Home » » TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 1

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 16 March 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 2 Tijue Percontohan
Kelas/Semester                           : VI/ I
Tema 8                                        : Bumiku
Sub Tema 1/ Pembelajaran          : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya / 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) IPS
1.3 Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
2.1 Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme.
3.1 Mengemukakan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang,waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,ekonomi, pendidikan, dan budaya dalammasyarakat Indonesia.
3.1.1 Menjelaskan keragaman di Indonesia dikaitan dengan perbedaan waktu.
4.1 Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu,perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi,pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya.
4.1.1 Menyimpulkan hubungan perbedaan waktu dengan kegiatan yang dilakukan di suatu wilayah di Indonesia.

b) Bahasa Indonesia
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya.
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Menjelaskan isi teks eksplanasi tentang pengaruh rotasi Bumi.
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menjelaskan secara lisan pengaruh rotasi Bumi dengan menggunakan bahasa yang santun.

c) PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa rumah adat, makanan khas, dan upacara.
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
3.6.1 Siswa mampu menjelaskan makna saling ketergantungan.
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.
4.6.1 Siswa mampu memberikan contoh saling ketergantungan dalam kehidupan sehari-hari.

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah kegiatan mengamati peta, siswa mampu mengemukakan dasar perbedaan waktu di dunia dengan benar.
2.      Setelah kegiatan membaca dan menganalisis peta waktu, siswa mampu menyimpulkan hubungan perbedaan waktu dengan kegiatan yang dilakukan di suatu wilayah di Indonesia dengan menggunakan kata baku dan kalimat efektif.
3.      Setelah membaca teks eksplanasi, siswa mampu menjelaskan pengaruh rotasi Bumi pada perbedaan waktu di Bumi dengan benar.
4.      Setelah kegiatan membaca, siswa mampu mempresentasikan pengaruh rotasi pada perbedaan waktu dengan bahasa yang santun.
5.      Setelah kegiatan membaca cerita, siswa mampu menjelaskan makna saling ketergantungan dengan benar
6.      Setelah kegiatan berdiskusi, siswa mampu menyajikan contoh saling ketergantungan yang pernah ia alami dengan benar.

D.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Menganalisis dasar perbedaan waktu di dunia.
2.      Mengomunikasikan kembali isi teks yang dibaca.
3.      Menjelaskan makna saling ketergantungan.
4.      Menyajikan contoh saling ketergantungan

E.       PENDEKATAN
1.  Pendekatan     : Scientific
2.  Strategi            : Kooperative learning
3. Teknik             : Picture and Picture
4.  Matode            : Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Bumiku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan kali ini siswa akan belajar mengenai perbedaan waktu. Guru membawa globe atau peta dunia ke dalam kelas. Dimulai dengan guru menanyakan kepada siswa, Jika saat ini pukul 08.00 (atau sesuai dengan waktu yang dilihat saat itu) apakah di tempat lain juga pukul 08.00?
o   Guru membagikan kertas kecil-kecil kepada siswa. Siswa menuliskan halhal yang mereka ketahui mengenai perbedaan waktu di Bumi.
o   Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
o   Siswa mendiskusikan mengenai hal-hal yang mereka ketahui tentang perbedaan waktu dalam kelompoknya.
o   Siswa mengamati peta pembagian daerah waktu di Indonesia dan keterangan yang ada di buku siswa
o   Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dalam kelompok.
o   Siswa menulis hasil pengamatannya dalam pada kalender bekas.
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
o   Guru memberikan penguatan mengenai perbedaan waktu yang ada di Indonesia.
o   Siswa menuliskan di buku siswa mengenai penyebab perbedaan waktu.
o   Siswa melakukan pengamatan untuk mengetahui dasar perbedaan waktu di dunia dengan menggunakan peta dunia atau bola dunia.
o   Siswa mengamati garis lintang dan garis bujur yang ada pada peta/bola dunia dan memprediksi fungsinya.
o   Siswa membandingkan dan mendiskusikan temuan-temuannya dengan temuan siswa lain.
o   Saat kegiatan mengomunikasikan hasil diskusi, guru meminta siswa bersama-sama menyimpulkan dari seluruh siswa.
o   Guru melakukan konfirmasi hasil diskusi siswa tentang fungsi garis lintang dan garis bujur serta dasar perbedaan waktu di dunia.
o   Siswa membaca teks tentang garis lintang dan garis bujur yang ada di buku siswa. Guru meminta siswa menggaris bawahi kalimat utama pada setiap paragraf untuk membantu siswa memahami isi teks.
o   Siswa menceritakan kembali isi bacaan dengan menggunakan media peta dunia atau bola dunia. Hasil ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 1.
o   Sebelum presentasi dimulai, guru mengingatkan siswa untuk mengunakan kalimat efektif dan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat melakukan presentasi.
o   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan tentang hal yang sedang dipelajari.
o   Guru dapat memberikan cerita kepada siswa mengenai saling ketergantungan yang pernah dialami. Misalnya ketika berangkat ke sekolah, guru membutuhkan tukang ojek atau angkot untuk sampai ke sekolah.
o   Begitu juga tukang ojek membutuhkan uang untuk biaya hidupnya. (Cerita ini dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi yang dialami oleh guru).
o   Guru bisa meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan pengalamannya.
o   Siswa dibagi menjadi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
o   Setiap kelompok akan diberikan teks bacaan yang berbeda (pilih ada di buku siswa).
o   Setiap kelompok mendiskusikan hubungan saling ketergantungan yang ada dalam teks yang dibacanya.
o   Setiap kelompok diberi kesempatan oleh guru, untuk membacakan teksnya dan menyampaikan hasil diskusinya.
o   Siswa kelompok lain dapat bertanya atau memberi komentar kepada kelompok lain.
o   Guru memberikan penguatan jika hubungan saling ketergantungan kurang kelihatan.
o   Siswa dalam kelompok mendiskusikan pertanyaan berikut.
·         Apa yang menyebabkan terjadinya hubungan antarwilayah di Indonesia?
·         Manfaat apa yang diperoleh dari kegiatan tersebut?
·         Apa yang dapat kamu simpulkan dari cerita itu?
·         Apa yang dimaksud saling ketergantungan?
o   Salah satu siswa di kelompok menyampaikan hasilnya kepada kelompok lain.
o   Guru menguatkan pemahaman siswa mengenai saling ketergantungan antarmanusia.
o   Siswa menuliskan pengalamannya tentang saling ketergantungan satu sama lain. Siswa menuliskan manfaat dan nilai-nilai dari pengalamannya.
o   Hasil ini dinilai dengan menggunakan Penilaian 2.
o   Siswa memajang hasil tulisannya di papan kelas.
o   Siswa lain dapat memberikan pendapat terhadap hasil pekerjaan temannya.
o   Siswa menjawab soal-soal refleksi yang ada di buku siswa.

Pengayaan
o   Untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa, kegiatan dapat dikembangkan dengan menampilkan banyak contoh kegiatan keragaman yang ada di lingkungan sekolah atau di lingkungan yang dekat dengan tempat siswa. Siswa dapat menganalisis kegiatan dan manfaat yang diperoleh.
o   Siswa berdiskusi dengan orang tuanya tentang perbedaan-perbedaan yang dimiliki antaranggota keluarga lain di rumah.
o   Siswa mendiskusikan juga manfaat dari keberagaman itu.

Remedial
o   Siswa yang belum memahami konsep dasar perbedaan waktu, agar mengulang kembali pemahaman materi tersebut dengan pendampingan guru.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

G.      Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

1.        Penilaian
1. Bahasa Indonesia dan IPS: Teks ekplanasi pembagian wilayah waktu di Dunia
Kriteria
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Isi
Menjelaskan hal-hal berikut dengan benar
dan lengkap
• Garis lintang
• Garis Bujur
• Dasar
Pembagian waktu
• Perhitungan Dasar pembagian waktu
Menjelaskan
hal-hal dengan
benar namun
ada 1 poin yang
tidak lengkap
Menjelaskan
hal-hal dengan
benar, namun
ada 2 poin
yang tidak
lengkap.
Menjelaskan
hal-hal dengan
benar, namun
tidak lengkap
Kata baku
Semua ditulis
dengan kata baku
75% ditulis
dengan kata
baku
50% menggunakan
tanda baca
yang benar
25% ditulis
dengan kata
baku
Tanda baca
Semua menggunakan
tanda baca yang benar (titik, koma, huruf besar, seru, tanya)
75%
menggunakan
tanda baca yang benar

50% menggunakan
kalimat efektif

25%
menggunakan
tanda baca
yang benar
Kalimat efektif
Semua tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
75% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
50% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif
25% tulisan
ditulis dengan
kalimat efektif

2. PPKn: Menceritakan pengalaman tentang ketergantungan
Kriteria
Ya
Tidak
Menjelaskan saling ketergantungan dengan benar


Memberikan contoh pengalaman saling ketergantungan dengan benar.


Menjelaskan manfaat dari saling ketergantungan dengan benar


Menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dari saling ketergantungan dengan benar.



3. Penilaian sikap (rasa ingin tahu dan kerja keras).

H.      Media, Alat Bantu dan Sumber Belajar
1.    Buku Guru
2.    Buku Siswa
3.    Peta dunia, bola dunia dan buku referensi, koran, internet (disesuaian dengan sumber belajar yang terdapat pada sekolah masing-masing).


Mengetahui,                                                                        Tijue, 6 Maret  2017
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas VI,




PARIANTI, S.Pd                                                              SABARIAH, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19691206 199708 2 001




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
 



Adakah saling ketergantungan dalam bacaan teks di atas?
Jelaskanlah jika ada!

……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….



1.     Apa yang menyebabkan terjadinya hubungan antarwilayah di Indonesia?

……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….

2.     Apa manfaat yang diperoleh dari kegiatan dalam cerita 1 dan 2?

……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….

3.     Apa yang dapat kamu simpulkan dari kedua cerita di atas?

……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….

4.        Apa yang dimaksud dengan saling ketergantungan?
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….

MEDIA

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 1

TEMA 8 KELAS 6 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors