Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 6

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 20 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya / 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)      SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan.
3.4.1 Siswa mampu memamerkan hasil karya menggambar perspektif.
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan.
4.1.1 Siswa mampu menganalisa penerapan teknik gambar perspektif

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis teks eksplanasi tentang rotasi Bumi dan pengaruhnya.

c) EVALUASI

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
o   Memamerkan hasil karya menggambar teknik perspektif dengan mandiri.
o   Menuliskan proses pembuatan gambar perspektif.
o   Evaluasi.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa menunjukkan hasil karya gambar perspektifnya kepada teman lain di kelas.
o   Seluruh pekerjaan siswa dipajang di depan kelas.
o   Siswa memilih 3 siswa lain untuk meminta mereka menganalisis hasil gambar perspektif yang telah dikerjakannya.
o   Guru mengingatkan siswa untuk meganalisis gambar dengan melihat kesesuaian dengan teknik gambar perspektif yang telah dipelajari kemarin.
o   Siswa menulis hasil analisisnya pada tabel yang telah disiapkan.
o   Siswa mengomunikasikan hasil analisa kepada siswa lainnya.
o   Siswa menuliskan hal-hal yang dapat dipelajari dari kegiatan tersebut
o   Siswa menjelaskan proses pembuatan gambar perspektif menggunakan teks eksplanasi.
o   Guru mengingatkan agar siswa menulis secara rinci menggunakan kalimat efektif, tata bahasa, dan tanda baca yang benar.
o   Siswa mengerjakan soal evaluasi di buku siswa.
o   Setelah kegiatan belajar selesai, guru mengumpulkan buku siswa dan dikembalikan kepada siswa esok harinya
o   Guru meminta siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di buku siswa. Guru juga dapat menambahkan bahan perenungan
o   yang dapat memotivasi siswa untuk mengaplikasikan apa yang sudah dipelajarinya dalam kehidupannya sehari-hari.

Pengayaan
o   Siswa menggambar gambar perspektif mengenai pemandangan alam
o   Guru meminta siswa mengomunikasikan kepada orang tua tentang apa yang telah dipelajarinya selama satu minggu. Siswa juga diminta untuk berbagi cerita dengan teman atau kerabat yang tinggal di wilayah lain di Indonesia seputar kegiatan sehari-hari.

Remedial
o   Siswa yang merasa kesulitan pada salah satu materi dapat dibimbing secara individual oleh guru. Sebagai contoh setiap hari siswa bertemu guru selam
o   10 menit. Siswa bereksplorasi lagi tentang materi yang dipelajari. Guru dapat memulainya dari soal-soal yang paling mudah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

 


1.        Penilaian
1. Rubrik SBdP
Kriteria
Ya
Tidak
Menilai penggunaan teknik yang benar pada karya
yang dihasilkan teman


Menilai langkah-langkah kerja yang runtut pada
gambar yang dihasilkan teman.


Menuliskan saran perbaikan yang sesuai.



2.        Rubrik Bahasa Indonesia
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Menjelaskan
Gambar perspektif
secara rinci
Menjelaskan
Proses pembuatan
Gambar perspektif
secara runtut,
rinci dan benar.
Menjelaskan
proses
pembuatan
gambar
perspektif
dengan benar
namun kurang
rinci.
Menjelaskan
proses
pembuatan
gambar
perspektif
namun kurang
tepat dan
kurang rinci.
Penjelasan yang
ditulis kurang
tepat.
Teks ekplanasi
Paragraf lengkap
Memuat pernyataan
umum, penjelasan, dan
interpretasi.
Paragraf hanya
memuat 2 hal
dari 3 hal yang
diharapkan
Paragraf hanya
memuat 1 hal
dari 3 hal yang
diharapkan
Paragraf
tidak memuat
kriteria yang
diharapkan
Kata baku
Semua ditulis
dengan kata
baku.
75% ditulis
dengan kata
baku.
50% ditulis
dengan kata
baku
25% ditulis
dengan kata
baku
Tanda baca
Semua
menggunakan
tanda baca yang benar (titik, koma, huruf besar,
seru, tanya).
75%
menggunakan
tanda baca yang benar.
50% menggunakan
tanda baca yang benar
25%
menggunakan
tanda baca
yang benar.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)


F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Buku Guru
2.      Buku siswa
3.      Buku referensi.
4.      Koran.
5.      Internet.



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001


EVALUASI

1.      Tuliskan provinsi-provinsi yang termasuk wilayah waktu Indonesia Barat,Tengah, dan Timur!

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

2.      Mengapa ada pembagian wilayah waktu di Indonesia? Jelaskan.

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

3.      Seandainya kamu berada di Pontianak, saat ini jam dinding menunjukkan pukul 12.00 siang. Pukul berapakah di Ambon dan di Bengkulu? Berikan alasanmu.

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

4.      Perbedaan waktu antarwilayah merupakan sesuatu yang memperkaya keragaman di Indonesia. Seandainya kamu memiliki teman yang tinggal di wilayah waktu yang berbeda, bagaimana sikapmu menyikapi perbedaan tersebut?

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

5.      Apa yang dimaksud dengan rotasi Bumi dan pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

6.      Ada 2 makanan yang sama diletakkan di 2 tempat yang berbeda. Makanan 1 diletakkan di ruang terbuka dan makanan 2 diletakkan di lemari es pada kurun waktu tertentu. Makanan mana yang lebih cepat busuk? Mengapa? Jelaskan.

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

7.      Bagaimana pengaruh suhu terhadap perubahan benda?

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..


8.      Tuliskan 4 faktor penyebab terjadinya pembusukan dan pengaratan!

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

9.      Sebutkan 3 penyakit menular dan 3 penyakit tidak menular!

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

10.  Penyakit apa yang muncul karena perubahan suhu dan cara hidup yang tidak sehat?

…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………..

MEDIA
TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 6
 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors