Home » » TEMA 1 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2016)

TEMA 1 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2016)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 16 August 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester                         : 1/1
Tema 1                                      : Diriku
Sub Tema 1/ Pembelajaran       : Aku dan Teman Baru/ 1
Alokasi Waktu                          : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
·       Memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
·       Mendengar perbedaan warna suara teman.

b) SBdP
3.9    Mengenal elemen music melalui lagu.
·      Menyebut nama teman dengan benar
4.2  Menirukan elemen music melalui lagu.  
·      Mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masingmasing teman

c) PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
·         Memberikan informasi tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·         Memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2.      Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
3.      Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4.      Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masingmasing teman.
5.      Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.      Teman Baru
2.      Mengenal warna suara teman baru

E.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
o   Pembelajaran 1 di Buku Siswa dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah.
o   Anak pada gambar tersebut lalu mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.
o   Pada awal pelajaran, guru member salam dan mengucapkan selamat datang
kepada siswa
Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
Guru lalu menanyakan,
1.      “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat Buku Siswa halaman
2.       “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
o   Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
o   Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat
hendak ke sekolah.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
o   Guru menunjukkan cara berkenalan. (Guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di Buku Siswa halaman 5)
o   Kemudian, siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (Siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
o   Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
o   Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian, dia melempar bola kepada teman yang lain.
o   Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
o   Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
o   Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing.
o   Guru menggunakan lagu yang ada di Buku Siswa halaman 6.

o   Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
o   Selain mengingat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
o   Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 5–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
o   Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini. Apa yang kamu pelajari hari ini?
o   Bagaimana perasaanmu saat kegiatan menyanyi, mengelompokkan benda, dan mendeklamasikan sila ke-4 Pancasila?
o   Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
o   Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
o   Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
o   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

15 menit

F.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




Penilaian
1.      Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).

2.      Penilaian Pengetahuan:
1.   - Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas
2.   (Guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan.)

3. Penilaian Keterampilan:

Penilaian Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian
Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
1. Kemampuan
Memperkenalkan diri.
Siswa mampu
menyebutkan
nama panjang
dan nama panggilan.
Siswa mampu
menyebutkan
nama panjang
Siswa hanya
mampu
menyebutkan
nama
panggilan.
Siswa belum
mampu memperkenalkan
diri.
2. Kemampuan
menjalankan
peraturan pada
permainan.
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai dengan
instruksi tanpa
pengarahan
ulang.
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan
tetapi dengan
1 kali arahan
ulang.
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan,
tetapi dengan
lebih dari 1 kali arahan ulang
Siswa belum
mampu
melakukan
permainan sesuai
dengan aturan
3. Kemampuan
melakukan
gerakan
melempar dan
menangkap
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat
(tidak pernah
meleset).
Siswa
melempar dan
menangkap
bola, tetapi 1-2
kali meleset.
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi
lebih dari 3 kali
meleset.
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola.

G.      Sumber dan Media
o   Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
o   Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi.
o   Buku Siswa.
o   Buku teks




Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen



CUT ZAINABON, S.Pd
NIP. 19680201 199401 2 001           


Beureunuen, …, …………..,  2017
Guru Kelas I



HAFNITA, S.Pd
NIP: 19810602 200801 2 001




TAMBAHAN MATERI UNTUK GURU

7 Elemen-Elemen Musik
Elemen berarti “bagian-bagian dasar yang mendasari sesuatu”. Musik pun memiliki elemen-elemen yang menyusunnya. Ada 7 elemen-elemen musik yang perlu diketahui, yaitu ritme, melodi, harmoni, dinamika, tempo, timbre, dan bentuk. Ketujuh elemen tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Ritme adalah degupan yang teratur dalam satu kalimat lagu.
o   Melodi adalah rangkaian nada yang mengandung pitch (tinggi rendah) yang teratur.
o   Harmoni adalah gabungan nada yang dipukul bersama-sama secara serasi dan harmonis. Contohnya nada pada diatonis 1 3 5, atau 2 4 6.
o   Dinamika adalah elemen-elemen kontras. Seperti dinamika pada keras lemahnya suara, cepat lambatnya tempo, tinggi rendahnya nada, dan lain-lain.
o   Tempo adalah elemen musik yang mengandung waktu.
o   Timbre nada adalah kualitas warna bunyi, baik suara vokal atau alat musik. Timbre dibagi menjadi dua yaitu internal atau dari dalam tubuh dan eksternal atau dari luar tubuh.
o   Bentuk atau struktur lagu.

Unsur-Unsur Musik
Berikut merupakan unsur-unsur musik.
6. Melodi
Melodi adalah tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam musik.

7. Ritme
Ritme (irama) merupakan rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik. Ritme terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam panjang pendeknya dalam waktu yang bermacam-macam, membentuk pola irama dan bergerak menurut pulsa dalam setiap ayunan birama (Jamalus, 1998:7).

8. Harmoni
Harmoni merupakan bagian yang melibatkan nada atau kunci (kord) yang berlangsung terus-menerus.

9. Dinamik
Dinamik adalah tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik.
Keras dan lembut ini diperlukan agar musik tidak terdengar monoton
atau datar).








Lembar Kerja Siswa 
(LKS)


TEMA 1 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2016)

TEMA 1 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2016)


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors