Home » » TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 6

TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 20 November 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                            : 3/1
Tema 5                                        : Mengenal Olahraga dan Permainan Tradisional
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Olahraga Tradisional di Daerahku/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi keagunganTuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/ dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.1.9 Mengidentifikasi informasi berdasarkan teks tentang permainan/dolanan tradisional.
4.5.1 Menceritakan kembali teks petunjuk melakukan suatu permainan tradisional tentang kehidupan
hewan dan tumbuhan
dengan tepat.

b) PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobi sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.4.4 Mengidentifikasi  berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah.
4.4.1 Menunjukkan sikap bermain bersama siapa saja di lingkungan rumah tanpa pilih-pilih.

c) Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut.
2.1 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkret.
4.3.1 Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar. Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu.
3.7.1. Menemukan sifat simetri bangun datar menggunakan benda konkret.
4.3.1. Membuktikan simetri putar yang dimiliki oleh suatu bangun datar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Memasyarakatkan olahraga tradisional Indonesia.
2.       Menarik kesimpulan mengenai simetri putar dan simetri lipat.
3.      Mempraktikkan bermain dengan banyak teman di sekolah.

D.      Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Permainan Tradisional”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9.      Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks bacaan mengenai memasyarakatkan olahraga tradisional Indonesia.
o   Guru membimbing siswa untuk membaca teks mengenai melestarikan olahraga tradisional Indonesia.
o   Siswa menuliskan masalah-masalah dalam melestarikan olahraga tradisional Indonesia.
o   Siswa-siswa secara diskusi menuliskan ide untuk melestarikan olahraga tradisional
o   Siswa mengemukakan olahraga tradisional kesukaannya.
o   Siswa membuat poster untuk mempromosikan olahraga tradisional Indonesia.
o   Siswa menuliskan rencana bermainnya bersama teman-teman.
o   Siswa berdiskusi dengan siswa lain untuk berdiskusi pengalamannya bermain.
o   Siswa mendiskusikan masalah yang mereka hadapi saat bermain bersama.
o   Siswa mendiskusikan cara menyelesaikan masalah yang mereka hadapi saat bermain bersama.
o   Siswa mendiskusikan tentang perbedaan suku bangsa dan karya seni dari masing masing daerah.
o   Siswa membuat motif batik.
o   Siswa menggunting motif batik yang dibuatnya.
o   Siswa menemukan simetri lipat pada motif batiknya.
o   Siswa menebalkan sumbu simetri dnegan menggunakan spidol atau pensil warna.
o   Siswa menemukan simetri putar pada motif batiknya.
o   Siswa menarik kesimpulan mengenai perbedaan simetri lipat dan simetri putar.
o   Siswa bermain permainan atau olahraga tradisional dengan teman-temannya.
o   Guru mengakhiri pelajaran dengan menjelaskan bahwa saat bermain bisa saja terjadi masalah.
o   Dalam menyelesaikan masalah kita harus mau mendengarkan pendapat orang lain. Bermain dengan banyak teman akan menyenangkan dibandingkan bermain hanya dengan beberapa teman saja.

Remedial
o   Guru membimbing siswa memahami isi bacaan bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara berdiskusi menyelesaikan masalah saat bermain bersama teman bagi siswa yang belum memahami.
o   Guru membahas kembali cara menarik kesimpulan berbedaan antara simetri lipat dengan simetri putar bagi siswa yang belum memahami.

Kegiatan Alternatif (Pengayaan)
o   Guru menugaskan siswa menceritakan dalam bentuk gambar mengenai pembagian keajiban di rumahnya.
o   Guru menugaskan siswa untuk mempraktikan pengoper bola kepada teman tanpa menggunakan tangan.
o   Guru menugaskan siswa untuk bermain banyak teman.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;  a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;        a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Santun
Jujur
Cermat dan Teliti
Bertanggung jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Ket:
K = Kurang               C = Cukup                 B = Baik                     SB= Sangat Baik

Penilaian Pengetahuan
a. Memahami isi teks bacaan sepak takraw.
Skor maksimum = 100, jika siswa dapat menjawab pertanyaan dengan
tepat.
b. Menentukan banyaknya simetri lipat dan simetri putar pada beberapa
bidang datar.

Keterangan :
Skor Penilaian
Skor =  x 100

Panduan Konversi Nilai:
Rentang score
Rentang Angka
Huruf
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
D (Kurang)

3. Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan: Bermain bersama banyak teman.
No
Bagian Surat
Terlihat
Tidak Terlihat
1.
Menyusun rencana bermain bersama teman


2.
Bermain secara aktif dengan banyak teman



F. Sumber dan Media
1. Buku Siswa.
2. Gambar.

Mengetahui,                                                                        Tijue, ……….…………..,  2015
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas III,




PARIANTI, S.Pd                                                                         NURHASMIATI, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760511 200701 2 027


Lembar Kerja Siswa
(LKS)


Tuliskanlah idemu untuk mengajak
masyarakat melakukan olah raga tradisional
Indonesia!

MEDIA


TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 1
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 2
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 3
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 4
TEMA 5 KELAS 3 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors