidup Bersih dan Sehat di rumah” (mengamati).
o
Guru memberikan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa.
·
Apa yang
dilakukan Siti sebelum makan?
·
Mengapa Siti
mencuci tangan?
·
Makanan apa yang
tersedia di meja?
·
Apa fungsi kita
makan?
o
Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarahkan pemahaman tentang perilaku hidup bersih dan sehat di
rumah.
o
Mencuci tangan
sebagai wujud perilaku bersih.
o
Makan buah dan
sayur agar kita sehat.
o
Guru membimbing
siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
o
Kegiatan ini
melatih anak untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
o
Siswa diminta
menulis pertanyaannya, kemudian secara bergantian siswa mengajukan
pertanyaan.
o
Guru mencatat
pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
o
Siswa mengamati
gambar mencuci tangan dengan benar.
o
Guru memberikan
teori mencuci tangan dengan benar.
o
Ada 7 langkah
mencuci tangan dengan benar, yaitu:
o
Basahi tangan
setinggi pertengahan lengan bawah dengan air mengalir.
o
Gunakan sabun di
bagian telapak tangan yang telah basah.
o
Digosok telapak
tangan ke telapak tangan, sehingga menghasikan busa secukupnya selama 15-20
detik.
o
Bilas kembali
dengan air bersih.
o
Tutup kran dengan
siku atau tissu.
o
Keringkan tangan
dengan tissu/handuk kertas.
o
Hindarkan
menyentuh benda disekitarnya setelah mencuci tangan.
·
Siswa diajak ke
kran air (depan kelas atau kamar mandi)
·
Guru memberikan
contoh mencuci tangan dengan benar.
·
Siswa satu
persatu praktik mencuci tangan dengan benar.
·
Guru mengamati
siswa dengan cermat.
o
Siswa menulis
kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan cuci tangan.
Jawaban:
o
Makan, Minum,
membuat kue dengan tangan, tidur, dan kegiatan lain khususnya berkaitan
langsung dengan tangan.
o
Gunakan rubrik
menyelesaikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o
Guru memberikan
contoh cara menyanyikan lagu “Makan Jangan Bersuara”.
Makan
Jangan Bersuara
Cipt: Pak Kasur
Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Menjaga kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
Banyak, banyak makan jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak, banyak makan jangan ada sisa
Ayo makan bersama
o
Siswa mengikuti
secara bersama-sama.
o
Guru menanyakan
tentang isi lagu yang telah dinyanyikan.
o
Siswa mengaitkan
isi lagu dengan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah.
o
Siswa mengamati
gambar kardus pembungkus sabun.
o
Guru menyiapkan
kardus sabun, siswa mengamati sisi-sisinya.
o
Guru memotong
rusuk kardus.
o
Guru menunjukkan
sudut dan sisi dari sisi kardus.
o
Siswa mengisi tabel
tentang banyak sudut dan banyak sisi potongan kardus yang berupa segiempat.
o
Gunakan rubrik
menyelesaikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
o
Siswa mengamati
gambar potongan kardus dan membaca teks buku siswa dengan cermat.
o
Siswa menuliskan
kesimpulan berdasarkan tabel dengan cermat.
Kesimpulan:
o
Segiempat adalah
bangun yang memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
o
Siswa menuliskan
contoh tata tertib yang berlaku di rumah.
o
Guru memberikan
bimbingan kepada siswa dalam menuliskan contoh tata tertib di rumah.
o
Siswa mengingat
langkah-langkah mencuci tangan dengan benar.
o
Guru membimbing
siswa untuk menulis cerita sederhana tentang cara mencuci tangan dengan
menggunakan sabun
o
Jika siswa sudah
bisa mencuci tangan dengan benar, siswa diminta menjelaskan bagaimana cara
mencuci kaki dengan benar.
o
Jika siswa sudah
bisa menulis cerita dengan baik, maka guru dapat memberikan penugasan dalam
membuat cerita di lembar kertas dan hasilnya dapat dipajang di dinding kelas.
o
Jika siswa sudah
bisa mengetahui dan memahami sudut dan sisi bangun segiempat, maka guru dapat
memberikan latihan lanjutan berupa bentuk soal lain.
Kegiatan Remedial
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk mengamati dan mencoba melakukan cuci tangan, maka
o
guru dapat
memberikan latihan gerakan terbimbing dan penugasan latihan berkelompok
o
di rumah.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk menulis cerita, maka guru dapat memberikan bimbingan
o
dalam penulisan
cerita yang lebih intensif.
o
Jika siswa masih
kesulitan untuk mengetahui dan memahami sudut dan sisi dan sisi bangun
o
ruang, maka guru
dapat menjelaskan ulang dengan media yang berbeda
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Melakukan
penilaian hasil belajar
3.
Melakukan
repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1.
Teknik Penilaian.
a. Penilaian sikap: Percaya diri dan teliti
b. Penilaian pengetahuan: Daftar periksa dan skor
c. Unjuk kerja: Menulis cerita narasi dan menirukan
gerakan bermain.
2.
Jenis
penilaian: a. Observasi
b. Tertulis,lisan
c
. Praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
INSTRUMEN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
BT : Belum terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: Tes Tertulis (isian)
a.
Memberikan contoh tata tertib yang berlaku di rumah.
Jawaban:
Mandi,
membantu membersihkan tempat tidur, makan teratur, dan lain-lain.
Kriteria Penilaian
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menjawab 4 kegiatan atau lebih dengan benar
|
4
|
2.
|
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
|
3
|
3.
|
Menjawab 2 kegiatan dengan benar
|
2
|
4
|
Menjawab dengan jawaban salah.
|
1
|
b.
Menulis kegiatan di rumah yang harus dilakukan dengan cuci tangan.
Jawaban:
Makan,
Minum, membuat kue dengan tangan, sebelum tidur, dan kegiatan lain
khususnya
berkaitan langsung dengan tangan.
Kriteria Penilaian
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menjawab 5 kegiatan atau lebih dengan benar
|
4
|
2.
|
Menjawab 4 kegiatan dengan benar
|
3
|
3.
|
Menjawab 3 kegiatan dengan benar
|
2
|
4
|
Menjawab kurang dari 3 kegiatan dengan
benar
|
1
|
c.
Membuat Kesimpulan
Kunci
Jawaban:
Kata
kunci jawaban : Segiempat adalah bangun yang memiliki 4 sudut dan 4 sisi.
Kriteria Penilaian
|
Kriteria
|
Bobot
|
1.
|
Menjawab dengan dengan benar dan sesuai EYD.
|
4
|
2.
|
Menjawab dengan benar tidak sesuai EYD.
|
3
|
3.
|
Menjawab salah satu benar sesuai EYD.
|
2
|
4
|
Menjawab salah satu benar tidak sesuai
EYD
|
1
|
3. Penilaian Keterampilan
a. Membuat
pertanyaan dari gambar yang diamati.
Penilaian:
Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum
Terlihat (√)
|
1.
|
Menggunakan kata tanya yang sesuai
|
|
|
2.
|
Penggunaan tanda tanya pada
kalimat tanya
|
|
|
3.
|
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang
diamati
|
|
|
4
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
b. Melakukan Cuci Tangan
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Melakukan Cuci Tangan
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Melakukan
Cuci Tangan
|
Melakukan
cuci tangan
sesuai dengan
langkahlangkah
yang tertib
|
Melakukan cuci
tangan hanya 5
langkah dengan
tertib
|
Melakukan
cuci tangan hanya 4 langkah dengan tertib
|
Melakukan cuci
tangan hanya 3
langkah dengan
tertib
|
c.
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
Penilaian:
Unjuk Kerja
Rubrik
Menulis Cerita
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Penggunaan
EYD yang
tepat
|
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan, dan
tanda baca yang
tepat tanpa
bimbingan guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca kurang
digunakan
dengan tepat namun dilakukan tanpa
bimbingan guru
|
Ada
beberapa
penggunaan
huruf
kapital,
kata
depan,
dan
tanda
baca
kurang
digunakan
dengan
tepat
dan
dilakukan
dengan
bimbingan
guru
|
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda baca
tidak digunakan
dengan tepat
dan dilakukan
dengan bimbingan guru
|
2
|
Kelengkapan
penulisan
kata
|
Seluruh kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
|
Terdapat
sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
|
Terdapat
setengah dari
teks penulisan
kata yang belum
lengkap
|
Sebagian
besar kalimat
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
|
3
|
Kesesuaian
isi teks
yang ditulis
dengan tema
mencuci tangan
|
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema
|
Setengah
atau lebih isi
karangan sesuai
judul atau tema
|
Kurang dari
setengah isi
karangan sesuai judul atau tema
|
Seluruh isi
karangan belum
sesuai
|
4
|
Penggunaan
kalimat yang
efektif
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan susunan
yang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya juga
kurang tepat
|
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang sulit
dipahami
|
F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa
“Hidup Bersih dan Sehat”.
2. Kardus
sabun besar.
3. Gunting.
4. Cutter.
Mengetahui, Tijue,
…. …………….…., 2015
Kepala SD Negeri
2 Tijue
Guru Kelas II,
PARIANTI, S.Pd YUSLINA, S.Pd
NIP. 19690318 199504 2 001 NIP. 19611124
198309 2 001
Hasil Penilaian pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Kriteria
|
||
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
Ayo
menulis dengan percaya diri!
Tulislah
beberapa contoh tata tertib yang berlaku di rumah!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
Tulislah
cerita tentang cara mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment