Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 3

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 12 February 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 3/ Pembelajaran     : Giat Berusaha Meraih Cita-cita/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4.1 Meringkas teks bacaan dengan menggunakan kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks bacaan secara lisan dengan menggunakan kosakata baku

b) Matematika
2.6 Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat bendabenda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
3.12.1 Mengidentifikasi sudut siku-siku di antara sudut-sudut lainnya melalui pengamatan
4.14 Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segiempat
4.14.1 Membuat kesimpulan dari eksplorasi tentang sudut segitiga

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.3. Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3.1 Menemukan manfaat keberagaman sifat individu di sekolah
4.3. Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1 Menunjukkan kerja sama dengan teman dalam kegiatan pembelajaran

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengidentifikasi dan membandingkan sudut
2.      Membuat ringkasan cerita
3.      Bereksplorasi dengan sudut segitiga

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca cerita tentang Edo dan ibu yang berkunjung ke rumah Bu Febri, sahabat ibu. Di sana Edo melihat hiasan dinding berupa segitigasegitiga
o   Guru dapat mengajak siswa untuk membaca teks ini di dalam kelompok. Minta 1 siswa untuk membaca, sedangkan siswa lain menyimak. Jika ada siswa yang salah membaca, misalnya ada kata yang salah pengucapannya atau intonasinya tidak sesuai, siswa lain dapat mengingatkan
o   Siswa membuat ringkasan cerita dari teks bacaan dengan menggunakan paling sedikit 8 kalimat. Siswa harus menggunakan kosakata baku, serta tulisan harus bersih dan rapi.
o   Siswa menulis ringkasan teks di kolom yang tersedia.
o   Siswa membandingkan pekerjaannya dengan pekerjaan teman.
o   Siswa menjawab pertanyaan “Apakah menurutmu kamu sudah berusaha sebaikbaiknya dalam membuat ringkasan ini?”
o   Guru menekankan bahwa giat berusaha tidak hanya ketika mengejar atau mewujudkan cita-cita. Pekerjaan kecil dalam tugas belajar pun dapat dinilai sebagai upaya giat berusaha. (Penilaian no. 1)
o   Siswa mengamati gambar hiasan dinding segitiga. Siswa menuliskan jawaban tentang sudut siku-siku dan contoh sudut siku-siku yang ia temui sehari-hari, paling sedikit 5 contoh.
o   Guru meminta siswa mengukur sudut-sudut yang ditemukannya di dalam gambar dengan menggunakan busur derajat. Besar sudut dapat dituliskan di buku tulis
o   Siswa menemukan sudut siku-siku pada hiasan dinding yang ada.
o   Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang sudut lancip dan sudut tumpul yang terdapat pada hiasan dinding.
o   Siswa membandingkan sudut siku-siku, lancip, dan tumpul, dan menuliskan hasilnya di dalam kolom. (Penilaian no. 2)
o   Siswa mengamati gambar-gambar segitiga yang tersedia.
o   Siswa membuat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan segitiga-segitiga tersebut berkaitan dengan besar sudutnya.
o   Siswa memperhatikan segitiga dan mengenal tentang sudut dalam
o   Pada segitiga di samping, bagian yang berwarna hijau, merah muda, dan biru disebut sudut dalam.
o   Sudut dalam adalah sudut yang berada di dalam suatu bangun.

o   Siswa bereksplorasi membuat segitiga dari kertas dan menamai ketiga sudutnya.
o   Selanjutnya siswa menyusun ketiga sudut tersebut untuk membentuk sebuah sudut berpelurus. Ketiga sudut itu dapat diwarnai sedikit dengan pensil warna atau pulpen sehingga ketika disatukan akan terlihat bahwa besarnya adalah seperti sudut berpelurus
o    

o   Siswa memperhatikan sudut-sudut yang terbentuk dari segitiga-segitiga yang sudutsudutnya telah digunting dan disusun, seperti tampak di bawah ini.


Guru bertanya:
  • Jika sudut-sudut dari setiap segitiga digabungkan, sudut apa yang akan kamu temukan? (Sudut berpelurus)
  • Berapakah besar sudut yang digabungkan tersebut?
  • Bagaimanakah cara untuk membuktikan besar sudut tiap segitiga?
  • Siswa membuktikan besar sudutnya menggunakan busur derajat.
 
  
o   Guru mengajak siswa menyampaikan hasil penghitungan ukuran sudut-sudut.
o   Sudut-sudut yang terbentuk dari segitiga sama sisi masing-masing besarnya adalah 60°.
o   Guru bertanya: kesimpulan apa yang dapat kamu ambil dari aktivitas ini?
o   Siswa menemukan besar jumlah sudut dalam segitiga berdasarkan eksplorasi tersebut, yakni 180°.

o   Secara berpasangan, siswa mendiskusikan cara menjawab soal-soal tentang mencari sudut dalam yang hilang.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang proses kerja sama yang dilakukannya secara berpasangan tadi, apakah prosesnya memberikan manfaat atau tidak.
o   Guru memberi penguatan bahwa sesungguhnya setiap manusia diciptakan dengan karakter atau sifat yang berbeda-beda. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi setiap individu untuk melakukan kerja sama dalam mewujudkan suatu tujuan.
o   Siswa diminta melakukan refleksi apakah mereka sudah dapat bekerja sama dengan orang lain dengan baik atau belum. Kerja sama juga merupakan sifat yang sangat penting dalam usaha mewujudkan cita-cita. Bahkan, ketika seseorang sudah dapat mewujudkan mimpi atau cita-citanya, sikap bekerja sama pasti akan terus dibutuhkan dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa menuliskan proses kerja sama dengan temannya tadi. Di dalamnya harus tertulis kerja sama apa yang ia lakukan dan apa manfaatnya. (Penilaian no. 3)
o   Siswa menjawab pertanyaan perenungan.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Siswa menggambar 3 segitiga yang berbeda dan mengukur 2 sudutnya. Siswa menentukan 1 sudut yang belum diketahui dengan cara berhitung seperti yang ada pada buku siswa. Selanjutnya siswa akan membuktikan apakah penghitungannya benar dengan mengukur besar sudut tersebut menggunakan busur derajat.
o   Siswa yang belum dapat menentukan besar sudut yang hilang meskipun sudah dilakukan dengan bekerja sama, perlu diberi soal-soal seperti pada buku siswa. Kegiatan remedial dilakukan selama 30 menit setelah waktu sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Daftar periksa tentang pada teks bacaan (Bahasa Indonesia)
Beri tanda  pada kolom yang sesuai.
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu meringkas teks bacaan dengan
menggunakan kosakata baku, minimal dengan
menggunakan 8 kalimat


2
Siswa mampu menceritakan kembali teks bacaan
secara lisan dengan menggunakan kosakata baku.



2. Daftar periksa perbandingan sudut (Matematika)
No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan gambar/contoh dan
ciri-ciri sudut lancip dengan benar


2
Siswa mampu menuliskan gambar/contoh dan
ciri-ciri sudut siku-siku dengan benar.


3
Siswa mampu menuliskan gambar/contoh dan
ciri-ciri sudut tumpul dengan benar


4
Siswa mampu membuat kesimpulan tentang
besar sudut dalam segitiga



3. Daftar periksa tentang kerja sama (PPKn)
Beri tanda  pada kolom yang sesuai.

No
Kriteria
Pencapaian
Ya
Tidak
1
Siswa mampu menuliskan refleksi tentang kerja
sama dengan menuliskan kerja sama yang
dilakukannya dengan teman.


2
Siswa mampu menuliskan refleksi tentang kerja
sama dengan menuliskan manfaat yang ia peroleh dari bekerja sama dengan teman.



4. Penilaian sikap (rasa ingin tahu).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media

  • Buku Guru
  • Buku Siswa
  • Berbagai bentuk segitiga dari kertas, pensil, busur derajat, penggaris, gunting.





Mengetahui,                                                                        Tijue, 22 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)




Buatlah tanda pada sudut yang menunjukkan sudut siku-siku pada gambar di
atas. Ada berapa sudut siku-siku yang kamu temukan?
Sudut-sudut apa lagi yang kamu temukan dari kedua hiasan dinding tersebut?
Ada berapa sudut lancip yang kamu temukan dari kedua hiasan dinding tersebut?
______ Tunjukkan paling sedikit 5 sudut lancip dengan memberi panah bergaris ().
Ada berapa sudut tumpul yang kamu temukan dari kedua hiasan dinding tersebut?
______ Tunjukkan paling sedikit 5 sudut tumpul dengan memberi panah bergelombang (           ).



MEDIA

TEMA 7 KELAS 4 SUB 3 PB 3
 
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors