RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Giat Berusaha Meraih
Cita-cita/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan
mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber
daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi,
sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan
gagasan utama paragraf dalam teks
3.4.2 Membuat
pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
4.4 Menyajikan teks
cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam
teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan
kembali teks bacaan secara lisan dengan menggunakan kata-katanya sendiri
b) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi
3.7. Mendeskripsikan hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam, teknologi, dan masyarakat
4.7. Menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
4.7.1 Membuat
laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan untuk memudahkan
masyarakat
c) IPS
1.2 Menjalankan
ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan
perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan
dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1
Mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.1 Menceritakan
interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial yang berkaitan dengan
cita-cita
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Menemukan gagasan pokok paragraf
- Menceritakan kembali suatu teks secara lisan
- Berdiskusi tentang kasus yang diberikan
- Membuat laporan tertulis
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks bacaan tentang seorang pemain
sepak bola yang mengalami hambatan dalam meraih cita-citanya, tetapi ia tidak
pernah berputus asa.
o
Guru mengajak siswa untuk membaca nyaring. Guru
mengingatkan siswa untuk berhenti pada tanda titik atau berhenti sejenak pada
tanda koma.
o
Guru dapat meminta siswa membaca berpasangan dan
saling memeriksa bacaan masing-masing.
o
Siswa menemukan gagasan utama/pokok tiap paragraf
dari teks tersebut
o
Guru dan siswa mengingat kembali gagasan utama/pokok
yang telah dipelajari pada materi di semester sebelumnya.
o
Guru meminta siswa menggarisbawahi kata-kata atau
kalimat penting di dalam tiap paragraf untuk memudahkannya menemukan gagasan
utama/pokok
o
Siswa mencari gagasan utama/pokok tiap paragraf dan
menuangkan hasilnya pada bagan yang tersedia. Pada setiap bagian dituliskan
paragraf yang dimaksud dan gagasan utama/pokoknya.
o
Guru berkeliling memeriksa hasil pekerjaan siswa,
terutama siswa yang terlihat belum memahami cara menemukan gagasan
utama/pokok.
o
Siswa diperbolehkan mencari gagasan utama/pokok pada
paragraf 1 bersama seorang temannya, tetapi harus melanjutkan tugasnya secara
individu.
o
Siswa membandingkan hasil gagasan utama/pokoknya
dengan temannya dan melihat apakah ada persamaan dan perbedaan di antara
hasil kerja mereka
o
Siswa berlatih membuat minimal 5 pertanyaan yang
terkait dengan teks bacaan yang ditulis dalam bagan yang tersedia.
o
Siswa meminta seorang teman untuk menjawab
pertanyaan. Siswa juga menanyakan temannya apakah pertanyaan-pertanyaan yang ia
buat sudah sesuai dengan isi bacaan atau belum.
o
Siswa menuliskan paling sedikit 2 hal yang ingin
ditanyakan tentang cita-cita dalam teks tadi.
o
Dengan menggunakan gagasan utama/pokok tiap paragraf
yang baru saja ia temukan, siswa menceritakan kembali teks tersebut secara
lisan kepada teman yang lain dengan menggunakan kata-katanya sendiri.
o
Siswa harus menggunakan kosakata baku ketika
menceritakannya. (Penilaian no. 1)
o
Secara berkelompok, siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan teman di dalam kelompoknya.
(Penilaian no. 2)
o
Siswa menuliskan hasilnya pada buku masing-masin
o
Guru membuat
kelompok yang terdiri paling banyak 3 siswa. Pengelompokan dapat dilakukan
berdasarkan pemerataan kemampuan akademik dan berdasarkan kemampuan siswa
dalam berkomunikasi
o
Dari tabel yang siswa buat bersama teman sekelompok
tadi, siswa memilih 1 cita-cita beserta teknologi atau sumber daya alam yang
digunakan agar dapat mewujudkan cita-cita tersebut.
o
Siswa membuat laporan tertulis berdasarkan hasil
diskusi di kolom yang tersedia.
o
Siswa juga menjelaskan hubungan antara
manusia/masyarakat, teknologi, dan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan
untuk meraih cita-cita. (Penilaian no. 3)
o
Guru mengarahkan siswa pada jawaban bahwa
manusia/masyarakat membutuhkan teknologi dan sumber daya alam sebagai usaha
untuk meraih cita-citanya.
o
Guru dapat mencontohkan seperti yang terjadi pada
Bayu, tokoh dalam teks, bahwa ia membutuhkan motor sebagai alat teknologi dan
bensin sebagai sumber daya alam yang membantunya mewujudkan cita-citanya.
o
Siswa menuliskan alasan mengapa ia memilih cita-cita
tersebut sebagai laporannya.
o
Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
o
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
Remedial
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik penilaian pembacaan teks wawancara
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Siswa mampu menemukan
semua gagasan utama/
pokok dari tiap paragraf
|
||
2
|
Siswa
mampu menggunakan suatu strategi dalam menemukan gagasan-gagasan utama/pokok tersebut,
misalnya dengan menggarisbawahi katakata atau kalimat pentingnya.
|
||
3
|
Siswa mampu membuat minimal 5 pertanyaan
tentang teks bacaan
|
||
4
|
Siswa
mampu menceritakan kembali teks bacaan secara lisan dengan lengkap dan
menggunakan katakatanya sendiri.
|
||
5
|
Siswa
mampu menceritakan kembali teks bacaan dengan percaya diri
|
2. Rubrik
diskusi kelompok (IPS)
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
|
Mendengarkan teman
yang berbicara, tetapi
sesekali masih perlu
diingatkan.
|
Masih
perlu diingatkan
untuk
mendengarkan
teman
yang sedang
berbicara.
|
Komunikasi
nonverbal
(kontak
mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Merespons dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal dengan
tepat.
|
Merespons
dengan
tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal
yang
ditunjukkan
teman.
|
Membutuhkan bantuan
dalam memahami
bentuk komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan, pikiran)
|
Isi
pembicaraan
menginspirasi
teman.
Selalu
mendukung
dan
memimpin
lainnya
saat diskusi.
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, merespons
sesuai dengan topik.
|
Jarang berbicara
selama proses diksusi
berlangsung.
|
3. Daftar
periksa laporan (IPA)
Beri tanda
√ pada kolom yang sesuai.
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
mampu menemukan 1 cita-cita serta teknologi dan sumber daya alam yang dapat
dimanfaatkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut
|
||
2
|
Siswa
mampu menulis laporan yang berisi hubungan antara sumber daya alam,
teknologi, dan masyarakat
|
Beri tanda
√ pada
kolom yang sesuai
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Siswa
mampu menuliskan minimal 2 manfaat dari keberagaman
sifat diri yang dimilikinya dan temantemannya.
|
||
2
|
Siswa
mampu menuliskan dalam bagan paling sedikit 3 cita-cita atau pekerjaan yang
mengharuskan kita untuk bekerja sama dengan orang lain.
|
4. Penilaian sikap
(rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di
halaman 151.
F. Sumber dan Media
- Buku Guru
- Buku Siswa
- Gambar-gambar berbagai cita-cita/pekerjaan dengan teknologi beserta sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk mewujudkan pekerjaan atau cita-cita tersebut
Mengetahui, Tijue,
20 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment