Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 14 April 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya / 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme.
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antaruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
3.1.1 Menjelaskan keragaman wilayah di Indonesia.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antarruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya.
4.1.1 Menceritakan betapa keragaman memperkokoh kehidupan berbangsa.

b) SBdP
1.1 Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
3.4 Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukan.
3.4.1 Menjelaskan konsep gambar perspektif.
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan.
4.1.1 Mempraktikkan konsep gambar perspektif.

c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa rumah adat, makanan khas, dan upacara.
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia.
3.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa rumah adat, makanan khas, dan upacara.
3.1.1 Menemukan informasi saling ketergantungan antarmanusia.
4.4 Menunjukkan perilaku bangga sebaga bangsa
4.4.1 Menceritakan betapa ketergantungan memperkokoh kehidupan berbangsa.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menjelaskan konsep gambar perspekstif.
2.      Menceritakan keragaman wilayah Indonesia.
3.      Menuliskan betapa ketergantungan memperkokoh kehidupan berbangsa.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar yang ada.
o   Siswa diharapkan untuk memfokuskan pandangan saat melihat gambar-gambar tersebut dengan teliti.
o   Siswa menuliskan hasil temuan dari ketiga gambar di atas, kemudian mendiskusikan hasilnya dengan siswa lain.
o   Guru mengonfirmasi hasil diskusi dan temuan siswa.

Informasi untuk guru
o   Gambar tersebut dinamakan gambar perspektif. Perspektif adalah cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata secara tiga dimensi (panjang, lebar, dan tinggi).
o   Gambar perspektif merupakan perwujudan gambar tiga dimensi, yang secara teknis menggunakan titik hilang. Gambar perspektif adalah suatu gambar yang dituangkan pada bidang gambar sesuai dengan pandangan mata. Proses gambarnya memakai pedoman titik lenyap (TL). Titik lenyap adalah titik akhir dari penglihatan mata dalam gambar perspektif.

Hukum-hukum perspektif
o   Benda makin jauh kelihatan makin kecil.
o   Garis yang sejajar dan mengarah menuju horison akan bertemu di suatu titik, yaitu titik lenyap.
o   Garis yang sejajar dengan garis horison akan kelihatan sejajar dengan horison.
o   Garis tegak lurus terhadap tanah tetap tegak lurus terhadap horison.
o   Menggambar perspektif dibagi menjadi dua
o   Menggambar konstruksi perspektif, adalah cara menggambar yang lebih mengutamakan penerapan hukum perspektif pada bentuk yang digambar dan yang dikerjakan secara matematis.
o   Menggambar pemandangan dengan perspektif adalah membuat bagan atau sketsa suatu bentuk benda yang menggunakan hukum perspektif.
o   Menggambar perspektif dengan titik lenyap (TL)
o   Menggunakan 1 TL (1 titik lenyap)
o   Mempunyai ciri-ciri tiga jenis garis yaitu
§  Garis horison yaitu garis datar merupakan kumpulan titik lenyap.
§  Garis-garis yang sejajar menuju ke cakrawala, berpusat ke satu titik, yaitu titik lenyap.
§  Garis vertikal (tegak lurus). Garis vertikal tidak bertemu di satu titik.
o   Cara menggambar perspektif dengan 1 titik lenyap
o   Buatlah sebuah garis mendatar pada kertas seperti gambar berikut.
o   Garis itu disebut garis horison.

o   Tentukan pada garis horizon itu satu titik lenyap (1 TL).
o   Buatlah garis masuk. Ujung-ujung garis paling depan dihubungkan dengan titik lenyap dengan garis tipis sebagai garis pertolongan.

o   Garis batas bidang bagian depan dan belakang sejajar dengan horizon (cakrawala).
o   Setelah terbentuk kubus yang diinginkan, tebalkan garis-garis bagian kubus yang kelihatan.

o   Siswa mengamati teknik menggambar gambar perspektif yang ada.
o   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang ingin ia ketahui tentang teknik menggambar perspektif.
o   Siswa mempelajari teknik menggambar perspektif.
o   Siswa mengomunikasikan secara singkat tentang cara menggambar dengan menggunakan teknik perspektif.
o   Siswa mencoba mempraktikkan teknik membuat sebuah gambar perspektif sebagai pekerjaan rumah.
o   Siswa membaca teks bacaan tentang perjuangan seorang wanita yang bekerja sebagai seorang perawat di salah satu daerah terpencil di Kepulauan Sulawesi dan Flores.
o   Siswa duduk secara berkelompok.
o   Siswa mendiskusikan pertanyaan berikut dalam kelompoknya.
§  Apa pekerjaan ibu Andi Rabiah?
§  Apa dampak pekerjaan itu bagi orang lain?
§  Apakah orang di pulau-pulau kecil di antara Laut Flores, Laut Jawa, dan Selat Makassar menggantungkan kesehatannnya kepada Ibu Andi Rabiah? Jelaskan.
§  Apa yang akan terjadi jika Ibu Andi Rabiah tidak datang ke pasiennya?
§  Apakah dalam menjalankan pekerjaannya ibu Andi Robiah juga memerlukan bantuan orang lain? Jelaskan?
§  Apakah dalam pekerjaannya ibu Andi Robiah juga menggantungkan kepada orang lain?
§  Apa yang akan terjadi jika tidak ada orang yang menyewakan perahu kepada ibu Andi Robiah?
o   Siswa menulis hasil kerja kelompoknya pada kalender bekas.
o   Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya.
o   Siswa diminta untuk mencontoh sikap terpuji dan semangat dari tokoh dalam cerita itu
o   Secara individu siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa
§  Apa itu saling ketergantungan?
§  Apakah manusia dapat hidup sendiri? Mengapa? Jelaskan.
§  Mengapa setiap orang saling ketergantungan?
§  Dapatkah kamu memberikan contoh saling ketergantungan yang ada di lingkunganmu?
§  Mengingat kita saling tergantung kepada orang lain, bagaimana sebaiknya kita menjaga hubungan dengan orang lain? Sikap apa yang harus kita tunjukkan?
§  Apakah saling ketergantungan dapat memperkokoh kehidupan berbangsa? Jelaskan.
o   Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya kepada temannya.
o   Guru memberikan penguatan
o   Guru memberi penguatan bahwa wilayah
o   Indonesia sangat luas dan beraneka ragam.
o   Hal ini membuat tidak semua daerah memiliki kemampuan dan sumber daya yang sama. Sebagai bangsa Indonesia, siswa perlu memiliki sikap kepedulian dan semangat membantu sesama saudara sebangsa untuk kemakmuran bersama.
o   Siswa mencari persamaan dan perbedaan kondisi dalam cerita Suster Apung dengan lingkungan tempat tinggalnya.
o   Guru menguatkan bahwa Indonesia sangatlah beragam kondisi wilayahnya.
o   Siswa menganalisis bahwa pekerjaan Suster Apung dipengaruhi oleh kondisi alam dan waktu.
o   Siswa menceritakan salah satu kegiatan yang dipengaruhi oleh kondisi alam dan waktu. (Penilaian 3)
o   Siswa menceritakan bahwa saling ketergantungan memperkokoh kehidupan berbangsa. Siswa juga memberikan contoh. (Penilaian 2)
o   Ketika menulis hal-hal yang perlu ditulis adalah sebagai berikut
o   Menjelaskan keragaman alam di Indonesia.
o   Menjelaskan keragaman waktu di Indonesia.
o   Memberikan contoh daerah di Indonesia berkaitan dengan keragaman waktu dan alam.
o   Menjelaskan betapa keragaman memperkokoh kehidupan berbangsa
o   Siswa menyampaikan hasilnya kepada temannya.
o   Siswa mengisi pernyataan pada kolom penilaian sikap sebagai bahan perenungan.

Pengayaan
o   Siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber tentang tokoh yang pekerjaannya bergantung pada keadaan alam sekitar, kemudian membuat rangkuman dan menceritakannya kepada teman.
o   Siswa mendiskusikan dengan orang tuanya tentang saling ketergantungan yang ada di rumah.

Remedial
o   Siswa yang belum dapat membuat gambar perspektif sesuai yang diharapkan akan berlatih kembali bersama guru. Kegiatan remedial dapat dilakukan

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

  
1.        Penilaian
1. Penilaian tugas SBdP dilakukan dengan rubrik
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Penggunaan
teknik
Siswa menggunakan
teknik yang
benar.
1. Menentukan
Cakrawala dan titik lenyap.
2. Menggambar
Objek dengan
Mengacu pada titik lenyap,
dengan garis
pertolongan.
Siswa hanya
menggunakan
sebagian besar
teknik dengan
benar.
Siswa hanya
menggunakan
sebagian teknik
dengan benar.
Belum mampu
menggunakan
teknik dengan
benar.
Warna dan
kerapian
Siswa mewarnai
Dengan warna yang sesuai. Hasil
pekerjaannya
rapi.
Siswa mewarnai
Dengan warna yang sesuai. Hasil
pekerjaannya
kurang rapi.
Siswa mewarnai
dengan warna
yang belum sesuai. Hasil
pekerjaannya
rapi
Siswa mewarnai
dengan warna
yang tidak
sesuai. Hasil
pekerjaannya
tidak rapi.

2.        IPA dan Bahasa Indonesia dinilai dengan rubric
3.    IPS dan PPKn
No
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Menjelaskan keragaman di Indonesia


2.
Menjelaskan saling ketergantungan dalam keragaman


3.
Memberikan contoh


4.
Menjelaskan betapa keragaman memperkokoh
kehidupan berbangsa



4. Kegiatan diskusi
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang berbicara
Mendengarkan
teman yang
berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan
untuk mendengarkan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan
untuk
mendengarkan
teman yang
sedang
berbicara,
namun tidak
mengindahkan.
Komunikasi
Nonverbal (kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara)
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
nonverbal
dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi
non verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering
merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi
teman. Selalu
mendukung
dan memimpin
teman lainnya
saat diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon
sesuai dengan
topik
Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci,namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik

Jarang
berbicara
selama
proses diksusi
berlangsung.

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.      Buku Guru
2.      Buku Siswa
3.      Buku referensi, koran, internet (disesuaikan dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah masing-masing)



Mengetahui,                                                                 Beureunuen, …,……………...2017
Kepala SD 3 Beureunuen                                            Guru Kelas VI A,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                              MUTIA, S.Pd.I
NIP. 19700312 199402 2 002                                    NIP. 19810828 200801 2 002

  

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Berdasarkan cerita Suster Apung, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1.      Apa pekerjaan ibu Andi Rabiah?

 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................

2.      Apa dampak pekerjaan itu bagi orang lain?
  
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................

 3.      Apakah masyarakat di pulau-pulau kecil di antara Laut Flores, Laut Jawa, dan Selat Makassar menggantungkan kondisi kesehatannnya kepada Ibu Andi Rabiah? Jelaskan. 
  
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................ 

4.      Apa yang akan terjadi jika Ibu Andi Rabiah tidak dapat mendatangi pasiennya?
  
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................ 

5.      Apakah dalam menjalankan pekerjaannya, Ibu Andi Robiah juga memerlukan batuan orang lain? Jelaskan.
  
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................
 ................................................................................................................................................


6.      Apa yang akan terjadi jika tidak ada orang yang menyewakan perahu kepada Ibu Andi Robiah?



MEDIA
TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 5

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors