Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 5

TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 20 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ II
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 2/ Pembelajaran          : Bumiku dan Musimku / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan teks eksplanasi tentang perubahan kenampakan Bulan.

b)       PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebaga bangsa Indonesia
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
3.6.1 Menceritakan contoh ketergantungan masyarakat dengan nelayan.
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.
4.6.1 Menjelaskan keberagaman yang terjadi dalam masyarakat yang mendorong saling ketergantungan.
.
c) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Mahaesa dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan.
3.4.1 Mencontohkan sebuah gambar dengan menggunakan teknik gambar perspektif.
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan.
4.1.1 Membuat gambar dengan menggunakan teknik gambar perspektif

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menggali informasi tentang kondisi suatu wilayah di pesisir.
2.      Memberikan contoh sikap ketergantungan
3.      Menggambar perspektif.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks dengan strategi membaca senyap.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o   Tuliskan apa yang terjadi pada petani akibat cuaca ekstrem yang terjadi.
o   Apa akibat yang terjadi dari cuaca buruk itu?
·         Siapa yang terpengaruh ketika nelayan tidak dapat memperoleh ikan?
·         Apakah kamu melihat saling ketergantungan dalam hal ini?
o   Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya.
o   Siswa menulis teks eksplanasi tentang perubahan ketampakan Bulan dan penyebabnya. Teks eksplanasi ditulis dengan kata baku dan tanda baca yang sesuai.
o   Siswa mengamati beberapa gambar perspektif yang telah disediakan


TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 5



o   Siswa mencoba untuk berlatih kembali agar keterampilan semakin terasah dengan mencari objek yang ada di lingkungan sekitar yang diamati secara langsung.
o   Siswa berkreasi membuat gambar sendiri sesuai dengan kreatifitas mereka.
Produk ini akan dinilai dengan menggunakan Penilaian 3.

o   Siswa menuliskan pengalaman saat menggambar dengan disertai penjelasan langkah-langkahnya.
o   Siswa membuat refleksi dengan membandingkan gambar yang dihasilkan sekarang dengan gambar minggu yang lalu untuk melihat kemajuannya serta mengumpulkan manfaat belajar teknik gambar perspektif.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada dengan menuliskan hal-hal baik yang telah ia pelajari hari ini. Guru juga membantu siswa menemukan kegiatan dan tema yang dipelajari menuju ranah spiritual.

Pengayaan
o   Siswa yang sudah menguasai gambar perspeaktif dapat memilih satu objek dan menggambarnya.

Remedial
o   Siswa yang belum menguasai teknik menggambar perspektif akan berlatih dengan guru. Guru menjelaslan teknik dan langkah-langkah menggambar kepada siswa. Siswa menggambar satu benda yang sudah ada di contoh
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
     15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


1.        Penilaian
1. PPKn: Menjelaskan saling ketergantungan
Kriteria
Ya
Tidak
Menjelaskan saling ketergantungan pada teks.


Menjelaskan hal yang akan terjadi jika tidak ada nelayan.



2. Bahasa Indonesia: Teks Eksplanasi
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Perubahan
ketampakan
Bulan
Menjelaskan
perubahan
ketampakan
Bulan dan
penyebabnya
dengan rinci
dan benar.
Menjelaskan
perubahan
ketampakan
Bulan dan
penyebabnya
dengan benar,
namun kurang
rinci.
Menjelaskan
perubahan
ketampakan
Bulan dan
penyebabnya,
namun kurang
benar dan
kurang rinci
Penjelasnnya
tidak benar
Teks ekplanasi
Paragraf lengkap
Memuat pernyataan
umum, penjelasan,
dan interpretasi
Paragraf hanya
memuat 2 hal
dari 3 hal yang
diharapkan.
Paragraf hanya
memuat 1 hal
dari 3 hal yang
diharapkan
Paragraf
tidak memuat
kriteria yang
diharapkan
Kata baku
Semua ditulis
dengan kata
baku
75% ditulis
dengan kata
baku.
50% ditulis
dengan kata
baku
25% ditulis
dengan kata
baku
Tanda baca
Semua tulisan
menggunakan
tanda baca yang benar (titik, koma, huruf besar, seru, tanya).
75% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar.
50% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar.
25% tulisan
menggunakan
tanda baca
yang benar

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

3. SBdP: Gambar perspektif
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Penggunaan
teknik
Siswa
menggunakan
teknik yang
benar untuk
1. menentukan
Cakrawala dan titik lenyap.
2. menggambar
objek dengan
mengacu pada titik lenyap,
dengan garis
pertolongan.
Siswa hanya
menggunakan
sebagian besar
teknik dengan
benar
Siswa hanya
menggunakan
sebagian teknik dengan
benar
Belum mampu
menggunakan
teknik dengan
benar
Warna dan
kerapian
Siswa mewarnai
Dengan warna yang sesuai. Hasil
pekerjaannya
rapi.
Siswa mewarnai
Dengan warna yang sesuai. Hasil
pekerjaannya
kurang rapi.
Siswa mewarnai
dengan warna
yang belum
sesuai. Hasil
pekerjaannya
rapi.
Siswa mewarn
dengan warna
yang tidak sesuai. Hasil
pekerjaan siswa tidak rapi

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.    Buku Guru
2.    Buku Siswa
3.      Buku referensi.
4.      Koran.
5.      Internet (disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah masing-masing).


Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI A,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              MUTIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                     NIP. 19810828 200801 2 002



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Amati lingkungan sekitarmu. Pasti banyak pemandangan menarik yang
dapat kamu gambar.
Gunakan kreativitas dan teknik menggambar perspektif
yang telah kamu pelajari sebelumnya untuk menghasilkan gambar yang baik!
Setelah selesai, tuliskan pengalamanmu saat menggambar. Jelaskan langkah-langkah yang kamu lakukan dari awal hingga gambarmu selesai! Bandingkan kesulitan gambarmu sekarang dengan yang minggu lalu.

..........................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... .......................................................................................................................................................... ..........................................................................................................................................................


 MEDIA
TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 5

TEMA 8 KELAS 6 SUB 2 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors