RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar 3
Beureunuen
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 8 : Bumiku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.9 Memahami konsep
pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
3.9.1 Menjelaskan
informasi tentang jenis-jenis penyakit menular dan tidak menular.
4.9 Menyajikan
konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
4.9.1 Menjelaskan
pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit menular dan tidak
menular.
b) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.4 Menentukan
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.4.1 Menyelesaikan
permasalahan yang berhubungan dengan data masuk dan data keluar.
4.8 Menggambar
plotting titiktitik di kuadran pertama.
4.8.1 Menjelaskan
strategi pemecahan masalah yang berhubungan dengan data masuk dan data keluar.
c) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.3 Mendeskripsikan
peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya
gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
3.3.1 Melakukan
percobaan untuk membuktikan pengaruh suhu terhadap perubahan benda.
4.2 Melaksanakan
percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi
variable bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Mengomunikasikan
hasil percobaan tentang pembusukan dan perkaratan.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Menjelaskan informasi tentang jenis penyakit menular
dan tidak menular dengan benar.
2.
Melindungi diri dari penyakit menular dan tidak
menular dengan benar.
3.
Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan
data masuk dan data keluar.
4.
Melakukan percobaan untuk membuktikan pengaruh suhu
terhadap perubahan benda.
5.
Menganalisis percobaan tentang pembusukan dan
perkaratan.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Menuju Masyarakat
Sehat”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca
teks yang ada dalam buku siswa.
o
Siswa mencari
beberapa jenis penyakit lain (penyakit menular dan tidak menular) melalui
kegiatan kunjungan ke perpustakaan, membaca buku-buku kesehatan, atau
bertanya kepada orangorang lain di sekolah yang mengetahuinya
o
Siswa membahas
hasil temuannya. Hasil ini akan dinilai dengan menggunakan Penilaian 1.
o
Perubahan cuaca,
suhu udara, kelembaban, apabila diikuti dengan cara hidup yang tidak sehat
dapat menimbulkan berbagai penyakit. Ada beberapa penyakit yang tidak saja
berakibat pada diri sendiri, tetapi dapat juga menular ke orang lain
o
Guru
mengelompokkan siswa dalam beberapa kelompok. Pengelompokan ini berfungsi
untuk melihat kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Tujuan
lain, yaitu membantu guru untuk memberikan bimbingan kepada siswa yang
memerlukan bantuan.
o
Pengelompokan
sebaiknya didasarkan tingkat kemampuan siswa memahami materi, tetapi perlu
diperhatikan juga siswa-siswa yang memerlukan perhatian khusus dalam perilaku
/sikap belajar.
o
Bagi siswa yang
perlu bimbingan lebih dapat diberi catatan untuk diberikan program remedi.
o
Siswa mengerjakan
soal-soal latihan yang ada di buku siswa secara individu. Siswa saling
menukar jawaban dengan temannya.
o
Siswa membuat
data masuk dan data keluar serta menentukan hubungannya. Produk ini akan
dinilai dengan menggunakan Penilaian 2.
o
Siswa melakukan
percobaan tentang pengaruh perubahan suhu pada keadaan suatu benda. Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok besar. Kelompok 1 akan melakukan percobaan dengan
menggunakan roti dan kelompok lainnya dengan menggunakan paku.
o
Bahan-bahan yang
dibutuhkan dapat disediakan oleh guru atau dapat dibawa oleh siswa dengan menginformasikan
bahan-bahan kepada siswa sebelum hari kegiatan dilangsungkan.
o
Siswa akan
melakukan pencatatan hasil pengamatan pada tabel yang telah disediakan selama
7 hari.
o
Guru perlu
mengomunikasikan kepada siswa tentang waktu pengamatan setiap harinya.
o
Guru dapat
membuatkan tabel pengamatan pada lembar lainnya yang memudahkan siswa
melakukan pengamatan dengan mandiri.
o
Diakhir kegiatan
nanti, siswa akan membuat kesimpulan hasil pengamatan di buku siswa.
o
Selama kegiatan,
beri kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan juga memprediksi kemungkinan
yang akan terjadi pada roti dan paku dengan kurun waktu tertentu.
o
Kegiatan ini akan
dinilai dengan menggunakan Penilaian 3.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang ada. Guru menggiring pemahaman siswa tentang materi pelajaran
yang dihubungkan dengan sikap diri dan nilai spriritual.
Pengayaan
o
Percobaan dapat
divariasikan dengan melihat referensi-referensi dari buku-buku lain seperti
ensiklopedi sains atau melihat dari referensi berbagai media (internet).
o
Siswa bercerita
pengalamannya tentang materi yang dipelajari hari ini, yaitu informasi
tentang jenis-jenis penyakit.
o
Siswa juga
diingatkan untuk selalu membantu orang tua agar kebersihan di rumahnya terus
terjaga setiap waktu.
Remedial
o
Siswa yang masih
kesulitan dalam mengerjakan soal Matematika dapat
o
dibimbing secara
individu oleh guru. Misalnya setiap hari siswa bertemu guru selama 10 menit,
kemudian siswa bereksplorasi lagi tentang pola pada data masuk dan data
keluar. Guru dapat memulainya dari soal-soal yang paling mudah
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Penilaian PJOK: daftar Periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan minimal 3 penyakit dengan benar
|
|
|
Menentukan
jenis penyakit menular/tidak
menular dengan
benar.
|
|
|
Menjelaskan
gejala tiap penyakit dengan
benar.
|
|
|
Menjelaskan
penyebab tiap penyakit dengan
benar.
|
|
|
Menjelaskan
cara pencegahan tiap penyakit
dengan
benar
|
|
|
2. Kegiatan Matematika dinilai dengan
daftar periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan
data masuk dan keluar dengan
benar
|
|
|
Menemukan
hubungan antara data masuk dan
data
keluar dengan benar.
|
|
|
Mengomunikasi hasil dengan jelas
|
|
|
3.
Penilaian IPA:
melakukan percobaan
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Penerapan
Konsep
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti
dari konsep yang sedang dipelajari
dengan benar.
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti pendukung,
namun
perlu
bantuan
saat
menyampaikan
pemahaman
inti dari
konsep yang yang sedang
dipelajari.
|
Memperlihatkan
pemahaman
konsep
dengan
menunjukkan
bukti
yang
terbatas
dan
penyampaian
pemahaman
inti
dari konsep
tidak jelas.
|
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan
pemahaman
inti
dari konsep
yang dipelajari
|
Komunikasi
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
jelas,
objektif
dengan
didukung
data
penunjang.
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
jelas
dan
didukung
sebagian
data
penunjang
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
jelas
namun
hanya
didukung sebagian
kecil
data
penunjang.
|
Hasil
percobaan
disampaikan
dengan
kurang
jelas
dan
tanpa
data
penunjang.
|
Prosedur
dan
strategi
|
Seluruh data
dicatat,
langkah
kegiatan dilakukan
secara sistematis dan strategi
yang
digunakan
membuat percobaan
berhasil.
|
Seluruh
data
dicatat,
langkah
kegiatan
dilakukan
secara sistematis,
dan namun masih
membutuhkan
bimbingan
dalam menemukan
strategi
agar
percobaan
berhasil.
|
Sebagian besar data dicatat,
langkah kegiatan
dan
strategi
dilakukan
secara sistematis
setelah mendapat
bantuan guru.
|
Sebagian
kecil
data
dicatat,
langkah
kegiatan
tidak
sistematis,
dan
strategi
yang
dipilih
tidak
tepat
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)
F.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1.
Buku Guru
2.
Buku Siswa
3.
Roti tawar, paku, air, wadah/botol
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2016
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas VI,
CHAIRUNNISA, S.Pd BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002 NIP. 19800611
200504 1 001
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment