Home » » TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 23 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                       : 4/II
Tema 8                                    : Tempat Tinggalku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mampu menjelaskan kondisi alam Kepulauan Seribu
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1 Menjelaskan kenampakan alam daratan dan dampaknya bagi masyarakat
4.3.1 Membedakan pantai, dataran rendah dan dataran tinggi

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menuliskan kondisi alam pulau Kepulauan Seribu
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menceritakan kembali teks tentang Kepulauan Seribu

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Meyebutkan kondisi alam suatu tempat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan pemanfaatan SDA bagi masyarakat

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.    Mengenal kondisi alam Kepulauan Seribu
2.    Mengenal kenampakan alam dataran pantai, rendah dan tinggi
3.    Mengenal SDA di dataran pantai, rendah dan tinggi
4.    Menemukan rute suatu tempat

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Sebelum memulai pelajaran, guru mengingatkan siswa tentang Kota Wamena yang telah dipelajari di pelajaran sebelumnya.
o   Guru bisa mengajukan pertanyaan apa yang kalian ketahui tentang Pulau Wamena?
o   Siswa menjawab dengan mengangkat tangan.
o   Guru menunjukkan peta Kepulauan Seribu.

Guru menanyakan:
         Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar Kepulauan Seribu?
         Kira-kira berapa jumlah Pulau di Kepulauan Seribu?
o   Siswa menjawab pertanyaan guru secara bergantian.
o   Guru menulis jawaban dari pertanyaan tersebut di papan tulis.
o   Siswa membaca teks tentang kondisi alam Kepulauan Seribu.
o   Siswa membaca dengan cara membaca dalam hati.
o   Siswa menandai hal-hal yang penting dengan memberi garis bawah.
o   Siswa mengolah informasi dalam dalam bentuk peta pikiran (letak, pulau yang ada, perbedaan dengan pulau lain, tumbuhan yang ada, mata pencaharian, kondisi air)

Kegiatan Kelompok
o   Dari informasi yang siswa dapatkan, siswa akan mendiskusikannya dalam kelompok.
o   Siswa mendiskusikan bagan gambar yang dibuat dengan kelompoknya.
o   Siswa melengkapi informasi jika dirasa kurang lengkap.
o   Siswa menceritakan mengenai Kepulauan Seribu kepada temannya.
o   Hal-hal yang harus ada dalam cerita adalah: letak, kondisi alam, mata pencaharian penduduk, dampak kondisi alam dengan masyarakat. Hal ini akan dinilai dengan lembar penilaian 1.
o   Guru memberikan contoh cara bercerita yang benar.
o   Menggunakan kalimat yang runut dan menggunakan bahasa yang santun
o   Guru menanyakan berapa jumlah pulau di Kepulauan Seribu?
o   Siswa menjawab pertanyaan tersebut dan jawaban ditulis di papan tulis.
o   Siswa mengamati gambar Kepulauan Seribu. Siswa mengamati pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu.
o   Siswa secara bergantian menyebutkan nama-nama pulau yang ada di Kepulauan Seribu.
o   Siswa belajar menentukan posisi pulau-pulau di Kepulauan Seribu.
o   Siswa melingkari Pulau Pari. Siswa menemukan pulau-pulau yang terletak di sebelah selatan, barat, utara dan timur dari Pulau Pari
o   Siswa bisa melakukan kegiatan ini untuk pulau-pulau selain Pulau Pari.
o   Siswa mengamati gambar pulau Jawa.
o   Guru menanyakan kepada siswa apakah kalian tahu bahwa warna di peta menunjukkan perbedaan daratan?
o   Jawaban siswa akan didiskusikan secara klasikal.
o   Guru menguatkan mengenai legenda warna pada peta.
o   Warna hijau menunjukkan dataran rendah
o   Warna kuning menunjukkan dataran tinggi
o   Siswa menuliskan kota-kota yang merupakan dataran rendah dan dataran tinggi
o   Guru menguatkan pengetahuan siswa bahwa kenampakan alam daratan dibedakan menjadi dataran pantai, dataran rendah dan dataran tinggi
o   Siswa mengamati gambar dan membuat 5 pertanyaan tentang gambar. Tentang kenampakan alam daratan, yaitu dataran pantai, dataran rendah dan dataran tinggi.
o   Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya.
o   Siswa menuliskan perbedaan dari ketiga tempat pada gambar.
o   Diharapkan siswa dapat menemukan perbedaan tentang ketinggian daerah,
o   kondisi daerah, kegunaan, dan mata pencaharian yang ada. Hal ini akan dinilai dengan lembar penilaian 2.
o   Setelah mengenal kenampakan daratan. Siswa mencari informasi mengenai tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi.
o   Siswa melakukan wawancara kepada 5 orang temannya.
o   Siswa melakukan wawancara tentang tempat-tempat yang pernah dikunjungi oleh teman mereka.
o   Siswa membuat daftar pertanyaan sebelum wawancara.
o   Siswa menuliskan hasil wawancaranya dalam bentuk tabel.
o   Guru memastikan bahwa pertanyaan yang dibuat oleh siswa sudah lengkap dan benar. Ketika siswa membuat pertanyaan, guru memeriksa dengan cara berkeliling.
o   Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 2 dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.

Pengayaan
o   Siswa bisa mencari informasi lain tentang ciri-ciri kenampakan alan daratan.

Remedial
o   (Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum tuntas menguasai konsep).
o   Siswa yang masih kesulitan membedakan dataran tinggi dan dataran rendah akan mendapatkan tambahan materi dari guru. Siswa bereksplorasi dengan menggunakan peta.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
1. Bahasa Indoesia: Menceritakan Kepulauan Seribu
No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Menceritakan tentang letak


2
Kondisi lingkungan dengan benar


3
Mata pencaharian penduduk dengan benar


4
Mata pencaharian penduduk dengan benar


5
Dampak kondisi alam dengan masyarakat



2. IPS, dan IPA Mengolah informasi dalam bentuk tabel
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Ketinggian
daerah
Menuliskan
Semua ketinggian
daerah dataran
pantai, dataran
rendah dan
pegunungan
dengan benar
Menuliskan
sebagian besar
ketinggian
daerah dataran
pantai, dataran
rendah dan
pegunungan
dengan benar
Menuliskan
sebagian kecil
ketinggian
daerah dataran
pantai, dataran
rendah dan
pegunungan
dengan benar
Ketinggian yang
ditulisakan belum benar
Kondisi
daerah
Menuliskan
seluruh kondisi
daerah dataran
pantai, dataran
rendah dan
pegunungan
dengan benar
Menuliskan
sebagian besar
kondisi daerah
dataran pantai,
dataran rendah
dan pegunungan
dengan benar
Menuliskan
sebagian kecil
kondisi daerah
dataran pantai,
dataran rendah
dan pegunungan
dengan benar
Kondisi daerah
yang ditulis
masih belum
benar
SDA yang
dihasilkan
Menuliskan
semua SDA yang
dihasilkan tiap
tempat dengan
benar
Menuliskan
sebagian besar
SDA yang
dihasilkan tiap
tempat dengan
benar
Menuliskan
sebagian kecil
SDA yang
dihasilkan tiap
tempat dengan
benar
SDA yang ditulis
pada tiap daerah
masih belum
benar
Kegunaan
Menuliskan
semua manfaat
dari masingmasing
daratan
dengan benar
Menuliskan
sebagian besar
manfaat dari
masing-masing
daratan dengan
benar
Menuliskan
sebagian kecil
manfaat dari
masing-masing
daratan dengan
benar
Tidak menuliskan
manfaat dengan
benar
Mata
Pencaharian
Menuliskan
semua mata
pencaharian tiap
daerah dengan
benar
Menuliskan
sebagian
besar mata
pencaharian tiap
daerah dengan
benar
Menuliskan
sebagian
kecil mata
pencaharian tiap
daerah dengan
benar
Tidak
menuliskan mata
pencaharian
dengan benar


5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Peta Pulau Papua



Mengetahui,                                                                            Beureunuen, …………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas IVB,


CHAIRUNNISA, S.Pd                                                         ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                                  NIP. 19601231 198202 1 012



Lembar Kerja Siswa
(LKS) 

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 2

MEDIA

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors