Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 6

TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 20 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ II
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Bumiku dan Musimku / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)    SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan.
3.4.1 Memamerkan hasil gambar yang menggunakan teknik gambar perspektif.
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan.
4.1.1 Menjelaskan gambar perspektif yang dihasilkan.

b)    PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebaga bangsa Indonesia
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
3.6.1 Menjelaskan ketergantungan yang terjadi dalam kegiatan pameran
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.
4.6.1 Menjelaskan sikap yang perlu dikembangkan dalam rangka memperkokoh ketergantungan dalam keberagaman.
.
C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menerapkan gambar perspektif.
2.      Menjelaskan langkah pembuatan gambar perspektif.
3.      Evaluasi
 
D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa memajang hasil gambar yang telah dihasilkan minggu lalu dan minggu ini.
o   Siswa mengundang adik-adik kelas untuk berkunjung ke kelas untuk melihat hasil karyanya dan teman-temannya.
o   Siswa menjelaskan kepada mereka tentang teknik gambar dan manfaat yang didapatkan setelah mempelajarinya.
o   Siswa meminta adik kelasnya untuk mengomentari hasil karya mereka.
o   Siswa menuliskan kesan-kesan setelah melakukan kegiatan pameran. suasana persiapan, suasana pameran, tanggapan dari pengunjung, perasaan saat menjalani pameran, ketergantungan yang terjadi antara siswa dengan teman-teman satu kelas, pengunjung, guru dan pihak yang terlibat, serta sikap yang perlu dikembangkan dalam rangka memperkokoh ketergantungan dalam keberagaman
o   Siswa mengerjakan soal evaluasi di buku siswa. Setelah siswa selesai mengisi refleksi, guru mengumpulkan buku siswa. Buku siswa akan dikembalikan keesokan harinya.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku dan membuat refleksi pembelajaran selama 1 minggu.

Pengayaan
o   Siswa yang sudah paham mengenai pola bentuk, dapat memberikan contoh pola bentuk lain dan menjelaskan pola yang terjadi.

Remedial
o   Siswa yang masih belum paham tentang pola bentuk dapat berlatih dengan guru. Guru memberikan gambar pola bentuk, siswa menentukan hubungan yang terjadi.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat   kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
      15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1.        Penilaian
Penilaian IPA: melakukan percobaan
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Penggunaan
Teknik
Siswa
menerapkan
seluruh
langkah
menggambar
perspektif
dengan teknik
yang benar.
Siswa hanya
menggunakan
sebagian besar
teknik dengan
benar.
Siswa hanya
menggunakan
sebagian kecil
teknik dengan
benar.
Siswa belum
mampu
menggunakan
teknik dengan
benar
Persiapan
Siswa
melakukan
persiapan
dengan
matang
tentang
1. gambar
yang akan
dipamerkan
sudah
selesai,
2. membingkai
gambar
dengan
benar,
3. menyusun
pajangan
dengan tata
letak yang
benar.
Memenuhi
2 dari 3
kriteria yang
diharapkan
Memenuhi
1 dari 3
kriteria yang
diharapkan.
Belum
memenuhi
kriteria yang
diharapkan.
Kegiatan
Saat kegiatan,
siswa mampu
menjelaskan
gambar yang
dihasilkan
dengan
percaya diri,
runtut, dan
jelas.
Memenuhi
2 dari 3
kriteria yang
diharapkan
Memenuhi
1 dari 3
kriteria yang
diharapkan.
Belum
memenuhi
kriteria yang
diharapkan.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

2. PPKN
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Menyebutkan
ketergantungan
yang terjadi
Menyebutkan
ketergantungan
yang terjadi
pada saat kegiatan
pameran seperti
1. siswa dengan
teman satu kelas,
2. siswa dengan
guru, 3. siswa dengan pengunjung,
4. siswa dengan
pihak lain yang terkait
Memenuhi 3
kriteria dari 4
kriteria yang
diharapkan.
Memenuhi 2
kriteria dari 4
kriteria yang
diharapkan.
Memenuhi 1
kriteria dari 4
kriteria yang
diharapkan.
Menjelaskan
alasan adanya
ketergantungan
Dari semua
ketergantungan
yang
disebutkan
siswa mampu
menjelaskan
alasannya
dengan benar.
Dari sebagian
Besar ketergantungan
Yang disebutkan
siswa mampu
menjelaskan
alasannya
dengan benar
Dari sebagian
ketergantungan
yang
disebutkan
siswa mampu
menjelaskan
alasannya
dengan benar
Dari sebagian
kecil
ketergantungan
yang
disebutkan
siswa mampu
menjelaskan
alasannya
dengan benar.
Menjelaskan sikap yang perlu
dikembangkan dalam rangka
 memperkokoh
keberagaman
dalam
ketergantunga
Siswa mampu
menjelaskan 3
sikap yang perlu
dikembangkan
dalam rangka
memperkokoh
keberagaman
dalam
ketergantungan
dengan benar
Hanya menyebutkan 2 sikap dengan
benar.
Hanya
menyebutkan
1 sikap dengan
benar
Belum dapat
menyebutkan
sikap
yang perlu
dikembangkan
dengan benar

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.    Buku Guru
2.    Buku Siswa
3.    Berbagai gambar perspektif yang dihasilkan.
4.    Bingkai



Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI A,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              MUTIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                    NIP. 19810828 200801 2 002





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Tuliskan kesanmu setelah melakukan kegiatan pameran.
Ceritakan bagaimana suasana persiapan, suasana pameran, tanggapan dari pengunjung, serta bagaimana perasaanmu setelah menjalani kegiatan ini!
Ceritakan juga bagaimana kerja sama yang terjadi antara kamu dengan teman-teman satu kelasmu, pengunjung, gurumu, dan pihak lain yang terlibat!
Mengapa kerja sama tersebut terjadi dan bagaimana sikap yang perlu kamu 
kembangkan? Jelaskan
...........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... ........................................................................................................................................................... 

MEDIA

TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 6

 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors