RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 8 : Bumiku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.3 Mendeskripsikan
peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya
gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
3.3.1Menjelaskan
peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.
4.2 Melaksanakan
percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi
variable bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Melakukan
percobaan untuk membuktikan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri
khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta
tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran
panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab
perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,
serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mendeskripsikan teks eksplanasi terjadinya rotasi Bumi dan dampaknya.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab
perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,
serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis teks eksplanasi terjadinya rotasi Bumi dan dampaknya.
c) Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.4 Menentukan
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.4.1 Menjelaskan
konsep data masukan dan data keluaran.
4.8 Menggambar
plotting titiktitik di kuadran pertama.
4.8.1 Mengomunikasikan
pola yang ditemukan pada data masuk dan data keluar.
d) PJOK
1.2 Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada
sang Pencipta.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.9 Memahami konsep
pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
3.9.1 Mengemukakan
alasan tentang perlunya membawa peralatan khusus saat kegiatan olahraga yang
dihubungkan dengan kebersihan tubuh.
4.9 Menyajikan
konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
4.9.2 Memberikan
contoh penyakit yang terjadi akibat kurang menjaga kebersihan tubuh
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah kegiatan
percobaan, siswa mampu menjelaskan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya dengan
benar.
2.
Setelah kegiatan
percobaan, siswa mampu membuktikan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya dengan benar.
3.
Setelah melakukan
percobaan, siswa mampu menulis teks eksplanasi tentang peristiwa rotasi Bumi
dan akibatnya dengan benar.
4.
Setelah kegiatan
menganalisis tabel, siswa mampu menjelaskan konsep data masuk dan data keluar
dengan tepat.
5.
Setelah kegiatan eksplorasi,
siswa mampu mengomunikasikan pola yang ditemukan pada data masuk dan data
keluar dengan benar.
6.
Setelah kegiatan
berdiskusi, siswa mampu mengemukakan alasan tentang perlunya membawa peralatan
khusus saat kegiatan olahraga yangdihubungkan dengan kebersihan tubuh dengan
tepat.
7.
Setelah berdiskusi,
siswa mampu memberikan contoh penyakit yang terjadi akibat kurang menjaga
kebersihan tubuh dengan benar.
D.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Menjelaskan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.
2.
Menjelaskan konsep data masukan dan data keluaran.
3.
Menjelaskan pentingnya membawa perlengkapan khusus
saat kegiatan olahraga yang dihubungkan dengan kebersihan tubuh.
4.
Menggali informasi tentang contoh penyakit yang
terjadi akibat kurang menjaga kebersihan tubuh.
E.
PENDEKATAN
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumiku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati
gambar tentang rotasi Bumi.
o
Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka ketahui dan ingin mereka ketahui dari gambar.
o
Siswa
mendiskusikan hal-hal yang ingin mereka ketahui dengan teman dan guru
o
Siswa di kelas
dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
Setiap kelompok akan mendapatkan senter dan globe, jika hal ini tidak
memungkinkan dapat bergantian.
o
Siswa membaca dan
mencermati instruksi yang ada.
o
Siswa dalam
kelompok masing-masing melakukan percobaan untuk membuktikan rotasi Bumi dan
akibat yang ditimbulkannya.
o
Guru melakukan
pengamatan tentang keaktifan dan ketertiban serta kerja sama yang dilakukan
antaranggota kelompok dan menuliskan catatan temuan.
o
Guru juga memberikan
pemahaman jika terdapat kelompok yang memerlukan bimbingan.
o
Setelah melakukan
percobaan, siswa dalam kelompok mendiskusikan pertanyaan berikut.
·
Bagaimana posisi Matahari selama pengamatan?
·
Bagaimana posisi bola dunia selama kamu amati?
·
Bagaimana pengaruh gerakan bola dunia terhadap
cahaya yang diterimanya?
o
Siswa dalam
kelompok masing-masing mempresentasikan hasil percobaannya. Satu atau dua
orang siswa dari setiap kelompok berkeliling ke kelompok lain untuk
mempresentasikan hasil percobaannya.
o
Guru
mengonfirmasi isi presentasi siswa setelah kegiatan presentasi dilakukan.
o
Siswa juga diberi
kesempatan untuk mengomentari presentasi kelompok lain.
o
Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya seputar materi yang sedang Dipelajari
o
Siswa menuliskan
tentang proses rotasi Bumi dan dampaknya dengan menggunakan teks eksplanasi.
Produk ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 1.
o
Siswa akan
melakukan pengamatan terhadap bola dunia.
o
Siswa mencatat
waktu kegiatan pada saat dilakukan dan menandai wilayah tempat tinggal siswa
pada bola dunia.
o
Siswa memilih
satu tempat yang ada di bagian belahan Bumi lain pada bola dunia itu.
o
Siswa membuat
prediksi mengenai waktu dan kegiatan yang mungkin sedang dilakukan
orang–orang lain di daerah yang dipilih siswa dengan memberikan alasan
jawabannya.
o
Siswa
mempresentasikan hasil prediksinya dan siswa lain memberikan komentar.
o
Guru dan siswa
mengonfirmasi jawaban bersama-sama dengan melakukan pengamatan terhadap bola
dunia.
Guru bertanya:
o
Apa yang perlu kamu bawa untuk kegiatan olahraga?
o
Mengapa? Jelaskan.
o
Siswa menuliskan
perlengkapan yang seharusnya dibawa saat kegiatan olahraga dan alasannya.
Hasil ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 2.
o
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
o
Siswa dalam kelompok
mengamati tabel pengamatan suhu yang ada di buku siswa.
o
Setiap kelompok
menemukan hubungan antara pengamatan ke-1, ke-2, dan suhu hasil pengamatan.
Siswa menuliskannya di kertas plano atau kalender bekas.
o
Siswa berlatih
mengerjakan beberapa soal tentang data masuk (input) dan data keluar (output)
dan pola yang terbentuk. Hasil ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 3.
o
Guru berkeliling
melihat pekerjaan siswa. Guru membantu siswa yang terlihat belum memahami
materi.
o
Siswa menjawab
pertanyaan yang ada di kotak renungan. Guru membimbing pemahaman siswa untuk
dapat menghubungkan pembelajaran hari ini dengan nilai spiritual dan nilai
sosial.
PENGAYAAN
o
Siswa dapat
mencoba menemukan atau menentukan pola-pola dengan membuat data masuk dan
data keluar, kemudian mengomunikasikannya kepada seorang teman.
o
Siswa
mendiskusikan dengan orang tua tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan
dengan mengacu pada pola waktu tertentu, misalnya kegiatan yang selalu
dilakukan menjelang saat Matahari terbit, dan lain-lain.
Remedial
o
Siswa yang belum
mengomunikasikan pola yang ditemukan pada data masuk dan data keluar, akan
diajak berdiskusi dan dilatih kembali dengan pendampingan guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1. Rubrik penilaian percobaan IPA dan Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Proses
rotasi
Bumi
|
Menjelaskan
setiap
setiap
proses
dari
rotasi
Bumi
dengan
runtut,
rinci dan benar
|
Ada satu
proses
dari
rotasi
Bumi yang
tidak
dijelaskan
dengan
rinci
dan benar
|
Ada dua
proses
dari
rotasi
Bumi yang
tidak
dijelaskan
dengan
rinci
dan benar.
|
Lebih
dari dua
proses
dari
rotasi
Bumi yang
tidak
dijelaskan
dengan
rinci
dan benar
|
Dampak
rotasi
Bumi
|
Menjelaskan
4
dampak
rotasi
Bumi
dengan
benar.
|
Menjelaskan
3
dampak
rotasi
Bumi
dengan
benar.
|
Menjelaskan
2
dampak
rotasi
Bumi
dengan
benar
|
Menjelaskan
1
dampak
rotasi
Bumi
dengan
benar
|
Teks ekplanasi
|
Paragraf
lengkap
memuat
pernyataan
umum,
penjelasan,
dan
interpretasi
|
Paragraf
hanya
memuat 2
hal
dari 3
hal yang
diharapkan
|
Paragraf
hanya
memuat 1
hal
dari 3
hal yang
diharapkan
|
Paragraf
tidak
memuat
kriteria
yang
diharapkan.
|
Kata baku
|
Semua
ditulis
dengan
kata baku
|
75%
ditulis dengan kata
baku
|
50%
ditulis
dengan
kata
baku.
|
25%
ditulis
dengan
kata
baku
|
Tanda baca
|
Semua
tulisan
menggunakan
tanda
baca yang
benar
(titik, koma, huruf
besar,
seru, tanya).
|
75%
tulisan
menggunakan
tanda
baca yang
benar.
|
50%
tulisan
menggunakan
tanda
baca yang
benar.
|
25%
tulisan
menggunakan
tanda
baca yang
benar
|
2. Kegiatan PJOK
dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa
mampu menemukan minimal 3 perlengkapan
yang perlu dibawa saat olahraga dengan
benar. (sampo, sabun, handuk)
|
|
|
Siswa mampu
menyebutkan manfaat membawa/menggunakan
perlengkapan tersebut dengan benar
|
|
|
Siswa
mampu memberikan alasan penggunaan perlengkapan
tersebut untuk kesehatan diri dengan
benar
|
|
|
Menggunakan kata tanya yang bervariasi
|
|
|
|
|
|
3. Kegiatan
Matematika dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan
data masuk dan data keluar dengan benar
|
|
|
Menemukan
hubungan antara data masuk dan data keluar dengan benar
|
|
|
Mengomunikasikan hasil dengan jelas
|
|
|
Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)
H.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1.
Buku Guru
2.
Buku Siswa
3.
Bola dunia, senter,
perlengkapan olahraga (baju ganti, handuk, botol minum).
Mengetahui, Tijue,
7 Maret 2017
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas VI,
PARIANTI, S.Pd
SABARIAH, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19691206 199708 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Udin melakukan pengamatan perbedaan suhu
udara pada waktu yang berbedabeda. Ia melakukan pengamatan sebanyak empat kali,
yaitu pada pukul 06.00, pukul 09.00, pukul 12.00, dan pukul 15.00.
Inilah hasil pengamatan
Udin.
Pengamatan ke-
|
Suhu Udara (0C)
|
1
|
28
|
2
|
30
|
3
|
32
|
4
|
|
Berdasarkan data di atas, carilah hubungan antara
waktu pengamatan dengan
suhu udara. Pola apa yang kamu temukan?
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
Bagaimana
cara kamu memperoleh jawabannya?
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment