RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester : 4/II
Tema 8 : Tempat
Tinggalku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mampu
menjelaskan keadaan alam Wamena
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1 Menjelaskan dampak keadaan dengan penduduk
b) Bahasa
Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menyimpulkan
isi teks yang Disajikan
c)
Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan,peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
2.1.1 Menyebutkan
arah utara, selatan,
timur, dan barat suatu tempat
4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
4.8.1 Menjelaskan
letak suatu tempat berdasarkan
arah mata angin
4.8.2 Berkreasi
membuat pulau impian
d) SBdP
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Mebedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.3.1 Membedakan
panjang pendek nada
4.6 Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal
4.6.1 Menyanyikan
lagu daerah dengan
tangga nada yang benar.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
1. Mengenal
batas wilayah Papua.
2. Bereksplorasi
tentang arah mata angin.
3. Mengenal
kenampakan alam Wamena.
4. Menyanyikan
lagu Apuse
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Guru menunjukkan
peta Indonesia. Jika memungkinkan, peta Indonesia tersebut dipasang di
dinding kelas. Jika peta Indonesia tidak ada, guru bisa menggunakan gambar
berikut:
Guru bertanya kepada siswa:
o Di manakah letak
Pulau Papua?
o Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab di kertas kecil-kecil yang telah guru
siapkan. Guru menempel jawaban siswa di papan tulis.
o Guru memberi
penguatan kepada siswa tentang makna Pulau Papua terletak di ujung timur
Indonesia.
Alternatif kegiatan
o Siswa duduk secara
berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Secara individu siswa
mengamati peta Pulau Papua yang ada di buku siswa.
o Siswa menjawab
pertanyaan tersebut di satu kertas secara individu.
o Siswa mengamati
gambar peta yang ada di buku siswa dan membaca teks bacaannya.
o Secara individu
siswa menuliskan batas-batas Pulau Papua di buku siswa.
o Selain itu, siswa
juga memberikan arah barat = A, arah timur = B, arah utara = C, dan arah selatan=D!
o Siswa mendiskusikan
jawaban dalam kelompoknya.
o Guru menunjuk salah
satu kelompok untuk mempresentasikan jawaban.
o Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa
o Siswa bereksplorasi
mengenai arah (utara, selatan, timur, dan barat).
o Guru membawa kompas
ke dalam kelas. (Jika tidak mempunyai kompas, guru bisa meminta siswa melihat
gambar kompas di buku siswa).
o Kompas adalah alat
untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan
dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan
arah tertentu, arah mata angin yang ditunjuknya ialah utara, selatan, timur,
dan barat.
o Alat apa pun yang
memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara
magnetis. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan
dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk
menentukan utara sejati.
o Guru menunjukkan
posisi benda sesuai dengan arah mata angin. Jika tidak mempunyai kompas guru
bisa menggunakan cara berikut!
o Guru meminta siswa
mengikuti instruksi berikut!
o Keluar dari kelas
pada pagi hari
o Berdiri menghadap
ke arah matahari. Berada di sebelah manakah bayanganmu?
o Matahari terbit
dari arah timur, jadi bayanganmu pasti berada di sebelah barat.
o Rentangkan
tanganmu. Tentukan U, S, T dan B ?
o Berdasarkan mata
angin, ke arah manakah tangan kirimu menunjuk?
o Berdasarkan mata
angin, ke arah manakah tangan kananmu menunjuk?
o Guru menguatkan
bahwa matahari terbit dari sebelah timur.
o Bayang-bayang pasti
berada di barat. Jika kalian menghadap matahari dan kalian membentangkan
tangan. Maka tangan kanan sebelah selatan dan tangan kiri sebelah utara.
o Siswa menuliskan
benda-benda yang ada di arah Utara, Selatan, Timur, dan Barat dari posisinya.
Siswa menulis hasil pekerjaannya pada tabel yang ada di buku siswa.
o Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Pada saat
mempresentasikan, siswa bisa memperagakan dengan cara membentangkan tangan.
o Siswa lain memberi
masukan.
o Siswa mengamati
gambar Provinsi
o Papua di buku
siswa.
o Siswa mencari Kota
Wamena dan melingkarinya.
o Siswa menuliskan
batas-batas dari kota Wamena.
o Siswa mendiskusikan
batas-batas wilayah kota Wamena dan menuliskannya pada bagan yang tersedia
o Kota Wamena adalah
salah satu kota di Papua. Kota ini sebelah utara dibatasi oleh kota
o Karubaga, selatan
dibatasi kota Timika, timur dibatasi kota Sumomau.
o Untuk memperkuat
pengetahuan, siswa diminta mengamati peta impian yang ada di buku siswa.
o Guru menjelaskan
terlebih dahulu tentang legenda pada peta yang dibaca.
o Siswa mengamati
peta dan legendanya dengan cermat.
o Siswa mengamati
posisi tempat yang ada di peta.
o Siswa membuat pulau
impian mereka. Pulau yang dibuat dilengkapi dengan: gunung, kota dan pantai. dengan
legenda arah mata angin batas-batas wilayah.
o Siswa membuat 5
pertanyaan berdasarkan gambar pulau impian dan mendiskusikan jawaban bersama
temannya.
o Siswa membaca teks
tentang kehidupan masyarakat kota Wamena dengan membaca dalam hati. Siswa
memberikan tanda khusus (garis bawah) pada informasi penting dari teks yang
dibacanya.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks:
·
Bagaimana kondisi
alam di Wamena dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakatnya?
·
Apa hasil bumi di
Wamena?
·
Di manakah penduduk
menjual hasil buminya?
·
Bagaimana cara
penduduk Wamena memasak makanan?
o Setelah menjawab
pertanyan tersebut, siswa menyimpulkan hal-hal berikut:
o Kondisi alam
Wamena.
o Dampak kondisi alam
dengan kehidupan masyarakat Wamena.
o Siswa
mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas. Hal ini akan dinilai dengan
menggunakan lembar penilaian 2
o Siswa dibagi
menjadi lima kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
o Siswa menceritakan
lingkungan tempat tinggalnya. Hal-hal yang harus ada dalam cerita tersebut
ialah batas wilayah, mata pencaharian, hasil bumi,lagu, kebiasaan, atau hal
lainnya.
o Siswa
menceritakannya kepada kelompoknya.
o Teman dalam
kelompok mengomentari cerita yang disampaikan oleh siswa
o Siswa menyanyikan
lagu dari Papua yaitu lagu Apuse.
o Awalnya siswa
membaca teks terlebih dahulu mengenai makna dari lagu tersebut.
o Siswa membaca
notasi angka dan mempelajari panjang pendek nada.
o Guru mengawali
kegiatan dengan memberikan contoh nada lagunya.
o Siswa bersama-sama
menyanyikan lagu tersebut.
o Lagu Apuse adalah
salah satu lagu daerah yang berasal dari daerah Papua.
o Lirik/syair lagu
Apuse :
Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar
o Makna/arti dari
lagu Apuse :
o Kakek-nenek aku mau
pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
o Pegang saputangan
dan melambaikan tangan
o Kakek/nenek aku mau
pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
o Pegang saputangan
dan melambaikan tangan
o Kasihan aku,
selamat jalan cucuku
o Kasihan aku,
selamat jalan cucuku
o Pengayaan
o Siswa bisa mencari
informasi lain tentang ciri-ciri kenampakan alan daratan.
Remedial
o (Kegiatan remedial
dilakukan bagi siswa yang belum tuntas menguasai konsep).
o Siswa yang masih
belom memahami arah utara, selatan, timur, dan barat diberikan materi
tambahan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Matematika:
Pulau Impian
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
Membuat
pulau impian dengan dilengkapi (gunung, kota, pantai)
|
|
|
2
|
Peta
dilengkapi dengan legenda
|
|
|
3
|
Menuliskan batas-batas pulau impian (Utara,
Selatan, Timur, dan Barat)
|
|
|
4
|
Membuat
pertanyaan tentang posisi suatu tempat berdasarkan pulau impian
yang dibuat
|
|
|
2. Bahasa
Indonesia dan IPS : Teks kota Wamena
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks
|
|
|
Menuliskan
kesimpulan mengenai kondisi keadaan alam Wamena dengan benar
|
|
|
Menuliskan
kesimpulan mengenai dampak keadaan alam dengan masyarakat.
|
|
|
3. SBdP :
Bernyanyi
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
Membaca
notasi lagu dengan benar
|
|
|
2
|
Menyanyikan
lagu dengan panjang pendek nada yang benar
|
|
|
5. Penilaian sikap (cinta
lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Peta Pulau Papua
Mengetahui, Beureunuen,
…………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen Guru Kelas IVB,
CHAIRUNNISA,
S.Pd ABDULLAH,
S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19601231 198202 1 012
LEMBAR KEJA SISWA
Diskusikan dengan teman di sebelahmu batas-batas
wilayah Kota Wamena. Tulis hasil diskusi pada bagan di bawah ini.
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment