Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 11 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Giat Berusaha Meraih Cita-cita/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Menemukan gagasan utama paragraf dalam teks
3.4.2 Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks bacaan secara lisan dengan menggunakan kata-katanya sendiri

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7. Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam, teknologi, dan masyarakat
4.7. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut
4.7.1 Membuat laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan untuk memudahkan masyarakat

c) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
3.5.1 Mengidentifikasi hubungan antara manusia dan kondisi sosial
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5.1 Menceritakan interaksi yang dilakukan manusia dengan lingkungan sosial yang berkaitan dengan cita-cita

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Menemukan gagasan pokok paragraf
  2. Menceritakan kembali suatu teks secara lisan
  3. Berdiskusi tentang kasus yang diberikan
  4. Membuat laporan tertulis
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks bacaan tentang seorang pemain sepak bola yang mengalami hambatan dalam meraih cita-citanya, tetapi ia tidak pernah berputus asa.
o   Guru mengajak siswa untuk membaca nyaring. Guru mengingatkan siswa untuk berhenti pada tanda titik atau berhenti sejenak pada tanda koma.
o   Guru dapat meminta siswa membaca berpasangan dan saling memeriksa bacaan masing-masing.
o   Siswa menemukan gagasan utama/pokok tiap paragraf dari teks tersebut
o   Guru dan siswa mengingat kembali gagasan utama/pokok yang telah dipelajari pada materi di semester sebelumnya.
o   Guru meminta siswa menggarisbawahi kata-kata atau kalimat penting di dalam tiap paragraf untuk memudahkannya menemukan gagasan utama/pokok
o   Siswa mencari gagasan utama/pokok tiap paragraf dan menuangkan hasilnya pada bagan yang tersedia. Pada setiap bagian dituliskan paragraf yang dimaksud dan gagasan utama/pokoknya.
o   Guru berkeliling memeriksa hasil pekerjaan siswa, terutama siswa yang terlihat belum memahami cara menemukan gagasan utama/pokok.
o   Siswa diperbolehkan mencari gagasan utama/pokok pada paragraf 1 bersama seorang temannya, tetapi harus melanjutkan tugasnya secara individu.
o   Siswa membandingkan hasil gagasan utama/pokoknya dengan temannya dan melihat apakah ada persamaan dan perbedaan di antara hasil kerja mereka
o   Siswa berlatih membuat minimal 5 pertanyaan yang terkait dengan teks bacaan yang ditulis dalam bagan yang tersedia.
o   Siswa meminta seorang teman untuk menjawab pertanyaan. Siswa juga menanyakan temannya apakah pertanyaan-pertanyaan yang ia buat sudah sesuai dengan isi bacaan atau belum.
o   Siswa menuliskan paling sedikit 2 hal yang ingin ditanyakan tentang cita-cita dalam teks tadi.
o   Dengan menggunakan gagasan utama/pokok tiap paragraf yang baru saja ia temukan, siswa menceritakan kembali teks tersebut secara lisan kepada teman yang lain dengan menggunakan kata-katanya sendiri.
o   Siswa harus menggunakan kosakata baku ketika menceritakannya. (Penilaian no. 1)
o   Secara berkelompok, siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan teman di dalam kelompoknya. (Penilaian no. 2)
o   Siswa menuliskan hasilnya pada buku masing-masin
o   Guru membuat kelompok yang terdiri paling banyak 3 siswa. Pengelompokan dapat dilakukan berdasarkan pemerataan kemampuan akademik dan berdasarkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi
o   Dari tabel yang siswa buat bersama teman sekelompok tadi, siswa memilih 1 cita-cita beserta teknologi atau sumber daya alam yang digunakan agar dapat mewujudkan cita-cita tersebut.
o   Siswa membuat laporan tertulis berdasarkan hasil diskusi di kolom yang tersedia.
o   Siswa juga menjelaskan hubungan antara manusia/masyarakat, teknologi, dan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk meraih cita-cita. (Penilaian no. 3)
o   Guru mengarahkan siswa pada jawaban bahwa manusia/masyarakat membutuhkan teknologi dan sumber daya alam sebagai usaha untuk meraih cita-citanya.
o   Guru dapat mencontohkan seperti yang terjadi pada Bayu, tokoh dalam teks, bahwa ia membutuhkan motor sebagai alat teknologi dan bensin sebagai sumber daya alam yang membantunya mewujudkan cita-citanya.
o   Siswa menuliskan alasan mengapa ia memilih cita-cita tersebut sebagai laporannya.
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
  • Siswa menuliskan hal-hal yang dapat dilakukan ketika ia menemukan kesulitan atau hambatan dalam meraih cita-citanya.
  • Siswa juga dapat melakukan studi pustaka atau mencari informasi tentang kisah seseorang yang mengalami hal sama seperti tokoh pada teks.

Remedial
  • (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep.)
  • Siswa yang belum mampu menemukan gagasan utama/pokok tiap paragraf minimal sebanyak 50% akan berlatih dengan guru dengan diberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada pemahaman tentang gagasan utama/pokok. Kegiatan remedial dilakukan selama 30 menit setelah waktu sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
Rubrik penilaian pembacaan teks wawancara
No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menemukan semua gagasan utama/
pokok dari tiap paragraf


2
Siswa mampu menggunakan suatu strategi dalam menemukan gagasan-gagasan utama/pokok tersebut, misalnya dengan menggarisbawahi katakata atau kalimat pentingnya.


3
Siswa mampu membuat minimal 5 pertanyaan
tentang teks bacaan


4
Siswa mampu menceritakan kembali teks bacaan secara lisan dengan lengkap dan menggunakan katakatanya sendiri.


5
Siswa mampu menceritakan kembali teks bacaan dengan percaya diri



2. Rubrik diskusi kelompok (IPS)
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara
Mendengarkan teman
yang berbicara, tetapi
sesekali masih perlu
diingatkan.
Masih perlu diingatkan
untuk mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespons dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal dengan
tepat.
Merespons dengan
tepat terhadap
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
Membutuhkan bantuan
dalam memahami
bentuk komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung dan
memimpin lainnya
saat diskusi.
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, merespons
sesuai dengan topik.
Jarang berbicara
selama proses diksusi
berlangsung.

3. Daftar periksa laporan (IPA)
Beri tanda √ pada kolom yang sesuai.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menemukan 1 cita-cita serta teknologi dan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut


2
Siswa mampu menulis laporan yang berisi hubungan antara sumber daya alam, teknologi, dan masyarakat



Beri tanda pada kolom yang sesuai
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan minimal 2 manfaat dari keberagaman sifat diri yang dimilikinya dan temantemannya.


2
Siswa mampu menuliskan dalam bagan paling sedikit 3 cita-cita atau pekerjaan yang mengharuskan kita untuk bekerja sama dengan orang lain.



4. Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media

  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Gambar-gambar berbagai cita-cita/pekerjaan dengan  teknologi beserta sumber daya alam yang dimanfaatkan    untuk mewujudkan pekerjaan atau cita-cita tersebut




Mengetahui,                                                                        Tijue, 20 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004





LEMBAR KEJA SISWA


Bacalah teks Meraih Cita walau Nyaris Putus Asa dalam hati dengan teliti! Temukan gagasan utama/pokok dalam tiap paragrafnya



MEDIA

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 2

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors