Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 2

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 16 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                            : VI/ I
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya / 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi, revolusi Bumi, revolusi Bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
3.3.1Menjelaskan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.
4.2 Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut.
4.2.1 Melakukan percobaan untuk membuktikan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mendeskripsikan teks eksplanasi terjadinya rotasi Bumi dan dampaknya.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis teks eksplanasi terjadinya rotasi Bumi dan dampaknya.

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas
3.4 Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.4.1 Menjelaskan konsep data masukan dan data keluaran.
4.8 Menggambar plotting titiktitik di kuadran pertama.
4.8.1 Mengomunikasikan pola yang ditemukan pada data masuk dan data keluar.

d) PJOK
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.9 Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
3.9.1 Mengemukakan alasan tentang perlunya membawa peralatan khusus saat kegiatan olahraga yang dihubungkan dengan kebersihan tubuh.
4.9 Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
4.9.2 Memberikan contoh penyakit yang terjadi akibat kurang menjaga kebersihan tubuh

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.         Setelah kegiatan percobaan, siswa mampu menjelaskan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya dengan benar.
2.         Setelah kegiatan percobaan, siswa mampu membuktikan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya dengan benar.
3.         Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menulis teks eksplanasi tentang peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya dengan benar.
4.         Setelah kegiatan menganalisis tabel, siswa mampu menjelaskan konsep data masuk dan data keluar dengan tepat.
5.         Setelah kegiatan eksplorasi, siswa mampu mengomunikasikan pola yang ditemukan pada data masuk dan data keluar dengan benar.
6.         Setelah kegiatan berdiskusi, siswa mampu mengemukakan alasan tentang perlunya membawa peralatan khusus saat kegiatan olahraga yangdihubungkan dengan kebersihan tubuh dengan tepat.
7.         Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh penyakit yang terjadi akibat kurang menjaga kebersihan tubuh dengan benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.         Menjelaskan peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.
2.         Menjelaskan konsep data masukan dan data keluaran.
3.         Menjelaskan pentingnya membawa perlengkapan khusus saat kegiatan olahraga yang dihubungkan dengan kebersihan tubuh.
4.         Menggali informasi tentang contoh penyakit yang terjadi akibat kurang menjaga kebersihan tubuh.

E.       PENDEKATAN
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumiku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar tentang rotasi Bumi.
o   Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka ketahui dan ingin mereka ketahui dari gambar.
o   Siswa mendiskusikan hal-hal yang ingin mereka ketahui dengan teman dan guru
o   Siswa di kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa. Setiap kelompok akan mendapatkan senter dan globe, jika hal ini tidak memungkinkan dapat bergantian.
o   Siswa membaca dan mencermati instruksi yang ada.
o   Siswa dalam kelompok masing-masing melakukan percobaan untuk membuktikan rotasi Bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
o   Guru melakukan pengamatan tentang keaktifan dan ketertiban serta kerja sama yang dilakukan antaranggota kelompok dan menuliskan catatan temuan.
o   Guru juga memberikan pemahaman jika terdapat kelompok yang memerlukan bimbingan.
o   Setelah melakukan percobaan, siswa dalam kelompok mendiskusikan pertanyaan berikut.
·         Bagaimana posisi Matahari selama pengamatan?
·         Bagaimana posisi bola dunia selama kamu amati?
·         Bagaimana pengaruh gerakan bola dunia terhadap cahaya yang diterimanya?
o   Siswa dalam kelompok masing-masing mempresentasikan hasil percobaannya. Satu atau dua orang siswa dari setiap kelompok berkeliling ke kelompok lain untuk mempresentasikan hasil percobaannya.
o   Guru mengonfirmasi isi presentasi siswa setelah kegiatan presentasi dilakukan.
o   Siswa juga diberi kesempatan untuk mengomentari presentasi kelompok lain.
o   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya seputar materi yang sedang Dipelajari
o   Siswa menuliskan tentang proses rotasi Bumi dan dampaknya dengan menggunakan teks eksplanasi. Produk ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 1.
o   Siswa akan melakukan pengamatan terhadap bola dunia.
o   Siswa mencatat waktu kegiatan pada saat dilakukan dan menandai wilayah tempat tinggal siswa pada bola dunia.
o   Siswa memilih satu tempat yang ada di bagian belahan Bumi lain pada bola dunia itu.
o   Siswa membuat prediksi mengenai waktu dan kegiatan yang mungkin sedang dilakukan orang–orang lain di daerah yang dipilih siswa dengan memberikan alasan jawabannya.
o   Siswa mempresentasikan hasil prediksinya dan siswa lain memberikan komentar.
o   Guru dan siswa mengonfirmasi jawaban bersama-sama dengan melakukan pengamatan terhadap bola dunia.

Guru bertanya:
o   Apa yang perlu kamu bawa untuk kegiatan olahraga?
o   Mengapa? Jelaskan.

o   Siswa menuliskan perlengkapan yang seharusnya dibawa saat kegiatan olahraga dan alasannya. Hasil ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 2.
o   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
o   Siswa dalam kelompok mengamati tabel pengamatan suhu yang ada di buku siswa.
o   Setiap kelompok menemukan hubungan antara pengamatan ke-1, ke-2, dan suhu hasil pengamatan. Siswa menuliskannya di kertas plano atau kalender bekas.

o   Siswa berlatih mengerjakan beberapa soal tentang data masuk (input) dan data keluar (output) dan pola yang terbentuk. Hasil ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 3.
o   Guru berkeliling melihat pekerjaan siswa. Guru membantu siswa yang terlihat belum memahami materi.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di kotak renungan. Guru membimbing pemahaman siswa untuk dapat menghubungkan pembelajaran hari ini dengan nilai spiritual dan nilai sosial.

PENGAYAAN
o   Siswa dapat mencoba menemukan atau menentukan pola-pola dengan membuat data masuk dan data keluar, kemudian mengomunikasikannya kepada seorang teman.

o   Siswa mendiskusikan dengan orang tua tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan mengacu pada pola waktu tertentu, misalnya kegiatan yang selalu dilakukan menjelang saat Matahari terbit, dan lain-lain.

Remedial
o   Siswa yang belum mengomunikasikan pola yang ditemukan pada data masuk dan data keluar, akan diajak berdiskusi dan dilatih kembali dengan pendampingan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

G.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;




1.        Penilaian
1. Rubrik penilaian percobaan IPA dan Bahasa Indonesia
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Proses rotasi
Bumi
Menjelaskan
setiap setiap
proses dari
rotasi Bumi
dengan runtut,
rinci dan benar
Ada satu proses
dari rotasi
Bumi yang
tidak dijelaskan
dengan rinci
dan benar

Ada dua proses
dari rotasi
Bumi yang
tidak dijelaskan
dengan rinci
dan benar.
Lebih dari dua
proses dari
rotasi Bumi yang
tidak dijelaskan
dengan rinci
dan benar
Dampak rotasi
Bumi
Menjelaskan 4
dampak rotasi
Bumi dengan
benar.
Menjelaskan 3
dampak rotasi
Bumi dengan
benar.
Menjelaskan 2
dampak rotasi
Bumi dengan
benar
Menjelaskan 1
dampak rotasi
Bumi dengan
benar
Teks ekplanasi
Paragraf
lengkap memuat
pernyataan
umum,
penjelasan, dan
interpretasi
Paragraf hanya
memuat 2 hal
dari 3 hal yang
diharapkan
Paragraf hanya
memuat 1 hal
dari 3 hal yang
diharapkan
Paragraf
tidak memuat
kriteria yang
diharapkan.
Kata baku
Semua ditulis
dengan kata baku
75% ditulis dengan kata
baku
50% ditulis
dengan kata
baku.
25% ditulis
dengan kata
baku
Tanda baca
Semua tulisan
menggunakan
tanda baca yang
benar (titik, koma, huruf
besar, seru, tanya).
75% tulisan
menggunakan
tanda baca yang
benar.
50% tulisan
menggunakan
tanda baca yang
benar.
25% tulisan
menggunakan
tanda baca yang
benar

2. Kegiatan PJOK dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa mampu menemukan minimal 3 perlengkapan yang perlu dibawa saat olahraga dengan benar. (sampo, sabun, handuk)


Siswa mampu menyebutkan manfaat membawa/menggunakan perlengkapan tersebut dengan benar


Siswa mampu memberikan alasan penggunaan perlengkapan tersebut untuk kesehatan diri dengan benar


Menggunakan kata tanya yang bervariasi






3. Kegiatan Matematika dinilai dengan daftar periksa
Kriteria
Ya
Tidak
Menuliskan data masuk dan data keluar dengan benar


Menemukan hubungan antara data masuk dan data keluar dengan benar


Mengomunikasikan hasil dengan jelas



Penilaian sikap (teliti, bertanggung jawab, percaya diri)
(Terlampir)

H.      Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.    Buku Guru
2.    Buku Siswa
3.    Bola dunia, senter, perlengkapan olahraga (baju ganti, handuk, botol minum).


Mengetahui,                                                                        Tijue, 7 Maret  2017
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas VI,




PARIANTI, S.Pd                                                              SABARIAH, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19691206 199708 2 001

 

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Udin melakukan pengamatan perbedaan suhu udara pada waktu yang berbedabeda. Ia melakukan pengamatan sebanyak empat kali, yaitu pada pukul 06.00, pukul 09.00, pukul 12.00, dan pukul 15.00.

Inilah hasil pengamatan Udin.

Pengamatan ke-
Suhu Udara (0C)
1
28
2
30
3
32
4



Berdasarkan data di atas, carilah hubungan antara waktu pengamatan dengan
suhu udara. Pola apa yang kamu temukan?
.............................................................................................................................................................


.............................................................................................................................................................  
............................................................................................................................................................. 
............................................................................................................................................................. 
............................................................................................................................................................. 
.............................................................................................................................................................



Bagaimana cara kamu memperoleh jawabannya?
.............................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................  
............................................................................................................................................................. 
............................................................................................................................................................. 
............................................................................................................................................................. 
.............................................................................................................................................................    

MEDIA

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 2

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 2

  

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors