(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/II
Tema 8 : Tempat
Tinggalku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mampu
menjelaskan kondisi alam
Kepulauan Seribu
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1 Menjelaskan
kenampakan alam daratan dan
dampaknya bagi masyarakat
4.3.1 Membedakan
pantai, dataran rendah dan
dataran tinggi
b) Bahasa
Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menuliskan
kondisi alam pulau Kepulauan
Seribu
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menceritakan
kembali teks tentang
Kepulauan Seribu
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Meyebutkan
kondisi alam suatu tempat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menjelaskan
pemanfaatan SDA bagi
masyarakat
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal
kondisi alam Kepulauan Seribu
2. Mengenal
kenampakan alam dataran pantai,
rendah dan tinggi
3. Mengenal
SDA di dataran pantai, rendah
dan
tinggi
4. Menemukan
rute suatu tempat
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Sebelum memulai pelajaran, guru mengingatkan siswa
tentang Kota Wamena yang telah dipelajari di pelajaran sebelumnya.
o
Guru bisa mengajukan pertanyaan apa yang kalian
ketahui tentang Pulau Wamena?
o
Siswa menjawab dengan mengangkat tangan.
o
Guru menunjukkan peta Kepulauan Seribu.
Guru menanyakan:
•
Apa yang kalian
pikirkan ketika mendengar Kepulauan Seribu?
•
Kira-kira berapa
jumlah Pulau di Kepulauan Seribu?
o
Siswa menjawab pertanyaan guru secara bergantian.
o
Guru menulis jawaban dari pertanyaan tersebut di
papan tulis.
o
Siswa membaca teks tentang kondisi alam Kepulauan
Seribu.
o
Siswa membaca dengan cara membaca dalam hati.
o
Siswa menandai hal-hal yang penting dengan memberi
garis bawah.
o
Siswa mengolah informasi dalam dalam bentuk peta
pikiran (letak, pulau yang ada, perbedaan dengan pulau lain, tumbuhan yang
ada, mata pencaharian, kondisi air)
Kegiatan Kelompok
o
Dari informasi yang siswa dapatkan, siswa akan
mendiskusikannya dalam kelompok.
o
Siswa mendiskusikan bagan gambar yang dibuat dengan
kelompoknya.
o
Siswa melengkapi informasi jika dirasa kurang
lengkap.
o
Siswa menceritakan mengenai Kepulauan Seribu kepada
temannya.
o
Hal-hal yang harus ada dalam cerita adalah: letak, kondisi
alam, mata pencaharian penduduk, dampak kondisi alam dengan masyarakat. Hal
ini akan dinilai dengan lembar penilaian 1.
o
Guru memberikan contoh cara bercerita yang benar.
o
Menggunakan kalimat yang runut dan menggunakan bahasa
yang santun
o
Guru menanyakan berapa jumlah pulau di Kepulauan
Seribu?
o
Siswa menjawab pertanyaan tersebut dan jawaban
ditulis di papan tulis.
o
Siswa mengamati gambar Kepulauan Seribu. Siswa
mengamati pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu.
o
Siswa secara bergantian menyebutkan nama-nama pulau
yang ada di Kepulauan Seribu.
o
Siswa belajar menentukan posisi pulau-pulau di
Kepulauan Seribu.
o
Siswa melingkari Pulau Pari. Siswa menemukan
pulau-pulau yang terletak di sebelah selatan, barat, utara dan timur dari
Pulau Pari
o
Siswa bisa melakukan kegiatan ini untuk pulau-pulau
selain Pulau Pari.
o
Siswa mengamati gambar pulau Jawa.
o
Guru menanyakan kepada siswa apakah kalian tahu
bahwa warna di peta menunjukkan perbedaan daratan?
o
Jawaban siswa akan didiskusikan secara klasikal.
o
Guru menguatkan mengenai legenda warna pada peta.
o
Warna hijau menunjukkan dataran rendah
o
Warna kuning menunjukkan dataran tinggi
o
Siswa menuliskan kota-kota yang merupakan dataran
rendah dan dataran tinggi
o
Guru menguatkan pengetahuan siswa bahwa kenampakan
alam daratan dibedakan menjadi dataran pantai, dataran rendah dan dataran
tinggi
o
Siswa mengamati gambar dan membuat 5 pertanyaan
tentang gambar. Tentang kenampakan alam daratan, yaitu dataran pantai,
dataran rendah dan dataran tinggi.
o
Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya.
o
Siswa menuliskan perbedaan dari ketiga tempat pada gambar.
o
Diharapkan siswa dapat menemukan perbedaan tentang
ketinggian daerah,
o
kondisi daerah, kegunaan, dan mata pencaharian yang
ada. Hal ini akan dinilai dengan lembar penilaian 2.
o
Setelah mengenal kenampakan daratan. Siswa mencari
informasi mengenai tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi.
o
Siswa melakukan wawancara kepada 5 orang temannya.
o
Siswa melakukan wawancara tentang tempat-tempat yang
pernah dikunjungi oleh teman mereka.
o
Siswa membuat daftar pertanyaan sebelum wawancara.
o
Siswa menuliskan hasil wawancaranya dalam bentuk
tabel.
o
Guru memastikan bahwa pertanyaan yang dibuat oleh
siswa sudah lengkap dan benar. Ketika siswa membuat pertanyaan, guru
memeriksa dengan cara berkeliling.
o
Siswa melakukan perenungan tentang pembelajaran 2
dengan mejawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Pengayaan
o
Siswa bisa mencari informasi lain tentang ciri-ciri
kenampakan alan daratan.
Remedial
o
(Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum
tuntas menguasai konsep).
o
Siswa yang masih kesulitan membedakan dataran tinggi
dan dataran rendah akan mendapatkan tambahan materi dari guru. Siswa
bereksplorasi dengan menggunakan peta.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Bahasa
Indoesia: Menceritakan Kepulauan Seribu
No
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Menceritakan
tentang letak
|
||
2
|
Kondisi
lingkungan dengan benar
|
||
3
|
Mata pencaharian penduduk dengan benar
|
||
4
|
Mata
pencaharian penduduk dengan benar
|
||
5
|
Dampak
kondisi alam dengan masyarakat
|
2.
IPS, dan IPA Mengolah informasi dalam bentuk tabel
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Ketinggian
daerah
|
Menuliskan
Semua ketinggian
daerah dataran
pantai, dataran
rendah dan
pegunungan
dengan benar
|
Menuliskan
sebagian besar
ketinggian
daerah
dataran
pantai,
dataran
rendah
dan
pegunungan
dengan benar
|
Menuliskan
sebagian
kecil
ketinggian
daerah
dataran
pantai,
dataran
rendah
dan
pegunungan
dengan benar
|
Ketinggian yang
ditulisakan belum benar
|
Kondisi
daerah
|
Menuliskan
seluruh kondisi
daerah dataran
pantai, dataran
rendah dan
pegunungan
dengan benar
|
Menuliskan
sebagian
besar
kondisi
daerah
dataran
pantai,
dataran
rendah
dan
pegunungan
dengan benar
|
Menuliskan
sebagian kecil
kondisi daerah
dataran pantai,
dataran rendah
dan pegunungan
dengan benar
|
Kondisi daerah
yang ditulis
masih belum
benar
|
SDA yang
dihasilkan
|
Menuliskan
semua SDA
yang
dihasilkan
tiap
tempat
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian
besar
SDA yang
dihasilkan
tiap
tempat
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian kecil
SDA yang
dihasilkan tiap
tempat dengan
benar
|
SDA yang
ditulis
pada tiap
daerah
masih
belum
benar
|
Kegunaan
|
Menuliskan
semua
manfaat
dari
masingmasing
daratan
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian
besar
manfaat
dari
masing-masing
daratan
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian
kecil
manfaat
dari
masing-masing
daratan
dengan
benar
|
Tidak
menuliskan
manfaat
dengan
benar
|
Mata
Pencaharian
|
Menuliskan
semua
mata
pencaharian
tiap
daerah
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian
besar
mata
pencaharian
tiap
daerah
dengan
benar
|
Menuliskan
sebagian
kecil mata
pencaharian tiap
daerah dengan
benar
|
Tidak
menuliskan
mata
pencaharian
dengan
benar
|
5. Penilaian sikap (cinta
lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Peta Pulau Papua
Mengetahui, Beureunuen,
…………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas IVB,
CHAIRUNNISA,
S.Pd ABDULLAH,
S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19601231 198202 1 012
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment