RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/II
Tema 8 : Tempat
Tinggalku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mampu
menjelaskan kondisi alam laut
dan sungai
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1 Mampu
menjelaskan dampak kenampakan
perairan bagi masyarakat
b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Meyebutkan
menjelaskan kondisi
alam suatu tempat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan
pemanfaatan sumber daya
alam bagi masyarakat
c) Bahasa
Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa tas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Membuat
pertanyaan berdasarkan teks
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Membuat
pertanyaan berdasarkan teks
4.1.2 Menuliskan
informasi dalam bentuk
tabel
d)
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan,peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
4.8.1 Menjelaskan
rute perjalanan (arah U, S,
T, dan B) dari sebuah peta yang
diberikan.
4.8.2 Membandingkan
rute yang paling
dekat dari kemungkinan rute
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal
kondisi alam Bali
2. Mengenal
kenampakan alam perairan
3. Mengenal
SDA di perairan
4. Menjelaskan
rute perjalan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Setelah mengenal Kepulauan Seribu, kali ini siswa
belajar mengenai kenampakan alam Pulau Bali.
o
Siswa menganalisa Pulau Bali.
o
Siswa berdiskusi untuk menemukan kenampakan alam
yang ada di Bali dengan Benar
o
Guru membahas mengenai kenampakan alam yang ada di
Bali, seperti pantai, sungai dan gunung. Guru menjelaskan bahwa selain
kenampakan daratan, juga ada kenampakan alam perairan
o
Siswa mengamati rute rumah Dayu.
o
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan rute perjalan.
Contoh soal:
o
Jika dari rumah aku ingin pergi ke pura, yang berada
di Jalan Gatot
o
Subroto Timur.
o
Jelaskan kemungkinan rute perjalanannya!
o
Menurut kamu, rute mana yang paling dekat? Jelaskan!
o
Siswa menjelaskan rute tersebut dengan memperhatikan
arah mata angin.
o
Pekerjaan akan dinilai dengan menggunakan penilaian
3
o
Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa. Siswa
yang masih kesulitan didampingi untuk diberi penjelasan mengenai rute.
o
Siswa membuat 5 pertanyaan berdasarkan denah yang
diberikan.
o
Siswa meminta teman untuk menjawab pertanyaan.
o
Siswa membaca teks tentang kenampakan alam perairan
(sungai dan laut) yang ada di buku siswa.
o
Siswa mengamati gambar kenampakan alam perairan
lainnya seperti teluk, semenanjung dan selat.
o
Siswa dalam kelompoknya mendiskusikan 3 perbedaan
dari gambar yang mereka amati.
o
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
o
Siswa secara individu dengan menggunakan kata-kata
sendiri menuliskan definisi tentang selat, semenanjung dan teluk di diagram
yang ada di buku siswa
Pengayaan :
o
Denah ini dapat juga dimanfaatkan untuk penguatan
materi tentang denah
o
Misalkan:
o
Rumahku di kompleks perumahan, ke arah manakah aku
harus berjalan jika ingin ke persawahan?
o
Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran
dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
o
Guru dapat mengembangkan pertanyaan perenungan dengan
berpedoman kepada panduan perenungan yang terlampir pada halaman 150
Pengayaan
o
Siswa bisa mencari informasi lain tentang ciri-ciri
kenampakan alam perairan.
Remedial
o
Siswa yang belum bisa menjelaskan rute perjalanan
akan diberikan materi tambahan oleh guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. IPS dan
Bahasa Indonesia: Mengolah informasi dalam bentuk tabel
|
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
1
|
Menuliskan
5 pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi alam
|
|
|
2
|
Menuliskan tentang kenampakan
alam
|
|
|
3
|
Menuliskan
jawaban dari pertanyaan yang dibuat dengan benar
|
|
|
4
|
Menemukan perbedaan dari 3 gambar yang ada
|
|
|
2.
Matematika: Rute perjalanan
|
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
1
|
Menuliskan
2 kemungkinan rute perjalanan dengan benar
|
|
|
2
|
Menuliskan rute perjalanan yang
paling cepat dengan benar
|
|
|
5. Penilaian sikap (cinta lingkungan,
menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Teks penampakan alam
Mengetahui, Beureunuen,
…………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas IVB,
CHAIRUNNISA,
S.Pd ABDULLAH,
S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19601231 198202 1 012
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1. Tulis paragraf yang menunjukkan rute dari
rumah pamanku ke pusat cenderamata.
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
2.
Aku berada di rumah paman dan ingin
mengunjungi pura yang terletak di Jl. Gatot Subroto Timur.
Diskusikan dengan temanmu rute yang memungkinkan?
Tuliskan hasilnya pada
kolom berikut.
Rute 1
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
Media
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment