RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Beureunuen
Kelas/Semester : 1/1
Tema 1 :
Diriku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Aku dan Teman Baru/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru dan tetangga
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.9 Merinci
kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah.
·
Memperkenalkan diri
dengan menyebut nama panggilan
4.9 Menggunakan
kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan
orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan
tulisan
·
Mendengar perbedaan
warna suara teman.
b) SBdP
3.9
Mengenal elemen music melalui lagu.
·
Menyebut
nama teman dengan benar
4.2 Menirukan elemen
music melalui lagu.
·
Mengingat semua
nama teman dengan benar dan warna suara masingmasing teman
c) PPKn
1.2 Menunjukkan
sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di rumah.
2.2 Melaksanakan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
·
Memberikan
informasi tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke
luar rumah
4.2 Menceritakan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah.
·
Memeragakan tentang
aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Melalui lagu, siswa
dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2.
Melalui permainan
“Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
3.
Saat bernyanyi dan
melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4.
Setelah selesai
bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman
dengan benar dan warna suara masingmasing teman.
5.
Dengan berbagi
cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di
rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.
D. DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN
1.
Teman Baru
2.
Mengenal warna suara teman baru
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
o
Pembelajaran 1 di Buku Siswa dibuka dengan gambar seorang
anak yang hendak ke sekolah.
o
Anak pada gambar tersebut lalu mencium tangan kedua orang
tuanya sebelum berangkat.
o
Pada
awal pelajaran, guru member salam dan mengucapkan selamat datang
kepada siswa
Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
Guru lalu menanyakan,
1.
“Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua
masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat Buku Siswa halaman
2.
“Bagaimana
cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
o
Guru menerima
jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang
mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan
dengan orang tua.
o
Guru menyampaikan
kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar
esok berpamitan kepada orang tua saat
hendak ke sekolah.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Setelah itu, guru
mengajak siswa untuk saling berkenalan.
o
Guru menunjukkan
cara berkenalan. (Guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di
Buku Siswa halaman 5)
o
Kemudian, siswa
diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru
menjelaskan aturan bermainnya. (Siswa diminta membentuk posisi melingkar,
boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap
bola dengan tepat).
o
Permainan dimulai
dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya
Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
o
Siswa yang
menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
Kemudian, dia melempar bola kepada teman yang lain.
o
Teman yang
menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
o
Demikian
seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
o
Setelah semua
siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil
menyebutkan kembali nama masing-masing.
o
Guru menggunakan
lagu yang ada di Buku Siswa halaman 6.
o
Siswa tetap
berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa
Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan
namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?”
sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut
menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
o
Selain mengingat
nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman
masing-masing.
o
Kegiatan
dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 5–6. Guru lalu
bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan
Edo dan teman-teman.
o
Kegiatan
berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama
teman-teman di kelas.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
o
Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam
kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini. Apa yang
kamu pelajari hari ini?
o
Bagaimana perasaanmu saat kegiatan menyanyi, mengelompokkan
benda, dan mendeklamasikan sila ke-4 Pancasila?
o
Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
o
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
o
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
o
Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat
dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis
jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus
untuk refleksi.
o
Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan
agama dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.
|
15 menit
|
F.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b. tertulis,lisan
c. praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Penilaian
1. Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap
siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).
2. Penilaian
Pengetahuan:
1.
- Tes lisan tentang
nama-nama teman di kelas
2. (Guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan.)
3. Penilaian Keterampilan:
Penilaian Unjuk
Kerja
Memperkenalkan diri
lewat permainan dan nyanyian
Kriteria
|
Sangat
baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
1. Kemampuan
Memperkenalkan diri.
|
Siswa mampu
menyebutkan
nama
panjang
dan nama panggilan.
|
Siswa
mampu
menyebutkan
nama
panjang
|
Siswa
hanya
mampu
menyebutkan
nama
panggilan.
|
Siswa belum
mampu memperkenalkan
diri.
|
2. Kemampuan
menjalankan
peraturan pada
permainan.
|
Siswa
mampu
melakukan
permainan
sesuai
dengan
instruksi
tanpa
pengarahan
ulang.
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan
tetapi dengan
1 kali arahan
ulang.
|
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan,
tetapi dengan
lebih dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa
belum
mampu
melakukan
permainan
sesuai
dengan
aturan
|
3.
Kemampuan
melakukan
gerakan
melempar
dan
menangkap
|
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat
(tidak pernah
meleset).
|
Siswa
melempar dan
menangkap
bola, tetapi 1-2
kali meleset.
|
Siswa
melempar
dan
menangkap
bola,
tetapi
lebih
dari 3 kali
meleset.
|
Siswa
belum
mampu
melempar
dan
menangkap
bola.
|
G. Sumber dan Media
o Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk
bola.
o Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi.
o
Buku Siswa.
o
Buku teks
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 1 Beureunuen
CUT ZAINABON, S.Pd
NIP. 19680201
199401 2 001
|
Beureunuen, …, ………….., 2017
Guru Kelas I
HAFNITA, S.Pd
NIP: 19810602
200801 2 001
|
TAMBAHAN MATERI UNTUK GURU
7 Elemen-Elemen Musik
Elemen berarti “bagian-bagian dasar yang
mendasari sesuatu”. Musik pun memiliki elemen-elemen yang menyusunnya. Ada 7
elemen-elemen musik yang perlu diketahui, yaitu ritme, melodi, harmoni,
dinamika, tempo, timbre, dan bentuk. Ketujuh elemen tersebut dijelaskan sebagai
berikut.
Ritme adalah
degupan yang teratur dalam satu kalimat lagu.
o Melodi adalah rangkaian nada yang mengandung pitch (tinggi rendah) yang
teratur.
o Harmoni adalah gabungan nada yang dipukul bersama-sama secara serasi dan
harmonis. Contohnya nada pada diatonis 1 3 5, atau 2 4 6.
o Dinamika adalah elemen-elemen kontras. Seperti dinamika pada keras
lemahnya suara, cepat lambatnya tempo, tinggi rendahnya nada, dan lain-lain.
o Tempo adalah elemen musik yang mengandung waktu.
o Timbre nada adalah kualitas warna bunyi, baik suara vokal atau alat musik.
Timbre dibagi menjadi dua yaitu internal atau dari dalam tubuh dan eksternal
atau dari luar tubuh.
o Bentuk atau struktur lagu.
Unsur-Unsur Musik
Berikut merupakan
unsur-unsur musik.
6. Melodi
Melodi adalah tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam
musik.
7. Ritme
Ritme (irama) merupakan rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur
dasar dari musik. Ritme terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam panjang
pendeknya dalam waktu yang bermacam-macam, membentuk pola irama dan bergerak
menurut pulsa dalam setiap ayunan birama (Jamalus, 1998:7).
8. Harmoni
Harmoni merupakan bagian yang melibatkan nada atau kunci (kord) yang
berlangsung terus-menerus.
9. Dinamik
Dinamik adalah tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik.
Keras dan lembut ini diperlukan agar musik tidak terdengar monoton
atau datar).
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment