RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester : VI/ I
Tema 8 : Bumiku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya
/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.3 Menghargai
karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Menunjukkan
perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai
perwujudan rasa nasionalisme.
3.1 Mengemukakan
keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia dalam aspek sosial,ekonomi, pendidikan, dan budaya
dalammasyarakat Indonesia.
3.1.1 Menjelaskan
keragaman di Indonesia dikaitan dengan perbedaan waktu.
4.1 Menyajikan
hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar
ruang, waktu,perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi,pendidikan,
dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya.
4.1.1 Menyimpulkan
hubungan perbedaan waktu dengan kegiatan yang dilakukan di suatu wilayah di Indonesia.
b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna
anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menjelaskan
isi teks eksplanasi tentang pengaruh rotasi Bumi.
4.2 Menyajikan teks
penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda,
hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.2.1 Menjelaskan
secara lisan pengaruh rotasi Bumi dengan menggunakan bahasa yang santun.
c) PPKn
1.1 Menghargai
semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian
tradisional, bahasa rumah adat, makanan khas, dan upacara.
2.4 Menunjukkan
perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.6 Memahami saling
ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
3.6.1 Siswa mampu
menjelaskan makna saling ketergantungan.
4.6 Menyajikan
realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan
kehidupan kebangsaan.
4.6.1 Siswa mampu
memberikan contoh saling ketergantungan dalam kehidupan sehari-hari.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah kegiatan
mengamati peta, siswa mampu mengemukakan dasar perbedaan waktu di dunia dengan
benar.
2.
Setelah kegiatan
membaca dan menganalisis peta waktu, siswa mampu menyimpulkan hubungan
perbedaan waktu dengan kegiatan yang dilakukan di suatu wilayah di Indonesia
dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
3.
Setelah membaca
teks eksplanasi, siswa mampu menjelaskan pengaruh rotasi Bumi pada perbedaan
waktu di Bumi dengan benar.
4.
Setelah kegiatan
membaca, siswa mampu mempresentasikan pengaruh rotasi pada perbedaan waktu
dengan bahasa yang santun.
5.
Setelah kegiatan
membaca cerita, siswa mampu menjelaskan makna saling ketergantungan dengan
benar
6.
Setelah kegiatan
berdiskusi, siswa mampu menyajikan contoh saling ketergantungan yang pernah ia
alami dengan benar.
D.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Menganalisis dasar perbedaan waktu di dunia.
2.
Mengomunikasikan kembali isi teks yang dibaca.
3.
Menjelaskan makna saling ketergantungan.
4.
Menyajikan contoh saling ketergantungan
E.
PENDEKATAN
1. Pendekatan :
Scientific
2.
Strategi :
Kooperative learning
3.
Teknik : Picture and
Picture
4. Matode :
Ceramah, tanya jawab,
pemberian tugas dan diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Bumiku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan kali ini
siswa akan belajar mengenai perbedaan waktu. Guru membawa globe atau peta
dunia ke dalam kelas. Dimulai dengan guru menanyakan kepada siswa, Jika saat
ini pukul 08.00 (atau sesuai dengan waktu yang dilihat saat itu) apakah di
tempat lain juga pukul 08.00?
o
Guru membagikan
kertas kecil-kecil kepada siswa. Siswa menuliskan halhal yang mereka ketahui
mengenai perbedaan waktu di Bumi.
o
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok.
o
Siswa
mendiskusikan mengenai hal-hal yang mereka ketahui tentang perbedaan waktu
dalam kelompoknya.
o
Siswa mengamati
peta pembagian daerah waktu di Indonesia dan keterangan yang ada di buku
siswa
o
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatannya dalam kelompok.
o
Siswa menulis
hasil pengamatannya dalam pada kalender bekas.
o
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya
o
Guru memberikan
penguatan mengenai perbedaan waktu yang ada di Indonesia.
o
Siswa menuliskan
di buku siswa mengenai penyebab perbedaan waktu.
o
Siswa melakukan
pengamatan untuk mengetahui dasar perbedaan waktu di dunia dengan menggunakan
peta dunia atau bola dunia.
o
Siswa mengamati
garis lintang dan garis bujur yang ada pada peta/bola dunia dan memprediksi
fungsinya.
o
Siswa
membandingkan dan mendiskusikan temuan-temuannya dengan temuan siswa lain.
o
Saat kegiatan
mengomunikasikan hasil diskusi, guru meminta siswa bersama-sama menyimpulkan
dari seluruh siswa.
o
Guru melakukan
konfirmasi hasil diskusi siswa tentang fungsi garis lintang dan garis bujur serta
dasar perbedaan waktu di dunia.
o
Siswa membaca
teks tentang garis lintang dan garis bujur yang ada di buku siswa. Guru
meminta siswa menggaris bawahi kalimat utama pada setiap paragraf untuk
membantu siswa memahami isi teks.
o
Siswa
menceritakan kembali isi bacaan dengan menggunakan media peta dunia atau bola
dunia. Hasil ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 1.
o
Sebelum
presentasi dimulai, guru mengingatkan siswa untuk mengunakan kalimat efektif
dan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat melakukan presentasi.
o
Siswa diberi
kesempatan untuk bertanya jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan tentang
hal yang sedang dipelajari.
o
Guru dapat
memberikan cerita kepada siswa mengenai saling ketergantungan yang pernah
dialami. Misalnya ketika berangkat ke sekolah, guru membutuhkan tukang ojek
atau angkot untuk sampai ke sekolah.
o
Begitu juga
tukang ojek membutuhkan uang untuk biaya hidupnya. (Cerita ini dapat
disesuaikan sesuai dengan kondisi yang dialami oleh guru).
o
Guru bisa meminta
satu atau dua siswa untuk menyampaikan pengalamannya.
o
Siswa dibagi
menjadi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
o
Setiap kelompok
akan diberikan teks bacaan yang berbeda (pilih ada di buku siswa).
o
Setiap kelompok
mendiskusikan hubungan saling ketergantungan yang ada dalam teks yang
dibacanya.
o
Setiap kelompok
diberi kesempatan oleh guru, untuk membacakan teksnya dan menyampaikan hasil
diskusinya.
o
Siswa kelompok
lain dapat bertanya atau memberi komentar kepada kelompok lain.
o
Guru memberikan
penguatan jika hubungan saling ketergantungan kurang kelihatan.
o
Siswa dalam
kelompok mendiskusikan pertanyaan berikut.
·
Apa yang menyebabkan terjadinya hubungan
antarwilayah di Indonesia?
·
Manfaat apa yang diperoleh dari kegiatan tersebut?
·
Apa yang dapat kamu simpulkan dari cerita itu?
·
Apa yang dimaksud saling ketergantungan?
o
Salah satu siswa
di kelompok menyampaikan hasilnya kepada kelompok lain.
o
Guru menguatkan
pemahaman siswa mengenai saling ketergantungan antarmanusia.
o
Siswa menuliskan pengalamannya
tentang saling ketergantungan satu sama lain. Siswa menuliskan manfaat dan
nilai-nilai dari pengalamannya.
o
Hasil ini dinilai
dengan menggunakan Penilaian 2.
o
Siswa memajang
hasil tulisannya di papan kelas.
o
Siswa lain dapat
memberikan pendapat terhadap hasil pekerjaan temannya.
o
Siswa menjawab
soal-soal refleksi yang ada di buku siswa.
Pengayaan
o
Untuk membantu
meningkatkan pemahaman siswa, kegiatan dapat dikembangkan dengan menampilkan
banyak contoh kegiatan keragaman yang ada di lingkungan sekolah atau di
lingkungan yang dekat dengan tempat siswa. Siswa dapat menganalisis kegiatan
dan manfaat yang diperoleh.
o
Siswa berdiskusi
dengan orang tuanya tentang perbedaan-perbedaan yang dimiliki antaranggota
keluarga lain di rumah.
o
Siswa
mendiskusikan juga manfaat dari keberagaman itu.
Remedial
o
Siswa yang belum
memahami konsep dasar perbedaan waktu, agar mengulang kembali pemahaman
materi tersebut dengan pendampingan guru.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
G.
Penilaian :
1.
Aspek
yang dinilai; a.Penilaian Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2.
Jenis
penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
1.
Penilaian
1.
Bahasa Indonesia dan IPS: Teks ekplanasi pembagian wilayah waktu di Dunia
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi
|
Menjelaskan
hal-hal berikut dengan benar
dan
lengkap
• Garis
lintang
• Garis
Bujur
• Dasar
Pembagian
waktu
•
Perhitungan Dasar pembagian waktu
|
Menjelaskan
hal-hal
dengan
benar
namun
ada
1 poin yang
tidak
lengkap
|
Menjelaskan
hal-hal
dengan
benar,
namun
ada
2 poin
yang
tidak
lengkap.
|
Menjelaskan
hal-hal
dengan
benar,
namun
tidak lengkap
|
Kata
baku
|
Semua
ditulis
dengan
kata baku
|
75%
ditulis
dengan
kata
baku
|
50% menggunakan
tanda
baca
yang benar
|
25%
ditulis
dengan
kata
baku
|
Tanda baca
|
Semua menggunakan
tanda
baca yang benar (titik, koma, huruf besar, seru, tanya)
|
75%
menggunakan
tanda baca yang benar
|
50% menggunakan
kalimat efektif
|
25%
menggunakan
tanda
baca
yang benar
|
Kalimat efektif
|
Semua
tulisan
ditulis
dengan
kalimat
efektif
|
75%
tulisan
ditulis
dengan
kalimat efektif
|
50%
tulisan
ditulis
dengan
kalimat
efektif
|
25%
tulisan
ditulis
dengan
kalimat efektif
|
2. PPKn:
Menceritakan pengalaman tentang ketergantungan
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menjelaskan saling ketergantungan dengan benar
|
|
|
Memberikan
contoh pengalaman saling ketergantungan dengan benar.
|
|
|
Menjelaskan
manfaat dari saling ketergantungan
dengan benar
|
|
|
Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dari saling
ketergantungan dengan benar.
|
|
|
3. Penilaian sikap (rasa ingin tahu dan kerja keras).
H.
Media,
Alat Bantu dan
Sumber Belajar
1.
Buku Guru
2.
Buku Siswa
3.
Peta dunia, bola dunia dan buku referensi, koran,
internet (disesuaian dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah
masing-masing).
Mengetahui, Tijue,
6 Maret 2017
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas VI,
PARIANTI, S.Pd
SABARIAH, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19691206 199708 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Adakah saling ketergantungan dalam bacaan
teks di atas?
Jelaskanlah jika ada!
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
1.
Apa yang menyebabkan terjadinya hubungan
antarwilayah di Indonesia?
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
2.
Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan
dalam cerita 1 dan 2?
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
3.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari kedua
cerita di atas?
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
4.
Apa yang dimaksud dengan saling
ketergantungan?
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment