RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 5/II
Tema 7 : Sejarah
Peradaban Indonesia
Sub
Tema 2/ Pembelajaran : Peninggalan-Peninggalan Islam di
Indonesia/
3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematika
1.2. Menghargai
nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menunjukkan
sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, inforasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.4. Mengetahui
berbagai jenis sudut melalui pengamatan gambar.
4.9 Mengukur besar
sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
4.9.1 Menunjukkan
jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi
anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan
alam
2.5 Memiliki rasa
percaya diri dan cinta tanah air tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.5 Menggali
informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.5.6. Mengidentifikasi
beberapa kerajaan Islam yang ada di Indonesia berdasarkan teks.
4.5 Mengolah dan
menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan
Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.8. Membuat
kesimulan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia berdasarkan
teks.
c) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.2 Menunjukkan
perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum
sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
3.5 Memahami
Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
3.5.3. Menunjukkan tokoh-tokoh
kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia yang tindakannya mencerminkan perilaku
persatuan.
4.5 Mensimulasikan
nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat.
4.5.1. Memerankan
tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengamati gambar dan
mengerjakan latihan, untuk menunjukkan jenis-jenis sudut: sudut lancip, sudut
siku-siku, dan sudut tumpul
2. Mencermati bacaan,
untuk menunjukkan tokoh-tokoh kerajaan Islam di berbagai daerah di Indonesia
yang tindakannya mencerminkan perilaku persatuan.
3. Menggali informasi
dari bacaan, siswa mengidentifikasi beberapa kerajaan
4. Islam yang ada di
Indonesia
5. Mengidentifikasi
watak, perilaku, dan kebijakan tokok-tokoh kerajaan Islam, dan membuat kesimpulan
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
6. Bermain peran, untuk
memerankan tokoh pada masa Islam yang menjadi simbol persatuan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Sejarah Peradaban Indonesia”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
9. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa
secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Pada awal
pembelajaran, guru menstimulus siswa untuk memperhatikan gambar Keraton
Yogyakarta.
o
Guru memberikan
petunjuk atas gambar-gambar sudut yang bergaris merah
o
Guru mengulas
pelajaran terdahulu mengenai cara mengukur sudut dengan mengajukan beberapa pertanyaan
kepada beberapa siswa yang ditunjuk secara acak
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengukur ketiga sudut yang ada
o
Guru menjelaskan
mengenai jenis-jenis sudut (sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul)
o
Guru menstimulus
pengertian siswa mengenai jenis-jenis siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan
kepada beberapa siswa yang ditunjuk secara acak
o
Guru memotivasi siswa untuk mencoba membuat sudut
berdasarkan jenis yang diminta
o
Guru membiasakan siswa untuk menggunakan busur dan
penggaris dalam menggambar sudut agar akurat dan rapi
o
Guru perlu terus memantau kerja siswa dan memastikan
mereka menggambar sudut dengan benar → guru dapat juga menunjuk beberapa siswa
untuk membantu temannya
o
Untuk menjembatani ke topik pembahasan berikutnya,
guru dapat mengulas kembali gambar keraton Yogyakarta yang ada pada awal
pembelajaran hari itu
o
Guru menstimulus pengetahuan siswa mengenai
Yogyakarta dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang menyangkut Yogyakarta
peninggalan bersejarah, system pemerintahannya, serta tokoh-tokoh terkenal →
tuntun diskusi kelas ke arah 2 tokoh terkenal (Pangeran Mangkubumi atau
Sultan Hamengkubuwono I)
o
Guru meminta 3 orang siswa untuk membacakan teks
tentang Sultan Hamengkubuwono I → setiap siswa diminta untuk membacakan 1
paragraf
o
Guru mengajak siswa untuk membahas gagasan pokok per
paragraph setiap seorang siswa selesai membacakan satu paragraph
o
Guru menstimulasi pengertian siswa mengenai watak
dan perilaku serta kebijakan Sultan
o
Hamengkubuwono I yang menunjukkan adanya nilai-nilai
persatuan dan kesatuan
o
Guru mempertegas
pemahaman siswa mengenai nilai-nilai persatuan yang ditunjukkan oleh Sultan
o
Hamengkubuono I
(Pangeran Mangkubumi)
o
Guru
mengelompokkan siswa ke dalam kelompok yang terdiri dari 6 orang
o
Guru membagikan
teks bacaan mengenai Pangeran
o
Mangkubumi dan
memotivasi siswa untuk mencari informasi tambahan dari sumber-sumber bacaan lainnya
o
Guru memotivasi
siswa untuk dapat mengidentifikasikan watak dan perilaku serta kebijakan
Pangeran Mangkubumi yang menunjukkan adanya nilai-nilai persatuan dan kesatuan
o
Guru menjelaskan
kepada siswa tentang tugas berikutnya yaitu bermain peran atau drama mengenai
Pangeran Mangkubumi sesuai dengan informasi yang sudah mereka dapatkan
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mempersiapkan permainan peran mereka
o
Pada akhir waktu
yang sudah ditentukan, setiap kelompok diminta untuk menunjukkan karya mereka
o
Guru mengarahkan
kelompok lain untuk menyimak sehingga kemudian dapat memberikan tanggapan
kepada kelompok yang bersangkutan
o
Guru memberikan
tanggapan atas permainan peran yang telah dilakukan oleh para siswa
o
Guru mengevaluasi
pemahaman siswa mengenai pembelajaran yang telah mereka lakukan pada hari itu
dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ada ke beberapa siswa yang
ditunjuk secara acak
o
Guru kemudian
memberi kesempatan kepada siswa untuk melengkapi kegiatan AYO RENUNGKAN
o
Guru memberikan penjelasan mengenai tugas yang siswa
harus lakukan dengan orang tua mereka
REMEDIAL
o
Tentukan jenis
dari sudut-sudut berikut
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes lisan (instrument terlampir).
2. Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
: 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
Rubrik Mengamati
Gambar
Kompetensi yang
dinilai:
-
Pengetahuan siswa tentang cara mengukur sudut dengan busur derajat
-
Keterampilan siswa dalam mengukur sudut dengan busur derajat
- Sikap
kecermatan, ketelitian, dan kemandirian siswa dalam mengukur sudut
No
|
Aspek
|
Baik
Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
sangat tepat
|
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
cukup tepat
|
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
kurang tepat
|
Pengetahuan
siswa tentang
ukuran sudut
masih
membutuhkan
bantuan dari guru
|
2
|
Keterampilan
menggunakan
busur
derajat
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam menggunakan
busur derajat
dengan baik dan
cermat untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
masih kurang
cermat
|
Siswa menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
dengan cukup
baik untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut, namun
tidak
cermat
|
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
menggunakan
busur derajat
untuk
membandingkan
besar kecilnya
sudut dan masih
kurang mandiri
|
3
|
Sikap Ketelitian
|
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang tinggi dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
|
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang cukup
baik dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
|
Siswa
menunjukkan
sikap ketelitian
yang kurang
baik dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
|
Siswa masih
belum teliti dalam
mengukur sudut
menggunakan
busur derajat
serta masih
membutuhkan
bantuan guru
|
Skor
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks bacaan tentang Sultan Hamengkubuwono I dan
Pangeran Mangkubuono
-
Busur dan penggaris bagi setiap siswa
Mengetahui, Beureunuen,
…………...2017
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas V,
CHAIRUNNISA,
S.Pd NURAINI
YAHYA, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19621231 198309 2 003
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1. Sudut lancip juga dikenal dengan sudut runcing atau
tajam. Besarnya adalah kurang dari 900
Gambarlah sudut lancip
2. Sudut siku-siku juga dikenal dengan sudut
tegak lurus. Besarnya adalah 900.
Gambarlah sudut siku-siku
3. Sudut tumpul juga dikenal dengan sudut rebah atau
roboh. Besarnya adalah lebih 1800
Gambarlah sudut tumpul
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment