Home » » TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 1

TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 23 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 3 Beureunuen
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 8                                   : Tempat Tinggalku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Lingkungan Tempat Tinggalku/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya
3.3.1 Mampu menjelaskan keadaan alam Wamena
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.3.1  Menjelaskan dampak keadaan dengan penduduk

b) Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menyimpulkan isi teks yang Disajikan

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan,peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
2.1.1 Menyebutkan arah utara, selatan, timur, dan barat suatu tempat
4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
4.8.1 Menjelaskan letak suatu tempat berdasarkan arah mata angin
4.8.2 Berkreasi membuat pulau impian

d) SBdP
1.1. Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah tuhan
2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
3.3 Mebedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
3.3.1 Membedakan panjang pendek nada
4.6 Menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang harus dikenal
4.6.1 Menyanyikan lagu daerah dengan tangga nada yang benar.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
1.      Mengenal batas wilayah Papua.
2.      Bereksplorasi tentang arah mata angin.
3.      Mengenal kenampakan alam Wamena.
4.      Menyanyikan lagu Apuse

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Tempat Tinggalku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o  Guru menunjukkan peta Indonesia. Jika memungkinkan, peta Indonesia tersebut dipasang di dinding kelas. Jika peta Indonesia tidak ada, guru bisa menggunakan gambar berikut:



Guru bertanya kepada siswa:
o  Di manakah letak Pulau Papua?
o  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab di kertas kecil-kecil yang telah guru siapkan. Guru menempel jawaban siswa di papan tulis.
o  Guru memberi penguatan kepada siswa tentang makna Pulau Papua terletak di ujung timur Indonesia.

Alternatif  kegiatan
o  Siswa duduk secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Secara individu siswa mengamati peta Pulau Papua yang ada di buku siswa.
o  Siswa menjawab pertanyaan tersebut di satu kertas secara individu.
o  Siswa mengamati gambar peta yang ada di buku siswa dan membaca teks bacaannya.
o  Secara individu siswa menuliskan batas-batas Pulau Papua di buku siswa.
o  Selain itu, siswa juga memberikan arah barat = A, arah timur = B, arah utara = C,  dan arah selatan=D!
o  Siswa mendiskusikan jawaban dalam kelompoknya.
o  Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan jawaban.
o  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa
o  Siswa bereksplorasi mengenai arah (utara, selatan, timur, dan barat).
o  Guru membawa kompas ke dalam kelas. (Jika tidak mempunyai kompas, guru bisa meminta siswa melihat gambar kompas di buku siswa).
o  Kompas adalah alat untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, arah mata angin yang ditunjuknya ialah utara, selatan, timur, dan barat.
o  Alat apa pun yang memiliki batang atau jarum magnetis yang bebas bergerak menunjuk arah utara magnetis. Kompas variasi adalah alat khusus berstruktur rapuh yang digunakan dengan cara mengamati variasi pergerakan jarum. Girokompas digunakan untuk menentukan utara sejati.
o  Guru menunjukkan posisi benda sesuai dengan arah mata angin. Jika tidak mempunyai kompas guru bisa menggunakan cara berikut!
o  Guru meminta siswa mengikuti instruksi berikut!
o  Keluar dari kelas pada pagi hari
o  Berdiri menghadap ke arah matahari. Berada di sebelah manakah bayanganmu?
o  Matahari terbit dari arah timur, jadi bayanganmu pasti berada di sebelah barat.
o  Rentangkan tanganmu. Tentukan U, S, T dan B ?
o  Berdasarkan mata angin, ke arah manakah tangan kirimu menunjuk?
o  Berdasarkan mata angin, ke arah manakah tangan kananmu menunjuk?
o  Guru menguatkan bahwa matahari terbit dari sebelah timur.
o  Bayang-bayang pasti berada di barat. Jika kalian menghadap matahari dan kalian membentangkan tangan. Maka tangan kanan sebelah selatan dan tangan kiri sebelah utara.
o  Siswa menuliskan benda-benda yang ada di arah Utara, Selatan, Timur, dan Barat dari posisinya. Siswa menulis hasil pekerjaannya pada tabel yang ada di buku siswa.
o  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Pada saat mempresentasikan, siswa bisa memperagakan dengan cara membentangkan tangan.
o  Siswa lain memberi masukan.
o  Siswa mengamati gambar Provinsi
o  Papua di buku siswa.
o  Siswa mencari Kota Wamena dan melingkarinya.
o  Siswa menuliskan batas-batas dari kota Wamena.
o  Siswa mendiskusikan batas-batas wilayah kota Wamena dan menuliskannya pada bagan yang tersedia
o  Kota Wamena adalah salah satu kota di Papua. Kota ini sebelah utara dibatasi oleh kota
o  Karubaga, selatan dibatasi kota Timika, timur dibatasi kota Sumomau.
o  Untuk memperkuat pengetahuan, siswa diminta mengamati peta impian yang ada di buku siswa.
o  Guru menjelaskan terlebih dahulu tentang legenda pada peta yang dibaca.
o  Siswa mengamati peta dan legendanya dengan cermat.
o  Siswa mengamati posisi tempat yang ada di peta.
o  Siswa membuat pulau impian mereka. Pulau yang dibuat dilengkapi dengan: gunung, kota dan pantai. dengan legenda arah mata angin batas-batas wilayah.
o  Siswa membuat 5 pertanyaan berdasarkan gambar pulau impian dan mendiskusikan jawaban bersama temannya.
o  Siswa membaca teks tentang kehidupan masyarakat kota Wamena dengan membaca dalam hati. Siswa memberikan tanda khusus (garis bawah) pada informasi penting dari teks yang dibacanya.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks:
·         Bagaimana kondisi alam di Wamena dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakatnya?
·         Apa hasil bumi di Wamena?
·         Di manakah penduduk menjual hasil buminya?
·         Bagaimana cara penduduk Wamena memasak makanan?

o  Setelah menjawab pertanyan tersebut, siswa menyimpulkan hal-hal berikut:
o  Kondisi alam Wamena.
o  Dampak kondisi alam dengan kehidupan masyarakat Wamena.
o  Siswa mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas. Hal ini akan dinilai dengan menggunakan lembar penilaian 2
o  Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
o  Siswa menceritakan lingkungan tempat tinggalnya. Hal-hal yang harus ada dalam cerita tersebut ialah batas wilayah, mata pencaharian, hasil bumi,lagu, kebiasaan, atau hal lainnya.
o  Siswa menceritakannya kepada kelompoknya.
o  Teman dalam kelompok mengomentari cerita yang disampaikan oleh siswa
o  Siswa menyanyikan lagu dari Papua yaitu lagu Apuse.
o  Awalnya siswa membaca teks terlebih dahulu mengenai makna dari lagu tersebut.
o  Siswa membaca notasi angka dan mempelajari panjang pendek nada.
o  Guru mengawali kegiatan dengan memberikan contoh nada lagunya.
o  Siswa bersama-sama menyanyikan lagu tersebut.
o  Lagu Apuse adalah salah satu lagu daerah yang berasal dari daerah Papua.
o  Lirik/syair lagu Apuse :
Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Apuse kokon dao
Yarabe soren doreri
Wuf lenso bani nema baki pase
Arafabye aswarakwar
Arafabye aswarakwar

o  Makna/arti dari lagu Apuse :
o  Kakek-nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
o  Pegang saputangan dan melambaikan tangan
o  Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
o  Pegang saputangan dan melambaikan tangan
o  Kasihan aku, selamat jalan cucuku
o  Kasihan aku, selamat jalan cucuku
o  Pengayaan
o  Siswa bisa mencari informasi lain tentang ciri-ciri kenampakan alan daratan.

Remedial
o  (Kegiatan remedial dilakukan bagi siswa yang belum tuntas menguasai konsep).
o  Siswa yang masih belom memahami arah utara, selatan, timur, dan barat diberikan materi tambahan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Matematika: Pulau Impian
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Membuat pulau impian dengan dilengkapi (gunung, kota, pantai)


2
Peta dilengkapi dengan legenda


3
Menuliskan batas-batas pulau impian (Utara, Selatan, Timur, dan Barat)


4
Membuat pertanyaan tentang posisi suatu tempat berdasarkan pulau impian yang dibuat



2. Bahasa Indonesia dan IPS : Teks kota Wamena
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks


Menuliskan kesimpulan mengenai kondisi keadaan alam Wamena dengan benar


Menuliskan kesimpulan mengenai dampak keadaan alam dengan masyarakat.



3. SBdP : Bernyanyi
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Membaca notasi lagu dengan benar


2
Menyanyikan lagu dengan panjang pendek nada yang benar



5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Peta Pulau Papua



Mengetahui,                                                                            Beureunuen, …………...2016
Kepala SD N 3 Beureunuen                                                   Guru Kelas IVB,


CHAIRUNNISA, S.Pd                                                         ABDULLAH, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                                NIP. 19601231 198202 1 012






 LEMBAR KEJA SISWA


 Diskusikan dengan teman di sebelahmu batas-batas wilayah Kota Wamena. Tulis hasil diskusi pada bagan di bawah ini.
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................         



TEMA 8 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors