Home » » TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday, 19 August 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)




Satuan Pendidikan                   : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 1/1
Tema 2                                    : Kegemaranku
Sub Tema 1/ Pembelajaran      : Gemar Berolahraga/ 1
Alokasi Waktu                        : 1 Hari


A. KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)/ INDIKATOR
a) Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
·         Memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
·         Menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat dan percaya diri
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah memelihara kesehatan.
·         Menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat

b) PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
·         Mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·         Melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat
 
c) SBdP
3.2 Mengenal elemen music melalui lagu.
·         Mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
4.2 Menirukan elemen music melalui lagu
·         Memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
2.      Dengan menirukan kata-kata yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat dan percaya diri.
3.      Melalui kegiatan membaca dan mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat.
4.      Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
5.      Dengan mengamati dan mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan informasi tentang hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
6.      Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
7.      Dengan mengamati gambar dan menyanyikan lagu tentang tepuk tangan, siswa dapat memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN
1.        Mengamati gambar kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
2.        Mendiskusikan aturan yang berlaku ketika bermain dan berolahraga
3.        Mengenal bunyibunyian alam dan buatan

E.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
·         Guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar.
         Seorang siswa memimpin doa.
         Guru melakukan apersepsi dengan melakukan tepuk olahraga.
·         Tepuk olahraga (tepuk tangan 3x)
·         Badan gerak (tepuk tangan 3x)
·         Badan sehat (tepuk tangan 3x)
·         Hati senang, Hore!
·         Kemudian mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
         Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
o   Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis permainan dan olahraga yang menyehatkan.
o   Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
o   Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·          Apakah kamu suka bermain?
·          Permainan apa yang kamu sukai?
·          Tahukah kamu permainan lain yang menyehatkan?
o   Kemudian guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang permainan dan olahraga yang menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan yang biasa dimainkan siswa sehari-hari.
o   Siswa menirukan kata-kata yang dibacakan guru tentang jenis-jenis olahraga dan permainan.
o   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang makna kata-kata yang telah dibaca.
o   Setelah membaca nyaring dan mengulang kosakata tentang permainan dan olahraga, siswa mengamati gambar-gambar pada Buku Siswa.
o   Siswa mengidentifikasi gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan dengan cara memberi tanda centang pada gambar kegiatan yang menyehatkan, dan memberi tanda silang pada gambar kegiatan yang tidak menyehatkan.
o   Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
o   Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·         Siapa yang bermain lompat tali?
·         Apa yang dilakukan Siti selesai bermain?
·         Apakah kamu suka bermain di luar rumah?
·         Apa yang kamu lakukan setelah bermain?
o   Siswa mengamati gambar dengan seksama.
o   Siswa mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam gambar.
o   Siswa membuat gambar pada gambar anak yang mematuhi aturan.
o   Siswa membuat gambar pada gambar anak yang tidak mematuhi aturan.
o   Siswa melaporkan gambar apa saja yang mereka temukan.
o   Guru menstimulasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya mengenai gambar-gambar yang telah diidentifikasi, berkaitan dengan sikap anak-anak di dalam gambar
o   Siswa menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
o   Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·         Tahukah kamu bunyi peluit?
o   Siswa diminta menirukan bunyi peluit.
o   Siswa mengamati gambar dan menirukan bunyi benda yang terdapat pada gambar.
o   Siswa mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda centang untuk bunyi-bunyian alam dan tanda silang untuk bunyi-bunyian buatan.
o   Guru menstimulasi siswa untuk berdiskusi tentang sumber-sumber bunyi yang telah diidentifikasi dan ditirukan.
·         Bunyi angin, petir, sungai, hujan, binatang, dan bunyi lain yang dapat ditemukan di alam, tercipta bukan karena manusia yang sengaja membuatnya merupakan bunyi-bunyian alam.
·         Sedangkan bunyi gitar, bel sepeda, dan bedug adalah suara yang dibuat oleh manusia, disebut pula bunyi buatan.
o   Siswa menyanyikan lagu ‘Tari Tepuk Tangan’ ciptaan Pak Kasur bersamasama.
o   Siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bergerak sesuai lirik lagu.
o   Guru mengamati kegiatan bernyanyi, sambil melakukan penilaian sikap.
o   Sebagai penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
o   Guru dan siswa melakukan kegiatan refleksi hari itu. Dalam kegiatan refleksi guru memberikan beberapa pertanyaan berikut ini. Apa yang kamu pelajari hari ini?
·         Bagaimana perasaanmu saat kegiatan menyanyi, mengelompokkan benda, dan mendeklamasikan sila ke-4 Pancasila?
·         Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
·         Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
·         Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
o   Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
o   Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket.

15 menit


F.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai;     a.Penilaian Sikap
                                                  b.Penilaian Pengetahuan
                                                  c. Penilaian Ketrampilan       
2.      Jenis penilaian;            a. observasi
                                            b. tertulis,lisan
                                            c. praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

Penilaian
1.      Penilaian Sikap:
Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan menggunakan lembar observasi (lihat pedoman penilaian).

2.      Penilaian Pengetahuan:
o   Latihan soal mengidentifikasi teks gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
o   Latihan soal mengidentifikasi teks gambar tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah.
o   Latihan soal mengidentifikasi bunyi-bunyian alam dan bunyi-bunyian buatan.

3. Penilaian Keterampilan:
Kriteria
Sangat baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
1. Melaporkan
informasi
tentang halhal
yang boleh
dilakukan dan
tidak boleh
dilakukan di
rumah
Sesuai dengan topik, struktur kalimatnya
benar, kata-kata yang digunakan santun, dan tepat sasaran
Hanya memenuhi 3
kriteria
Hanya memenuhi 2
kriteria
Hanya memenuhi
1 kriteria
2. Memeragakan
bunyi alam dan
bunyi buatan
Bunyi sesuai dengan
jenisnya (alam dan buatan), diperagakan
dengan percaya
diri, suara yang
lantang, dan ekspresi yang tepat
Hanya memenuhi 3
kriteria
Hanya memenuhi 2
kriteria
Hanya memenuhi
1 kriteria

G.      Sumber dan Media
Buku guru dan buku siswa




Mengetahui,
Kepala SD 3 Beureunuen



CHAIRUNNISA S.Pd
Nip. 19700312 199402 2 002

Beureunuen, …, ….………, 2016
Guru Kelas Kelas I B



ZULFARIAH
NIP: 19841109 200904 2 006






Lembar Kerja Siswa
(LKS)


 Lihatlah gambar-gambar di bawah ini!

Buat tanda ..... pada gambar anak yang
mematuhi peraturan dan tanda ...... pada gambar
anak yang tidak mematuhi aturan.

TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


Amatilah gambar di bawah ini!

TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Jalan kaki

TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Lompat tali
TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)
Tapak gunung

TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)

Balap karung

MEDIA

TEMA 2 KELAS 1 SUB 1 PB 1 (Revisi 2017)


                                                                                                            














Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors