Home » » TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 23 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 4/II
Tema 8                                    : Tempat Tinggalku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya  
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mampu menjelaskan kondisi alam laut dan sungai
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1 Mampu menjelaskan dampak kenampakan perairan bagi masyarakat

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Meyebutkan menjelaskan kondisi alam suatu tempat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam bagi masyarakat

c) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa tas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Membuat pertanyaan berdasarkan teks
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Membuat pertanyaan berdasarkan teks
4.1.2 Menuliskan informasi dalam bentuk tabel

d) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan,peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
4.8.1 Menjelaskan rute perjalanan (arah U, S, T, dan B) dari sebuah peta yang diberikan.
4.8.2 Membandingkan rute yang paling dekat dari kemungkinan rute

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal kondisi alam Bali
2.      Mengenal kenampakan alam perairan
3.      Mengenal SDA di perairan
4.      Menjelaskan rute perjalan

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Setelah mengenal Kepulauan Seribu, kali ini siswa belajar mengenai kenampakan alam Pulau Bali.
o   Siswa menganalisa Pulau Bali.
o   Siswa berdiskusi untuk menemukan kenampakan alam yang ada di Bali dengan Benar
o   Guru membahas mengenai kenampakan alam yang ada di Bali, seperti pantai, sungai dan gunung. Guru menjelaskan bahwa selain kenampakan daratan, juga ada kenampakan alam perairan
o   Siswa mengamati rute rumah Dayu.



o   Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan rute perjalan.

Contoh soal:
o   Jika dari rumah aku ingin pergi ke pura, yang berada di Jalan Gatot
o   Subroto Timur.
o   Jelaskan kemungkinan rute perjalanannya!
o   Menurut kamu, rute mana yang paling dekat? Jelaskan!
o   Siswa menjelaskan rute tersebut dengan memperhatikan arah mata angin.
o   Pekerjaan akan dinilai dengan menggunakan penilaian 3
o   Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Siswa yang masih kesulitan didampingi untuk diberi penjelasan mengenai rute.
o   Siswa membuat 5 pertanyaan berdasarkan denah yang diberikan.
o   Siswa meminta teman untuk menjawab pertanyaan.
o   Siswa membaca teks tentang kenampakan alam perairan (sungai dan laut) yang ada di buku siswa.
o   Siswa mengamati gambar kenampakan alam perairan lainnya seperti teluk, semenanjung dan selat.
o   Siswa dalam kelompoknya mendiskusikan 3 perbedaan dari gambar yang mereka amati.
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
o   Siswa secara individu dengan menggunakan kata-kata sendiri menuliskan definisi tentang selat, semenanjung dan teluk di diagram yang ada di buku siswa


Pengayaan :
o   Denah ini dapat juga dimanfaatkan untuk penguatan materi tentang denah
o   Misalkan:
o   Rumahku di kompleks perumahan, ke arah manakah aku harus berjalan jika ingin ke persawahan?
o   Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o   Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150

Pengayaan
o   Siswa bisa mencari informasi lain tentang ciri-ciri kenampakan alam perairan.

Remedial
o   Siswa yang belum bisa menjelaskan rute perjalanan akan diberikan materi tambahan oleh guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. IPS dan Bahasa Indonesia: Mengolah informasi dalam bentuk tabel

Kriteria
Sudah
Belum
1
Menuliskan 5 pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi alam


2
Menuliskan tentang kenampakan alam


3
Menuliskan jawaban dari pertanyaan yang dibuat dengan benar


4
Menemukan perbedaan dari 3 gambar yang ada



2. Matematika: Rute perjalanan

Kriteria
Sudah
Belum
1
Menuliskan 2 kemungkinan rute perjalanan dengan benar


2
Menuliskan rute perjalanan yang paling cepat dengan benar



5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Teks penampakan alam



Mengetahui,                                                                            Beureunuen, …………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas IVB,


CHAIRUNNISA, S.Pd                                                         ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                                  NIP. 19601231 198202 1 012


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 3

1.     Tulis paragraf yang menunjukkan rute dari rumah pamanku ke pusat cenderamata.

.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................     


2.     Aku berada di rumah paman dan ingin mengunjungi pura yang terletak di Jl. Gatot Subroto Timur.

Diskusikan dengan temanmu rute yang memungkinkan? Tuliskan hasilnya pada
kolom berikut.
Rute 1
 
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................

Media
TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 3
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors