Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 4

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 11 April 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar 3 Beureunuen
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya / 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari


A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
3.9.1 Menjelaskan informasi tentang jenis-jenis penyakit menular dan tidak menular.
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
4.9.1 Menjelaskan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit menular dan tidak menular.

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.4 Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.4.1 Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan data masuk dan data keluar.
4.8 Menggambar plotting titiktitik di kuadran pertama.
4.8.1 Menjelaskan strategi pemecahan masalah yang berhubungan dengan data masuk dan data keluar.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
3.3.1 Melakukan percobaan untuk membuktikan pengaruh suhu terhadap perubahan benda.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Mengomunikasikan hasil percobaan tentang pembusukan dan perkaratan.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.         Menjelaskan informasi tentang jenis penyakit menular dan tidak menular dengan benar.
2.         Melindungi diri dari penyakit menular dan tidak menular dengan benar.
3.         Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan data masuk dan data keluar.
4.         Melakukan percobaan untuk membuktikan pengaruh suhu terhadap perubahan benda.
5.         Menganalisis percobaan tentang pembusukan dan perkaratan.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Menuju Masyarakat Sehat”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks yang ada dalam buku siswa.
o   Siswa mencari beberapa jenis penyakit lain (penyakit menular dan tidak menular) melalui kegiatan kunjungan ke perpustakaan, membaca buku-buku kesehatan, atau bertanya kepada orangorang lain di sekolah yang mengetahuinya
o   Siswa membahas hasil temuannya. Hasil ini akan dinilai dengan menggunakan Penilaian 1.
o   Perubahan cuaca, suhu udara, kelembaban, apabila diikuti dengan cara hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit. Ada beberapa penyakit yang tidak saja berakibat pada diri sendiri, tetapi dapat juga menular ke orang lain
o   Guru mengelompokkan siswa dalam beberapa kelompok. Pengelompokan ini berfungsi untuk melihat kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Tujuan lain, yaitu membantu guru untuk memberikan bimbingan kepada siswa yang memerlukan bantuan.
o   Pengelompokan sebaiknya didasarkan tingkat kemampuan siswa memahami materi, tetapi perlu diperhatikan juga siswa-siswa yang memerlukan perhatian khusus dalam perilaku /sikap belajar.
o   Bagi siswa yang perlu bimbingan lebih dapat diberi catatan untuk diberikan program remedi.
o   Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku siswa secara individu. Siswa saling menukar jawaban dengan temannya.
o   Siswa membuat data masuk dan data keluar serta menentukan hubungannya. Produk ini akan dinilai dengan menggunakan Penilaian 2.
o   Siswa melakukan percobaan tentang pengaruh perubahan suhu pada keadaan suatu benda. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar. Kelompok 1 akan melakukan percobaan dengan menggunakan roti dan kelompok lainnya dengan menggunakan paku.
o   Bahan-bahan yang dibutuhkan dapat disediakan oleh guru atau dapat dibawa oleh siswa dengan menginformasikan bahan-bahan kepada siswa sebelum hari kegiatan dilangsungkan.
o   Siswa akan melakukan pencatatan hasil pengamatan pada tabel yang telah disediakan selama 7 hari.
o   Guru perlu mengomunikasikan kepada siswa tentang waktu pengamatan setiap harinya.
o   Guru dapat membuatkan tabel pengamatan pada lembar lainnya yang memudahkan siswa melakukan pengamatan dengan mandiri.
o   Diakhir kegiatan nanti, siswa akan membuat kesimpulan hasil pengamatan di buku siswa.
o   Selama kegiatan, beri kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan juga memprediksi kemungkinan yang akan terjadi pada roti dan paku dengan kurun waktu tertentu.
o   Kegiatan ini akan dinilai dengan menggunakan Penilaian 3.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada. Guru menggiring pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang dihubungkan dengan sikap diri dan nilai spriritual.

Pengayaan
o   Percobaan dapat divariasikan dengan melihat referensi-referensi dari buku-buku lain seperti ensiklopedi sains atau melihat dari referensi berbagai media (internet).
o   Siswa bercerita pengalamannya tentang materi yang dipelajari hari ini, yaitu informasi tentang jenis-jenis penyakit.
o   Siswa juga diingatkan untuk selalu membantu orang tua agar kebersihan di rumahnya terus terjaga setiap waktu.

Remedial
o   Siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan soal Matematika dapat
o   dibimbing secara individu oleh guru. Misalnya setiap hari siswa bertemu guru selama 10 menit, kemudian siswa bereksplorasi lagi tentang pola pada data masuk dan data keluar. Guru dapat memulainya dari soal-soal yang paling mudah       

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;






1.        Penilaian
1. Penilaian PJOK: daftar Periksa
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan minimal 3 penyakit dengan benar


Menentukan jenis penyakit menular/tidak
menular dengan benar.


Menjelaskan gejala tiap penyakit dengan
benar.


Menjelaskan penyebab tiap penyakit dengan
benar.


Menjelaskan cara pencegahan tiap penyakit
dengan benar



2. Kegiatan Matematika dinilai dengan daftar periksa

Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan data masuk dan keluar dengan
benar


Menemukan hubungan antara data masuk dan
data keluar dengan benar.


Mengomunikasi hasil dengan jelas



3.      Penilaian IPA: melakukan percobaan
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Penerapan
Konsep
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari
dengan benar.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti pendukung,
namun perlu
bantuan saat
menyampaikan
pemahaman
inti dari konsep yang yang sedang
dipelajari.
Memperlihatkan
pemahaman
konsep dengan
menunjukkan
bukti yang
terbatas dan
penyampaian
pemahaman
inti dari konsep
tidak jelas.
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan
pemahaman
inti dari konsep
yang dipelajari
Komunikasi
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas,
objektif dengan
didukung data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
dan didukung
sebagian data
penunjang
Hasil percobaan
disampaikan
dengan jelas
namun hanya
didukung sebagian
kecil data
penunjang.
Hasil percobaan
disampaikan
dengan kurang
jelas dan
tanpa data
penunjang.
Prosedur dan
strategi
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan dilakukan
secara sistematis dan strategi yang
digunakan
membuat percobaan
berhasil.
Seluruh data
dicatat, langkah
kegiatan
dilakukan
secara sistematis, dan namun masih
membutuhkan
bimbingan
dalam menemukan
strategi agar
percobaan
berhasil.
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan
dan strategi
dilakukan
secara sistematis
setelah mendapat
bantuan guru.
Sebagian kecil
data dicatat,
langkah
kegiatan tidak
sistematis, dan
strategi yang
dipilih tidak
tepat

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

F.       Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.    Buku Guru
2.    Buku Siswa
3.    Roti tawar, paku, air, wadah/botol



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2016
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas VI,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     BACHTIAR, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19800611 200504 1 001

MEDIA
 
TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 4

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 4

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 4


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors