RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 8 : Bumiku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
SBdP
1.1 Mengapresiasi
karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki rasa bangga
terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan
berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan.
3.4.1 Siswa mampu
memamerkan hasil karya menggambar perspektif.
4.1 Menggambar
perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil
pengamatan.
4.1.1 Siswa mampu
menganalisa penerapan teknik gambar perspektif
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab
perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya,serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab
perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,
serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis teks eksplanasi tentang rotasi Bumi dan pengaruhnya.
c) EVALUASI
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
o Memamerkan hasil karya menggambar teknik perspektif dengan mandiri.
o Menuliskan proses pembuatan gambar perspektif.
o Evaluasi.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa menunjukkan
hasil karya gambar perspektifnya kepada teman lain di kelas.
o
Seluruh pekerjaan
siswa dipajang di depan kelas.
o
Siswa memilih 3
siswa lain untuk meminta mereka menganalisis hasil gambar perspektif yang
telah dikerjakannya.
o
Guru mengingatkan
siswa untuk meganalisis gambar dengan melihat kesesuaian dengan teknik gambar
perspektif yang telah dipelajari kemarin.
o
Siswa menulis
hasil analisisnya pada tabel yang telah disiapkan.
o
Siswa
mengomunikasikan hasil analisa kepada siswa lainnya.
o
Siswa menuliskan
hal-hal yang dapat dipelajari dari kegiatan tersebut
o
Siswa menjelaskan
proses pembuatan gambar perspektif menggunakan teks eksplanasi.
o
Guru mengingatkan
agar siswa menulis secara rinci menggunakan kalimat efektif, tata bahasa, dan
tanda baca yang benar.
o
Siswa mengerjakan
soal evaluasi di buku siswa.
o
Setelah kegiatan
belajar selesai, guru mengumpulkan buku siswa dan dikembalikan kepada siswa
esok harinya
o
Guru meminta
siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku
siswa. Guru juga dapat menambahkan bahan perenungan
o
yang dapat
memotivasi siswa untuk mengaplikasikan apa yang sudah dipelajarinya dalam
kehidupannya sehari-hari.
Pengayaan
o
Siswa menggambar
gambar perspektif mengenai pemandangan alam
o
Guru meminta
siswa mengomunikasikan kepada orang tua tentang apa yang telah dipelajarinya
selama satu minggu. Siswa juga diminta untuk berbagi cerita dengan teman atau
kerabat yang tinggal di wilayah lain di Indonesia seputar kegiatan
sehari-hari.
Remedial
o
Siswa yang merasa
kesulitan pada salah satu materi dapat dibimbing secara individual oleh guru.
Sebagai contoh setiap hari siswa bertemu guru selam
o
10 menit. Siswa
bereksplorasi lagi tentang materi yang dipelajari. Guru dapat memulainya dari
soal-soal yang paling mudah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai;
a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3. Instrumen Penilaian
4. Rubrik dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Rubrik SBdP
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menilai
penggunaan teknik yang benar pada karya
yang
dihasilkan teman
|
|
|
Menilai
langkah-langkah kerja yang runtut pada
gambar yang
dihasilkan teman.
|
|
|
Menuliskan
saran perbaikan yang sesuai.
|
|
|
2.
Rubrik Bahasa
Indonesia
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Menjelaskan
Gambar perspektif
secara
rinci
|
Menjelaskan
Proses pembuatan
Gambar perspektif
secara
runtut,
rinci dan benar.
|
Menjelaskan
proses
pembuatan
gambar
perspektif
dengan
benar
namun
kurang
rinci.
|
Menjelaskan
proses
pembuatan
gambar
perspektif
namun
kurang
tepat dan
kurang rinci.
|
Penjelasan
yang
ditulis
kurang
tepat.
|
Teks
ekplanasi
|
Paragraf lengkap
Memuat pernyataan
umum, penjelasan,
dan
interpretasi.
|
Paragraf
hanya
memuat
2 hal
dari
3 hal yang
diharapkan
|
Paragraf
hanya
memuat 1
hal
dari 3
hal yang
diharapkan
|
Paragraf
tidak
memuat
kriteria
yang
diharapkan
|
Kata baku
|
Semua
ditulis
dengan
kata
baku.
|
75%
ditulis
dengan
kata
baku.
|
50%
ditulis
dengan
kata
baku
|
25%
ditulis
dengan
kata
baku
|
Tanda baca
|
Semua
menggunakan
tanda
baca yang benar (titik, koma, huruf besar,
seru,
tanya).
|
75%
menggunakan
tanda
baca yang benar.
|
50% menggunakan
tanda
baca yang benar
|
25%
menggunakan
tanda
baca
yang benar.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1. Buku Guru
2. Buku siswa
3. Buku referensi.
4. Koran.
5. Internet.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
EVALUASI
1. Tuliskan
provinsi-provinsi yang termasuk wilayah waktu Indonesia Barat,Tengah, dan
Timur!
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
2. Mengapa ada
pembagian wilayah waktu di Indonesia? Jelaskan.
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
3. Seandainya
kamu berada di Pontianak, saat ini jam dinding menunjukkan pukul 12.00 siang.
Pukul berapakah di Ambon dan di Bengkulu? Berikan alasanmu.
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
4. Perbedaan
waktu antarwilayah merupakan sesuatu yang memperkaya keragaman di Indonesia.
Seandainya kamu memiliki teman yang tinggal di wilayah waktu yang berbeda,
bagaimana sikapmu menyikapi perbedaan tersebut?
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
5. Apa yang
dimaksud dengan rotasi Bumi dan pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
6. Ada 2
makanan yang sama diletakkan di 2 tempat yang berbeda. Makanan 1 diletakkan di
ruang terbuka dan makanan 2 diletakkan di lemari es pada kurun waktu tertentu.
Makanan mana yang lebih cepat busuk? Mengapa? Jelaskan.
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
7. Bagaimana
pengaruh suhu terhadap perubahan benda?
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
8. Tuliskan 4
faktor penyebab terjadinya pembusukan dan pengaratan!
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
9. Sebutkan 3
penyakit menular dan 3 penyakit tidak menular!
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
10. Penyakit
apa yang muncul karena perubahan suhu dan cara hidup yang tidak sehat?
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment